cover
Contact Name
Achmad Syarif
Contact Email
achmad.syarif@budiluhur.ac.id
Phone
+628158745797
Journal Mail Official
serasi@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Layanan Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Akademi Sekretari Budi Luhur Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta 12260 Telepon: 021-5853753 ext 223 Faks: 021-7371165
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sekretari & Administrasi (Serasi)
ISSN : 20850700     EISSN : 26225913     DOI : -
Jurnal Administrasi Sekretaris (SERASI) menyediakan dan memfasilitasi naskah ilmiah pendidikan tinggi. Fokus SERASI adalah untuk mengenalkan pembaca secara luas tentang berbagai tradisi intelektual ilmu sekretaris dan administrasi di Indonesia. Cakupan tersebut antara lain: 1. Administrasi dan Kesekretarisan. 2. Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. 3. Penerapan Pengembangan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. 4. Penerapan Ilmu Ekonomi dan Bisnis dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. Tujuan jurnal ini menyebarluaskan cakupan subbidang ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, teknologi informasi kantor, manajemen sumber daya kantor, administrasi / manajemen kantor, teknologi kantor otomasi, teknologi kantor, hubungan masyarakat, simulasi kantor, manajemen acara, pelayanan prima, korespondensi, komunikasi, bahasa inggris untuk tujuan khusus (english for specific purposes), dan organisasi manajemen koleksi (arsip dan rekod).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2022)" : 6 Documents clear
Pengaruh Kreatifitas, Efikasi Diri dan Ketahanmalangan Terhadap Minat Berwirausaha Zulvia Khalid; Iis Torisa Utami; Nur Hanani
Jurnal Serasi Vol 20, No 2 (2022)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/js.v20i2.2109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas, efikasi diri dan ketahanamalangan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Yadika 5 Pondok Aren. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMK Yadika 5 Pondok Aren tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 171 siswa, kemudian untuk mengambil populasi dengan jumlah kecil menggunakan rumus slovin dengan tingkat eror sebesar 5% maka diperoleh sampel sebesar 120 siswa. Teknik yang digunakan adalah simple random, dan pengumpulan data menggunakan angket, serta teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan sofware SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan efikasi diri dan ketahanmalangan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Ketiga variabel tersebut memiliki nilai R2 sebesar 18,5% atau 0.185 angka ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara ketiga variabel tersebut karena adanya pengaruh yang lebih besar oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan variabel kreatifitas memiliki pengaruh yang lebih besar pada minat berwirausaha, sedangkan efikasi diri dan ketahanmalangan tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha karena dipengaruhi oleh beberapa faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran perlu adanya pengembangan efikasi diri bagi siswa melalui dukungan untuk menciptkan karya baru, dan ketahanmalangan dengan menciptakan suasana yang nyaman serta memberikan keyakinan mengenai rintangan dalam berwirausaha. Kata-kata Kunci: Kreatifitas; Efikasi Diri; Ketahanmalangan; Minat Berwirausah
Analisis Sistem Pengolahan Data Elektronik Mengenai Barang Milik Negara Pada Komisi Aparatur Sipil Negara Reni Hariyani; Tirta Arum
Jurnal Serasi Vol 20, No 2 (2022)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/js.v20i2.2045

Abstract

ABSTRAK Penggunaan sistem pengolahan data elektronik merupakan wujud nyata dari dampak kemajuan teknologi digital yang semakin canggih. Peran sistem berbasis internet dengan bantuan teknologi komputer yang saling terintegrasi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Salah satunya yaitu Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang telah menggunakan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia. Bentuk pengolahan data secara elektronik dilakukan untuk jenis Barang Milik Negara (BMN) yang dibeli dari dana APBN kemudian diproses melalui SAKTI pada modul aset tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengolahan data elektronik pada sistem SAKTI untuk BMN di KASN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Dengan tahapan analisis meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian ini adalah data barang milik negara dengan penulis sebagai observer di lokasi penelitian yaitu pada KASN periode Bulan Maret 2022 sampai dengan Bulan Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pengolahan data elektronik barang milik negara pada KASN meliputi lima tahapan pengolahan data elektronik. Yaitu pengumpulan data (origination) BMN, input melalui Microsoft Excel dan SAKTI, processing, output, dan storage dalam bentuk file PDF. Tidak terdapat tahapan distribusi dalam pengolahan data elektronik menggunakan SAKTI, karena output dalam bentuk laporan diberikan dari KASN sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Kementerian Keuangan Republik Indonesia setiap enam bulan sekali. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan modul lain dalam pengolahan data elektronik menggunakan SAKTI pada KASN. Kata kunci: Sistem, Pengolahan, Data, Elektronik.
Analisis Data Lowongan Kerja Sekretaris Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Data Mining Klasterisasi Fenti Sofiani; Dyah Retno Utari
Jurnal Serasi Vol 20, No 2 (2022)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/js.v20i2.2148

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19, banyak perusahaan di Indonesia yang melakukan pemutusan hubungan kerja karena menurunnya perekonomian secara nasional. Oleh karena itu informasi lowongan kerja menjadi hal yang langka dan diburu oleh para pencari kerja. Lowongan kerja merupakan salah satu informasi yang dibutuhkan bagi lulusan pendidikan tinggi program studi vokasi kesekretariatan. Informasi lowongan kerja memuat kualifikasi calon pekerja yang dibutuhkan oleh pemberi kerja. Selain dibutuhkan oleh lulusan, informasi ini juga dapat diolah menjadi pengetahuan penting bagi pengelola program studi. Pengelola program studi dapat menyiapkan lulusan untuk memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan pemberi kerja berdasarkan informasi lowongan kerja. Penelitian ini menganalisis data lowongan kerja sekretaris di harian surat kabar nasional pada masa pandemi COVID-19 selama lima belas bulan. Penelitian ini menggunakan metode klasterisasi data mining yaitu algoritma K-Means pada enam puluh tiga lowongan kerja dan analisis statistik deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan model klasterisasi data lowongan kerja kesekretarisan, sehingga pengelola program studi memiliki strategi untuk menyiapkan lulusan yang cepat mendapatkan pekerjaan yang dibutuhkan, terutama di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi lowongan kerja sekretaris terbagi menjadi tiga kategori yaitu klaster info lowongan kerja untuk lulusan dengan kompetensi teknologi informasi tanpa pengalaman kerja dan status lulusan baru, klaster kedua info lowongan kerja untuk lulusan berpengalaman, dan klaster ketiga berupa info lowongan kerja tanpa spesifikasi tertentu. Model klasterisasi dievaluasi dengan indeks Davies Bouldin, dengan nilai indeks 0,09, artinya model yang terbentuk relatif optimal. Disarankan untuk penelitian selanjutnya melibatkan data lowongan kerja di media elektronik dan membandingkan kinerja algoritma klasterisasi lainnya, seperti K-Medoids
Pemanfaatan Aplikasi Otomasi Kantor Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pengelolaan Surat Dinas Sefira Rachma Aulia; Saskia Lydiani
Jurnal Serasi Vol 20, No 2 (2022)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Surat menyurat sudah menjadi hal yang rutin dalam perusahaan, karena perusahaan harus menjalin relasi dengan organisasi, instansi, institusi maupun perusahaan lain. Oleh karena itu, pengelolaan surat di perusahaan sudah harus dilakukan dengan baik, efektif, dan efisien. Salah satu yang termasuk jenis surat adalah surat dinas yang merupakan surat resmi dikeluarkan oleh perusahaan yang berkaitan dengan kedinasan sebagai sarana komunikasi tertulis dalam penyampaian informasi dari satu pihak kepada pihak lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi otomasi kantor P-Office (Pertamina Office Automation) berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) dalam pengelolaan surat dinas di Human Capital & Business Support PT Pertamina. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus dengan pengamatan dan partisipasi langsung (observasi dan partisipasi) dari 1 Maret 2022 sampai 31 Mei 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi P-Office bermanfaat dalam pengelolaan surat dinas karena dapat menghemat waktu dan kertas, juga dapat diakses melalui ponsel Android maupun iOS. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan aplikasi berbasis TIK dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan surat dinas dengan baik, efektif, dan efisian. Saran yang dapat disampaikan terkait hasil penelitian ini adalah perawatan (maintenance) secara rutin dan pelatihan-pelatihan agar tidak terjadi kendala yang menghambat dari proses otomasi kantor yang sudah dilakukan. Kata-kata Kunci: Surat dinas; otomasi kantor; aplikasi; TIK; pengelolaan
Pemanfaatan Media Google Drive Dalam Pengelolaan Dokumen Elektronik Komisi Aparatur Sipil Negara Zalna Salsabila; Achmad Syarif
Jurnal Serasi Vol 20, No 2 (2022)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/js.v20i2.2172

Abstract

Dokumen elektronik saat ini sudah menjadi suatu hal yang biasa, apalagi dampak dari pandemi Covid-19 dimana tidak dapat berinteraksi secara langsung, diganti melalui media elektronik. Dokumen elektronik yang dimiliki instansi harus dapat dikelola dengan baik layaknya dokumen fisik. Dokumen elektronik yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan dokumen tersebut tidak tersimpan rapi sehingga menyulitkan pencarian dokumen tersebut ketika diperlukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media Google Drive dalam pengelolaan dokumen elektronik di Divisi Pokja Pengawasan Jabatan Pimpinan Tinggi I, Komisi Aparatur Sipil Negara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus dengan pengamatan dan partisipasi langsung oleh peneliti 1 dari tanggal 21 Maret 2022 sampai 17 Juni 2022. Hasil dari penelitian ini dapat terlihat bahwa media Google Drive dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan dokumen elektronik karena dapat diakses tanpa batasan tempat dan waktu baik melalui komputer, laptop maupun telepon seluler asalkan terhubung internet. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Google Drive dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan dokumen elektronik Komisi Aparatur Sipil Negara seperti pengunggahan dokumen (input), pengaturan nama file, nama direktori (folder) tempat simpan file (mekanisme penyimpanan file) dan berbagi file kepada pihak-pihak terkait (sharing dokumen). Saran yang dapat disampaikan terkait hasil penelitian ini adalah pemantauan secara berkala pada dokumen-dokumen (file) yang tersimpan di Google Drive secara rutin, agar tetap tersimpan dengan baik dan tidak terhapus serta memperhatikan batas waktu penyimpanan dokumen agar kapasitas ruang penyimpanan masih tercukupi untuk penyimpanan dokumen. Kata-kata Kunci: Dokumen; elektronik; pengelolaan; Google Drive; pemanfaatan
Strategi Penerjemahan Dokumen Administrasi Berbahasa Inggris Dalam Lingkungan Bisnis Startup di Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan XYZ) Novanda Alim Setya Nugraha; Rizky Eka Prasetya
Jurnal Serasi Vol 20, No 2 (2022)
Publisher : Akademi Sekretari Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/js.v20i2.2243

Abstract

Perusahaan startup di Indonesia harus dapat mengatasi tantangan dalam mengelola bisnis mereka, termasuk dalam hal penerjemahan dokumen administrasi. Namun, tantangan budaya dan bahasa yang berbeda dapat menyebabkan kesalahan dan masalah komunikasi yang dapat memengaruhi kinerja bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi penerjemahan dokumen administrasi yang efektif dan efisien bagi perusahaan startup di Indonesia, serta mempertimbangkan konteks budaya dan bahasa yang berbeda dalam proses penerjemahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada perusahaan startup XYZ di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan karyawan, serta melalui analisis dokumen administrasi yang telah diterjemahkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan startup XYZ menggunakan strategi penerjemahan dokumen administrasi yang efektif dengan mengandalkan layanan penerjemah profesional dan software penerjemah yang terkini. Selain itu, perusahaan juga memperhatikan konteks budaya dan bahasa yang berbeda dengan mencari informasi terkini mengenai bahasa dan budaya di negara target. Perusahaan juga memastikan bahwa penerjemah yang mereka gunakan memiliki pengalaman dan keahlian di bidang bisnis. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas penerjemahan dokumen administrasi sangat penting untuk kinerja bisnis perusahaan startup di pasar global. Kesalahan dalam penerjemahan dokumen administrasi dapat menyebabkan kesulitan dalam komunikasi, ketidaksepakatan antara perusahaan dan mitra bisnis, serta potensi masalah hukum. Oleh karena itu, perusahaan startup di Indonesia harus memperhatikan strategi penerjemahan dokumen administrasi yang efektif dan efisien untuk memastikan kesuksesan mereka di pasar global

Page 1 of 1 | Total Record : 6