cover
Contact Name
Taufik Agung Pranowo
Contact Email
taufikagung@upy.ac.id
Phone
+6287719079467
Journal Mail Official
gcounsbkupy@upy.ac.id
Editorial Address
gcounsbkupy@upy.ac.id
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25416782     EISSN : 25806467     DOI : https://doi.org/10.31316/g.couns.v4
Core Subject : Science, Education,
Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk menyebar luaskan hasil karya ilmiah dalam bidang bimbingan dan konseling khususnya dan bidang psikologi pendidikan pada umumnya. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan Desember dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 23 Documents clear
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRIBADI SISWA DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Indrayati, Siti Asfiyatun
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta sebelum diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam; 2) kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta setelah diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam; dan 3) efektivitas layanan bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan kualitas  pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 7 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sejumlah 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 dan kelas XII MIPA 4 untuk kelompok eksperimen dan 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 5 dan XII IPS 2 untuk kelompok eksperimen, dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan kuesioner. Teknik analisis data digunakan uji t sampel independen. Hasil penelitian, 1) Kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta sebelum diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam, termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata skor sebesar 94,7231; 2) Kualitas pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta setelah diberikan layanan bimbingan dan konseling Islam, termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata skor sebesar 101,7538; dan 3) Layanan bimbingan dan konseling Islam efektif dalam meningkatkan kualitas  pribadi siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta, dengan t-hitung sebesar -14,967 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan kualitas pribadi berada pada tingkat sedang, ditunjukkan dari effect sise sebesar 0,7426.Kata kunci: efektifitas layanan bimbingan dan konseling islam, kualitas pribadi
PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI SENI BUDAYA TRADISIONAL Sukadari, -
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1196

Abstract

Dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin pesat pada setiap segi kehidupan berdampak luas pola hidup secara universal. Dalam hal ini dunia anak juga sangat terpengaruh permainan atau dolanan anak telah tergerus dengan majunya teknologi. Melalui seni budaya tradisional mampu membentuk karakter anak oleh karena itu seni budaya yang turun temurun dan memiliki nilai karakter yang tinggi harus diupayakan kembali agar kelak sebagai generasi penerus tidak kehilangan jati diri bangsa sehingga dapat mempertahankan seni budaya bangsa yang bermartabat. Untuk itu peran orang tua, masyarakat dan pemerintah bersinergi untuk memberikan pengertian dan bimbingan kepada anak pentingnya seni budaya tradisional yang syarat dengan nilai karakter.Kata Kunci: karakter, seni budaya, tradisional
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK BAGI SISWA KELAS VIII F DI MTs NEGERI 5 DEMAK Fuadah, Durrotul
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1191

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: 1) Meningkatkan motivasi belajar IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak melalui diskusi kelompok, 2) Meningkatkan hasil belajar IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak melalui diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pretest, tes formatif pada tiap akhir siklus, sedangkan data hasil non pengamatan aktivitas siswa. Sumber data: guru, siswa, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini Melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak , sebesar 27 dengan nilai rata-rata dari 61 menjadi 88. Melalui metode diskusi kelompok, hasil belajar IPA materi pertumbuhan dan perkembangansiswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak  dapat meningkat sebesar 24 dari nilai rata-rata 57 menjadi 81. Sedangkan, ketuntasan belajar terjadi peningkatan sebesar 68% dari yang tuntas 26% menjadi 94 % terjadi kenaikan yang sangat Signifikan.Kata Kunci: motivasi, hasil belajar dan diskusi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MELALUI METODE DRILL KELAS VII A MTs NEGERI 5 DEMAK Restutiningrum, Idi
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1186

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi aritmatika sosial melalui metode drill pada siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Demak  Semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I yang oleh peneliti  diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui metode drill ternyata hasil yang dicapai dalam pembelajaran matematika pada siklus  I beberapa  siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan. Adapun siklus II, siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sangat antusias. Pemberian materi aritmatika sosial menggunakan metode drill melalui dua siklus pada siklus I dari 34 siswaada 20 siswa atau 58,82% tuntas. Siklus II sebesar 29 siswa atau 85,29% siswa tuntas. Hal. ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa Upaya yang perlu dilakukan untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajar adalah dengan memperhatikan model pembelajaran . Untuk itu disarankan pada guru matematika sebagai praktisi dilapangan untuk menggunakan metode pembelajaran drill dapat dijadikan salah satu alternatife dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Kata kunci: hasil belajar, metode drill, siswa SMP
STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PNS DAN NON PNS DI SMP MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANTUL -, Suryanik -; YH, Adhy Pratomo
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. 2) mendiskripsikan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah Non PNS di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. 3) menemukan signifikansi perbedaan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul PNS dan yang Non PNS. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode analisa data mixed methods yaitu suatu prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan  mencampur metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitiaan untuk memahami pemasalahan  penelitian. Artinya menggunakan metode kuantitatif karena teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kuisioner, dan juga menggunakan metode kualitatif karena teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS dan Non PNS yang signifikan di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata  persentase kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS adalah 82,1%, dan nilai rata-rata persentase kemampuan kepemimpinan kepala sekolah Non PNS sebesar 82,6%. Hal ini menunjukkan perbedaan yang terjadi hanya sekitar 0,5 sehingga menjadikan perbedaan antara kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS dengan kemampuan kepemimpinan Kepala sekolah Non PNS tidak signifikan.
KETERKAITAN EVALUASI PELAKSANAAN LAYANAN ORIENTASI, INFORMASI DAN RASA PERCAYA DIRI Indiati, -; Yuhenita, Nofi Nur; Kurniati, Astiwi
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1181

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya guru pembimbing yang selalu memiliki tanggung jawab atas kinerjanya yaitu memandirikan siswa dalam perkembangan belajar, social, pribadi dan karir, sehingga mempunyai rasa percaya diri. Tanggung jawab guru pembimbing atas kinerjanya dapat dilihat dari hasil pelaksanaan program bimbingan dan konseling termasuk layanan orientasi dan informasi. Selain itu penelitian ini bertujuan mendukung bidang kajian penelitian Universitas Muhammadiyah Magelang, untuk meningkatkan kualitas hidup islami bagi remaja di wilayah Kota Magelang. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah diketahuinya keberhasilan pelaksanaan layanan orientasi dan informasi, dalam hubungannya dengan rasa percaya diri siswa, sehingga dapat ditindak lanjuti oleh guru pembimbing. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dan korelasi. Tahapan penelitian terdiri dari tahap persiapan, penyusunan rencana kegiatan, pelaksanaan penelitian dan penyajian hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh hasil pelaksanaan layanan orientasi dan informasi dan tersedianya instrument penilaian yang dapat digunakan oleh guru pembimbing.Kata kunci: layanan orientasi, informasi, dan percaya diri
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF SISWA SMP DI YOGYAKARTA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING Gita, Katrina Nur; Perianto, Eko
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1197

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi siswa kelas VIII terhadap Guru BK di SMP Mutiara Persada Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, mengetahui bagaimana peran Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Mutiara Persada Yogyakarta untuk mengubah persepsi negatif siswa terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, mengetahui faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, serta mengetahui faktor penghambat dalam mengubah persepsi negatif siswa kelas VIII terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan terdapat siswa kelas VIII di SMP Mutiara Persada Yogyakarta yang memiliki persepsi negatif terhadap Guru Bimbingan dan Konseling. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengubah persepsi negatif adalah dengan melakukan pendekatan dengan siswa, bersikap ramah, dan pemberian penghargaan. Faktor pendukung dalam mengubah persepsi negatif siswa adanya dukungan dari kepala sekolah dan kesadaran diri siswa akan Bimbingan dan Konseling. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya pemahaman guru mata pelajaran terhadap Guru Bimbingan dan Konseling serta kurangnya pengamalan Guru Bimbingan dan KonselingKata Kunci : guru bimbingan dan konseling, persepsi negative
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SEMESTER GENAP MTS NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mustofiyah, -
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1192

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui a) proses pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VIIIA semester genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. b) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VIIIA semester genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah keseluruhan siswa di kelas VIIIA adalah 32 peserta didik, dengan rincian peserta didik putri 30 orang dan peserta didik putra 2 orang. Hasil belajar mereka pada mapel IPA, dilihat dari nilai ulangan setelah menyelesaikan 1 bulan pembelajaran (1 KD) rata-rata nilai mereka rendah. Siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM ada 35%, diatas KKM ada 65%. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasilnya penelitian menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas VIIIA Semester Genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020 hasil belajar yang didapat mengalami peningkatan dari hasil belajar Siklus 1 dari 71,875 % ke siklus 2 menjadi 93,75% dengan peningkatan sebesar 21,875%, selain prosentase ketuntasan nilai rata – rata pun juga mengalami kenaikan dari 77 menjadii 85,94 Dari prosentase hasil belajar peserta didik bisa dilihat bahwa di siklus 2 menunjukan prosentase diatas 90%.Kata Kunci: metode jigsaw, IPA, siswa SMP
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MELALUI METODE JIGSAW KELAS VIII F MTs NEGERI 5 DEMAK Qiptiyyah, Mariyatul
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1187

Abstract

Keberhasilan siswa mencapai prestasi yang baik pada pembelajaran PKn merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses belajar mengajar PKn. Berdasarkan studi pendahuluan pada siswa MTs Negeri Demak ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikategorikan rendah. Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran PKn Melalui metode jigsaw pada siswa kelas VIII F MTs Negeri Demak Semester gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I yang oleh peneliti  diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui metode jigsaw, ternyata hasil yang dicapai dalam pembelajaran PKn pada siklus  I beberapa  siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan. Adapun siklus II, siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sangat antusias. Pemberian materi dengan menggunakan metode jigsaw melalui dua siklus rata-rata nilai tes akhir pada siklus I dan rata-rata nilai tes akhir pada seiklus II mengalami perubahan yang signifikan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa.Kata kunci: hasil belajar, jigsaw, siswa SMP
PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISORO II Komarudin, Encep
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31316/g.couns.v5i1.1180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi kepribadian dan sosial mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa. Populasi sejumlah 85 siswa SD Muhammadiyah Kadisoro II, diambil  sebagai sampel 13 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis I menunjukkan nilai t hitung  > t table (3,472) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05), bahwa variable bebas kompetensi kepribadian (X1) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan nilai thitung  > ttable (6,557) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05). maka Ho ditolak, bahwa variable bebas kompetensi sosial  ( X2 ) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 3 diketahui bahwa  Ftabel 4,10. Karena nilai Fhitung 75,880 lebih > dari Ftable (7,5880) > (4,10), bahwa variable X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terkait Y.Kata kunci: kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, motivasi belajar

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 01 (2026): January 2026, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling (In Press) On Progress Vol. 9 No. 3 (2025): Agustus 2025. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 2 (2025): April 2025, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 9 No. 1 (2024): Desember 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 3 (2024): Agustus 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 2 (2024): April 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No. 01 (2023): Desember 2023, G Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 03: Agustus 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 02: April 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No. 01: Desember 2022, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 2 (2022): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No. 1 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2021): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No. 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 2 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling More Issue