cover
Contact Name
Rudy Juli Saputra
Contact Email
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Phone
+6285277749886
Journal Mail Official
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP, Universitas Almuslim (Kampus Timur) Jl. Almuslim Matanggumpangdua, Bireuen-Aceh, 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
JUPEGU–AUD : Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 27215830     EISSN : 27218872     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JUPEGU-AUD memuat artikel-artikel hasil penelitian dosen, guru mahasiswa dan para peneliti yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. JUPEGU-AUD terbit setahun 2 (dua) kali yaitu bulan Maret dan September. Setiap artikel yang disubmit harus mengikuti template yang disediakan, dan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik sesuai EYD atau bahasa Inggris serta harus sesuai dengan Focus & Scope jurnal. Editor akan melakukan Screaning Plagiarisme sebelum menugaskan reviewer untuk melakukan proses review. Jika artikel Anda dinyatakan diterima maka akan masuk ke tahap editing, layout, dan finalisasi artikel.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)" : 2 Documents clear
Penggunaan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di TKS Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur Nurhayati Nurhayati; Muhammad Kharizmi
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Mengenal konsep bilangan Melalui Media stik es krim Pada anak usia dini kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Anak kelompok B di TK Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan), catatan lapangan dan angket. mPada kondisi awal anak yang Mulai Berkembang dengan nilai Cukup hanya 31%, kemudian pada siklus I anak mulai Berkembang Sesuai Harapan dengan nilai Baik berhasil mencapai 62% dan pada siklus II mengalami perbaikan, anak sudah Berkembang Sesuai Harapan dengan Baik dan Berkembang Sangat Baik sampai 85%. Dengan demikian terjadi peningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan amelalui media stik es krim pada kelompok B di TK Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur.
Penggunaan Media Balok Dalam Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Almanar Peusangan Berliantika Putri Aswir; Nasriati Muhammad Ali
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media balok angka yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung melalui media balok angka pada anak kelompok B TK Almanar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 19 anak kelompok B di TK Almanar. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis dengan metode kualitatif, keberhasilan hasil tes akhir siklus I diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 11 anak dengan persentase hanya mencapai 57,89%. Kemudian untuk hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus II diperoleh data bahwa anak yang tuntas meningkat sebanyak 18 anak dengan persentase 94,74%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 71,36% pada taraf kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 85,45% taraf kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 60,91% hasil tersebut menunjukkan taraf kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 82,73% taraf kriteria ”Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran kemampuan kognitif dalam berhitung melalui media balok angka pada kelompok B di TK Almanar dapat di tingkatkan sesesuai kriteria ketuntasan.

Page 1 of 1 | Total Record : 2