cover
Contact Name
Taufik Agung Pranowo
Contact Email
taufikagung@upy.ac.id
Phone
+6287719079467
Journal Mail Official
gcounsbkupy@upy.ac.id
Editorial Address
gcounsbkupy@upy.ac.id
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25416782     EISSN : 25806467     DOI : https://doi.org/10.31316/g.couns.v4
Core Subject : Science, Education,
Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk menyebar luaskan hasil karya ilmiah dalam bidang bimbingan dan konseling khususnya dan bidang psikologi pendidikan pada umumnya. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan Desember dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 12 Documents clear
PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK -, Rubini
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Alat pengumpulan data yang digunakan angket dan pedoman observasi. Pada Siklus I, siswa yang kemandirian belajarnya sangat tinggi ada 17 anak, siswa yang kemandirian belajarnya tinggi ada 8 anak, siswa yang kemandirian belajarnya cukup ada 7 anak, sedang siswa yang kemandirian belajarnya kurang dan rendah tidak ada. Pada Siklus I ditemukan ada dua, indikator yang hasilnya masih di bawah kriteria keberhasilan yaitu indikator percaya diri 79.04% dan indikator berinisiatf sendiri/mau berbuat sendiri 73.83%. Pada Siklus II terjadi peningkatan, siswa yang kemandirian belajarnya sangat tinggi ada 27 anak dan siswa yang kemandirian belajarnya tinggi ada 5 anak. Siswa yang kemandirian belajarnya cukup, kurang dan rendah tidak ada. Hasil analisis kuantitatif per indikator kemandirian belajar pada Siklus I dibandingkan Siklus II maka hasilnya lebih baik karena telah mencapai 80%.Kata kunci: kemandirian belajar, bimbingan kelompok, siswa kelas X
PEMBERIAN SANKSI TERADAP KETIDAKDISIPLINAN BELAJAR KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN TEMPEL Jurais, Muhammad
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik di SD Negeri Se kecamatan Tempel. (2) Mengetahui bentuk-bentuk pemberian sanksi di SD Negeri Se kecamatan Tempel (3) Mengetahui teknik pelaksanaan pemberian sanksi yang diterapkan di SD Negeri se kecamatan Tempel. (4) Megetahui perubahan perilaku setelah dibrikan sanksi. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan dewan guru. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah teknik pelaksanaan pemberian sanksi dibagi menjadi tiga yakni teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi pada saat proses belajar mengajar, teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi di luar kelas dan tergolong kategori ringan, serta teknik penanganan ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi di luar kelas dan tergolong jenis pelanggaran berat.Kata kunci: sanksi, ketidakdisiplinan belajar, siswa
EFEKTIVITAS SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) DALAM MEREDUKSI EMOSI MARAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN Sumarna, Anang
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan pengendalian emosi marah pada siswa MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta; (2) mengukur efektivitas Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam mereduksi emosi marah siswa di MTs Muhammadiyah Gedongtengen; (3) mendeskripsikan penerapan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam pembelajaran siswa di MTs Muhammadiyah Gedongtengen. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Adapun lokasi yang dipilih oleh peneliti adalah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1) kemampuan pengendalian emosi marah pada siswa MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta masih tergolong rendah; (2) desain dan penerapan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam pembelajaran siswa di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta dapat dilakukan dengan cara pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menunjang aspek spiritual, walaupun hanya nurturant efect, bukan instructional efect; (3) Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam mereduksi emosi marah siswa secara klasikal di MTs Muhammadiyah Gedongtengen tidak efektif.Kata kunci: efektifitas, spiritual emotional freedom technique, emosi marah
MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS HUMANISTIK UNTUK MENGUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA IKIP-PGRI PONTIANAK -, Kamaruzzaman; -, Aliwanto
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.74

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik yang menunjukkan bahwa permasalahan karakter merupakan isu nasional yang menjadi perhatian bagi semua pihak. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya atau strategi dalam menyikapi situasi tersebut, sehingga harapan karakter anak-anak bangsa sebagai masa depan bangsa dapat berkembang dengan baik. Tingkat karakter mahasiswa IKIP PGRI Pontianak berada pada kategori rendah, untuk itu perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis humanistik yang dapat meningkatkan karakter mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis humanistik efektif untuk menguatkan pendidikan karakter pada mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Faktanya pada uji hipotesis menunjukkan bahwa semua indikator karakter mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah mendapatkan intervensi bimbingan kelompok berbasis humanistik. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa semua indikator karakter mahasiswa memperoleh nilai signifikansi atau mengalami peningkatan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi rata-rata karakter mahasiswa sebelum dan sesudah tindakan adalah mengalami peningkatan.Kata kunci: karakter, model bimbingan kelompok berbasis humanistik
PERAN KETELADANAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK AKHLAK REMAJA BERPRESTASI (Studi Kasus Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sentolo Kulon Progo) Rusna Dewi, Ita
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ; 1. Mengetahui pemahaman orang tua dalam mendidik remaja berprestasi SMP Muhammadiyah 1 Sentolo, Kulon Progo; 2. Mengetahui peran keteladanan orang tua dalam membentuk akhlak remaja berprestasi SMP Muhammadiyah 1 Sentolo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi yang peneliti pilih adalah SMP Muhammadiyah 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Dalam tekhnik pengumpulan data penulis menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan ; 1. Rasa tanggung jawab yang besar pada orang tua dalam tumbuh kembang remaja menjadikan kekuatan untuk selalu memberikan pengasuhan dan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya. 2. Keteladanan para orang tua dalam membentuk akhlak remaja berprestasi meliputi keteladanan dalam intelektual, keteladanan dalam emosional dan keteladanan dalam spiritual. Dengan prinsip selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya agar mampu menikmati kehidupan yang lebih baik.Kata kunci: keteladanan orang tua, prestasi dan akhlak remaja
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI HIDUP ISLAMI DI SMK MUHAMMADIYAH KABUPATEN TEGAL -, Nurokhman
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah, komitmen guru, dan pengaruh simultan kepemimpinan Kepala Sekolah dan komitmen guru terhadap penerapan nilai-nilai hidup Islami di SMK Muhammadiyah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kepala Sekolah, guru, dan siswa SMK Muhammadiyah se Kabupaten Tegal. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh signifikan terhadap penerapan nilai-nilai hidup Islami di SMK Muhammadiyah Kabupaten Tegal, nilai sig sebesar 0,013 < 0,05. nilai; (2) komitmen guru berpengaruh signifikan terhadap penerapan nilai-nilai hidup islami di SMK Muhammadiyah Kabupaten Tegal, nilai sig sebesar 0,006 < 0,05; dan (3) Secara simultan kepemimpinan Kepala Sekolah dan komitmen guru berpengaruh signifikan terhadap penerapan nilai-nilai hidup islami di SMK Muhammadiyah Kabupaten Tegal, nilai sig sebesar 0,002 < 0,05.Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, penerapan nilai-nilai hidup islami.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI ANAK KELAS VII SMP NEGERI 2 KASIHAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Ernawati, Ika
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap pengendalian emosi anak Kelas VII SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kasihan tahun pelajaran 2015/2016, sejumlah 132 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang bersifat tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap pengendalian emosi anak Kelas VII SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, ditunjukkan dari nilai R = 0,352 dan F Hitung = 13,847 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Artimya semakin baik pola asuh orang tua terhadap anak maka semakin baik pula pengendalian emosi anak tersebut. Demikian juga sebaliknya semakin kurang pola asuh orang tua terhadap anak maka semakin kurang pula pengendalian emosi anak tersebut.Kata kunci: pola asuh, pengendalian emosi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN SANTRIWAN-SANTRIWATI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA Bahrudin Siregar, Ahmad
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.70

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengenalisa seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding school Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat korelasional. Populasinya seluruh santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding school Prambanan Yogyakarta dan sampel penelitian ini 255 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian santriwan sebesar 41,3% dan santriwati sebesar 33,9%. (2) pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kemandirian santriwan sebesar 34,3% dan santriwati sebesar 25,5%. (3) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemandirian santriwan sebesar 64,3% santriwati sebesar 50,9%. (4) pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan motivasi berprestasi terhadap kemandirian santriwan sebesar 67,8% dan santriwati sebesar 55,9%.Kata kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual , motivasi berprestasi dan kemandirian
POLA PENDIDIKAN AQIDAH ANAK DALAM KELUARGA MUALAF (Studi Kasus di Mualaf Center Yogyakarta) Utami, Rahmi
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proses pola pendidikan aqidah anak dalam keluarga mualaf studi kasus di Mualaf Center Yogyakarta, sehingga mampu memberikan gambaran kepada keluarga-keluarga lain dalam memberikan pendidikan aqidah anak di keluarga. Subjek penelitian ini berjumlah 2 keluarga dengan usia pernikahan 16 dan 13 tahun serta usia anak antara 6-15 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahamaan agama anak di keluarga mualaf bersifat: unreflective (tidak mendalam), egosentis (sesuai dengan keinginannya), imitative (meniru) dan verbal dan ritual. Terdapat dua pendekatan dalam menanamkan aqidah oleh keluarga mualaf, yaitu: 1) mendidik langsung (direct education), 2) mendidik tidak langsung (indirect education. Hambatan yang dialami oleh keluarga mualaf dalam pelaksanaan pendidikan aqidah, meliputi: 1) hambatan berdasarkan orangtua, 2) hambatan berdasarkan anak, 3) hambatan berdasarkan pola yang digunakan, dan 4) hambatan berdasarkan lingkungan.Kata kunci: pendidikan, aqidah, mualaf
PERAN DAI DALAM PEMBERDAYAAN UMAT MELALUI GREEN DAKWAH (Studi Terhadap Komunitas Peduli Lingkungan Pucang Rahayu Pucanganom, Srumbung, Magelang dan Komunitas Joglo Jeep Gunungpring, Muntilan, Magelang) Herawati, Azizah
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v2i2.71

Abstract

Penelitian bertujuan: mendeskripsikan peran dai dalam Green Dakwah, menjelaskan faktor pendukung dan penghambat keberhasilan Green Dakwah dan membandingkan Green Dakwah di Pucang Rahayu dan Joglo Jeep Gunungpring. Jenis penelitiannya deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Komunitas Pucang Rahayu dan Komunitas Joglo Jeep Gunungpring. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, perbincangan dan dokumentasi. Hasil penelitian: peran dai sangat dominan dalam kepedulian lingkungan, pemberdayaan dan pembinaan spiritual. Faktor pendukung Pucang Rahayu: dai tidak hanya ceramah, jamaah termotivasi untuk peduli lingkungan, berdaya, ikut kajian agama dan dukungan pemdes. Faktor penghambatnya: kesibukan jamaah, miskomunikasi pimpinan dan anggota serta minimnya kreator sampah. Faktor pendukung Komunitas Joglo Jeep: tersedianya sarpras dan dana, banyaknya komunitas yang berkumpul serta materi variatif dari berbagai disiplin ilmu. Faktor penghambatnya: sulitnya mengukur keberhasilan program, jamaah berganti-ganti. Perbedaannya: klaster, kuantitas pertemuan, segmen keanggotaan, target dakwah, jaringan serta materi.Kata kunci: dai, green dakwah, peduli lingkungan

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 01 (2026): January 2026, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (In Press) On Progress Vol. 9 No. 3 (2025): Agustus 2025. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 1 (2024): Desember 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 3 (2024): Agustus 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 2 (2024): April 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 01 (2023): Desember 2023, G Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 03: Agustus 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 02: April 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 01: Desember 2022, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 2 (2022): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 1 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No. 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling More Issue