cover
Contact Name
Yoze Rizki
Contact Email
fasilkom@umri.ac.id
Phone
+6281356764330
Journal Mail Official
fasilkom@umri.ac.id
Editorial Address
Redaksi Jurnal Fasilkom, Fakultas Ilmu Komputer Gedung Rektorat Lt. 4, Universitas Muhammadiyah Riau Jl. Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
ISSN : 20893353     EISSN : 28089162     DOI : https://doi.org/10.37859/jf.v11i3.2781
Core Subject : Science,
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and Information System. We accept research papers which focused to these following topics: System Engineering Expert System Decision Support System Data Mining Artificial Intelligent Computer engineering Digital Image Processing Computer Graphic Computer Vision Genetic Algorithm Machine Learning Deep Learning Information System Design Business Intelligence and Knowledge Management Database System Big Data IOT Enterprise Computing ICT and Islam Technology Management and other relevant topics to field of Information Technology
Articles 35 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)" : 35 Documents clear
Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process untuk Menentukan Model Learning Management System Anjani, Yulia Rizki; Ningsih, Rahayu; Wahidin, Ahmad Jurnaidi; Pattiasina, Tiska
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5459

Abstract

Covid-19 memberikan berbagai dampak pada banyak aspek kehidupan, sektor pendidikan dan pelatihan juga ter dampak wabah pandemi ini. Akibatnya, sistem pembelajaran berubah secara total yang tadinya proses pembelarajan dilakukan di kelas secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang membutuhkan teknologi untuk mengimplementasikanya, yaitu menggunakan pembelajaran elektronik. Sistem Manajemen Pembelajaran atau LMS merupakan sistem manajemen yang dibuat untuk mendukung dan memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh. Dibutuhkan perancangan model yang dibuat sesuai dengan kebutuhan agar proses pembelajaran dan pelatihan berjalan dengan baik. Untuk menangani hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk menentukan model Sistem Manajemen Pembelajaran atau LMS yang dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Analytical Hierarchy Process (AHP) ialah salah satu metode sistem pengambilan keputusan yang dapat digunakan sebagai pemecah masalah dalam pengambilan keputusan penentuan dari model yang akan digunakan pada Sistem Manajemen Pembelajaran atau LMS. Sebagai pertimbangan, terdapat 9 (sembilan) kriteria yang akan digunakan untuk menentukan model yang paling sesuai, yaitu: accessibility (C1), usability (C2), compatibility (C3), learnability (C4), sustainability (C5), portability (C6), security (C7), multilingual (C8), dan user satisfaction (C9). Setelah dilakukannya pengukuran pada sembilan kriteria, dilanjutkan dengan penentuan bobot kriteria dan dilakukan perhitungan pada ketiga alternatif yaitu LMS A, LMS B dan LMS C dan akan didapat LMS mana yang paling sesuai dengan kebutuhan yang ada. Dari hasil perhitungan menghasilkan nilai akhir LMS A sebesar 0,212, LMS B sebesar 0,315, dan LMS C sebesar 0,473. Dengan hasil akhir yang sudah didapatkan dari masing-masing bobot akhir kriteria menggunakan metode AHP maka model yang paling sesuai dengan kebutuhan yang ada ialah model LMS C.
Implementasi Metode Clustering Sebagai Penunjang Strategi dalam Manajemen Pelanggan Nurmilayanti; Hartono, Nahrun
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5617

Abstract

Menajemen pelanggan merupakan hal yang paling krusial karena pelanggan adalah salah satu aset yang terpenting bagi sebuah perusahaan atau bisnis. Dengan penerapan manajemen pelanggan yang efektif, perusahaan atau bisnis mampu mencapai kepuasan pelanggan yang menyebabkan terciptanya pelanggan yang loyal. Untuk mencapai hal itu maka pelaku usaha harus mengenali karakteristik setiap pelanggan sehingga perusahaan dapat menyesuaikan strategi yang tepat sesuai dengan karakteristik pelanggan tersebut. Dengan menggunakan algoritma K-Medoids clustering serta analisis dari nilai RFM (Recency, Frequency, Monetary) dapat dilakukan untuk segmentasi pelanggan sehingga pemilik usaha dalam hal ini adalah toko kosmetik Rahmadani dapat mengenali karakteristik pelanggannya. Analisis nilai RFM diukur berdasarkan nilai terbaru transaksi, jumlah transaksi dan total uang selama transaksi. Jumlah data transaksi yang digunakan sebesar 1327 entri dari tahun 2021 sampai 2022. Pengujian optimum nilai cluster dilakukan dengan menggunakan metode silhouette coefficient yang menghasilkan nilai optimum 0.496 untuk 4 cluster. Hasil dari penelitian ini adalah 4 buah cluster dari 1327 data yang telah diolah melalui preprocessing data serta RFM scoring didapatkan data sebesar 178 pelanggan, pada cluster 1 berada pada peringkat kedua, cluster 2 peringkat ketiga, cluster 3 peringkat pertama dan cluster ke 4 berada pada peringkat terakhir.
Pengujian Kualitas Sistem Pelaporan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Siswa Menggunakan Metode McCall Sarni Rubianti, Fifian; Hartono, Nahrun; Erfina
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5637

Abstract

Abstrak Proses pembelajaran saat ini telah menerapkan kurikulum yang mengwajibkan siswa untuk mengikuti prktik kerja lapangan. Khususnya pada pelaporan kegiatan praktek kerja lapangan siswa di SMK Mutiara Ilmu Makassar dilakukan setiap pekan untuk melaporkan kegiatan PKL kepada 4 pembimbing yang terdiri dari wali kelas, pembimbing lapangan, pembimbing laporan dan pembimbing konsultasi. Proses pelaporan tersebut mengalami beberapa kendala diantaranya, tidak semua instansi PKL siswa menerapkan 5 hari kerja sehingga saat siswa datang di waktu akhir pekan untuk melaporkan kegiatan PKL, siswa harus meminta izin kepada pembimbing instansi dan hal tersebut sangat mempengaruhi penilaian terhadap absen siswa dan laporan PKL yang dibawa tiap pekan oleh siswa dapat berpotensi hilang atau pun rusak. Pada penelitian ini dibuat Sistem Pelaporan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Mutiara Ilmu Makassar yang bertujuan memberikan kemudahan dalam menyelesaikan masalah siswa dalam melaporkan kegiatan selama mengikuti PKL. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah RAD (Rapid Application Development)yang memiliki tahapan yang singkat yaitu, tahap requirement planning, tahap workshop design dan tahap implementation. Hasil akhir dari sistem pelaporan ini menggunakan pengujian kualitas sistem metode McCall pada kategori faktor product operation yang menunjukkan kualitas sistem cukup baik digunakan dengan persentase 42,5% berdasarkan kategori kelayakan. Kata Kunci: Sistem Pelaporan, Praktek Kerja Lapangan, RAD, Pengujian Kualitas, Metode McCall.
Optimalisasi E-Learning dengan Analisis Kelayakan Learning Management System TutorLMS untuk Startup Education Technology Irji Rizqi Sabila; Ardiansah, Irfan; Yohari, Amili
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5648

Abstract

The world of education should rightly be the spearhead of a country's progress, with its diversity of learning as well as the means of supporting education itself. With the rapid development of science and technology which requires education to collaborate with the latest technology, there are more and more digital-based and online educational methods and media, one of which is the Learning Management System. Due to the demand to improve the quality of learning for students and teachers, online tutoring companies such as Nurstech.id must have a learning management system that can accommodate all online learning activities by relying on a Learning Management System. TutorLMS was chosen as an online educational medium that can accommodate all the students' online tutoring needs. The feasibility analysis carried out is an optimization of the TutorLMS application, available features, and an increase in company resources. The resulting TutorLMS application is to facilitate teaching and learning activities carried out by students and teachers. The features owned by TutorLMS help learning activities as support or learning media to make it easier for teachers to provide information and learning materials to students quickly and easily. Increasing company resources is directly proportional to improving the quality of tutoring as well as added value that can increase competitiveness with competitors. These results indicate that the application of learning media with the TutorLMS Learning Management System can be said to be good with added value and benefits obtained after the research is carried out. With these results, Nurstech.id needs to do several things to improve the quality of its tutoring performance by implementing the TutorLMS Learning Management System and maximizing the quality of its tutoring performance by using the tools provided by TutorLMS.
Optimasi Pengalaman Pengguna Pendekatan Ilmiah Mengukur Kualitas Aplikasi Shopee dengan Metode Webqual 4.0 Geasela, Yemima Monica; Wijaya, Andy; Apriyanti, Silvia; Tanuhariono, Vincent Richard; Andry, Johanes Fernandes
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5828

Abstract

The rapid development of social media applications and features in e-commerce involves user input on social media to facilitate online buying and selling, one of which is Shopee. Shopee is one of the e-commerce platforms that engages in customer-to-customer (C2C) transactions. However, there are still several issues on the Shopee website, including not all payment options being available, delayed chat responses from sellers, and very slow order status updates. Therefore, researchers analyze the website to help Shopee assess the website's quality by analyzing user satisfaction using the Webqual 4.0 method. Using the Webqual 4.0 method, researchers will create a questionnaire consisting of usability, information quality, and service interaction. After obtaining questionnaire results from respondents, testing will be conducted on three independent variables (X) tested against one dependent variable (Y) to determine if there is an influence between variables X and Y. All tests passed and obtained valid and reliable values. The T-test conducted yielded results for H1, which is 6.574 > 2.030, meaning that H1 is accepted, indicating an influence between H1 and Y. H2, which is 6.236 > 2.030, means that H2 is accepted, indicating an effect between H2 and Y. H3, which is 6.842 > 2.030, means that H3 is accepted, indicating an influence between H3 and Y. The F-test also resulted in H0 being accepted, meaning there is an influence between X1, X2, and X3 on Y, with the results being H1, H2, and H3 on Y being 0.000 < 0.05 and F count 22.632 > F table 3.25. Based on these results, it can be concluded that Shopee website users are satisfied with the quality of the website provided by Shopee.
Penerapan Logika Fuzzy Sugeno Untuk Optimasi Kualitas Tempe Pada Proses Fermentasi Rahman Sari, Arfani; Sriani
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5942

Abstract

Determining the amount of tempeh production can be done by industries or businesses that process soybeans into tempeh, which is a source of nutrition and food for the Indonesian people. Apart from being easy to get, tempeh is also one of the favorite foods among all groups. In producing tempeh, it is certain that the tempeh manufacturing industry also carries out a fermentation process every day to produce a lot of tempeh, apart from that, the process requires maximum manufacturing so that the quality of the tempeh is maintained until it reaches consumers. However, if it is not optimal, the quality of tempeh and the entrepreneur will lose profits. Therefore, tempeh quality was optimized. In order to reduce the impact of poor quality during the manufacturing process, it is necessary to calculate the prediction factors for the impact of poor quality, namely by using the Sugeno fuzzy logic method. Where fuzzy can be relative and can provide solutions to problems encountered in the production process. Optimizing the quality of tempeh from several variables can be determined by a MAPE value of 7.02% according to the predicted value table of 7.02% and this includes good research and is very efficient. Based on these problems, the author models an application system built with Matlab software.
Analisis Kepuasan Pengguna WhatsApp Web Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA Andry, Johanes Fernandes; -, Herlina; Angelina, Vern Jessica
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5945

Abstract

Social media has become a lifestyle that cannot be ignored in recent times. One of the most frequently used online communication tools today is WhatsApp, which was created in 2009 by Jan Koum. In Indonesia, this application is used by all groups ranging from young and old, students to workers / employees who indirectly WhatsApp is a social media that has many advantages to become quite important in everyday life in society. The emergence of WhatsApp Web is a technology that gives its users the freedom to use more than one device, so that it can attract more users to use it. With so many users, researchers want to know how user satisfaction from this website regarding its usability, appearance, and service quality. Of course, to analyze the research, several methods are needed so that the analysis can run well. This research integrates the WebQual 4.0 and Importance Performance Analysis methods as a data analysis process. Researchers also used a questionnaire as a way to collect data from WhatsApp Web users, the questionnaire consisted of 23 questions with two indicators of expectations and performance. The results of this study are that there is a good influence from Usability Quality and Services Interaction Quality on user satisfaction and another case with Information Quality which has no effect. The recommendation for users is that WhatsApp Web cannot be accessed via a browser on a PC or laptop, it is possible that there is a VPN (Virtual Private Network) application, this application must be deactivated first.
Audit Sistem Jubelio Pada Perusahaan Peralatan Elektronik Menggunakan Domain Service Design ITIL V3 Bernanda, Devi Yurisca; Widjaja, Michelle Disa; Sutria, Kevin; Rahman, Muhammad Ryo; Andry, Johanes Fernandes
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.5978

Abstract

Electronic equipment companies in Jakarta have used information technology (IT) for daily operational activities, the IT used is an application or Jubelio system to support the smooth running of the organization in supporting its business needs, with the help of this IT equipment it is hoped that it will improve its service both internally such as employees and management as well as external customers, namely. Because the system has been implemented for so long, an audit of the application is needed using the ITIL V3 standard. This standard is used to see the extent of IT's success in carrying out its functions and will also carry out a design review of additions to the Jubelio system. This service helps companies gain a better understanding of the need for additional features for applications, and the future challenges faced by users at the company. Of course, this all involves users within the organization in the design process. The final result of the Jubelio application audit is that the company received recommendations from researchers, namely improving IT services even better, showing that Service Catalog Management, Service Level Management, Capacity Management, Availability Management, IT Service Continuity Management, Information Security Management, and Supplier Management is at the current level of 1.43 to 2.75, from the expected level of 3.00 with a gap between 0.25 to 1.67.
Implementasi Model SARIMA Untuk Memprediksi Produksi Minyak Kelapa Sawit Tokan, Luis Fernandes; Hermawan, Arief
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.6033

Abstract

Minyak kelapa sawit adalah komoditas penting dalam industri perkebunan dengan dampak besar pada ekonomi global. Tantangan utama dalam perencanaan produksi dan analisis pasar adalah kurangnya persiapan yang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model SARIMA (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average) dalam memprediksi produksi minyak kelapa sawit untuk periode 2022-2026. Data diperoleh dari Buku Statistik Perkebunan DITJENBUN Pertanian. Hasil analisis menunjukkan bahwa model SARIMA dengan parameter (1,0,1)(1,0,0)12 memberikan hasil terbaik dengan tingkat Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 5,54%. Hasil ini menunjukkan bahwa model SARIMA dapat memprediksi produksi minyak kelapa sawit dengan akurasi yang baik berdasarkan data historis. Sistem prediksi ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam mengurangi ketidakpastian dalam produksi minyak kelapa sawit, meningkatkan efisiensi produksi dalam mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan, serta membantu pemerintah dan organisasi terkait dalam melakukan perencanaan yang lebih baik dalam memperhatikan kualitas produksi yang tinggi.
Perbandingan Metode K-Means Clustering Dan Metode Ward Dalam Mengelompokkan Pelangan Mall Iklima, Tia; Pujiyanta, Ardi
JURNAL FASILKOM Vol. 13 No. 3 (2023): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v13i3.6040

Abstract

Bagi setiap perusahaan pelanggan adalah aspek yang penting, apalagi dalam dunia bisnis. Karena pelanggan berperan penting dalam kemajuan perusahaan salah satunya Mall. Oleh karena itu perlu dilakukannya analisa lebih lanjut untuk menganalisis data pelanggan. Namun dalam menganalisa data pelanggan perlu menggunakan metode yang tepat dalam proses pengelompokan data pelanggan. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan dua metode yang berbeda, yaitu metode K-means dan metode Ward. Dataset yang digunakan dalam penelitian ini mengandung pola tingkah laku dari masing-masing pelanggan. Untuk menghitung jarak minimum dari setiap data dalam cluster digunakan Euclidean Distance. Data pelanggan yang digunakan yaitu data pelanggan Mall, yang diambil dari data public pada platform Kaggle.com, yang terdiri dari 5 variabel yaitu CustomerID, Gender, Age, Total Earning, dan Spending Score, dengan jumlah data dari masing-masing parameter ialah sebanyak 1000 data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode K-means dan metode Ward dapat diterapkan pada dataset yang digunakan. Hasil pengelompokkan didapatkan 4 kelompok pelanggan yang berbeda. Nilai akurasi pada masing-masing metode dilakukan pengujian dengan menggunakan metode Silhouette Coefficient. Hasil pengelompokkan data pelanggan dengan metode K-means untuk nilai s(i) sebesar 0.67. Sedangkan nilai s(i) sebesar 0.81 untuk metode Ward. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mengetahui kelompok pelanggan berdasarkan tingkat kemiripan setiap objek, penggunaan metode Ward lebih baik dibandingkan dengan metode KMeans dalam proses Clustering pada dataset pelanggan Mall.

Page 1 of 4 | Total Record : 35