cover
Contact Name
Varia Humanika
Contact Email
variahumanika@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
variahumanika@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang Gedung B Kampus Sekaran Gunungpati Semarang Kode Pos: 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Varia Humanika
ISSN : 2716361X     EISSN : 27455238     DOI : https://doi.org/10.15294/vh
Core Subject : Social,
Jurnal yang diusulkan pertama kali ini diberi nama Varia Humanika, merupakan jurnal online yang berisi kumpulan artikel dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Sebagai sebuahjurnal baru, diharapkan kehadirannya dapat digunakan sebagi media publikasi dan komunikasi bagi para dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dalam rangka turut mewujudkan misi UNNES sebagai Universitas berwawasan konservasi dan berreputasi internasional, dan bagi pihak-pihak yang membutuhkannya, jurnal ini bisa diakses secara gratis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020)" : 10 Documents clear
Fun English Board Games dan Flash Cards untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa-siswa SDIT Mutiara Hati Kota Semarang Hartono, Rudi; Purwanto, Bambang; Priatmojo, Arif Suryo
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SDIT Mutiara Hati Kota Semarang adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar Bahasa Inggris pada intrakurikuler maupun ekstrakulikuler. SDIT membutuhkan inovasi dalam metode pembelajaran di kelas dengan mengembangkan program Fun English for Kids yaitu mengenalkan Fun English Board Games dan Flash Cards. Kegiatan ini menjadi sarana dan solusi terbaik untuk membantu memecahkan masalah pengajaran Bahasa Inggris yang masih tradisional. Selama ini pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah hanya menggunakan buku pegangan atau buku teks Bahasa Inggris, sehingga kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris tampak statis bagi para guru dan tidak menarik bagi para siswa untuk mengikutinya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahap: 1) melakukan analisis kebutuhan, 2) menyiapkan kegiatan program, 3) merancang media pembelajaran Bahasa inggris yang menyenangkan untuk anak-anak, 4) melakukan kegiatan layanan, dan 5) mengevaluasi kegiatan layanan. Media pembelajaran yang dikembangkan meliputi game boards dan flash cards. Kegiatan ini melibatkan guru kelas, guru ekstrakurikuler Bahasa Inggris, dosen Bahasa Inggris, dan mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat mampu meningkatkan kemampuan dan penguasaan kosakata Bahasa inggris siswa secara signifikan.
Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Semarang Jazuli, Muhammad; Bisri, Muhammad Hasan; Paranti, Lesa
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk menunjang pengembangan profesi, guru dituntut dapat melakukan kegiatan di antaranya berupa membuat karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan, menemukan teknologi di bidang pendidikan, membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan, menciptakan karya tulis ilmiah dan mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum dan bidang keilmuannya. Pengembangan profesi juga berkaitan dengan kesejahteraan guru, baik dalam peningkatan kompetensi bidang keilmuan, pangkat/jabatan maupun peningkatan ekonomi pendapatan. Tujuan kegiatan pendampingan dan atau pelatihan penulisan karya ilmiah bagi para guru ini lebih difokuskan pada penulisan buku, terutama untuk kenaikan pangkat serta memenuhi harapan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud yaitu program Satu Guru Satu Buku disingkat SAGUSABU. Untuk itulah para guru perlu meningkatkan pemahaman dan kompetensinya tentang penulisan buku beserta kemanfaatanya, terutama buku mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
Peningkatan Keterampilan Menyanyikan Lagu – Lagu Daerah Jawa Tengah Disertai Gerak pada Kelompok Paduan Suara Dharma Wulan Semarang Muttaqin, Muhammad; Susetyo, Bagus; Pebrianti, Sestri Indah
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bernyanyi paduan suara lagu-lagu Daerah Jawa Tengah disertai gerak bagi para anggota paduan suara Dharma Wulan Semarang. Untuk itu, kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan tugas, melalui serangkaian tahapan: penyusunan proposal, pengajuan proposal, evaluasi proposal, survey lokasi dan wawancara dengan mitra, pengurusan ijin, dan pelaksanaan. Kegiatan diawali dengan kunjungan, observasi dan penyampaian maksud dan tujuan diadakannya pelatihan. Pengurus menerima kedatangan TIM pelaksana kegiatan dengan penuh ramah dan antusias. Selanjutnya, kegiatan pelatihan dilaksanakan setiap hari Kamis, pukul 14.00-15.30 WIB. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metoda ceramah, tanya jawab, Demonstrasi, dan Latihan. Materi yang disampaikan meliputi materi yang bersifat teori maupun praktek. Materi teori meliputi: organisasi paduan suara, pengenalan jenis paduan suara, pengenalan jenis suara manusia, pengetahuan teknik menyanyi dalam paduan suara. Materi Praktek meliputi:Praktik teknik memproduksi suara, Resonansi, blanding, balancing, dan Interpretasi serta Gerakan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta meningkat pengetahuan dan keterampilan menyayi paduan suara disertai gerak, seperti: mampu menjawab persoalan sekitar pengetahuan paduan suara, mampu membedakan suara yang terpadu dan belum terpadu, mampu menyanyi dengan teknik yang benar, dan secara bersama mampu mempraktikkan menyanyi paduan suara disertai gerak.
Bimbingan Teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan Menggunakan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD Se-Kabupaten Semarang Bawana, Subyantoro Hamayu
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru. Untuk itu, diadakan pengabdian kepada masyarakat bagi para guru SD se-Kabupaten Semarang. Pengabdian tersebut diikuti oleh 32 orang guru SD se- Kabupaten Semarang. Para guru mendapatkan pelatihan pelaksanaan dan pelaporan PTK. Kegiatan ini dapat sebagai penumbuh budaya akademik pada setiap guru SD se-Kabupaten Semarang. Para peserta pelatihan yang telah menghasilkan karya tulis ilmiah dalam bentuk artikel hasil PTK maupun artikel konseptual diberi fasilitas untuk memuat artikel tersebut pada jurnal ilmiah yang dikelola jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kepemimpinan Bertumbuh bagi Para Pemimpin Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah pada Era Disrupsi Rokhman, Fathur; Syaifudin, Ahmad; Pratama, Hendi
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terdapat 255 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah. Dari jumlah itu baru 3 PTS memiliki akreditasi A (unggul). PTS dengan akreditasi B (baik) berjumlah 37 dan ada 27 PTS berstatus terakreditasi. Selebihnya masih belum terakreditasi. Kondisi ini perlu dilakukan perubahan secara radikal pada seluruh PTS di Jawa Tengah. Perubahan yang mendasar diawali dari kepemimpinan. Model kepemimpinan yang relevan dengan era disrupsi salah satunya adalah kepemimpinan bertumbuh. Model kemimpinan ini terinspirasi dari filosofi pohon. Melalui metode PALS (Participatory Action and Learning System), para pimpinan PTS di Jawa Tengah diberdayakan untuk menyusun visi besar dan merealisasikannya ke dalam target yang terukur dalam milestone yang terukur. Dari lima tahapan kepemimpinan bertumbuh, pimpinan PTS di Jawa Tengah lebih banyak bertukar pikiran dan berbagi pengalaman pada terpaan badai (permasalahan) yang terjadi dalam memimpin PT. Aktivitas ini membantu para pimpinan PTS mencari solusi secara mandiri atas berbagai permasalahan. Selain itu, kepemimpinan membuat para pemimpin PTS di Jawa Tengah makin tahu arti pentingnya sebuah peningkatan kapasitas dan kualitas diri dari orang yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, pemimpin PTS makin fasih membuat dan mengembangkan visi besar bagi PT yang dipimpin.
Fun English Board Games dan Flash Cards untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa-siswa SDIT Mutiara Hati Kota Semarang
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SDIT Mutiara Hati Kota Semarang adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar Bahasa Inggris pada intrakurikuler maupun ekstrakulikuler. SDIT membutuhkan inovasi dalam metode pembelajaran di kelas dengan mengembangkan program Fun English for Kids yaitu mengenalkan Fun English Board Games dan Flash Cards. Kegiatan ini menjadi sarana dan solusi terbaik untuk membantu memecahkan masalah pengajaran Bahasa Inggris yang masih tradisional. Selama ini pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah hanya menggunakan buku pegangan atau buku teks Bahasa Inggris, sehingga kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris tampak statis bagi para guru dan tidak menarik bagi para siswa untuk mengikutinya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahap: 1) melakukan analisis kebutuhan, 2) menyiapkan kegiatan program, 3) merancang media pembelajaran Bahasa inggris yang menyenangkan untuk anak-anak, 4) melakukan kegiatan layanan, dan 5) mengevaluasi kegiatan layanan. Media pembelajaran yang dikembangkan meliputi game boards dan flash cards. Kegiatan ini melibatkan guru kelas, guru ekstrakurikuler Bahasa Inggris, dosen Bahasa Inggris, dan mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat mampu meningkatkan kemampuan dan penguasaan kosakata Bahasa inggris siswa secara signifikan.
Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Semarang
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk menunjang pengembangan profesi, guru dituntut dapat melakukan kegiatan di antaranya berupa membuat karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan, menemukan teknologi di bidang pendidikan, membuat alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan, menciptakan karya tulis ilmiah dan mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum dan bidang keilmuannya. Pengembangan profesi juga berkaitan dengan kesejahteraan guru, baik dalam peningkatan kompetensi bidang keilmuan, pangkat/jabatan maupun peningkatan ekonomi pendapatan. Tujuan kegiatan pendampingan dan atau pelatihan penulisan karya ilmiah bagi para guru ini lebih difokuskan pada penulisan buku, terutama untuk kenaikan pangkat serta memenuhi harapan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud yaitu program Satu Guru Satu Buku disingkat SAGUSABU. Untuk itulah para guru perlu meningkatkan pemahaman dan kompetensinya tentang penulisan buku beserta kemanfaatanya, terutama buku mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.
Peningkatan Keterampilan Menyanyikan Lagu – Lagu Daerah Jawa Tengah Disertai Gerak pada Kelompok Paduan Suara Dharma Wulan Semarang
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bernyanyi paduan suara lagu-lagu Daerah Jawa Tengah disertai gerak bagi para anggota paduan suara Dharma Wulan Semarang. Untuk itu, kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan tugas, melalui serangkaian tahapan: penyusunan proposal, pengajuan proposal, evaluasi proposal, survey lokasi dan wawancara dengan mitra, pengurusan ijin, dan pelaksanaan. Kegiatan diawali dengan kunjungan, observasi dan penyampaian maksud dan tujuan diadakannya pelatihan. Pengurus menerima kedatangan TIM pelaksana kegiatan dengan penuh ramah dan antusias. Selanjutnya, kegiatan pelatihan dilaksanakan setiap hari Kamis, pukul 14.00-15.30 WIB. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metoda ceramah, tanya jawab, Demonstrasi, dan Latihan. Materi yang disampaikan meliputi materi yang bersifat teori maupun praktek. Materi teori meliputi: organisasi paduan suara, pengenalan jenis paduan suara, pengenalan jenis suara manusia, pengetahuan teknik menyanyi dalam paduan suara. Materi Praktek meliputi:Praktik teknik memproduksi suara, Resonansi, blanding, balancing, dan Interpretasi serta Gerakan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta meningkat pengetahuan dan keterampilan menyayi paduan suara disertai gerak, seperti: mampu menjawab persoalan sekitar pengetahuan paduan suara, mampu membedakan suara yang terpadu dan belum terpadu, mampu menyanyi dengan teknik yang benar, dan secara bersama mampu mempraktikkan menyanyi paduan suara disertai gerak.
Bimbingan Teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan Menggunakan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD Se-Kabupaten Semarang
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru. Untuk itu, diadakan pengabdian kepada masyarakat bagi para guru SD se-Kabupaten Semarang. Pengabdian tersebut diikuti oleh 32 orang guru SD se- Kabupaten Semarang. Para guru mendapatkan pelatihan pelaksanaan dan pelaporan PTK. Kegiatan ini dapat sebagai penumbuh budaya akademik pada setiap guru SD se-Kabupaten Semarang. Para peserta pelatihan yang telah menghasilkan karya tulis ilmiah dalam bentuk artikel hasil PTK maupun artikel konseptual diberi fasilitas untuk memuat artikel tersebut pada jurnal ilmiah yang dikelola jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kepemimpinan Bertumbuh bagi Para Pemimpin Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah pada Era Disrupsi
Varia Humanika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terdapat 255 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah. Dari jumlah itu baru 3 PTS memiliki akreditasi A (unggul). PTS dengan akreditasi B (baik) berjumlah 37 dan ada 27 PTS berstatus terakreditasi. Selebihnya masih belum terakreditasi. Kondisi ini perlu dilakukan perubahan secara radikal pada seluruh PTS di Jawa Tengah. Perubahan yang mendasar diawali dari kepemimpinan. Model kepemimpinan yang relevan dengan era disrupsi salah satunya adalah kepemimpinan bertumbuh. Model kemimpinan ini terinspirasi dari filosofi pohon. Melalui metode PALS (Participatory Action and Learning System), para pimpinan PTS di Jawa Tengah diberdayakan untuk menyusun visi besar dan merealisasikannya ke dalam target yang terukur dalam milestone yang terukur. Dari lima tahapan kepemimpinan bertumbuh, pimpinan PTS di Jawa Tengah lebih banyak bertukar pikiran dan berbagi pengalaman pada terpaan badai (permasalahan) yang terjadi dalam memimpin PT. Aktivitas ini membantu para pimpinan PTS mencari solusi secara mandiri atas berbagai permasalahan. Selain itu, kepemimpinan membuat para pemimpin PTS di Jawa Tengah makin tahu arti pentingnya sebuah peningkatan kapasitas dan kualitas diri dari orang yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, pemimpin PTS makin fasih membuat dan mengembangkan visi besar bagi PT yang dipimpin.

Page 1 of 1 | Total Record : 10