cover
Contact Name
Agus Purnama
Contact Email
purnama.aguz@gmail.com
Phone
+6281316184140
Journal Mail Official
jikom@sssstikom-ima.ac.id
Editorial Address
Jl. Harapan no 50 Gd. HZ Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah komunikasi
ISSN : 19798210     EISSN : 23548193     DOI : http://dx.doi.org/10.38041/jikom1
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu komunikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020" : 5 Documents clear
Hubungan Antara Kualitas Gambar dan Jalan Cerita Terhadap Nilai Estetika pada Webtoon (Studi Pada Webtoon Periode Januari – Juni 2019). Dwi Putri Tanjung; Fatimah Darmansa
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.105

Abstract

Tujuan penulis mengambil topik ini untuk mengetahu hubungan antara kualitas gambar dan jalan cerita terhadap niali estetika pada webtoon. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatanya yaitu kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah Webtoon yang terdaftar pada Januari – Juni 2019. Sampel dan penelitian yang diteliti dengan menggunakan karyawan Mr Blue Indonesia. Pengukuran dilakukan dengan uji validasi, uji reabilitas, uji normalitas, uji chi square. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika kualitas gambar memiliki hubungan dengan nilai estetika dengan 19 orang (63,33%) setuju jika hal ini berhubungan dan 11 orang (36,6%) mengatakan tidak berhubungan. Alat ukur menggunakan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika jalan cerita tidak memiliki hubungan dengan nilai estetika estetika dengan 15 orang (50%) setuju jika hal ini berhubungan dan 15 orang (50%) mengatakan tidak berhubungan . Diharapkan para komikus kedepannya dapat membuat komik dengan ide dan jalan cerita yang unik dan menarik sehingga para pembaca tertarik dan memberikan dukungan pada Webtoon tersebut. Dan untuk pihak Webtoon sendiri diharapkan memberikan pelatihan dan evaluasi kepada komikus mereka, agar karya yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi dan bisa menarik banyak pembaca baru untuk menjadi pembaca setia Line Webtoon.
Strategi Program Magazine Program Khazanah Edisi Ramadhan 2019 Khairunnisa Khairunnisa; Fatimah Fatimah
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.114

Abstract

Industri pertelevisian merupakan industri kreatif yang setiap harinya menghadirkan berbagai macam program acara unggulan. Setiap televisi terdapat divisi program yang memiliki berbagai strategi dalam memproduksikan suatu program, pada bulan ramadhan stasiun televisi bersaing dalam memproduksikan sebuah tayangan dalam bentuk konsep kajian-kajian islami. Salah satu program yang yang bertajuk islami ialah Khazanah Ramadhan, dalam bulan ramadhan kali ini Khazanah mengusungkan tematis Al-Quran dalam pembahasan pada bulan ramadhan 2019 dan strategi episode yang diusungkan pada hari pertama ramadhan ialah terapi cahaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan pendekatan observasi dimana dalam pendekatan ini data yang digunakan adalah data primer dari hasil pengamatan, wawanacra, dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian ini tayangan khazanah ramadhan di hari pertama dengan episode terapi cahaya memiliki strategi dalam teknik produksinya ialah, pra produksi, produksi, dan pasca produksi, yang tentunya berbeda dengan tayangan sebelumnya. Dalam menggunakan strategi tersebut tim produksi khazanah dapat memberikan suatu tayangan yang bervariatif dalam segi pembahasan, segi liputan, dan hasil visual video. Dan selain itu khazanah ramadhan tetap harus memperhatikan promosi dalam media sosial agar audiens lebih tertarik lagi.
Strategi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Sekolah Aluna Montessori Jakarta Yuli Purnamasari; Veronika Setyadji; Shulhuly Ashfahani
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.115

Abstract

Sekolah Aluna merupakan salah satu sekolah berbasis inklusi yang dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus. Namun saat ini Sekolah Aluna mengalami penurunan jumlah siswa/i yang disertai dengan menurunnya brand image di masyarakat, walaupun sekolah ini telah melaksanakan layanan dan promosi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan Sekolah Aluna dalam membangun brand image. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis dan teknik pengumpulan data adalah data primer yang diperoleh dari wawancara serta data sekunder diperoleh dari data yang berbentuk buku, web, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini merangkum data, menyajikan data dan menyimpulkan data tersebut. Hasil penelitian bahwa Sekolah Aluna perlu meningkatan pelayanan dan memperbaharui strategi promosi (brosur, spanduk, media sosial: facebook dan instagram) serta pendekatan hubungan masyarakat (public relations) supaya meningkatkan jumlah siswa serta meningkatkan brand image. Penurunan jumlah siswa dan brand image Sekolah Aluna dapat diperbaiki dengan cara memperbaharui promosi berupa brosur, spanduk, website serta melakukan pelatihan sumber daya manusia supaya lebih memahami layanan jasa yang ditawarkan dan informasi yang disampaikan lebih informatif.
Studi Deskriptif Kualitatif Loyalitas Brand Wardah di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju Firdha Alwani Lestari; Febriansyah Nataly; Fatimah Fatimah
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.111

Abstract

Loyalitas terhadap merek adalah gambaran perilaku preferensi konsumen terhadap suatu merek dengan melakukan pembelian berulang. Hal ini sangat berpengaruh bagi suatu perusahaan untuk dapat bertahan dan tetap eksis di tengah persaingan pasar, khususnya untuk produk Wardah yang telah digunakan oleh banyak konsumen tak terkecuali mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk loyalitas brand Wardah yang digunakan mahasiswa kebidanan STIKIM. Metode pada penelitian ini yaitu kualitatif dimana menjelaskan dan mengetahui bentuk loyalitas para konsumen Wardah di jurusan kebidanan STIKIM dengan cara pengumpulan data observasi, angket kuesioner, dan wawancara. Tahap teknik analisa data yang dilakukan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kepercayaan mahasiswa terhadap merek Wardah sangat berpengaruh kepada pembentukan kepuasan serta loyalitas terhadap produk tersebut. Kesimpulannya bahwa reputasi produk memegang peran penting dalam melakukan keputusan pembelian ulang. Saran yang dapat diberikan melakukan inovasi baru terhadap produk tersebut.
Persepsi Siswa/i SMK terhadap Iklan Layanan Masyarakat “Narkoba” Trans7 di SMK 58 Jakarta Ihsan Fahmi; Fatimah Fatimah; Mustopa Mustopa
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 01 Maret 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi iklan layanan masyarakat narkoba Trans7 pada siswa/i SMK 58 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain Cross-Sectional. Populasi penelitian adalah Siswa/i SMK 58 Jakarta yang berjumlah 79 orang. Sample penelitian ini berjumlah 55 orang (N = 55) dan dipilih menggunakan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner. Analisa data pada penelitan ini menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bawa dari 55 responden, usia 16 tahun 26 orang (47%), usia >16 tahun sebanyak 29 orang (53%). Jenis kelamin perempuan 26 orang (47%) & laki-laki 29 orang (53%). Tingkat persepsi tidak mengerti 40 orang (72,2%) dan yang mengerti sebanyak 15 orang (27,3%). Dilihat dari iklan layanan masyarakat yang tidak tertarik sebanyak 28 orang (50,9%) dan yang tertarik sebanyak 27 orang (49,1%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggambarkan bahwa siswa/i memahami komponen-komponen dari persepsi dan elemen pada iklan layanan masyarakat narkoba Trans7. Saran untuk meningkatkan iklan layanan masyarakat ini sebaiknya iklan tersebut tidak hanya ditayangkan di televisi tetapi ditayangkan di media lain agar iklan tersebut dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang lebih luas agar penyebaran informasinya lebih merata.

Page 1 of 1 | Total Record : 5