cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
jurnaladatdanbudayaindonesia@gmail.com
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
jurnaladatdanbudayaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia
ISSN : 26156113     EISSN : 26156156     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jabi.v1i1
Jurnal ini memuat hasil penelitian dan pemikiran tentang adat istiadat dan budaya. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang adat dan kajian budaya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019)" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERWAWASAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Kadek Diah Lestari; Made Sumantri; I Gusti Ngurah Japa
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jabi.v1i1.29019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berwawasan Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan The Post Test Only Control Group Design. sampel pada penelitian ini berjumlah 57 siswa dari kelas eksperimen 35 siswa dan kelas kontrol 22 siswa yang diambil dengan sistem undian. Instrument yang digunakan yaitu kuisioner dan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan inferensial yaitu uji anava. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berwawasan Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar2,27 dan nilai ttabel sebesar 2,004 pada taraf signifikansi 5%, ini berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berwawasan Trii Hita Karana berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA I Putu Hary Anggara Citragotra; Ni Wayan Arini
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jabi.v1i1.29020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang dibelajarkan pada siswa kelas III di SD Gugus IV Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Gugus IV Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Sampel diambil dengan cara random sampling melalui teknik undian, tetapi yang diundi adalah kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent Sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana dan siswa yang dibelajarkan tidak dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana. Besarnya thitung sebesar 2,533, sedangkan, ttabel dengan dk = 54 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,0. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana dan siswa yang tidak belajar dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tri Hita Karana pada siswa kelas III SD di Gugus IV Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017 
PENGARUH MODEL SAVI BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP EMPATI DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA I Putu Eka Markandya; Ndara Tanggu Renda; Luh Putu Putrini Mahadewi
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jabi.v1i1.29023

Abstract

Permasalah pada penelitian ini adalah pembelajaran IPA masih berpusat pada guru, masih dipenuhi dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, kurangnya peran guru dalam melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga sikap empati dan berdasarkan hasil nilai ujian akhir semester ganjil dalam kompetensi pengetahuan IPA siswa masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory VisualizationIntellectualy (SAVI) berbasis Tri Hita Karana terhadap Sikap Empati dan Kompetensi Pengetahuan IPA kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan non-equivalen post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruhkelas V SD di Gugus IV Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran  2018/2019 yang berjumlah 139 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD N 2 Kubu yang berjumlah 23 orang sebagai kelompok eksperimen dan  kelas V SD N 3 Cempaga yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah sikap empati dan kompetensi pengetahuan IPA. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan test pilihan ganda. Data yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA berbantuan SPSS 17.For widows. Hasil penelitian dikuatkan berdasarkan perhitungan uji MANOVA yang memperoleh hasil angka signifikansi ketiga hipotesis 0,00 yang berarti kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hasil penelitian menunjukan tedapat perbedaan secara simultan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Hita Karana terhadap sikap empati dan kompetensi pengetahuan IPA siswa dengan nilai signifikansi  0,00< 0,05). Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran  SAVI  berbasis Tri Hita Karana terhadap sikap empati dan kompetensi pengetahuan IPA siswa.
PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP PEDULI SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA Yande Arya Wara Niraha; D. P. Parmiti; K. Yudiana
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jabi.v1i1.29024

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan yang signfikan 1) sikap peduli sosial, 2) kompetensi pengetahuan siswa dalam muatan pelajaran IPA, 3) sikap peduli sosial dan kompetensi pengetahuan siswa dalam muatan pelajaran IPA secara simultan antara siswa yang dibelajarkan melalui model kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Tri Hita Karana dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasy exsperiment) dengan rancangan penelitan Non-equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Sukasada dengan jumlah Populasi 178 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data sikap peduli sosial dikumpulkan mengunakan metode non-tes berupa kuesioner dan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan mengunakan metode tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskrptif, inferensial, dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signfikan: 1) sikap peduli sosial (F=488,083 (sig.) sebesar 0,000 <. 0,05), 2) kompetensi pengetahuan siswa dalam muatan pelajaran IPA (F= 45,059 (sig.) sebesar 0,000 < 0,05), 3) sikap peduli sosial dan kompetensi pengetahuan siswa dalam muatan pelajaran IPA secara simultan (F= 270,235 (sig.) sebesar 0,000 < 0,05) antara siswa yang dibelajarkan melalui model kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Tri Hita Karana dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa  model kooperatif tipe Think Pair Share berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap sikap peduli sosial dan kompetensi pengetahuan IPA siswa. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI BERBASIS NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS Ni Made Selviyana Candra Dewi; Ni Wayan Rati
Jurnal Adat dan Budaya Indonesia Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jabi.v1i1.29025

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ada di Sekolah Dasar, berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumen yang dilakukan ditemukan bahwa partisipasi siswa dan daya tangkap siswa kurang dalam proses pembelajaran  sehingga mengakibatkan rendahnya nilai kompetensi pengetahuan yang dimiliki siswa serta kurangnya adaptasi dan interaksi dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan sikap sosial siswa dengan lingkungan sekitar masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 215 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik group random sampling yaitu SD Negeri 1 Pancasari sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan SD Negeri 3 Pancasari sebagai kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode non tes dan tes dengan instrumen lembar kuesioner untuk mengukur sikap sosial dan tes objektif untuk mengukur kompetensi pengetahuan IPS. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Diketahui dari hasil analisis uji Manova diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya, model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana (THK) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap sosial dan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019.Kata Kunci:  

Page 1 of 1 | Total Record : 5