cover
Contact Name
Agus Purnama
Contact Email
purnama.aguz@gmail.com
Phone
+6281316184140
Journal Mail Official
jikom@sssstikom-ima.ac.id
Editorial Address
Jl. Harapan no 50 Gd. HZ Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah komunikasi
ISSN : 19798210     EISSN : 23548193     DOI : http://dx.doi.org/10.38041/jikom1
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu komunikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 01 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 01 Maret 2018" : 5 Documents clear
Strategi Creative Director Dalam Pembuatan Aplikasi Metro Traffic Anggara Anugrah Prakoso; Shulhuly Ashfahani
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 01 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 01 Maret 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i01.23

Abstract

Aplikasi “Metro traffic” adalah terobosan baru bagi para pengguna jalan khusus nya pengguna jalan jarak jauh.Aplikasi yang di keluarkan oleh salah satu stasiun tv yaitu METRO TV digunakan sebagai branding untukmenarik minat dan meningkatkan citra di hadapan masyarakat Indonesia. Aplikasi ini dibuat dengan sebuahkonsep kreatif sehingga dapat memudahkan pengguna yanng ingin berpergian dengan jarak yang jauh. Sifatpenelitian ini adalah Kualitatif, dengan studi deskriptif. Jenis dan tehnik pengumpulan data adalah data primeryang diperoleh dari wawancara. Sementara data sekunder diperoleh dari data yang berbentuk buku, web, artikel.Hasil penelitian. Dalam pembuatan aplikasi ini terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan seperti Insight(observasi) setelah tahapan pertama sudah dilakukan selanjutnya masuk ke tahapan kedua yaitu idea (ide)kemudian setelah proses idea (ide) sudah dilakukan lalu masuk ke tahapan terakhir yaitu act (aksi) tahapan iniadalah tahapan produksi sekaligus tahapan terakhir dalam pembuatan sebuah aplikasi Traffic. Ketiga tahapan inisangatlah penting untuk dilakukan karena tiga tahapan tersebut merupakan sebuah pondasi dalam membuat suatuproduk baik itu membuat aplikasi maupun iklan pada media sosial.
IDX Channel Sebagai Media Promosi Bursa Efek Indonesia Dalam Menginformasikan Berita Pasar Modal Nurlina Aidha Shabrina; Veronika Setyadji
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 01 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 01 Maret 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i01.28

Abstract

IDX Channel sebagai media penyebar informasi dan promosi resmi milik Bursa Efek Indonesia memiliki program siaran yang bervariasi seperti talkshow, informasi terbaru fluktuasi pasar modal hingga event untuk memberi pengetahuan dan menarik minat masyarakat serta menjadi salah satu cara untuk menambah jumlah investor muda di pasar modal yang nantinya akan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia melalui investasi saham. Tujuan penelitian ini adalah supaya strategi promosi yang dilakukan Bursa Efek Indonesia dalam menginformasikan berita pasar modal melalui IDX Channel dapat mencapai sasaran yang tepat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan bersifat studi kasus, yaitu peneliti mempelajari dan memahami objek penelitian dengan maksimal, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam kepada informanyang memiliki peran besar dalam penelitian ini, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bursa Efek Indonesia terus berupaya untuk semakin menyebarluaskan informasi seputar pasar modal melalui program dan event promosi yang dilakukan off air (seminar “Yuk Nabung Saham”, “Galeri Investasi”, “Sekolah Pasar Modal” dan “Stocksound”) maupun on air (promo filler, iklan dan beberapa program seperti IDX Market Opening, Market Now, Top Stock, IDX 1st Session Clossing, Market Headline,dan News Screen) di IDX Channel dan media partner lainnya yang semakin memudahkan pengusaha dan calon investor mendapatkan informasi seputar bisnis dan keuangan.
Program News Screen Dalam Memproduksikan Berita Lokal Di Idx Channel Agnes Aprillaianah; Febriansyah Nataly
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 01 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 01 Maret 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i01.29

Abstract

Program News Screen adalah sebuah program buletin berita teraktual yang tayang di IDX Channel dengan mengangkat isu-isu ekonomi baik makro-mikro, sektoril, pasar modal dan beragam isu ekonomi lainnya khususnya isu-isu ekonomi nasional, yang dibawakan oleh salah satu presenter dengan konsep elegan, serius namun santai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi program News Screen dalam memproduksi berita lokal di IDX Channel. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan pendekatan observasi dimana data yang digunakan adalah data primer dari hasil pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi dan data sekunder yang digunakan dalam tinjauan studi kepustakaan untuk mempertajam teori. Hasil penelitian dengan beberapa narasumber strategi yang dilakukan dalam produksi berita di IDX Channel berupa tujuan pembentukan program, memilih program yang bisa menarik audiens dan juga merencanakan konten atau fitur khusus untuk program yang akan dibuat, dalam perencaan program News Screen maka fitur yang akan diunggulkan adalah lebih kearah isu-isu ekonomi baik dari lokal maupun interlokal. program News Screen dalam memproduksikan berita lokal di IDX Channel terdapat beberapa tahapan meliputi perencanaan produksi berita lokal di IDX Channel yaitu materi produksi, sarana produksi, biaya produksi, organisasi pelaksana produksi dan tahap pelaksanaan. Dalam produksi program News Screen dalam memproduksikan berita lokal di IDX Channel masih banyak ditermukan kendala yang termasuk kedalam kendala segi non teknis, biasanya kendalanya seputar masalah komunikasi dan koordinasi.
Strategi Komunikasi Pemasaran Qoo10 Indonesia Mempertahankan Eksistensi Julita Esther I.D.S; Adi Wiratama
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 01 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 01 Maret 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i01.30

Abstract

Kemajuan teknologi informasi, khususnya Internet hampir merubah semua bidang, salah satunya dunia bisnis. Perubahan cara pandang dalam berbisnis ini yang ikut mendukung timbulnya perusahaan e-commerce, dan salah satunya adalah Qoo10. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi komunikasi pemasaran perusahaan, (2) mengetahui bentuk-bentuk komunikasi pemasara perusahaan, dan (3) melihat latarbelakang pemilihan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif karena lebih memfokuskan pada aspek kealamiahan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) penelitian perpustakaan, (2) wawancara mendalam dengan informan kunci yang bertujuan untuk memperoleh perspektif tentang strategi komunikasi pemasaran serta sejauh mana pemanfaatan dari fasilitas-fasilitas yang ada pada B2B(Bussiness to Bussiness) e-commerce, dan (3) penelitian lapangan. Untuk menganalisa suatu strategi komunikasi pemasaran, dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu (1) faktor ekstemal dan intemal perusahaan diperlukan untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada suatu perusahaan atau SWOT analisis, (2) pemilihan target pasar, segmentasi dan memposisikan produk perusahaan atau STP, (3) bauran pemasaran yang digunakan atau marketing mix, (4) promotion mix atau communication tools yang dipergunakan. Berdasarkan hasil wawancara dan penelitian dilapangan, ditemukan bahwa, pentingnya strategi komunikasi pemasaaran yang didukung oleh perencanaan dan strategi pemasaran dengan menganalisis lingkungan (faktor internal dan eksternal). Peranan strategi komunikasi pemasaran yang dihasilkan melalui situasi dan kondisi perusahaan dapat membuat suatu perusahaan tetap eksis dan dapat terus meningkatkan keunggulan dalam bidang bisnisnya.
Strategi Kreatif Programmer Dalam Menaikan Eksistensi Program Shio Asia Di Tengah Fenomena Korean Wave Gita Agnesia; Luki Sahidan
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 01 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 01 Maret 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i01.31

Abstract

Fenomena budaya populer Korea (Korean wave) kini membuat media penyiaran radio seakan berlomba-lomba memproduksi siaran yang berkaitan dengan budaya populer Korea, salah satunya RRI PRO 2 FM Jakarta dengan programnya Shio Asia. Untuk menaikan eksistensi RRI PRO 2 FM, khususnya program Shio Asia, menjadi suatu tantangan untuk mencari solusi, membuat trik atau strategi agar program tersebut dapat bertahan, dan diminati oleh kalangan muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain penelitian analisis fenomenologi. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan yaitu programmer dan penyiar program Shio Asia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa programmer telah menerapkan strategi pemrograman yaitu; perencanaan program (planning), produksi/akuisi program (production), eksekusi program (execution), pengawasan dan evaluasi program (controlling), dan hal tersebut menghasilkan strategi kreatif seperti; mengubah jam siaran program Shio Asia menjadi lebih awal, mempertahankan pola siaran yang jelas, mengiklankan program Shio Asia di sela program lain, menetukan penyiar yang mempunyai passion tentang budaya populer Korea dan melaksanakan evaluasi secara rutin.

Page 1 of 1 | Total Record : 5