cover
Contact Name
Muhammad Subhan
Contact Email
d.hansfisika@gmail.com
Phone
+6282340867086
Journal Mail Official
admin@jurnal.stkipbima.ac.id
Editorial Address
Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima, Kode POS 84119, Tlpn. (0374) 43195/42801
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
ISSN : 26852586     EISSN : 25993143     DOI : https://doi.org/10.33627/ge.v5i1
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel Online pada tahun 2018. Artikel diterbit 2 kali setahun pada bulan April dan November. Jurnal Gravity Edu adalah sebagai media publikasi informasi, hasil pemikiran dan penelitian berupa karya ilmiah dibidang pendidikan Fisika, Ilmu Fisika, Astronomi dan umumnya IPA (sains)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika" : 5 Documents clear
Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Permainan di Kelas VI SD Negeri 58 Tambana Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022 Hatimah Hatimah
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 1 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i1.1082

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode permainan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi pokok geometri kelas VI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif di peroleh dari hasil observasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 58 Tambana Kota Bima semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 orang. Tempat penelitian adalah siswa kelas VI SDN 58 Tambana Kota Bima semester genap tahun ajaran 2021/2022.. Tektik Pengumpulan Data pada penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) rata-rata nilai aktivitas belajar siswa siklus I 54,38% termasuk dalam kategori cukup aktif, sedangkan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa siklus II ialah sebesar 78,24% dan termasuk dalam kategori aktif. (2) kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,49, jumlah siswa yang tuntas 26 orang, jumlah siswa yang tidak tuntas 4 orang, dan presentase ketuntasan klasikal 52,63%, dan pada siklus I ini dapat dikategorikan dalam kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,58, jumlah siswa yang tuntas 16 orang, jumlah siswa yang tidak tuntas 2 orang, dan presentase ketuntasan klasikal 89,47%, dan pada siklus II ini dapat dikategorikan dalam kategori tuntas. Kesimpulan penelitian ini ialah penerapan metode permainan materi pokok geometri dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika di kelas VI SDN 58 Tambana Kota Bima.
Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Hukum Hooke dengan Simulasi Phet Dedi Kusnandar; Lis Suswati
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 1 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i1.1083

Abstract

Tujuan ini adalah untuk mengatahui analisis keterampilan proses sains yang dimiliki siswa SMA melalui pembelajaran menggunakan simulasi PhET materi hukum Hooke. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mengatahui penggunaan media phet dan keterampilan proses sains siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IPA berjumlah 30 orang. Hasil penelitian aspek bertanya 70%, observasi 77%, interperstasi 58%, komunikasi 76,7%, dan klarifikasi 55%. Respon siswa terhadap LKS berbasis simulasi PhET rata-rata 81,9% yang artinya sangat layak digunakan dan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Observasi paling tertinggi rata-ratanya karena mengamati penjalasan guru tentang media phet dan mengamati sifat-sifat hukum hooke terhadap media phet. Kegiatan praktikum menggunakan media phet dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa, siswa senang belajar dengan menggunakan media simulasi phet karena pembelajaran ini banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
Efektivtias Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI Arabiyah Arabiyah; Fatimah Fatimah
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 1 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i1.1084

Abstract

Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konsep mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivtias Penerapan pembelajaran fisika berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas XI tahun pelajaran 2021/2022J enis penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri I Langgudu yang menjadi sampelnya kelas eksperimen XIa yang berjumlah 30 orang dan kelas kontrol XIb yang berjumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil uji statistik setelah digunakan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi Usaha dan Energi thitung R ttabel yaitu 2,94 > 1,68, dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi
Pengaruh Metode Inquiry Terbimbing terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 16 Makassar Andriani, Ika
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 1 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i1.1093

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain the randomized postest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA semester genap di SMA Negeri 16 Makassar. Penentuan sampel dengan simple random sampling. Instrumen pengukuran divalidasi oleh ahli, dilanjutkan dengan uji coba peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat: (i) perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara yang diajar dengan menerapkan metode inquiry terbimbing dan yang diajar dengan menerapkan metode inquiry bebas termodifikasi. (ii) perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara yang diajar dengan menerapkan metode inquiry terbimbing dan yang diajar dengan menerapkan metode inquiry bebas termodifikasi pada peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi dengan Media Realia Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SD Negeri 19 Rabangodu Utara Kota Bima Sukmawati, Eti
Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika Vol 6 No 1 (2023): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Publisher : Universitas Nggusuwaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/ge.v6i1.3234

Abstract

His study aims to improve mathematics learning outcomes in multiplication material for third-grade students at SD Negeri 19 Rabangodu Utara, Kota Bima, through the demonstration method using realia media. The study employed a Classroom Action Research (CAR) approach conducted in two cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected through observation sheets and formative tests. The results showed a significant improvement in students' learning mastery. In Cycle I, the mastery level reached 56% with an average score of 62. However, in Cycle II, the mastery level increased to 96% with an average score of 95. This success was supported by the use of the demonstration method with realia media, which facilitated students' understanding of multiplication concepts, as well as enhanced their motivation and active engagement during the learning process. The study concludes that the demonstration method with realia media is effective in improving students' learning outcomes in mathematics. Therefore, this method is recommended for implementation in elementary school teaching, particularly for materials requiring concrete understanding

Page 1 of 1 | Total Record : 5