cover
Contact Name
Agus Purnama
Contact Email
purnama.aguz@gmail.com
Phone
+6281316184140
Journal Mail Official
jikom@sssstikom-ima.ac.id
Editorial Address
Jl. Harapan no 50 Gd. HZ Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah komunikasi
ISSN : 19798210     EISSN : 23548193     DOI : http://dx.doi.org/10.38041/jikom1
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu komunikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 03 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 03 November 2019" : 5 Documents clear
Komunikasi Pemasaran Merchant Bisnis Akusisi (MBA) KC UI Depok dalam Sosialisasi Yap (Your All Payment) dikantin RIK Universitas Indonesia Depok Finda Marisca
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 03 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 03 November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i03.89

Abstract

Aplikasi Yap (Your All Payment) adalah produk terbaru dari Bank BNI yang di luncurkan pada akhir Januari 2018. Aplikasi Yap merupakan solusi pembayaran masa kini yang dilakukan dengan scan QR code melalui smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan hambatan Merchant Bisnis Akuisisi dalam mensosialisasikan Yap di kantin Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) UI Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan observasi dimana data yang digunakan adalah data primer dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dan juga data sekunder yang digunakan dalam tinjauan studi kepustakaan untuk mempertajam teori. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa strategi komunikasi pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam mendorong suksesnya kegiatan pemasaran yang akan dilakukan. Merchant Bisnis Akuisisi BNI KC UI Depok memiliki Strategi komunikasi pemasaran dalam mensosialisasikan Yap dikantin Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia Depok seperti Personal Selling dan marketing event serta masih ditemukan hambatan hambatan dalam mensosialisasikan Yap di kantin Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia Depok.
Pengaruh Terpaan Dan Isi Pesan Tayangan Sinetron Religius “Azab” Di Indosiar Terhadap Sikap Taqwa Mahasiswa Dalam Agama Islam Andre Yona Putra; Herlinda Herlinda
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 03 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 03 November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i03.96

Abstract

Salah satu cara perolehan pengetahuan dan pendidikan moral dan agama ialah melalui media massa. Beberapa fungsi pers adalah untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan (to inform), mendidik (to educate), mempengaruhi (to influence), serta berperan sebagai kontrol sosial (social control) . Fungsi-fungsi ini tentunya baru terealisasi bila tayangan yang disajikan dinilai positif oleh pemirsa. Bila suatu tayangan disajikan secara menarik, mampu menarik minat untuk menonton, pesannya menggugah perasaan pemirsa sehingga mereka menilai tayangan tersebut layak ditonton, dinikmati, serta dipercaya kebenaran pesan yang disampaikannya, maka, kecenderungannya adalah bahwa pemirsa tayangan secara sadar ataupun tidak cenderung bersikap positif terhadap isi pesan yang disampaikan, bahkan kemungkinan berperilaku sebagaimana disarankan dalam tayangan tersebut. Tujuan penelitian ini aalah tayangan televisi dengan tema religi diharapkan mampu menjalankan berbagai fungsi media massa, dalam hal ini menyediakan pengetahuan, memberikan pendidikan, serta menjadi kontrol sosial dalam hal moral dan keagamaan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Variabel yang digunakan adalah Intensitas, Isi Pesan dan sikap taqwa dengan menggunakan teori S.O.R. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 180 responden dengan menggunakan teknik angket kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang meliputi orang-orang yang disaring atas dasar kriteria-kriteria tertentu yang dibuat peneliti. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Bedasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan anatara intensitas dan isi pesan dengan sikap taqwa dalam sinetron AZAB.
Program Pesbukers dalam Menjaga Eksistensi Di ANTV Chyntria Beharti; Veronika Setyadji
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 03 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 03 November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i03.92

Abstract

Program hiburan tentunya perlu menjaga eksistensi dengan menyusun perencanaan yang meliputi dalam hal konsep cerita, interaksi antar pemain, dan tentunya tidak lepas dari unsur bullying yang menjadi suatu yang menarik dan lucu bisa dibagikan dalam sebuah candaan. Metode penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, studi kasus yang membahas mengenai program yang dapat menjaga eksistensi sehingga memiliki keberlangsungan yang bertahan lama supaya program tersebut tetap terjaga eksistensi, kemudian pengemupulan data pada penelitian yaitu melalui wawanacara terhadap tim kreatif, produser dan penulis cerita dan observasi tentang kegiatan sehari-hari serta data dari dokumentasi. Hasil penelitian bahwa menjaga eksistensi sebuah program itu perlu memperhatikan konsep cerita maka dari itu tim kreatif harus menyiapkan konsep cerita yang terkait dengan isu-isu terkini dan produser memiliki komitmen untuk membuat ide cerita yang tidak membuat keluar jalur komedi. Kesimpulannya program hiburan memerlukan adanya konsep, kreatifitas dalam membuat ide cerita supaya penonton tidak bosan melihat tayangan yang itu-itu saja.
Pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Andina Nur Ramadhani; Siti Masitoh
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 03 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 03 November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i03.94

Abstract

Persaingan industri dibidang kecantikan saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, dikarenakan masyarakat sudah menjadikan kecantikan sebagai kebutuhan pokok. Adanya produk kecantikan dengan harga murah dengan kualitas yang bagus menambahkan peminat terhadap produk kosmetik. Salah satunya dengan menggunakan daya tarik iklan melalui YouTube, brand ambassador dan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada responden. Pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik. Pendekatan teori yang digunakan adalah S-O-R untuk mengetahui perubahan sikap yang terjadi ketika komunikan memiliki keputusan untuk membeli produk yang di iklankan. Hasil pada penelitian dapat disimpulkan variabel Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador dan Brand Image secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk Wardah. Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador dan Brand Image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 37,2%, sedangkan sisanya sebesar 62,8% dipengaruhi oleh varibel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Analisis Framing Pemberitaan Viva.co.id dan Republika.co.id pada Reuni 212 Tanggal 2 Desember Tahun 2018 Erwin Sujana; Mustopa Mustopa
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 11 No 03 (2019): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 11 No 03 November 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v11i03.93

Abstract

Berita mengenai peristiwa aksi umat Islam di Indonesia yaitu aksi Reuni 212 pada tanggal 2 Desember tahun 2018 menjadi berita headline di berbagai media online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemberitaan media online yaitu antara viva.co.id dan republika.co.id yang berkaitan dengan Reuni 212 pada tanggal 2 Desember 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan desain anaisis framing. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber pemberitaan media viva.co.id dan republika.co.id pada tanggal 29 November sampai 3 Desember 2018. Pengumpulan data menggunakan teknik penelusuran data online dianalisis menggunakan model pembingkaian Robert N. Entman dengan instrumen penelitian berupa observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pemberitaan viva.co.id dan republika.co.id yang berkaitan dengan Reuni 212 pada tanggal 2 Desember tahun 2018 yaitu bersifat non politik berkaitan dengan silaturahim tetapi pada kenyataannya tidak bisa dilepaskan dari adanya nuansa dinamika politik yang sedang terjadi. Dapat disimpulkan bahwa berita Reuni 212 pada tanggal 2 Desember Tahun 2018 di media viva.co.id dan republika.co.id tidak bisa dilepaskan dari nuansa politik

Page 1 of 1 | Total Record : 5