cover
Contact Name
Achmad Syarif
Contact Email
achmad.syarif@budiluhur.ac.id
Phone
+628158745797
Journal Mail Official
serasi@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Layanan Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Akademi Sekretari Budi Luhur Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta 12260 Telepon: 021-5853753 ext 223 Faks: 021-7371165
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sekretari & Administrasi (Serasi)
ISSN : 20850700     EISSN : 26225913     DOI : -
Jurnal Administrasi Sekretaris (SERASI) menyediakan dan memfasilitasi naskah ilmiah pendidikan tinggi. Fokus SERASI adalah untuk mengenalkan pembaca secara luas tentang berbagai tradisi intelektual ilmu sekretaris dan administrasi di Indonesia. Cakupan tersebut antara lain: 1. Administrasi dan Kesekretarisan. 2. Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. 3. Penerapan Pengembangan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. 4. Penerapan Ilmu Ekonomi dan Bisnis dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. Tujuan jurnal ini menyebarluaskan cakupan subbidang ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, teknologi informasi kantor, manajemen sumber daya kantor, administrasi / manajemen kantor, teknologi kantor otomasi, teknologi kantor, hubungan masyarakat, simulasi kantor, manajemen acara, pelayanan prima, korespondensi, komunikasi, bahasa inggris untuk tujuan khusus (english for specific purposes), dan organisasi manajemen koleksi (arsip dan rekod).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2020)" : 6 Documents clear
Upaya Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Dengan Otomatisasi Proses Bisnis Penjualan Berbasis E-Commerce (Studi Kasus : Toko Kidz Zone) Lis Suryadi
Jurnal Serasi Vol 18, No 2 (2020)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri e-commerce juga membuka lebih banyak peluang bisnis baru, serta menghasilkan dampak beruntun (trickle-effect) bagi industri di sektor pendukung, seperti logistik, infrastruktur IT, perkembangan teknologi dan banyaknya penggunaan gadget, khususnysa oleh anak muda, menjadi salah satu penyebab E-Commerce berkembang sangat pesat di Indonesia karena banyak Millennials yang berlomba-lomba untuk terjun ke dunia E-Commerce tersebut, agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya dengan mudah, salah satu UMKM yang mulai beralih dari model bisnis konvensional ke e-commerce adalah toko Kidz Zone, toko ini menjual barang berupa mainan anak dengan berbagai macam mainan anak seperti boneka, mainan edukasi, mobil-mobilan, dan masih banyak lainnya. Proses bisnis penjualan yang digunakan selama ini banyak mengalami permasalah, diantaranya produk tidak terlalu dikenal banyak oleh pembeli, jangkaun penjualan masih terbatas dan hanya melayani pembeli yang berbelanja secara langsung datang ke toko, tidak tersedianya media promosi, stok barang tidak update. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan alternative solusi yang dapat membantu Kidz Zone dalam menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu membuat rancangan sistem informasi penjualan dengan menggunakan sistem e-commerce. Metode analisa bisnis yang digunakan adalah metode Business Model Canvas, untuk desain rancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengidentifikasi kebutuhan bisnis, sistem e-commerce dapat menyediakan fitur fungsional kunci dan informasi real time yang memenuhi kepuasan pelanggan. Dengan Sistem E-Commerce ini diharapkan dapat membantu memasarkan barang terbaru serta dapat meningkatkan hasil penjualan karena pelanggan dapat melakukan transaksi di manapun dan kapan saja.
PROTOTIPE SISTEM INFORMASI PENILAIAN PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI SEKRETARI BERBASIS WEB Achmad Syarif
Jurnal Serasi Vol 18, No 2 (2020)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Poin penilaian prestasi mahasiswa yang diterapkan di program studi Sekretari, Akademi Sekretari Budi Luhur menjadi syarat dalam mengambil mata kuliah Magang dan Tugas Akhir. Poin penilaian prestasi tersebut meliputi Penghargaan Akademik, Penghargaan Non Akademik, Pengalaman Penelitian, Pengalaman Pengabdian Masyarakat, Pengalaman Organsiasi dan Seminar. Selama ini, penilaian prestasi ini masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi kendala seperti perbedaan perhitungan poin, informasi yang tidak terpusat, bukti dokumen tidak tercadangkan dalam bentuk digital. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat prototipe sistem informasi penilaian prestasi mahasiswa berbasis web yang mudah digunakan dalam perhitungan poin prestasi mahasiswa dan bukti dokumen tersimpan secara digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prototyping dengan tipe Evolutionary Prototype. Pemodelan sistem menggunakan diagram Unified Modelling Languange (UML) seperti use case, sequence, activity, dan class diagram. Teknik pengujian yang dilakukan menggunakan metode black-box testing. Hasil penelitian ini adalah prototipe sistem informasi penilaian prestasi mahasiswa berbasis web yang bebas dari kesalahan logika. Kata-kata Kunci: Prototipe, sistem informasi, penilaian, prestasi, mahasiswa
Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia Iis Torisa Utami
Jurnal Serasi Vol 18, No 2 (2020)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah korespondensi Indonesia . Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan analisis regresi linier sederhana. Responden pada penelitian ini sebanyak 46 mahasiswa yang mengambil mata kuliah korespondensi Indonesia pada semester genap 2019/202. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan fasilitas belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung -2.377 dan ttabel 1.680 (-Thitung ≤ Ttabel) dengan taraf signifikansi 0.002 < α 0.05, artinya ada hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar mahasiswa yang berlawanan arah. Pada uji F menunjukkan bahwa fasilitas belajar terdiri dari indikator sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai Fhitung 3.564 dan Ftabel 3.124 (Fhitung > Ftabel) dengan α = 0.05 > signifikansi 0.037. artinya fasilitas belajar yang terdiri dari sarana dan prasarana pembelajaran yaitu materi kuliah (modul, diktat, ppt) buku referensi, media pembelajaran, ruang kelas, ruang laboratorium dan layanan perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar yang diperoleh melalui proses belajar.
Implementasi Taksonomi Bloom Pemahaman Dokumen Perpajakan Terhadap Hasil Belajar Dimoderasi Motivasi Belajar Reni Hariyani; Fenti Sofiani
Jurnal Serasi Vol 18, No 2 (2020)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine significantly the implementation of Bloom's Taxonomy and understanding of tax documents that affect the learning outcomes of Tax Administration course with learning motivation as a moderating variable. The population of this study was students of Akademi Sekretari Budi Luhur Year 2019/2020 for the Class of 2018. The sample taken using purposive sampling method amounted to 46 students. The research methods are quantitative and qualitative. Data analysis using SPSS Version 22 software uses 2 models, namely multiple regression analysis and regression analysis with moderating variables. The results of the study, namely the implementation of Bloom's Taxonomy do not significantly affect student learning outcomes in the Tax Administration course, because Diploma 3 students according to the rank at level 5 listed in the KKNI (Indonesian National Qualifications Framework) have the ability to Bloom’s Taxonomy levels at the level of knowledge and understanding. This means that students have not been able to have cognitive thinking skills up to the level of application, analysis, synthesis, and evaluation. Understanding of taxation documents does not significantly affect student learning outcomes in the Tax Administration course, because tax documents are only theoretical material in the RPS (Semester Learning Plan) with total 10% of the overall material. Meanwhile, the majority of the material is the practice of calculating in the form of numbers. The results of research for learning motivation can moderate the implementation of Bloom's Taxonomy and understanding of tax documents on student learning outcomes in the Tax Administration subject with an increase in the R square value of 9.5%. Keywords: implementation of Bloom’s Taxonomy, understanding of taxation documents, learning outcome, learning motivation
PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PEMERIKSA PADA DIREKTORAT JENDERAL PAJAK Hesti Umiyati; Kasful Anwar; Maulia Githa Ustadztama
Jurnal Serasi Vol 18, No 2 (2020)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan integritas pada pemeriksa sesuai dengan fungsi pengawasan dan penegakan hukum, maka diberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) dalam pengembangan kompetensi kinerja pegawai. Tingkat pencapaian hasil pegawai sesuai dengan misi yang diemban organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai, dengan kompetensi sebagai variabel intervening serta faktor lain yang berdampak pada kebijakan operasional organisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantiatif dengan instrument kuesioner, teknik pengambilan data purposive sampling dengan 60 responden, dan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Diklat berpengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai dengan tingkat kepercayaan 95%, demikian juga dari hasil uji statistik mencatat 65% kinerja pegawai dipengaruhi oleh adanya Diklat. Kompetensi pegawai memiliki pengaruh positif terhadap kinerja dengan tingkat kepercayaan 95%, dan dari hasil uji statistik mencatat 48% kinerja pegawai dipengaruhi oleh kompetensi pegawai. Selanjutnya, hasil uji hipotesis variabel kompetensi didapatkan nilai sebesar 57% pengaruh langsung variabel Diklat terhadap kompetensi, demikian pula pengaruh tidak langsung diperoleh nilai 27% dan total nya 0,84 atau 84%. Kata kunci: Pendidikan, Pelatihan, Kinerja, dan Kompetensi Pegawai
EFEKTIVITAS PELAYANAN RUMAH ASPIRASI ANGGOTA DPR RI DALAM MENYERAP ASPIRASI MASYARAKAT DI DAERAH PEMILIHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Medya Apriliansyah
Jurnal Serasi Vol 18, No 2 (2020)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keefektifan pelayanan rumah aspirasi anggota DPR RI dalam menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei deskriptif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Daerah Pemilihan IV Kota dan Kabupaten Sukabumi, dengan teknik pengambilan sampel yaitu propotional area sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui kuesioner sebagai data primer, studi kepustakaan dan juga wawancara sebagai data sekunder. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa responden mayoritas menyatakan sudah sangat baik dan efektif pelayanan rumah aspirasi anggota DPR RI dalam menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan oleh Desy Ratnasari sebagai anggota DPR RI. Hal ini dapat diketahui dari hasil tanggapan responden dimana rata-rata tanggapan responden terhadap pelayanan rumah aspirasi Desy Ratnasari sebagai anggota DPR RI dalam menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan tersebut adalah sebesar 80,03%. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Aspirasi, Masyarakat, DPR

Page 1 of 1 | Total Record : 6