cover
Contact Name
Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani
Contact Email
tamaddun@umg.ac.id
Phone
+6285762621862
Journal Mail Official
ahyanyusuf@umg.ac.id
Editorial Address
http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/EditorialBoard
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
ISSN : 1693394X     EISSN : 27222632     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1
Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para peneliti/dosen/pendidik untuk mempublikasikan artikelnya, yang fokus pada kajian pendidikan Islam, pembelajaran pendidikan agama Islam, pemikiran pendidikan agama Islam, dan studi keislaman dan kemuhammadiyahan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN ADAB PADA SANTRI KUTTAB AL-FATIH GRESIK Ode Moh Man Arfa Ladamay; Dwi Kurniawati
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v24i2.6364

Abstract

ini dilatar belakangi oleh kejadian-kejadian yang tidak pantas yang akhir-akhir ini terjadi karena penurunan adab dalam masyarakat. Setiap manusia diharapkan mendapatkan pendidikan yang baik dan maksimal. Pendidikan yang penting di ajarkan dan sesuai dengan syariat Islam adalah Pendidikan agama Islam. Karena Pendidikan agama Islam bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits diharapkan dengan pembelajaran yang maksimal maka adab manusia dapat terbentuk dan kehidupan menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan agama Islam dalam pembentukan adab santri. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas tentang penerapan Pendidikan agama Islam di Kuttab Al-Fatih Gresik sudah berjalan dengan baik dan maksimal. Setiap pelajaran yang diajarkan dikaitkan dengan Pendidikan Agama Islam, metode yang digunakan dengan metode nabi yaitu berkisah dan kurikulum yang digunakan adalah Iman dan Al- Qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan implementasi Pendidikan agama Islam yang maksimal dan menyeluruh serta pembiasaan guru yang dicontohkan kepada santri sangat baik sehingga adab santri di Kuttab Al-Fatih Gresik dapat terbentuk dengan sangat baikKeywords: Implementasi, Pendidikan; Agama; Islam; Adab
PELAKSANAAN PROGRAM PENDAMPINGAN TADARUS AL-QURAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 GRESIK Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani; Erio Yudha Tama
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v24i2.6360

Abstract

Pelaksanaan program pendampingan tadarus Al-Quran merupakan suatu usaha pendampingan dan pemantauan terhadap kebiasaan yang memang sejak awal sudah harus dibiasakan oleh umat Islam dimanapun mereka berada. Pelaksanaan program pendampingan tadarus ini dilaksanakan dengan tujuan agar kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan rencana. Tadarus Al-Quran merupakan suatu kegiatan membaca secara bersama-sama atau sendiri yang kemudian diadakan sedikit mengkaji makna isi kandungan yang ada di dalam Al-Quran itu sendiri. Al Qur’an merupakan rujukan utama umat Islam, sehingga untuk dapat mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman, maka kemampuan memahami Al Qur’an menjadi hal utama dan sangat penting. Hal ini tentu berdampak pada integrasi keilmuan Islam yang kurang optimal pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Alur analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan tadarus Al-Quran maka secara tidak langsung siswa di Madrasah Aliyah dapat memperoleh ketenangan jiwa.Kata Kunci: Program; Pendampingan; Tadarus; Al-Quran
PENERAPAN PEMBIASAN TAHFIDZ DALAM UPAYA MENAMBAH KECERDASAN ANAK Ari Fajar Isbakhi; Nasrudin Nasrudin
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v24i2.6365

Abstract

Penerapan Pembiasan Tahfidz Dalam Upaya Menambah Kecerdasan Anak. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bentuk-bentuk pembiasaan yang dilakukan guru dalam meningkatkan kecerdasan anak melalui metode menghafal Al-Qur’an. Dengan membiasakan hal-hal positif dapat melahirkan pribadi anak yang sholeh, cerdas, cakap dan tangguh dalam segala hal (Suharsono, 2002). Hal ini bertujuan agar anak dapat menjadi generasi harapan bangsa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research yang bersifat kualitatif. karena data yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan. Dan dalam melakukan penelitian, peneliti memasukkan penelitian ini kedalam suatu jenis penelitian deskriptif eksploratif, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya terjadi pada objek atau fenomena yang ada.Kata Kunci: Pembiasaan, metode, strategi pembelajaran
UPAYA MADRASAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Subhan Adi Santoso
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v24i2.6361

Abstract

Pendidikan merupakan kunci bagi suatu bangsa untuk mempertahankan eksistensinya dimana peningkatan kecakapan dan kemampuan diyakini sebagai faktor untuk bisa menyiapkan masa depan yang siap bersaing dengan bangsa lain. Disamping itu pula pendidikan juga memiliki peran sentral bagi upaya pengembangan sumber daya manusia, yang mana peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai visi terwujudnya sistem pendidikan nasional. Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan diadakannya otonomi pendidikan dengan model Manajemen Berbasis Sekolah, yang mana Manajemen Berbasis Sekolah merupakan penawaran agar sekolah dapat leluasa mengelola sumber daya sekolah dengan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan, dan agar lebih tanggap terhadap kebutuhan lingkungan setempat, disamping itu pula Manajemen Berbasis Sekolah juga mendorong sekolah untuk dapat lebih meningkatkan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional.menerapkan manajemen berbasis sekolah dalam meninkatkan mutu pendidikanMadrasah Tsanawiyah Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi lapangan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi dari sekolah. Teknik analisis data yang digunakan sebagai bahan pembelajaran adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam upaya menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah yaitu dengan a). Berusaha mengefektifkan dan meningkatkan tiga ranah yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan cara memberikan ulangan harian, memberikan praktek, dan memotivasi anak didik dalam mengikuti proses pembelajaran, b). Meningkatkan sikap kepedulian, sikap disiplin kerja, dan sikap keteladanan, c). Meningkatkan ilmu pengetahuan umum atau tehnologi dan ilmu pengetahuan Agama, d). Membuat rencana program pembelajaran baik itu jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, e). Memberikan informasi yang jelas terkait dengan proses belajar mengajar, f). Melakukan analisis situasi baik di dalam kelas maupun di luar kelasKeywords: Upaya, Madrasah, Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu pendidikan
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNANETRA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK Noor Amirudin; Siti Khodijah
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v24i2.6362

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh setiap peserta didik wajib dalam menuntut ilmu baik peserta didik yang normal maupun yang disabilitas netra. Ilmu yang paling penting untuk dipelajari manusia adalah pendidikan agama Islam, hal tersebut untuk memberikan pembelajaran bahwa setiap manusia adalah pemimpin jadi meskipun beberapa manusia dilahirkan dengan kekurangan akan tetapi manusia itu harus mampu menjadi pemimpin minimal untuk diri sendiri, menjadi manusia yang bebas dan independent. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunanetra. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan cara kajian yang mendalam guna memperoleh data yang lengkap dan terperinci. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data ini dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunanetra di SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang sudah berjalan sangat baik, yang mana guru telah mampu mengoptimalkan pembelajaran dengan memaksimalkan indra-indra disabilitas netra yang masih berfungsi. Kesimpulan dari penelitian ini menerangkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk siswa tunanetra yang berpedoman pada kurikulum 2013 dengan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa tersebut, guru juga menggunakan metode pembelajaran yang telah dirancang dan terus diperbarui jika diperlukan hal ini disesuaikan dengan hasil evaluasi pembelajaran.Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunanetra
IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DENGAN METODE TAJDIED SISWA PADA TINGKATAN DASAR SMP MUHAMMADIYAH 04 KEBOMAS Hasan Basri; Nur Chasanah
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v24i2.6363

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaran malaikat jibril sebagai pedoman kehidupan sehari-hari umat manusia. Mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an wajib untuk semua kalangan masyarakat mulai dari usia dini sampai lensia. Kemampuan mempelajari Al-Qur’an merupakan awal untuk setiap umat islam untuk menguasai Al-Qur’an. Dengan diadakan program baca tulis Al- Qur’an maka dengan mudah masyarakat mempelajari dan membaca Al-Qur’an. di SMP Muhamadiyah 04 kebomas salah satu lembaga yang mengadakan program baca tulis Al- Qur’an dengan menggunakan metode tajdied. Dengan metode tersebut sangat memudahkan siswa dan guru dalam proses pengajaran Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana implementasi baca tulis Al-Qur’an dengan metode tajdied siswa pada tingkatan dasar di SMP muhamadiyah 04 Kebomas ? adapun tujuan ini untuk mengetahui implementasi baca tulis Al- Qur’an dengan metode tajdied siswa pada tingkatan dasar di SMP muhammadiyah 04 Kebomas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan abservasi, wawancara dan dokumentasi.Keywords: Baca; Tulis; Al-Qur’an; Metode; Tajdied
PENANAMAN KARAKTER DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNA LARAS DI SEKOLAH INKLUSI Rifaah Salwa Albana; Alfi Zidanurrohim; Difa'ul Husna; Utut Abdillah Iskandar; Wahyu Lestari
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 24 No 2 (2023): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v24i2.6359

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap anak yang terlahir di dunia. Pendidikan memiliki tujuan salah satunya adalah membentuk karakter anak didik. Pendidikan karakter sangatlah penting untuk didapatkan oleh peserta didik. Salah satu media untuk menanamkan karakter adalah dengan melalui pendidikan agama islam di sekolah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyampaikan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Namun, bagaimana jika anak yang mempelajari pendidikan agama islam merupakan anak yang berkebutuhan khusus, khususnya anak tuna laras? Bagaimana cara menanamkan karakter melalui pendidikan agama islam kepada anak tuna laras? Apakah nantinya akan sama cara mendidiknya dengan anak yang tidak berkebutuhan khusus? Artikel ini membahas mengenai bagaimana cara menanamkan karakter kepada anak tunalaras, dengan tujuan memberikan gambaran bagaimana menanamkan pendidikan agama islam yang baik bagi anak tunalaras jika dilihat dari segi kebutuhannya, sehingga dapat terbentuk karakter dalam diri anak tunalaras. Artikel ini juga mengandung pembahasan mengenai bagaimana kondisi pisikologis anak tuna laras, bagaimana memberikan bimbingan kepada anak tuna laras, dan bagaimana menanamkan perilaku melalui pendidikan kepada anak tuna laras.Keywords: Karakter, Pendidikan Agama Islam, Tuna Laras

Page 1 of 1 | Total Record : 7