cover
Contact Name
Prof. Dr. Suwarto, M.Pd
Contact Email
suwartowarto@yahoo.com
Phone
+6281329275915
Journal Mail Official
suwartowarto@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo 57521
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 2715095X     EISSN : 26865041     DOI : https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi pendidikan menjadi fokus jurnal ini. 1. Media pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Pendekatan Pembelajaran 4. Strategi Instruksional 5. Metode Intruksional 6. Teknik Pengajaran 7. Taktik Pengajaran
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 29, No 3 (2020)" : 15 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Darmi Darmi
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.069 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1015

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IXC semester 1 SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2019 di SMP Negeri 1 Bulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXC sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir soal tes, dan dokumen daftar nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai bahasa Inggris rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 70,14, pada siklus I sebesar 75,25 dan pada siklus II sebesar 803. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 53,1%, siklus I sebesar 71,8% dan siklus II sebesar 90,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar menulis teks procedure bahasa Inggris siswa kelas IXC semester 1 SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/2020”.
Korelasi Pemahaman Strutur Kalimat dan Motivasi Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Tahun pelajaran 2019/2020 CINTA TRI WINANI PUTRANTI
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.782 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.955

Abstract

   Abstrak: Penelitian ini menggunakan survey melalui studi korelasi dengan mengambil sample menggunakan Proposional Random Sampling. Lokasi penelitian di SD se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) hubungan antara pemahaman struktur kalimat dengan keterampilan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo; (2) Hubungan antara motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif pada peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo; 3) Hubungan antara pemahaman struktur kalimat dan motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan signifikan antara pemahaman struktur kalimat dengan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo (p=0,018); (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo (p=0,044); (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman struktur kalimat dan motivasi membaca dengan keterampilan menulis karangan deskriptif peserta didik kelas V SD Se-gugus Diponegoro Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo (p=0,000).Kata-kata Kunci: pemahaman struktur kalimat, motivasi membaca, menulis karangan deskrips
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Nguter Tahun Pelajaran 2017/2018 Warsini Warsini
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.904 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IXC SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu75,0 mencapai ≥ 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Nilai rata-rata prestasi belajar PKn sebelum tindakan rata-rata sebesar 73,1, pada siklus I sebesar 77,1 dan setelah tindakan siklus II sebesar 81,9. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa atau 62,5%, pada siklus I, 23 siswa atau 71,9% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,8%.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 5 Sukoharjo Nurulia Dwiyanti Tamardiyah
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.185 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 5 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIIIC SMP Negeri 5 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 70,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VIIIC semester I SMP Negeri 5 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai matematika siswa dari 71,2 meningkatmenjadi 80,2≥80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 62,5% meningkat menjadi 93,75% ≥ 85%.
Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 sumargo - sumargo
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.244 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.852

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen memiliki kelebihan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memahami konsep dengan cara melakukan percobaan/ eksperimen sehingga membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Peserta didik mengalami secara langsung dalam menemukan konsep sehingga dalam pembelajaran ini seakan memberi keleluasaan kepada peserta didik untuk mencari pemahamannya sendiri dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, membangun hipotesis, dan percobaan untuk menarik kesimpulan.  Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu hasil rerata skor keaktifan peserta didik kondisi awal 53.13%, pada siklus I meningkat menjadi 70.00%, pada siklus II meningkat menjadi menjadi 76.25%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 6.25%. Sedangkan rerata hasil belajar pada kondisi awal 67.19, pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 72.25, dan pada Siklus II Rerata menjadi 76,41, sehingga terjadi peningkatan rerata sebesar 4.16.Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar.
Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IXD SMP Negeri 1 Tawangsari Muslimah Muslimah
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.746 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif problem based learning pada siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian Tindakan kelas ini adalah siswa kelas IXD SMP Negeri 1Tawangsari tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjek pelaku tindakan adalah guru IPS kelas IXD selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum Tindakan sebesar 70,19, pada siklus I sebesar 76,38, dan pada siklus II sebesar 82,28. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum Tindakan sebesar 34,38%, pada siklus I sebesar 68, 75% dan pada siklus II sebesar 96,88%.
Meningkatkan Hasil Belajar Handstand Dalam Pembelajaran Penjasorkes Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MM2 SMK N 1Miri Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 kusmiyati miya
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.877 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.850

Abstract

Abstrak:Handstand merupakan salah satu materi senam lantai yang diajarkan di sekolah Menengah Kejuruan. Akan tetapi, kenyataannya dalam proses pembelpelajaran belum terlaksana secara optimal dikarenakan  siswa kurang jelas dalam menerima materi dari guru, dan merasa contoh gerakan yang diberikan terlalu cepat sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi.  Data dari pengamatan psikomotor diperoleh hasil pada waktu setelah perlakuan mencapai 75% (cukup baik).  Data hasil pengamatan afektif pada waktu setelah perlakuan mencapai 77%(cukup baik) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84% (baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Dari hasil pemahaman siswa (kognitif) pada siklus I mencapai 79% (kualifikasi cukup) pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 87%% ( baik), setelah dianalisis dengan rumus Hake’s Normalized Gain dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan kriteria sedang. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa pembelpelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar handstand  siswa.  Oleh  karena  itu  diharapkan  bagi  guru  penjasorkes  di  SMK Negeri 1 Miri dapat menggunakan media audio visual dalam pembelpelajaran handstand.  Pembelpelajaran  dengan  mengunakan  media  audio  visual  juga  dapat dijadikan alternatif sistem pengpelajaran agar suasana pembelpelajaran selalu menyenangkan sesuai tujuan dalam pembelpelajaran PAIKEM.Kata Kunci: Media, Audio Visual, pembelajaraan. 
Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas IV SD Negeri Serut 02 Roni Kurniawan
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.637 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dengan model pembelajaran kooperatif tipe ICM pada siswa kelas IV SD Negeri Serut 02 semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri Serut 02 semester I tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa melalui model pembelajaran Index Card Match. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan persentase. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa hal ini ditujukkan dengan skor awal rata- rata prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa keadaan awal 73,12 meningkat pada siklus II menjadi 83,75. Dari segi persentase ketuntasan belajar siswa, keadaan awal 50% meningkat pada siklus II menjadi 100%.
Peningkatan Hasil Belajar dalam Menulis Surat Dinas Melalui Metode Examples Non Examples Imtihan Syamsul Maarif
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.212 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1008

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas melalui metode examples non examples siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo yang berjumah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan pada akhir siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dalam menulis surat dinas 80,00, dan ketuntasan minimal 90% yang diajar dengan metode examples non example. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dalam menulis surat dinas, yaitu: nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 72,9,5, pada siklus I sebesar 76,1, dan pada siklus II sebesar 81,3. Peningkatan nilai ketuntasan minimal, yaitu: sebelum tindakan 56,25%, pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 86,9%.
Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Musik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Pada Materi Pokok Akor Siswa Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 3 Nguter Ratna Diah Yuwani
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.47 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar seni musik materi pokok akor pada kelas VIII B SMP Negeri 3 Nguter tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Time Token. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Nguter, semester I tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator kinerja dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Siswa dianggap mencapai ketuntasan belajar apabila mencapai lebih dari atau sama dengan KKM (KKM 70), (2) Pembelajaran dianggap berhasil apabila tingkat ketuntasan kelas mencapai lebih dari atau sama dengan 85%, dan (3) Pembelajaran dianggap berhasil apabila siswa secara klasikal rata-rata mencapai lebih dari atau sama dengan 80. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif Time Token dapat meningkatkan prestasi belajar seni musik materi pokok akor pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Nguter. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu: sebelum tindakan 15 siswa atau 68,2%, pada siklus I sebanyak 17 siswa atau 77,3% dan pada siklus II sebanyak 21 siswa atau 95,5%. Sedangkan rata-rata prestasi belajar Seni musik materi pokok akor siswa sebelum tindakan sebesar 70,2, pada siklus I sebesar 73,2, dan pada siklus II sebesar 82,7.

Page 1 of 2 | Total Record : 15