cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
zulanwar17@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher)
ISSN : -     EISSN : 27219666     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) focuses on teaching and learning studies. Published twice a year in April and October.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022)" : 7 Documents clear
KARAKTERISTIK FISIOLOGI PEMAIN FUTSAL PADA CLUB GLADIATOR GIRLS FC KECAMATAN KERUAK TAHUN 2022 Nurul Hidayah; Erna Fitriatun; Muhsan
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/teacher.v3i1.1054

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik fisiologi pemain futsal pada club Gladiator Girls FC Kecamatan Keruak tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tes perbuatan dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota club futsal Gladiator Girls FC Kecamatan Keruak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan syarat sehat fisik dan mental dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan pengukuran, yaitu Cooper Test lari 12 menit untuk VO2max, pengukuran berat badan dibagi tinggi badan untuk indeks massa tubuh, dan smart body fat scale untuk persentase lemak tubuh. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggota club memiliki tingkat VO2max kategori sangat kurang sebanyak 13 orang atau 81,25%, kategori kurang sebanyak 2 orang atau 17,50% dan kategori sangat baik sebanyak 1 orang atau 6,25%. Profil persentase lemak tubuh kategori kurang sebanyak 1 orang atau 6,25%, kategori normal sebanyak 9 orang atau 56,25% dan kategori lebih sebanyak 6 orang atau 37,50%. Profil indeks massa tubuh kategori sangat kurus sebanyak 3 orang atau 18,75%, kategori kurus sebanyak 2 orang atau 12,50% dan kategori normal sebanyak 11 orang atau 68,75. Sehingga dapat disimpulkan kondisi fisiologi anggota club Gladiator Girls FC Kecamatan Keruak tahun 2022 dalam kondisi kurang.
PERAN PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR Uswatun Hasanah
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/teacher.v3i1.1055

Abstract

Teknologi Pendidikan maupun teknologi pembelajaran, melebur dalam definisi yang dikemukakan oleh AECT adalah sebuah studi dan praktek etis untuk memfasilitasi berlangsungnya proses belajar dan memperbaiki kinerja melalui penciptaan, penggunaan, pengelolaan proyek, teknologi, dan sumber daya yang tepat. Teknologi pendidikan telah merubah mengajar dan belajar pada banyak sekolah baik tingkatan dasar (PAUD, TK, SD), tingkat menengah (SMP, SMA), dan tingkatan tinggi yaitu PT, Akademi, Institut, Sekolah Tinggi. Teknologi memungkinkan peserta didik untuk mengalami kejadian atau phenomena belajar yang mereka tidak bisa mereka saksikan secara langsung. Dengan memasukkan teknologi dalam berbagai tugas belajar dan melewati wilayah subjek, pendidik dapat menyediakan bagi peserta didik pengalaman belajar yang mungkin tidak bisa diwujudkan beberapa tahun yang lalu. Penggunaan yang hati-hati dan sesuai dengan tujuan merupakan penggunaan teknologi pendidikan yang merubah peran dari pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir urut dan penyelesaian masalah
IMPLEMENTASI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN BAGI SISWA Muh.Yusron Azzaidi
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/teacher.v3i1.1056

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui manfaat dari teknologi bagi siswa karna perkembangan ilmu teknologi yang semakin pesat sekarang ini menyebabkan dunia pendidikan dan salah satunya adalah perkembangan media pembelajaran bagi siswa.media pembelajaran merupakan factor pentimg yang mendukung keberhasilan dlam suatu pembelajaran bagi siswa.dan salh satunya yang berkembang pesat sekarang ini yak ni media berbasis software atau perangkat lunak.dn jugak Seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan berikut infrastruktur penunjangnya, upaya peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Teknologi pendidikan merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi pendidik dan peserta didik belajar lebih luas, lebih banyak dan juga bervariasi. Melalui fasilitas yang disediakan oleh sistem tersebut, siswa dapat belajar mandiri, kapan dan dimana saja tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.bahan yang dapat mereka pelajari juga lebih bervariasi, tidak hanya dalam bentuk sajian kata, tetapi dapat lebih kaya dengan variasi teks, visual, audio dan animasi.
PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Samsul Wadi
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/teacher.v3i1.1057

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter di era revolusi industri 4.0. melihat fenomena era industri 4.0 yang seakan lupa akan nilai-nilai karakternya sebagai jati diri manusia yang tak terelakkan hilangnya nilai-nilai moral. Seperti yang telah kita ketahui tujuan pendidikan karakter adalah membentuk bangsa yang mana masyarakatnya sangat erat dan ber akhlak. Pentingya pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini karena jika pendidikan karakter itu kurang maka akan terjadi perilaku menyimpang di kalangan masyarakat.
SURVEI AKTIVITAS FISIK TERHADAP SIKLUS MENSTRUASI PADA MAHASISWI FIKKM UNDIKMA TAHUN 2021 Intan Kusuma Wardani
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/teacher.v3i1.1070

Abstract

Almost every woman has experienced menstrual cycle irregularities. Strenuous physical activity is known as one of the factors that women experience menstrual cycle disorders. This study aims to obtain survey data on physical activity on the menstrual cycle of FIKKM UNDIKMA students in 2021. The design of this research is descriptive quantitative with a survey method. The population in this study were 132 students of FIKKM UNDIKMA class 2021 with a sample size of 40 respondents. In this study using purposive sampling. Data collection techniques using questionnaires and analysis using Chi-Square Test. The results of the study of respondents who experienced irregular menstruation on light activities were 4 people (10%), moderate physical activity were 2 people (5%), and heavy physical activity was 11 people (27.5%). Respondents who experienced regular menstruation on physical activity were 10 people (25%), moderate physical activity were 12 people (30%), and heavy physical activity was 1 person (2.5%). Analysis of the relationship obtained x2 count (7.3) > x2 table (5.991) which means H0 is rejected and H1 is accepted which means there is a relationship between physical activity and menstrual cycle disorders. It is expected that respondents who have light physical activity can increase physical activity with sufficient exercise, while those who have heavy physical activity are expected to reduce their activity a little so that the menstrual cycle is not disturbed
PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT ORGANIK Abdurrahman
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/teacher.v3i1.1071

Abstract

Buku yang ditulis oleh Dr. Toto Suharto, M.Ag. Pendidikan Berbasis Masyarakat Organik, Pengalaman Pesantren Persatuan Islam, Buku ini mencoba melihat pendidikan berbasis masyarakat dari persepektif lain, yaitu dari sudut politik pendidikan, khususnya pendidikan kritis. Ada empat permasalahan yang dikemukakan dalam buku ini. Pertama, bagaimana kebijakan pendidikan Islam yang diterapkan terhadap lembaga swasta? Kedua, mengapa Pesantren Persatuan Islam menyelenggarakan pendidikan secara mandiri dan otonom di saat pemerintah Orde Baru menerapkan sistem pendidikan yang sentralistik? Ketiga, bagaimana respons Pesantren Persatuan Islam terhadap kebijakan pendidikan yang dikeluarkan pemerintah tersebut? Keempat, bagaimana relevansi pendidikan berbasis masyarakat persatuan Islam bagi pendidikan nasional?. Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan edisi revisi dari disertasi Penulis yang sudah dipertahankan dalam Ujian Promosi Doktor pada Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tanggal 4 Agustus 2011. Naskah asli disertasi ini berjudul “Pesantren Persatuan Islam 1983-1997 dalam Perspektif Pendidikan Berbasis Masyarakat”. Setelah mengalami proses editing dan perbaikan, akhirnya diputuskan untuk memberinya judul sebagaimana yang tertera di sampul depan sekarang. Kategorisasi pendidikan berbasis masyarakat inilah yang menjadi sumbangan ilmiah terpenting dari buku ini.
PENGARUH LATIHAN VARIASI SHOOTING TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING PADA PEMAIN SEPAK BOLA Samsudin; Intan Primayanti; Sukarman
TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 Vol. 3 No. 1 (2022)
Publisher : INSTITUT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN MANDALIKA INDONESIA (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/teacher.v3i1.1075

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of shooting variations on shooting skills in soccer games for PS Malaju players, Kilo District, Dompu Regency in 2022. The design of this study used an experimental method with data collection techniques using test and measurement techniques. The population in this study were all players of the PS Malaju Club, totaling 23 players with probability techniques. The instrument used is by dividing the goal field into six scoring areas. The top corner is worth 40 points, the bottom corner is worth 50 points, the top half is worth 20 points, the bottom half is worth 10 points with four balls in front of the goal. Players have 15 seconds to kick all four balls towards the goal and record the score. The data analysis technique used in this study uses the Analytical Requirements Test, Normality Test, Homogeneity Test and Hypothesis Testing. Based on the research data, most of the PS Malaju Club players experienced an increase in the shooting variation practice test on their shooting ability. It can be seen that most of the PS Malaju Club players have a large score difference. The difference score is obtained by subtracting the post-test score from the pre-test score. Of the 23 players of the PS Malaju Club, only five players did not experience an increase in shooting variations after doing 2 treatments or 12 times of treatment. The results of the data obtained are with a confidence level = 95% or (α) = 0.05 the number of samples for the experimental club = 23, obtained t-table = 2.073. Based on the calculation results, the average value of the pre-test data was 82.61 while the post-test data obtained a value of 115.65 and t-count = 3.902 with a sig = 0.001 > 40.613 so "Ho is rejected", it can be concluded that there is an average difference The mean is significant between the pre-test data and the post-test data for shooting variations. The results of the regression analysis showed that it was significant 0.00 or P <0.05 and the coefficient of influence was 0.01.

Page 1 of 1 | Total Record : 7