cover
Contact Name
Muhammad Fauzi, S.H.I., M.Ed
Contact Email
jurnal.feb.uniss.kendal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.feb.uniss.kendal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sukarno Hatta KM 03 Patebon Kendal Jawa Tengah
Location
Kab. kendal,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 26852446     DOI : -
Core Subject : Economy,
JEB: Jurnal Ekonomika dan Bisnis (Journal of Economics and Business) is an National Journal published by Faculty of Economics and Business Selamat Sri University (UNISS) in collaboration with The BPS Statistics Indonesia (MoU). JEB: Jurnal Ekonomika dan Bisnis (Journal of Economics and Business) is aimed at being a medium for research results dissemination and scientific paper exchanges on the Indonesian Economics and Business activities among academics, practitioners, regulators, and public. JEB: Jurnal Ekonomika and Business (Journal of Economics and Business) is issued two times annually, i.e., in April, and November.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS" : 10 Documents clear
KEUNGGULAN PRODUK BERBASIS KOMPETENSI PENGETAHUAN PASAR DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN Ageng Prasetyo; Mochamad Purnomo
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.16

Abstract

This study focus on how the company need to know about the market expectation before the product was launched esspecially in Kelompok Pengrajin Krupuk Rambak Desa Penanggulan, Pegandon, Kendal in 2019.The ability of the company to know the market was called the market knowledge competence. Its concist of three major aspects such as customer knowledge competence, competitor knowledge competence and the interface between R&D with marketing department. The higher market knowledge competence was predicted can creates the higher the competitive advantage in the market place. And as the result the competitive advantagecan increase the marketing performance, these was inluded sales volume, sales growth and customers growth.Populations of this study were 1000 customers of Kelompok Pengrajin Krupuk Rambak Desa Penanggulan, Pegandon, Kendal, and the samples of this study were 100 customers which devided into 2 categories of monthly purchases amount. We expected this study could be applied in the company in order to support policies and strategies in the marketing field mainly on developing new products.
PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH Kharisma Nawang Sigit; M. Syamsul Rizal; Arina Hidayati
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.17

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Kredit Usaha Rakyat BRI Unit Baros. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 nasabah Kredit Usaha Rakyat di BRI Cabang Batang Unit Baros yang sudah mengambil minimal dua kali kredit KUR.Pengukuran jawaban instrumen menggunakan skala likert 1-7alternatif jawaban. Pengujian instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas, pengujian model menggunakan koefisien determinasi, dan uji F (goodness of fit). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu Promosi, kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh terhadap kepuasan Nasabah.Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan Nasabah. Promosi berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah.Kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah. Kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas Nasabah
PENGARUH SIKAP, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA PIDODOWETAN KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL Nurkholik .; Muflikhatuz Zahroh
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penguji pengaruh sikap, kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Penelitian ini menggunakan sampel menyebar kuesioner. Berdasarkan metode penelitian convenience sampling Jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 100 responden. Variabel dependen atau terikat pada penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak. Variabel independen atau bebas pada penelitian ini adalah sikap wajib pajak, kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan. Pengujian hipotesis ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap wajib pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kesadaran wajib pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, pengetahuan perpajakan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Serta secara simultan sikap wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERILAKU MENABUNG PADA PT. BPR ARTHAMA CERAH WELERI KENDAL Suprihono Setyawan; Sunarti .
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap perilaku menabung pada PT. BPR Arthama Cerah Weleri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 55 responden nasabah yang mempunyai saldo mencapai Rp. 5.000.000,- keatas di PT. BPR Arthama Cerah Weleri. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel dependen pada penelitian ini adalah perilaku menabung. Variabel independen pada peneltian ini adalah kepercayaan dan kualitas pelayanan. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi berganda menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap perilaku menabung dengan hasil perhitungan t hitung (3,088) lebih besar dari t tabel (2,006) dengan signifikansi (0,003 < 0,05) dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap perilaku menabung dengan hasil perhitungan t hitung (2,829) lebih besar dari t tabel (2,006) dengan signifikansi (0,007) < (0,05). Kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap perilaku menabung dengan hasil perhitungan F hitung (14, 968) lebih besar dari F tabel (3,17) dengan signifikansi (0,000 < 0,05). Kepercayaan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap perilaku menabung sebesar 36,5% dan sisanya sebesar 63,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH Utami Puji Lestari; Mutoriqoh .
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntabilitas, Transparansi, dan Good Governance terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh OPD yang ada di bagian keuangan di Kabupaten Kendal. Berdasarkan metode penelitian random sampling, jumlah responden dalam penelitian ini adalah 92 orang. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menyebar kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntabilitas, Transparansi, dan Good Governance secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Adapun hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Keuangan Daerah berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, Akuntabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, Transparansi tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pemerintah Daerah, dan Good Governance berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah.
ANALISIS TRANSPARANSI KEUANGAN DESA SECARA ONLINE DI KABUPATEN KENDAL JAWA TENGAH Penta Widyartati; Rosiana Ramadhon
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.21

Abstract

Keterbukaan informasi keuangan desa pada masyarakat (public) di era globalisasi sangat penting demi tercapainya tujuan bersama. Keterbukaan informasi di era globalisasi ini dapat dilakukan dengan cara memberikan informasi kepada masyarakat secara online dengan menggunakan situs-situs yang tersedia. Dengan tersedianya situs-situs untuk mempublikasikan informasi mengenai desa, maka peneliti tertarik untuk meneliti efektifitas situs-situs tersebut dalam hal pemberian informasi mengenai keuangan desa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data adalah dengan studi pustaka dan observasi pada obyek penelitian. Obyek penelitian adalah situs-situs resmi desa di 114 desa pada 8 Kecamatan di Kabupaten Kendal yang dapat diakses di https://www.kendalkab.go.id. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 114 desa di wilayah kecamatan Boja, hanya 13 desa yang telah mengunggah informasi keuangannya sedangkan 101 desa lainnya belum mengunggahnya. Dengan banyaknya desa yang belum mengunggah informasi keuangannya menunjukkan bahwa transparansi anggaran desa melalui situs-situs yang tersedia belum maksimal.
PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE BERBASIS E-COMMERCE Ahmad Dwi Nurdiyanto; Devi Dwi Kurniawan
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara online Berbasis E-Commerce. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian secara kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Data yang digunakan berupa data primer. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan kuesioner terhadap responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial (1) kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online berbasis E-Commerce, (2) kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online berbasis E-Commerce, (3) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online berbasis E-Commerce. Kepercayaan, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online.
PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SEMARANG AUTOCOMP MANUFACTURING INDONESIA Muhammad Fauzi; Nurul Wakhidah
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.28

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Disiplin Kerja Motivasi Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. SAMI bagian Produksi Toyota HV 14 Shift a dan b berjumlah 140 karyawan. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 104 responden diambil menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan melakukan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. SAMI, hal ini dibuktikan dengan t-hitung 2,766 > t-tabel 1,983. Motivasi Kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. SAMI , hal ini dibuktikan dengan t-hitung Motivasi Kerja 4,547 > t-tabel 1,983. Pengembangan Karir berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. SAMI, hal ini dibuktikan dengan t-hitung Pengembangan Karir sebesar 4,990 > t-tabel 1,983. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai F-hitung 48,151 > F-tabel 2,70 artinya Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Pengembangan Karir secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan PT. SAMI. Berdasarkan nilai Adjusted R square 0,579. Ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan variabel independen disiplin kerja, motivasi kerja, dan pengembangan karir memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja karyawan sebesar 57,9%.
COVER, DEWAN REDAKSI, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI JURNAL EKONOMIKA DAN BISNIS FEB UNISS Tim Redaksi Jurnal Ekonomika dan Bisnis
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

COVER, DEWAN REDAKSI, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI JURNAL EKONOMIKA DAN BISNIS FEB UNISS
Pengaruh Sistem Keuangan Desa dan Kemampuan Kinerja Perangkat Desa Terhadap kinerja Pemerintah Desa Di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Muhammad Fatchuriza
Jurnal Ekonomika dan Bisnis Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Ekonomika dan Bisnis UNISS
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51792/jeb.Vol7.Jeb1.175

Abstract

Pelaksanaan APBDesa berperan penting dalam mensukseskan pembangunan desa. APBDesa dapat mencerminkan kinerja pemerintah desa. Pada kenyataannya masih ditemukan permasalahan terkait dengan kinerja perangkat desa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Keuangan Desa terhadap Kinerja Pemerintahan Desa dan Kemampuan Kerja Perangkat Desa terhadap Kinerja Pemerintahan Desa di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.Populasi penelitian ini adalah Kepala Desa, dan empat orang perangkat desa sekecamatan Bandar. Pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik sensus sampling yaitu seluruh populasi yaitu sebanyak 85 orang. Analisis kuantitatif yang digunakan meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data. Hasil uji persamaan regresi sebagai berikut: Y = 12.315+ 0.385X1 - 0.108β2X2, Dimana variable Kinerja Pemerintahan Desa (Y), variabel Sistem Keuangan Desa (X1), dan variabel Kemampuan Kerja Perangkat Desa (X3). Hasil uji t menunjukkan variabel Sistem Keuangan Desa berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perangkat Desa. Variabel Kemampuan Kerja Perangkat Desa tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemerintahan Desa. Angka R2 sebesar 0,115 menunjukkan bahwa 11,5 persen Kinerja Pemerintahan Desa dapat dijelaskan oleh dua variabel independen. Sedangkan sisanya sebesar 88,5 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Saran dari hasil penelitian ini adalah pemerintahan desa harus selalu meningkatkan Kemampuan Kerja Perangkat Desa agar supaya kinerja pemerintahan desa semakin baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10