cover
Contact Name
Fakultas Teknik
Contact Email
mesajurnal@gmail.com
Phone
+6285314481300
Journal Mail Official
teknik@unsub.ac.id
Editorial Address
Jl. Arief Rahman Hakim No.8, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur)
Published by Universitas Subang
ISSN : 23559241     EISSN : 2714884X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
MESA merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan berkala dua kali per tahun, Bulan Oktober dan Maret oleh Fakultas Teknik Universitas Subang. Makalah yang dapat dimuat dalam jurnal ini meliputi bidang keilmuan Teknik Mesin, Teknik Elektronika, Teknik Sipil, dan Arsitektur. Makalah dapat berupa ringkasan laporan hasil penelitian atau kajian pustaka ilmiah. Makalah yang akan dimuat hendaknya memenuhi format yang telah ditentukan. Bahasa yang digunakan pada jurnal ini adalah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2020): MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur)" : 5 Documents clear
Kajian Teknis Produktivitas Alat Berat Gali Muat Dan Alat Angkut Pada Pemindahan Tanah Perumahan Buana Subang Raya Kecamatan Wanareja Kabupaten Subang Ari Umbara; Yulianto, Yusup
MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur) Vol. 4 No. 2 (2020): MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUBANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring perkembangan jumlah penduduk dan ekonomi yang terus bertambah, menuntut adanya kebutuhan prasarana dan sarana kota yang semakin kompleks, dan salah satunya adalah kebutuhan dan prasarana perumahan. Dalam ilmu Teknik Sipil dikenal adanya ilmu Pemindahan Tanah Mekanis dan juga peralatan alat berat untuk membantu agar tercapainya suatu proses perubahan untuk melakukan pembangunan area-area tertentu salah satunya lahan untuk pembangunan perumahan. Maksud dari kajian ini menghitung teknis produktivitas alat berat gali muat dan alat angkut untuk membantu proses pemindahan tanah mekanis. Sedangkan manfaat tersebut dapat menjadi acuan dalam kegiatan pemindahan tanah mekanis sehingga hasilnya dapat tercapai dengan optimal dan efisien.
Analisa Komposisi Kimia, Struktur Mikro dan Nilai Kekerasan Pada Daerah Metalurgi Las Hasil Friction Welding Kosasih, Deny Poniman; Hari Din Nugraha; Dicky Prayoga
MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur) Vol. 4 No. 2 (2020): MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUBANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian dalam meninjau perubahan sifat mekanik dan struktur mikro yang terjadi pada daerah metalurgi las material pipa baja. Pengujian yang dilakukan menggunakan uji komposisi Spektro Kimia, Analisa Struktur Mikro dengan Metalografi dan pengujian kekerasan menggunakan metode Vickers. Proses friction welding yang digunakan menggunakan mesin bubut. Hasil menunjukan material sampel uji adalah baja karbon rendah memiliki kandungan karbon sebesar 0,193%. kekerasan menunjukkan peningkatan kekerasan di daerah HAZ dan Weld Metal (logam lasan) dibanding dengan base metal (logam induk), harga kekerasan pada BM adalah 161,3 VHN, pada HAZ 164,1 VHN serta WM 167,6 VHN. Selain itu, pada pengujian metalografi struktur mikro terjadi perubahan diameter butir pada daerah metalurgi las serta pengelasan friction welding dengan mesin bubut dapat merubah sifat mekanik pada daerah metalurgi las.
Kajian Sistem Tata Air dengan Menerapkan Parit Resapan di Desa Kamarung Kecamatan Pagaden Yulianto, Yusup; Sugeng Sutikno; Adi Subandi; Tubagus Nur Hidayatulloh
MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur) Vol. 4 No. 2 (2020): MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUBANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama manusia berkembang, pembangunan terus digalakan di berbagai bidang. Yang bertujuan untuk mencapai keadaan yang lebih baik dari keadaan sebelumnya. Secara umum pembangunan harus memperhatikan hal penting yang mendukung prosesnya. Seringkali dalam pelaksanaan pembangunan suatu bidang, terdapat bidang lain yang terimbas dan mungkin dirugikan. Contoh yang paling sering dan dapat dirasakan serta dilihat langsung adalah pembangunan infrastruktur pada suatu pemukiman dan pusat perekonomian seperti pasar, yang bersinggungan dengan infrastruktur jalan dan drainase. Dimana karena adanya keterbatasan seperti ketersediaan lahan, infrastruktur drainase tidak memenuhi standar dan fungsinya menjadi tidak maksimal. Apabila pada suatu daerah yang sistem drainasenya terganggu atau tidak bisa bekerja secara maksimal, maka daerah tersebut akan berpotensi mengalami genangan atau bahkan lebih buruk lagi terjadi banjir. Dan ketika suatu daerah sudah mengalami banjir, maka segala bidang kegiatan di daerah tersebut akan ikut terganggu. Salah satu metode yang bisa menjadi cara untuk mengurangi potensi banjir adalah dengan retensi. Dengan meretensi air hujan sebelum masuk ke sungai sebagai aliran permukaan, diharapkan sungai tidak terlalu menampung beban terlalu besar. Salah satu bangunan retensi yang bisa diaplikasikan adalah parit resapan.
Analisis Level Risiko Bahaya Pada Usaha Pencucian Mobil dengan Metode AS/NZS 4360:2004 Deny Poniman Kosasih; A. Moeslihat Komara; Hari Din Nugraha; Cecep As Sidik
MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur) Vol. 4 No. 2 (2020): MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUBANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Over time, the number of motorized vehicles has increased significantly, this is in line with the need for vehicle maintenance, namely vehicle washing, especially cars. But on the other hand, there is a risk of danger that occurs in the car wash process. This study aims to identify potential hazards in the work process at a car wash. The type of survey research, the method of the assessment process refers to the Australian/New Zealand standard (AS/NZS 4360:2004). The results showed the highest level of risk in the car washing process at Car Wash "X" which was in stage 4, namely cleaning under the car and stage 1 parking the car with the Very High category. Stage 5 cleans the engine and stage 3 cleans the car body in the Substantial category. Stage 2 releases the car in the Priority 3 category. And the lowest level of risk is at stage 6, namely Finishing in the Acceptable category. Recommendations that can be given to Car Wash business actors are workers must use Personal Protective Equipment (PPE) in the form of boots, gloves when washing to avoid chemical liquids that cause skin irritation. In addition, the placement of the car washer is placed parallel to the worker so that when turning on the machine it is easy and ergonomic. In addition, in the construction of the floor to be designed with a rougher roughness so as not to slip easily due to a wet floor.
Analisa Pengaruh Temperatur terhadap Impact Al 20xx dan Baja AISI Deny Poniman Kosasih; Hari Din Nugraha
MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur) Vol. 4 No. 2 (2020): MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SUBANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui impact charpy akibat pengaruh temperatur pada material Aluminium 20xx dan baja AISI yang merujuk pada standar ASTM A370 V Notch. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen dipilih bertujuan untuk melakukan eksperimen dengan mengetahui impact dari Aluminium 20xx dan baja AISI yang ditinjau dari variabel variasi temperatur. Hasil pengujian membuktikan perbandingan kedua jenis material, baja AISI memiliki impact lebih tinggi sebesar 2,0 Joule/mm2 dengan temperatur 116, 2°C sedangkan Aluminium 20xx 0,8 Joule/mm2 dengan temperatur 110 °C. Pengaruh transisi terlihat pada kurva pengujian impact yang diperoleh baja AISI memiliki temperatur transisi yang besar lebih tajan sehingga menghasilkan impact yang tinggi dibanding Aluminium 20xx yang datar. Hasil patahan spesimen material baja AISI rendah menghasilkan jenis ulet yang dibuktikan pada permukaan buram dapat menyerap cahaya yang datang serta impact terjadi jeda waktu lambat dan adanya patahan yang berserat. Sedangkan Aluminium 20xx menghasilkan patahan getas dengan dibuktikan permukaan patahan terdapat batas butir yang lebih besar dan halus dengan memantulkan cahaya yang tinggi

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020