cover
Contact Name
Herson Anwar
Contact Email
herson.anwar@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281392251255
Journal Mail Official
jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Minhaj
ISSN : 2622965X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan/materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai, Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang paradigma pendidikan Islam
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam" : 15 Documents clear
Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Tema Makanan Sehat Sub Tema Tubuh Mengolah Makan Melalui Media Power Point Interaktif pada Siswa Kelas 5A MIN 1 Kota Gorontalo Gorontalo Kamali, Fatmawati
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 MIN 1 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 36 siswa, objek dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar pembelajaran daring menggunakan media power point interaktif pada siswa kelas 5a MIN 1 Kota Gorontalo. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar aktivasi siswa selama proses pembelajaran dan tes hasil belajar kognitif siswa, data hasil penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar siswa di kelas 5 MIN 1 Kota Gorontalo mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, dengan rerata hasil observasi siklus 1 dengan kategori (cukup), sedangkan siklus 2 ddengan kategori (baik) dan mengalami peningkatan. Sedangkan hasil belajar siswa pada data ketuntasan belajar secara klasikal yakni rerata 65, kemudian kemudian rerata pada siklus 1 yakni 72,22 dan pada siklus 2 menjadi 82,78. Sedangkan ketuntasan secara individu pada data awal peserta didik yang dapat memenuhi KKM ≥ 70 hanya sebanyak 6 orang (33,33%), sedangkan pada siklus 1 sebanyak 12 siswa (66,67%), kemudian pada siklus 2 menjadi 18 siswa (100%).
Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi Kelas IVA MIN 1 Kota Gorontalo Hioda, Farhan
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dan sulit karena guru tinggal melakukan dengan sengaja dan diamatilah hasilnya secara seksama. Penelitian ini dilakukan di kelas IVA MIN 1 Kota Gorontalo tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 28 orang. Pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I yang kurang optimal ini berdampak pada siswa. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan setelah akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,28 dan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 53,57%. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II terjadi perubahan-perubahan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu hasil nilai tes siswa yang mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan setelah akhir siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,07 dan ketuntasan belajar sebesar 78,57%. Pada siklus Initerdapat 22 siswa yang tuntas belajar dan 6 siswa yang belum tuntas. Maka dengan melalui media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi pada siswa kelas IVA MIN 1 Kota Gorontalo
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Subtema Tugasku Sehari-Hari di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Kelas IIC MIN 1 Kota Gorontalo Antu, Musrijati
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada seluruh populasi yang ada di kelas IIC MIN 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 31 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dapat diketahui bahwa nilai rata prestasi belajar Matematika siswa kelas IIC pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II, presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 60,97 % ( 25 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 31 siswa), pada siklus II sebesar 97,6 % (29 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada kelas IIC MIN 1 Kota Gorontalo meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran 3 subtema tugasku sehari-hari di Rumah Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dari prasiklus 66,29 dengan presentase 41,93%, dilanjutkan dengan siklus I rerata 69,70 presentase 61,29% dan pada siklus II rerata 78,93 dengan presentase 83,87%.
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tema Diriku Sub Tema aku Dan Teman Baru Kelas Ib Melalui Aplikasi e-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Kota Gorontalo Habibie, Lisna
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Perbaikan tersebut dilaksanakan secara bertahap dan terus menerus selama penelitian dilakukan. Pandemi covid-19 telah merubah sistem pendidikan secara jarak jauh atau daring Dalam penelitian ini peneliti menggunakan aplikas e-Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring dikarenakan covid-19. Hasil perhitungan lembar kuesioner motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode daring menggunakan E-Learning, diperoleh rata-rata skor sebesar 87,83 yaitu kriteria tinggi. Jumlah peserta didik kelas 1b MIN 1 Kota Gorontalo aktivitas belajar tinggi sebanyak 28 peserta didik, kategori aktivitas belajar sedang ada 1 peserta didik, dant idak ada peserta didik untuk kategori aktivitas belajar rendah. Sehingga E-Learning bisa dikatakan bisa meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tema 1 diriku subtema aku dan teman baru . Hasil analisis data tersebut lalu diubah menjadi bentuk persentase. Hasil persentase untuk tiap kategori motivasi belajar matematika adalah sebanyak 94,44% peserta didik untuk kategori aktivitas belajarnya tinggi, 5,55% peserta didik untuk kategori aktivitas belajarnya sedang, serta 0% peserta didik beaktivitas belajar tema 1 diriku subtema aku dan teman baru rendah. Dengan demikian aktivitas belajar peserta didik untuk mata pelajarantema diriku sub tema aku dan teman baru termasuk dalam kategori tinggi.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik (Matematika) Pada Aspek Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kelas IIID MIN 1 Kota Gorontalo Djubu, Ismar
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada seluruh populasi yang ada di kelas IIID MIN 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 29 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dapat diketahui bahwa nilai rata prestasi belajar Matematika siswa kelas III pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II, presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 60,97 % (25 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 29 siswa), pada siklus II sebesar 97,6 % (29 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian melalui alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kels IIID MIN 1 Kota Gorontalo.
Relasi Kepemimpinan Terhadap Hasil Pendidikan Tinjauan Al-Qur’an Dan Hadits husain, rahmintalib; Hidayati, Nurul
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi kepemimpinan terhadap hasil pendidikan tinjauan Al-qur’an Hadis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka dengan menggunakan metode kajian tafsir tematik terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis. Hasil penelitian menemukan bahwa suatu relasi akan terjalin dengan baik apabila dalam sebuah kepemimpinan terdapat pemimpin yang bertanggung jawab dalam mengemban tugasnya dan dapat menjalin kerjasama atau hubungan baik terhadap siapapun sebagaimana pada penjelasan dalam Al-qur’an dan hadis untuk berbuat baik kepada sesama dan termasuk teladan yang baik dari Rasulullah terutama kepada para pemimpin organisasi/ sekolah. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh Kepala sekolahnya. Selain peserta didik sebagai output sekolah, kepala sekolah juga berperan penting terutama dalam membangun relasi di berbagai pihak untuk mencapai mutu pendidikan. Bentuk relasi kepala sekolah diantaranya seperti mengadakan MOU dengan Puskesmas, Polres/Polsek terdekat
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Peningkatan Perestasi Belajar Materi Toleransi dan Menghargai Perbedaan Di Kelas VIII.A SMP Negeri 3 Maiwa Amiruddin
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi toleransi dan menghargai perbedaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D UPT SMPN 3 Maiwa, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh metode PBL berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode PBL hasil belajar peserta didik pada siklus I sebanyak 11 orang (55%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72.8. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus II sebanyak 19 orang peserta didik (95%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88,1.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII UPT SMPN 7 Satap Maiwa Suharni
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengagungkan Allah dengan tunduk pada perintahNya, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D kelas VII UPT SMPN 7 Satap Maiwa, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengagungkan Allah dengan tunduk dan pqtuh pada perintahNya. Sebelum model pembelajaran problem based learning hasil belajar peserta didik secara klasikal masih belum mencapai maksimal, itu di lihat dari hasil peserta didik pada Pra siklus yaitu pencapaian KKTP hanya (54%) Setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (62%) yang sudah mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 peserta didik (100%) mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Penerapan Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Salat Gerhana dan Istisqa pada Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 8 Satap Enrekang Ediwijaya
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan “classroom action research” (Penelitian Tindakan Kelas) Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI/BP yang mengajar PAI/BP dan Peserta Didik UPT Smp Negeri 8 Satap Enrekang yang berjumlah 10 orang, terdiri dari 6 orang laki-laki, dan 4 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan 3 siklus.Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan ,tindakan,observasi dan refleksi.Teknik yang digunakan yaitu lembar observasi dan dan tes hasil belajar. Data ta yang dikumpulkan dianalisis dengan bantuan statistika deskriptif, dan disajikan dalam bentuk matriks tabulasi. Dari hasil observasi selama siklus I didapatkan data terkait nilai rata-rata keaktifan peserta didik yaitu 70,6 siklus II yaitu 83,25. Sedangkan nilai rata-rata keaktifan guru pada siklus I yaitu 96,66 dan pada siklus II yaitu 100. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dan guru berada pada kriteria sangat baik. Indikator kuantitatif dilihat dari segi hasil pada ketuntasan klasikal pada siklus I yang mulanya hanya mempunyai rata-rata 67,3, meningkat pada siklus II menjadi 90,00. Proses penerapan model pembelajaran model Pjbl dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan materi salat gerhana dan istisqa pada peserta didik kelas VIII UPT Smp Negeri 8 Satap Enrekang berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan langkah- langkah yang telah ditentukan. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran
Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menghindari Akhlak Tercela (Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah Dan Namimah) Pada Siswa Kelas VII MTs Al Kautsar Kota Banjar Sumiati
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menghindari Akhlak Tercela (hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah) Melalui metode Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D Kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menghindari Akhlak Tercela (Hasad, Dendam, Ghibah, Fitnah dan Namimah). Sebelum diterapkannya metode Discovery Larning, hasil belajar siswa secara klasikal terdapat 10 siswa (55,5%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69,9. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 13 siswa (71,3%) yang tuntas dalam pembelajaran. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81,50. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 2 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 3 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 4 (2021): Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Jurnal al-Minhaj Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam More Issue