cover
Contact Name
Achmad Fawaid
Contact Email
fawaidachmad@gmail.com
Phone
+6282318007953
Journal Mail Official
jurnal.guyub@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Nurul Jadid, Jl. KH. Zaini Mun'im Karanganyar Paiton Probolinggo Jawa Timur, 67291
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
GUYUB: Journal of Community Engagement
ISSN : 27231232     EISSN : 27231224     DOI : -
The focus of GUYUB: Journal of Community Engagement is to provide readers the conceptual thoughts and research results in the area of community service. The scope of GUYUB: Journal of Community Engagement is relating to the main problems of community engagement areas, such as (1) training, marketing, appropriate technology, design; (2) student community services; (3) community empowerment, social access; (4) education for sustainable development, etc.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023)" : 7 Documents clear
PKM Pelatihan dan Pembinaan Baca Tulis Alqur’an di TPQ Krajan, Desa Mlandingan Kulon, Mlandingan, Kab. Situbondo Achmad Suhaili
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v4i1.5865

Abstract

Mempelajari al-Qur’an berarti belajar membunyikan huruf-hurufnya sesuai tempat keluarnya sesuai kaidah tajwid dan menulisnya. Tentunya tingkatan ini adalah tingkatan yang paling awal dan sangat menentukan keberhasilan pembelajaran al-Qur’an pada tingkatan selanjutnya. PkM dengan konsep Pelatihan Baca tulis Al Qur’an yang diselenggarakan di TPQ Krajan, Desa Mlandingan Kulon, Kecamatan Mlandingan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an anak yang sedang belajar di TPQ dengan formula metode pembelajaran Al Qur’an yang efektif. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini melalui beberapa tahapan, diantaranya adalah dengan metode observasi kegiatan terlebih dahulu dengan cara menggali informasi kepada tokoh masyarakat sekitar tentang kegiatan baca tulis Al Qur’an, sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan edukatif dan partisipatoris guna mencapai target capaian selama kegiatan ini dilaksanakan. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan menggunakan metode pendampingan kepada peserta didik di TPQ dalam belajar membaca dan menulis Al Qur’an. Hasil kegiatan ini adalah bahwa Kemampuan Peserta pelatihan dan pembinaan baca tulis Al-Qur’an relatif masih kurang mencapai target, akan tetapi selama kegiatan pelatihan dan pembinaan berlangsung kemampuan peserta cukup meningkat dari 25% menjadi 50%. berdasarkan hal tersebut diperlukan pendampingan dan pembinaan yang berkelanjutan serta dibutuhkan metode yang tepat dan menarik sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar peserta dalam baca tulis Al-Quran. Adapun metode yang dapat dilakukan antara lain menerapkan metode pembelajaran yang disukai oleh Peserta sehingga kemampuan menyerap pelajaran dapat meningkat. namun demikian setelah pelatihan dilakukan terdapat peningkatan keterampilan dan motivasi belajar Peserta dalam baca dan menulis Al Qur'an. Anak yang dibekali dengan pendidikan Al-Qur’an diharapkan nantinya akan tumbuh menjadi individu yang berkarakter mulia. dan salah satu cara untuk memahami Al-Qur’an adalah mampu membaca dan menuliskannya dengan baik dan benar. ditempat – tempat pendidikan harus senantiasa dibekali pendidikan Al Qur’an dengan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an.
PKM Legal Counseling about the Dangers of Drugs for the Youth Generation Sofian Syaiful Rizal; Roibin Roibin; Fakhruddin Syarief
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v4i1.5902

Abstract

The drug problem in Indonesia is still something that is urgent and complex. In the last decade, this problem has become widespread. Evidenced by the significant increase in the number of drug abusers or addicts, along with the increased disclosure of drug crime cases, the pattern of which is increasingly diverse, and the syndicated network is getting more massive. The Indonesian people, and even the world community, in general, are currently facing a very worrying situation due to the widespread illegal use of various types of drugs. This concern is getting sharpened due to the rampant illicit trafficking of narcotics which has spread to all levels of society, including among the younger generation. This will greatly affect the life of the nation and state in the future. The behaviour of some teenagers who have clearly ignored the values, norms and laws that apply in people's lives is one of the causes of the rise of drug use among the younger generation. In everyday life in the midst of society, there are still many teenagers who still abuse drugs. The method used in this dedication is a qualitative method through counselling by explaining clearly and comprehensively the Dangers of Drug Abuse for the Young Generation from a legal perspective. It is hoped that all counselling participants at Madrasah Aliyah Bustanul Faizin Besuki, Situbondo Regency, can understand and know that anything that is categorized as a type of drug is very dangerous for the younger generation
PKM Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pedatren untuk Menunjang Kinerja Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid Moh. Jasri; Widya Aulia Zahra; Sayyidah Haninah; Selfia Kamaliah; Faridatul Maulidah; Maslikha Maslikha; Lukluul Mutmainnah; Naziyatun Nisa'; Daulah Shofwatun Naqsabandiyah
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v4i1.4269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh program wali asuh dalam membentuk kedisiplinan santri Pondok Pesantren Nurul Jadid. Metode yang di gunakan penelitian adalah metode kualitatif. Hal ini beranjak dari tiga pertanyaan penelitian yaitu bagaimanakah progam yang dilaksanakan wali asuh dalam membentuk kedisiplinan santri dan bagaimanakah dampak progam wali asuh dalam membentuk kedisiplinan santri, serta bagaimanakah wali asuh menyuarakan pribadi anak asuhnya. Dari hasil pengelolaan data, penelitian menunjukkan bahwa peran wali asuh sangatlah penting untuk membantu mensukseskan program pondok pesantren khususnya dalam hal membentuk kedisiplinan santri. Seperti program yang dibentuknya antara lain: setoran hafalan, jamaah sholat dluha, piket kebersihan dan disiplin ilmu lainnya. Program yang telah disusun oleh para wali asuh untuk membentuk kedisiplinan santri dapat dikatakan telah sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kedisiplinan seseorang sehingga dengan sampainya faktor tersebut akan mempengaruhi kedisiplinan para santri serta dapat menyuarakan isi hati wali asuh dan sikap anak asuh melalui aplikasi pedetren
PKM Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Kalibuntu V Probolinggo Ahmad Zubaidi
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v4i1.5909

Abstract

Pengabdian di SD Kalibuntu V ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan menghitung dengan menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa tidak bosan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, meski dengan materi yang sama yakni belajar membaca, menulis, dan menghitung. Sementara untuk guru bertujuan bertukar pengalaman dalam bidang mengajar dan memberikan pembelajaran yang menarik untuk meretas kebosanan siswa dalam belajar membaca, menulis dan menghitung. Metode dalam pelaksanaan kegiatan PkM ini antara lain : 1). Melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten probolinggo, tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian 2). Pelaksanaan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru pada SD Kalibuntu V 3). Merumuskan fokus kegiatan pengabdian bersama dengan kepala sekolah 4). Pelaksanaan kegiatan 5). Evaluasi kegiatan 6). Penyusunan laporan dan publikasi. Hasil dari kegiatan PkM antara lain: 1) Siswa pada SD Negeri Kalibuntu V, sudah bisa membaca, menulis dan menghitung setelah dilakukan pendampingan selama tiga bulan. 2) Motivasi siswa untuk belajar semakin meningkat, hal ini bisa dilihat dari semakin aktif siswa dalam mengumpulkan tugas, mengunjungi ruang baca dan tidak jarang mereka meminta pekerjaan rumah kepada guru. 3) Kolaborasi antara guru dan wali murid semakin terpuruk, sehingga pengawasan belajar siswa semakin terarah dan saling mendukung. 4) Guru semakin kreatif dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, meskipun hanya menggunakan seadanya
PKM Deteksi Dini melalui Metode Anjangsana sebagai Upaya Pencegahan Asam Urat pada Lansia di Desa Nogosaren Kabupaten Probolinggo Badrul Nurul Hisyam; Binti Istiqomah; Inayah Riski Wulandari; Melinia Akhirul Fitri; Robiyatul Maulidah; Suci Fitria Handayani Harahap; Zaitun Mustaqimah
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v4i1.5717

Abstract

Status kesehatan seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor biologis, perilaku, lingkungan dan pelayanan kesehatan. Apabila faktor tersebut terabaikan maka seseorang akan sakit. Salah satu yang sering di derita adalah asam urat. Asam urat  sebagian besar dieksresi melalui ginjal dan hanya sebagian kecil melalui saluran cerna. Ketika kadar asam urat meningkat, disebut hiperuresemia, penderita akan mengalami pirai (gout). Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah mengedukasi dengan cara anjangsana untuk mendeteksi dini asam urat pada lansia di Desa Nogosaren. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan menganalisis situasi. Hasil survey dan wawancara dengan kader beberapa lansia mengeluh nyeri pada persendian dan mereka belum mengetahui penatalaksanaan untuk penyakit tersebut dilakukan dengan cara anjangsana. Hasilnya kompetensi  penyuluhan  anjangsana tentang pencegahan asam urat, setelah mengikuti proses penyuluhan  yang  didapat  melalui  postes  adalah  20,8%  baik,  68,8%  cukup  dan 10,4% kurang.
PkM Peningkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi melalui Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap M. Noer Fadli Hidayat; Ahmad Fawaid
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v4i1.5928

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat banyak perubahan di dunia pendidikan, termasuk di antaranya adalah pembelajaran jarak jauh menjadi solusi altenatif. Meski menjadi solusi, pembelajaran jarak jauh pada kanyataannya tidak dapat memastikan bahwa siswa dapat belajar dengan efektif. Situasi ini membuat motivasi peserta didik menurun, guru mengeluhkan beban kerja administratif yang ribet, dan harus cepat beradaptasi menggunakan teknologi. Artikel ini merupakan luaran dari program  PkM Kampus Mengajar Kemdikbud tahun 2022 di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap yang akan menggambarkan tentang pelaksanaan kegiatan penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi bagi peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research, PkM ini berupaya untuk mengatasi ketertinggalan materi siswa SMP Negeri 3 Pakuniran yang disebabkan keterbatasan sarana belajar mengajar dan ketertinggalan teknologi saat pembelajaran jarak jauh berlangsung. Hasil PkM yang telah dicapai adalah meningkatnya kemampuan literasi dan numerasi siswa serta kemampuan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. PkM ini juga berhasil menciptakan tata kelola administrasi berbasis SOP dan database online yang baik di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap
PKM Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran (APE) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI Azzainiyah II Gerinting Paiton Probolinggo Faizatul Widat; Desy Rohmatika; Khoirun Nisa'; Siti Romlah; Muslimatut Toyyyibah; Qurratul Aini; Sulistiawati Ningsih
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v4i1.5762

Abstract

Tujuan pendampingan ini untuk menumbuhkan kreatifitas guru dalam pembuatan APE, di era zaman yang sudah modernisasi melalui eletktronik digital, kurangnya pemahaman dalam dalam berkreativitas sehingga  guru masih merasa kesulitan dalam membuat media yang tepat atau sesuaian pada tema pelajaran, hal ini yang membuat media pembelajaran (APE) di MI Azzainiyah sangat minim.  Kegiatan pengabdian masyarakat  dalam bentuk (PKM) ini yakni pelatihan membuat APE merupakan bentuk dari upaya komunitas pelajar aktif kreatif. Metode pendampingan ini berbasis pendampingan bagi guru di MI Azzainiyah II gerinting. Upaya yang dilakukan dalam pendampingan sebagai berikut:  pertama, memberikan pemahaman guru terkait pentingnya membuat media APE, yang tentunya harus disesuaikan dengan tema, dengan adanya APE siswa akan lebih semangat dalam belajar dan memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Kedua meningkatkan kreatifitas dan inovasi para guru dalam membuat media APE yang bisa digunakan dari bahan bekas atau bahan yang bisa dibeli sehingga bisa disesuaikan dengan tema yang diajarkan, agar kegaiatan ini dapat menunjang ketersediaan APE untuk lebih banyak lagi, melalui kegiatan ini diharapkan hasil yang sesuai harapan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7