cover
Contact Name
Faisal Ashar
Contact Email
sipil@ft.unp.ac.id
Phone
+6282284597658
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Applied Science in Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 27221032     DOI : -
Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. Struktur baja, beton dan kayu 4. Manajemen Konstruksi 5. Transportasi 6. Mitigasi Bencana 7. Manajemen sumber daya air 8. Rekayasa Lingkungan 9. Hal lain yang berhubungan dengan Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering" : 22 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PITA PENGGADUH TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI JALAN KHATIB SULAIMAN KOTA PADANG Kurniawati, Anugrah; Oktaviani, Oktaviani
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.103583

Abstract

Jalan Khatib Sulaiman merupakan kawasan komersial dan pusat bisnis di kota Padang yang terdiri dari dua jalur dan masing-masing terbagi menjadi tiga lajur. Selain jalan yang lebar, Jalan Khatib Sulaiman juga relatif lurus dan panjang sehingga menyebabkan pengemudi dapat meningkatkan laju kendaraannya di atas batas yang diizinkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecepatan kendaraan melebihi batas yang diizinkan yaitu dengan memasang pita penggaduh. Pengambilan data dilakukan dengan merekam kondisi lalu lintas di jalan tersebut menggunakan handycam setelah itu mencatat waktu tempuh sesuai titik yang sudah ditentukan untuk mendapatkan kecepatan kendaraan. Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan kecepatan kendaraan sebelum dan sesudah melewati pita penggaduh serta efektivitas penggunaan pita penggaduh terhadap kecepatan kendaraan di jalan tersebut. Analisis data mengunakan Analisis Non Linier, uji Koefisien Determinasi, dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pita penggaduh yang terpasang di Jalan Khatib Sulaiman belum sesuai dengan standar ketentuan dari Permenhub RI No. 14 Tahun 2021. Kecepatan rata-rata kendaraan sebelum dan sesudah melewati pita penggaduh tidak mengalami penurunan yang signifikan.
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB CONTRACT ADDENDUM DAN AKIBATNYA TERHADAP BIAYA PROYEK Paramitha, Karindya Nabila; Apdeni, Risma
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.104683

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya Contract Addendum dalam Proyek Rehabilitasi dan Rekonstruksi Daerah Irigasi Bandar Aur Duri Nagari Batu Bulek di Kecamatan Lintau Buo Utara, yang mengakibatkan perubahan dalam biaya kontrak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memicu terjadinya Contract Addendum dan dampaknya terhadap biaya. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan wawancara sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi terkait Contract Addendum dalam proyek ini. Untuk memastikan validitas data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi, khususnya triangulasi sumber yang mencakup pembandingan dan pengecekan ulang informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Penelitian ini juga akan membandingkan pandangan dari pihak pemilik proyek/owner, kontraktor, dan pengawas lapangan yang terlibat langsung pada proyek ini. Menurut hasil dari penelitian yang telah dilakukan, beberapa faktor yang mempengaruhi penyebab terjadinya Contract Addendum pada Proyek Daerah Irigasi Bandar Aur Duri Nagari Batu Bulek di Kecamatan Lintau Buo Utara antara lain, faktor alam, perubahan design dan pergeseran volume. Dari hasil penelitian yang didapatkan, perubahan kontrak atau contract addendum sudah didasari pada Surat Edaran (SE) Nomor 02/SE/Db/2016 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang Prosedur Standar Pelaksanaan Perubahan (Adendum) Kontrak.
PENURUNAN DEBIT PUNCAK HIDROGRAF BANJIR DENGAN PENAMBAHAN LUBANG PORI PADA PAVING BLOCK Mutiara, Ilhama; Andayono, Totoh
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.105283

Abstract

Floods are events that occur as a result of severe hydrological conditions. In general, floods and droughts occur as a result of extreme climatic conditions, hydrological imbalances and inappropriate land use. To reduce the risk of damage due to flooding, flood control efforts are needed. Reducing peak flood discharge is an effort to reduce the impact of flooding by increasing the water that seeps into the ground. This can be done in several ways, such as retention ponds and absorption wells. By increasing the water that seeps into the ground, it is hoped that it can reduce peak flood discharge and minimize the impact of flooding that occurs. One of the pervious paving used is modified paving blocks. This research aims to find out how much runoff occurs and how effective the modified paving blocks are in reducing peak flood discharge.Data collection was carried out experimentally using an artificial rain simulator. The simulator tool that has been designed has dimensions of 120 cm x 60 cm and is equipped with a shower and flowmeter for water discharge. The paving blocks used are hexagons which are commonly used for the surface layer of the soil. The data that has been obtained is analyzed in terms of runoff coefficient (C) and peak flood discharge data using the Nakayasu Synthetic Unit Hydrograph method.Based on the results of the analysis, the runoff coefficient value (C) was obtained, paving blocks without pore holes had the highest runoff coefficient with values ranging from 0.26 – 0.82, paving blocks with a ratio of 2% produced surface runoff coefficient values ranging from 0.25 – 0.81, paving blocks with a ratio of 5%, the resulting surface runoff coefficient value ranges from 0.23 – 0.78, paving blocks with a ratio of 7%, the resulting surface runoff coefficient value ranges from 0.14 – 0.74, and paving blocks with The resulting 10% ratio of surface runoff coefficient values ranges from 0.07 to 0.71. For the Hydrograph method, the results obtained were that the peak flood discharge occurred at the 20th minute, the highest peak flood discharge was found on paving blocks without pores at 11.24m3/sec and the lowest peak discharge was found on paving blocks with a 10% ratio of 8.95m3/sec . So, the reduction in peak flood discharge is 2.29m3/sec or equal to 9.45%.
IMPLEMENTASI BUILDING INFORMATION MODELLING DALAM ESTIMASI QUANTITY TAKE OFF MATERIAL DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PEKERJAAN STRUKTURAL Yusmarino, Dendy; Apdeni, Risma
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.105383

Abstract

.
EVALUASI KINERJA STRUKTUR GEDUNG FAKULTAS PSIKOLOGI DAN KESEHATAN UNP DENGAN PUSHOVER ANALYSIS MENGGUNAKAN SNI 1726-2019 Hasibuan, Luthfi Parlindungan; Putri, Prima Yane
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.105483

Abstract

Gedung Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP merupakan salah satu bangunan yang ada di Kota Padang yang merupakan wilayah rawan gempa. Gedung ini dibangun pada tahun 2012 dengan perencanaan beban gempa yang tentu mengacu kepada peraturan yang berlaku pada saat itu. Perlu dilakukan evaluasi kinerja struktur bangunan berdasarkan SNI 1726-2019 yang merupakan pedoman perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan yang berlaku saat ini. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat diketahui tingkat keamanan struktur bangunan terhadap gempa bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statik pushover. Beban gempa yang bekerja pada bangunan dihitung berdasarkan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam SNI 1726-2019. Beban lainnya yang bekerja pada bangunan mengacu kepada SNI 1727-2020 dan PPPURG 1987. Level kinerja bangunan ditentukan berdasarkan FEMA 440. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan aplikasi SAP2000, diperoleh drift actual untuk arah X dan arah Y masing-masing adalah 1,55% dan 1,79%. Level kinerja struktur bangunan termasuk ke dalam Life Safety (LS) yang berarti ketika terjadi gempa bangunan mengalami kerusakan komponen struktur dan nonstruktur. Ketika akan digunakan kembali, bangunan perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu.
EVALUASI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DAN PASIF PADA GEDUNG PERHOTELAN DI PADANG Dionisara, Dionisara; Arifin, Ari Syaiful Rahman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.105783

Abstract

Kebakaran adalah suatu kejadian di mana materi atau bahan terbakar, melepaskan panas dan cahaya yang dapat menyebabkan kerugian fisik serta kerugian jiwa dan moral. Salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan kebakaran adalah dengan menggunakan sistem perlindungan kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan memeriksa apakah kelengkapan serta penempatan sistem proteksi kebakaran aktif dan pasif gedung perhotelan di Kota Padang sesuai Permen PUPR No. 26/PRT/M/2008 dan Nilai Keandalan Sistem Keselamatan Bangunan (NKSKB) pada Pd-T-11-2005-C. Penelitian ini memilih metode deskriptif-kuantitatif yang mencakup wawancara, studi pustaka, dan observasi lapangan dengan standar acuan yang digunakan adalah Nilai Keandalan Sistem Keselamatan Bangunan (NKSKB) pada Pd-T-11-2005-C yang melibatkan penggunaan check-list sebagai alat ukur untuk menilai kelayakan sistem proteksi kebakaran di bangunan gedung. Diperoleh hasil sarana proteksi aktif sebesar 13,34% dan nilai sarana proteksi pasif sebesar 24,34%. Sistem keselamatan kebakaran pada Gedung perhotelan termasuk kategori baik yang dapat ditingkatkan dengan melakukan pemeriksaan secara berkala, perawatan/pemeliharaan berkala, serta perbaikan berkala.
EVALUASI SISTEM PROTEKSI PASIF DAN AKTIF SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG PERKANTORAN X DI KOTA PADANG Alfi, M. Imam; Arifin, Ari Syaiful Rahman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.105883

Abstract

Kebakaran pada gedung bisa menyebabkan kerugian yang signifikan baik secara materi maupun non-materi, kerugian fisik, maupun kerugian lainnya kepada manusia baik jiwa maupun moral. Kesehatan, keamanan, kemudahan, dan kenyamanan adalah beberapa standar keandalan teknis yang harus dipenuhi oleh setiap struktur gedung. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi persentase nilai keandalan dari sistem proteksi kebakaran di salah satu bangunan gedung perkantoran di kota Padang. Penelitian dilakukan melalui pemeriksaan langsung ke lokasi gedung dengan ceklis dan catatan di tabel penilaian, kemudian hasil pengecekan dikonversikan menjadi angka lalu dijumlahkan sesuai variabel masing-masing. Penilaian dilakukan terhadap komponen sistem proteksi kebakaran pada gedung yang terdiri dari beberapa parameter KSKB (Keandalan Sistem Keselamatan Bangunan) yaitu Sistem Proteksi Aktif dan Sistem Proteksi Pasif. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengacu pada pedoman teknis Pd-T-11-2005-C tentang Pemeriksaan Keselamatan Kebakaran Bangunan Gedung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Nilai Keandalan Sistem Keselamatan Bangunan (NKSKB) terhadap komponen Sistem Proteksi Aktif dan Sistem Proteksi Pasif secara berurutan adalah 14,78% dan 23,92%. Namun terdapat beberapa indikator atau komponen KSKB yang tidak tersedia pada bangunan.
ANALISIS STRATEGI PENAWARAN HARGA PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA PADANG Almi, Alya Zahra Athahira; Arifin, Ari Syaiful Rahman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.105983

Abstract

Dalam suatu proyek konstruksi yang mana salah satunya adalah proyek konstruksi gedung terdapat tahap penawaran, dimana pemilik proyek memilih kontraktor untuk menjalankan proyek. Bagi kontraktor jasa konstruksi, tahap ini sangat penting karena kelangsungan hidup mereka bergantung pada keberhasilan proses tersebut. Akan sulit untuk memenangkan lelang, jika tidak menggunakan strategi yang tepat karena peluang untuk menang berkurang seiring dengan jumlah peserta yang mengikutinya. Dengan persaingan yang ada, jelas bahwa perusahaan harus membuat strategi untuk mengalahkan perusahaan lain atau memenangkan lelang proyek. Strategi penawaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model Friedman dan model Gates. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laman LPSE yang berupa proyek konstruksi gedung di Kota Padang tahun 2020-2022. Didapatkan nilai mark up optimum dan expected profitdari penelitian ini. Pengujian menunjukkan pada model Friedman didapatkan nilai mark up optimum yaitu sebesar -10%, -5% dan 8%. Sedangkan pada model Gates nilai mark up optimum yang didaptkan yaitu 4%, -2%, dan 12%.
ANALISIS EFEKTIVITAS WAKTU DAN BIAYA PENAMBAHAN JAM KERJA MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK RUSUN KOTA BUKITTINGGI Azmi, Yahya Efindra; Arifin, Ari Syaiful Rahman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.106083

Abstract

Dalam suatu proyek, waktu dan biaya menjadi barang mahal yang harus disusun dengan perencanaan matang kemudian didapatkan waktu dan biaya terbaik sehingga proyek bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu proyek konstruksi adalah waktu dan biaya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa cepat penambahan jam kerja. Dengan tetap mengacu pada batasan yang diatur pemerintah, penambahan jam kerja (lembur) menjadi salah satu upaya untuk mempercepat durasi penyelesaian pada proyek agar tidak terjadinya keterlambatan dan berpotensi menimbulkan denda keterlembatan. Penelitian ini menggunakan metode Time Cost Trade Off untuk mengoptimasikan waktu dan biaya sehingga diketahui keefektifan dari penambahan jam kerja (lembur). Berdasarkan hasil penelitian pada kondisi normal (sebelum dilakukan lembur) sebesar 210 hari dengan biaya Rp. 23.090.538.000,00. lembur 1 jam mengakibatkan durasi menjadi 204,97 hari dengan biaya Rp. 23.215.081.952,89, lembur 2 jam durasi menjadi 200,59 hari dengan biaya Rp. 23.336.600.541,64, lembur 3 jam durasi menjadi 196,83 hari dengan biaya Rp. 23.603.746.562,76, dan lembur 4 jam durasi menjadi 193,66 hari dengan biaya Rp. 23.804.821.434,64. Hasil penelitian didapatkan bahwa penambahan jam kerja (lembur) hingga 4 jam mengakibatkan penambahan biaya sebesar Rp. 714.283.434,64, namun menjadi lebih efektif dikarenakan durasi menjadi 16,34 hari lebih cepat dari waktu perencanaan.
ANALISIS PRODUKTIVITAS ALAT BERAT WIRTGEN DALAM PENGENDALIAN WAKTU PADA PEKERJAAAN RIGID PAVEMENT (STUDI KASUS: PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEKSI PADANG - SICINCIN) Mahendra, Audal Septian; Oktaviani, Oktaviani
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v5i2.106183

Abstract

Penelitian ini didasari oleh sering terjadinya hujan saat pelaksanaan pekerjaan rigid pavement pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Seksi Padang – Sicincin menyebabkan penggunaan alat berat wirtgen tidak bisa bekerja secara efektif, sehingga tidak dapat memenuhi target volume pengecoran yang telah direncanakan. Tujuan utama dari penelitian adalah untuk mengetahui produktivitas alat berat wirtgen pada pekerjaan rigid pavement yang terealisasi di lapangan, perbandingan volume pekerjaan rigid pavement yang direncanakan dan realisasi di lapangan, serta strategi yang dilakukan dalam pengendalian waktu akibat keterlambatan pada pekerjaan rigid pavement. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan langsung di Proyek Pembangunan Jalan Tol Seksi Padang – Sicincin untuk mendapatkan data real dari lapangan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, volume rencana pekerjaan rigid pavement rencana dan realisasi di lapangan, serta produktivitas alat berat wirtgen mengalami perbedaan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kendala cuaca (hujan), ketersediaan beton, dan suplai beton yang lambat. Menurut hasil dari analisis schedule variance yang bernilai negatif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pekerjaan rigid pavement mengalami keterlambatan. Untuk mengatasi permasalahan keterlambatan tersebut, maka diterapkan pengendalian waktu menggunakan metode what if yang diperoleh hasil bahwa semakin besar persentase keterlambatan, maka semakin besar pula penambahan pekerja dan jam kerja, serta durasi pekerjaan diselesaikan akan semakin cepat. Kata Kunci : Alat Berat Wirtgen, Schedule Varince, Metode What If

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2024 2024