cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6285267795998
Journal Mail Official
lppm@univbinainsan.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Seltatan I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK)
ISSN : 16934768     EISSN : 26568861     DOI : https://doi.org/10.32767/jurmek.v25i3
Core Subject : Economy,
Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, pengkajian, dan pengembangan mengenai isu ekonomi, manajemen, dan bisnis. Situs Jurnal Media Ekonomi menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis, berskala nasional, dan sumber referensi bagi akademisi. Editor menerima kiriman artikel yang sudah disesuaikan dengan template dan belum pernah diterbitkan atau dipublikasi pada jurnal lain. Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses cek plagiat melalui alat bantu turnitin.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember" : 12 Documents clear
PENGARUH ROA, NPM, DER TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR LOGAM LISTEN BEI Desmon Desmon; Yulistina Yulistina; Renandi Renandi
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on asset, net profit margin, debt to equity ratio terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur subsektor logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 baik secara parsial maupun secra simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur subsektor logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel Return on Assets, Net Profit Margin, dan Debt to Equity Ratio baik secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur subsektor logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019 .
PERANAN KEPALA DESA BAGI PETANI DALAM PEMASARAN HASIL PERTANIAN DI DESA CIBODAS Helmita Helmita
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kepala Desa cibodas bagi petani desa khususnya dalam pemasaran hasil pertanian di Desa cibodas kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, sedangkan lokasi penelitian ini adalah di Desa Cibodas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif sedangkan jumlah responden yang di ambil adalah 42 Orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan kepala desa bagi petani dalam memasarkan produk hasil pertanian di Desa cibodas telah terlaksana dengan baik hal ini ditunjukkan adanya peran serta dari kepala desa dalam menjalin kerjasama dengan rumah kemasan untuk menjual produk hasil pertanian kepada rumah kemasan, Oleh karena itu peranan kepala desa sangatlah berpengaruh akan suksesnya proses pemasaran produk pertanian dengan rumah kemasan, serta dukungan dari masyarakat petani harus benar-benar ada sehingga semua kegiatan-kegiatan pemerintahan desa dapat terlaskana dengan baik
PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SEBAGAI PERAN PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DI PT KONSUIL PERDANA INDONESIA AREA LUBUKLINGGAU Muhamad Effendi; Putri Surya
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dalam penerapan SMK3 masih kurangnya kesadaran tenaga teknik tentang penggunaan alat pelindung diri dan tergolong Ketercapaian sama-sama cukup baik dan diperlukan peningkatan lagi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian menganalisis data dari hasil pengamatan langsung di PT Konsuil Perdana Indonesia Area Lubulinggau, hasil wawancara dengan kepala teknik dan para stafnya, dan evaluasi dari studi kepustakaan teori dan pendapat para ahli sebagai data pendukung. Penerapan SMK3 telah direncanakan dan diterapkan dengan cukup baik di PT Konsui Perdana Indonesia Area Lubuklinggau. Dan dari perbandingan hasil penelitian yang sesuai dengan peraturan Menteri Tenaga Kerja No 05/MEN/1996 lebih tinggi yaitu 60% dengan kiteria cukup baik. Sedangkan menurut indikator keselamatan dan kesehatan kerja yaitu 52% dengan kiteria cukup baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam penerapan SMK3 yang menggunakan penerapan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: PER.05/MEN/1996 dan indikator K3 Penerapan SMK3 memberi pengaruh yang cukup baik bagi PT Konsuil Perdana Indonesia Area Lubuklinggau, dilihat dari jumlah tenaga teknik yang mengalami kecelakaan dan penyakit kerja masih tergolong rendah dan tidak mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan.
PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVES KONSUMEN TERHADAP IMPULSE BUYING TOKO POPSHOP Desi Derina Yusda
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan tren berbusana yang semakin maju, yang membuat kebutuhan manusia akan berbusana sangat meningkat. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Popshop yang pernah melakukan pembelian pada toko baju Popshop. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hedonic shopping motives yang mempengaruhi impulse buying. Yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap variabel. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, data yang dikumpulkan dari 97 responden yang dipilih menggunakan pertimbangan yaitu responden harus memiliki kriteria pernah melakukan pembelian tak terduga secara hedonic. Hasilnya menunjukkan bahwa hedonic shopping motives berpengaruh positif terhadap impulse buying pada toko baju Popshop Bandar Lampung sebesar 0.634 atau 63.4%dan sisanya sebesar 36,6% akibat penyesuaian faktor lain yang tidak penulis teliti dalam penelitian ini.
ADVERSITY INTELLIGENCE DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAANTERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA (Studi Pada Mahamahasiswa Ekonomi dan Bisnis padaPerguruan Tinggi di Kota Lubuklinggau) Tiara Syahrani; Endar Pradesa
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh adversity intelligence dan pengetahuan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ekonomi dan bisnis pada perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden.Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa ekonomi dan bisnis pada perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian yaitu adversity intelligence berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa ekonomi dan bisnis pada perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4,247 > nilai ttabel = 1,660 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha pada mahamahasiswa ekonomi dan bisnis pada perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 4,917> nilai ttabel = 1,660 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Adversity intelligence dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha pada mahamahasiswa ekonomi dan bisnis pada perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 14,516 > nilai Ftabel = 3,090 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
EFETIVITAS FAKTOR-FAKTOR PENGAWASAN PELAKSANAAN PEMERINTAH DAERAH DI ISNPEKTORAT PROVINSI BENGKULU Twenty Mariza Syafitri; Herawansyah Herawansyah; Keri Boru Hotang; Rozie Meidy
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas Pengawasan yang dilakukan oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam mengawasi kegiatan penyelenggaraan pemerintahan Daerah menjadi sangat penting, hal ini dikarenakan kualitas hasil pengawasan akan menunjukkan baik atau buruknya penyelenggaraan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, pengalaman, independensi, integritas, dan satandar audit terhadap kulitas pengawasan. Sampel pada penelitian ini adalah 53 orang auditor internal pemerintah dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui self-administered. Penelitian ini menggunakan program SPSS 25 untuk menguji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi, integritas, dan standar audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pengawasan. Akan tetapi, pengalaman dan independensi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pengawasan.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KESESUAIAN BAKAT, KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN BANYUASIN Muhamad Yusuf; Abdul Hamid; Yahya Yahya
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, kesesuaian bakat, komunikasi dan motivasi terhadap efektivitas kerja pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Kabupaten Banyuasin. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dengan menyebarkan kuisioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 respondent. Analisis dalam penelitian dengan regresi menggunakan SPSS. Hasil penelitian meunjukkan bahwa variable lingkungan kerja, kesesuain bakat, komunikasi dan motivasi berpengaruh terhadap efektivitas kerja. Secara parsial variabel motivasi kerja adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi variabel Efektivitas Kerja (Y), hal ini dapat dilihat melalui hasil koefisien regresi yakni sebesar 0.780, dimana menunjukkan nilai koefisien regresi yang terbesar jika dibandingkan dengan nilai koefisien regresi dari variabel lainnya.
PERANAN KEPALA DESA BAGI PETANI DALAM PEMASARAN HASIL PERTANIAN DI DESA CIBODAS Helmita, Helmita; Nilasari, Oktavia
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v27i3.1811

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kepala Desa cibodas bagi petani desa khususnya dalam pemasaran hasil pertanian di Desa cibodas kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, sedangkan lokasi penelitian ini adalah di Desa Cibodas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif sedangkan jumlah responden yang di ambil adalah 42 Orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan kepala desa bagi petani dalam memasarkan produk hasil pertanian di Desa cibodas telah terlaksana dengan baik hal ini ditunjukkan adanya peran serta dari kepala desa dalam menjalin kerjasama dengan rumah kemasan untuk menjual produk hasil pertanian kepada rumah kemasan, Oleh karena itu peranan kepala desa sangatlah berpengaruh akan suksesnya proses pemasaran produk pertanian dengan rumah kemasan, serta dukungan dari masyarakat petani harus benar-benar ada sehingga semua kegiatan-kegiatan pemerintahan desa dapat terlaskana dengan baik
PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SEBAGAI PERAN PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DI PT KONSUIL PERDANA INDONESIA AREA LUBUKLINGGAU Effendi, Muhamad; Surya, Putri
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v27i3.1812

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dalam penerapan SMK3 masih kurangnya kesadaran tenaga teknik tentang penggunaan alat pelindung diri dan tergolong Ketercapaian sama-sama cukup baik dan diperlukan peningkatan lagi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian menganalisis data dari hasil pengamatan langsung di PT Konsuil Perdana Indonesia Area Lubulinggau, hasil wawancara dengan kepala teknik dan para stafnya, dan evaluasi dari studi kepustakaan teori dan pendapat para ahli sebagai data pendukung. Penerapan SMK3 telah direncanakan dan diterapkan dengan cukup baik di PT Konsui Perdana Indonesia Area Lubuklinggau. Dan dari perbandingan hasil penelitian yang sesuai dengan peraturan Menteri Tenaga Kerja No 05/MEN/1996 lebih tinggi yaitu 60% dengan kiteria cukup baik. Sedangkan menurut indikator keselamatan dan kesehatan kerja yaitu 52% dengan kiteria cukup baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam penerapan SMK3 yang menggunakan penerapan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: PER.05/MEN/1996 dan indikator K3 Penerapan SMK3 memberi pengaruh yang cukup baik bagi PT Konsuil Perdana Indonesia Area Lubuklinggau, dilihat dari jumlah tenaga teknik yang mengalami kecelakaan dan penyakit kerja masih tergolong rendah dan tidak mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan.
PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVES KONSUMEN TERHADAP IMPULSE BUYING TOKO POPSHOP Yusda, Desi Derina; Nilasari, Oktavia
Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jurmek.v27i3.1814

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan tren berbusana yang semakin maju, yang membuat kebutuhan manusia akan berbusana sangat meningkat. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Popshop yang pernah melakukan pembelian pada toko baju Popshop. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hedonic shopping motives yang mempengaruhi impulse buying. Yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap variabel. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, data yang dikumpulkan dari 97 responden yang dipilih menggunakan pertimbangan yaitu responden harus memiliki kriteria pernah melakukan pembelian tak terduga secara hedonic. Hasilnya menunjukkan bahwa hedonic shopping motives berpengaruh positif terhadap impulse buying pada toko baju Popshop Bandar Lampung sebesar 0.634 atau 63.4%dan sisanya sebesar 36,6% akibat penyesuaian faktor lain yang tidak penulis teliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 30 No 2 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 30 No 1 (2025): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 29 No 3 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 29 No 2 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 29 No 1 (2024): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 28 No 3 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 28 No 2 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 28 No 1 (2023): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 27 No 3 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 27 No 2 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 27 No 1 (2022): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 26 No 3 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 26 No 2 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 26 No 1 (2021): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 25 No 3 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 25 No 2 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 25 No 1 (2020): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 24 No 3 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 24 No 2 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 24 No 1 (2019): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 23 No 3 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 23 No 2 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April Vol 22 No 3 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 22 No 2 (2017): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 22 No 1 (2017): Jurnal Media EKonomi (JURMEK) April Vol 21 No 3 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Desember Vol 21 No 2 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) Agustus Vol 21 No 1 (2016): Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) April More Issue