cover
Contact Name
Muhammad Taufiqurrohman
Contact Email
taufiqurrohman@hangtuah.ac.id
Phone
+6281233066676
Journal Mail Official
jurnal.eltrik@hangtuah.ac.id
Editorial Address
Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Jl. AR Hakim No. 150 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
J-Eltrik
Published by Universitas Hang Tuah
ISSN : 26569388     EISSN : 26569396     DOI : http://dx.doi.org/10.30649/j-eltrik.v2i2
J-Eltrik merupakan jurnal Teknik Elektro yang terbit secara berkala dua kali dalam setahun. Diterbitkan oleh Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya. Scope J-Eltrik tentang hasi riset dibidang Elektronika, Listrik (Elektro), Telekomunikasi, Komputer, Informatika, Sistem Kontrol. Redaksi menerima hasil penelitian atau artikel ilmiah dari para intelektual, dosen, praktisi dan mahasiswa. Proses peer review dilaksanakan oleh reviewer dan redaksi untuk memperbaiki format artikel sesuai format penulisan J-Eltrik tanpa mengubah tujuan dan isinya.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Juli" : 12 Documents clear
Simulasi Pengendalian Motor DC Pada Komunikasi Serial Delphi 7 Menggunakan ATmega16 Miftachul; Muhammad Rifqi Rizqillah Mustofa; Aji, Kunto
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.78

Abstract

Motor DC sering banyak digunakan sebagai penggerak pada industri. Hal ini karena kecepatan pada motor DC dapat dikendalikan secara konsisten sesuai dengan kebutuhan. Kecepatan motor DC dapat dikendalikan dengan cara mengontrol tegangan. Namun, motor DC memiliki kekurangan dimana ketika diberikan kendala akan mengakibatkan kecepatan motor DC akan terganggu. Sehingga dibuatlah sistem kendali untuk mengatasi kekurangan tersebut. Atas pertanyaan tersebut maka dibuatlah penelitian simulasi pengendalian kecepatan motor DC. Dalam simulasi motor DC ini akan dikontrol menggunakan mikrokontroler ATMega16. Pada aplikasi proteus menggunakan ATMega16 sebagai mikrokontroler dan dibantu dengan kombinasi pemrograman CodeVisionAVR serta permrograman delphi 7 agar dapat mengendalikan kecepatan motor DC. Untuk pemrograman delphi 7 dihubungkan melalui VSPE. Kendali dilakukan melalui akan mengendalikan kecepatan motor DC agar dapat berputar pada kecepatan 3 gear. PWM ini akan diinjeksikan ke program yang bertugas sebagai pengendali kecepatandan memonitori motor DC. Pada penelitian dilakukan simulasi pada program Proteus. Hasil penelitian ini didapatkan kecepatan yang berbeda setiap gear. Pada hasil penelitian didapatkan pengujian motor DC dengan kecepatan transmisi setiap gear berbeda dan di monitor apakah sesuai dengan program yang dipakai pada aplikasi yang telah diinputkan.
Prototype Sistem Pendeteksi Pencurian Muatan Truk Logistik Berdasarkan Berat Muatan Dan Pelaku Dengan SMS Gateway Abror, Gezaq; Riyan, Mochammad; Dewantoro, Totok
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.79

Abstract

Dalam era revolusi industri 4.0 industri perdagangan sudah mengalami kemajuan pesat dengan menggunakan teknologi daring dan didukung oleh pengiriman barang/produk dengan menggunakan jasa truk logistik. Pada saat truk logistik mengantarkan barang/produk ke tempat tujuan seringkali menjadi sasaran tindak pencurian. Penelitian ini mengusulkan prototype sistem pendeteksi pencurian muatan pada truk logistik dengan pengambilan keputusan berdasarkan pengurangan berat muatan dan identifikasi awal pelaku pencurian. Pengambilan keputusan mengacu kepada empat kondisi studi kasus yang sudah dibuat. Sistem ini ditunjang dengan penggunaan SMS Gateway dalam mengirimkan status muatan kepada user secara berkala. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mengurangi dampak aksi pencurian muatan truk logistik. Dari pengujian keseluruhan sistem diperoleh hasil persentase keberhasilan sistem yaitu 93,75%, yang menandakan bahwa sistem yang dibuat sudah bekerja dengan baik.
Kendali Proses Pengisian Tangki Air Dan Botol Minuman Otomatis Menggunakan PLC Imnadir; Lestari , Meidi Wani
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.82

Abstract

Ada dua hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini, yaitu berkaitan dengan membimbing mahasiswa dalam perancangan tugas akhir serta menyiapkan mahasiswa agar mampu memiliki pengetahuan yang secara langsung berkaitan dengan kendali proses diindustri berbasis PLC.  Di Industri peralatan pengisian cairan kedalam botol secara otomatis telah lama beroperasi. Permaslahannya adalah bagaimana menyiapkan mahasiswa agar bisa menciptakan industri rumah tangga sebagai objek pekerjaan setelah tamat perkuliahan  yaitu  bagaimana pengendalian level air dalam tangki menggunakan satu sensor water level serta merancang  program pengisian cairan kedalam botol ukuran 300ml secara otomatis berbasis PLC OMRON CP1E. Merancang alat pengisian botol otomatis berbasis PLC sebagai pengendali sistem dilengkapi dengan konveyor berfungsi membawa botol untuk pengisian air, pompa air untuk memompa keluar air dari tangki kedalam botol, modul relay sebagai switching mengaktifkan output yang bertegangan AC atau DC, menggunakan sensor proximity sebagai pendeteksi adanya botol dengan jenis volume 300 mL berfungsi untuk mengaktifkan pompa. Alat ini melakukan pengisian otomatis berdasarkan ladder program yang dibuat pada PLC, dengan menjalankan ladder program pada PLC sistem akan menghidupkan conveyor, kemudian botol dibawa sampai ketempat sensor proximity, sensor akan mendeteksi adanya botol dan sistem akan mematikan konveyor dan pompa mulai mengisi botol dengan air berdasarkan dengan waktu yang sudah dibuat. Dari hasil pengujian dan analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa waktu yang digunakan pada saat pengisian yaitu 5,5 detik dan volume air yang terisi sebanyak 297 mL.
Prototype Pembatasan Pembelian Bahan Bakar Minyak Berbasis Mikrokontroler Di SPBU Kota Tarakan Harto, Dedy; Muhammad Rachman, Abdul
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.84

Abstract

Tingginya tingkat konsumsi BBM di Tarakan dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang melakukan pembelian dalam jumlah besar, untuk kemudian dijual kembali dengan selisih harga yang lebih tinggi. Sistem pembatasan pembelian BBM ini dilakukan untuk satu kali proses transaksi untuk jenis kendaraan yang berbeda. Untuk menginputkan jenis kendaraan dan nilai rupiah yang akan diisikan menggunakan keypad yang kemudian akan diproses oleh mikrokontroler dan selanjutnya memberikan perintah kepada relay untuk mengaktifkan pompa DC serta solenoid valve sehingga cairan minyak dapat mengalir. Jumlah cairan yang mengalir akan dibaca oleh sensor flowmeter dan saat cairan yang dialirkan telah sesuai, maka pompa dan solenoid akan mati. Proses transaksi tidak dapat dilakukan saat nilai rupiah yang diinputkan melebihi dari ambang batas ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dari hasil penelitian ini masih didapati nilai error hasil pembacaan LCD sistem dan gelas ukur untuk masing-masing sampel pengujian. Pada pengujian dengan sampel Rp.5.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,68%, pada sampel Rp.10.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,31%, pada sampel Rp.15.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,30%, pada sampel Rp.20.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,39%, pada sampel Rp.25.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,49%, pada sampel Rp.30.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 2,80%, pada sampel Rp.35.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 1,12%.
Kestabilan Frekuensi Tera Hertz Gelombang Kontinyu Gap Penghasil Sinyal Untuk Spektroskopi Resolusi Tinggi Nasrullah, Akbar Haqi; Ambarwati, Widya; Nabil , Farhan Muhammad; Sabtiandy , Dhandy; Chomariah, Devi Sarmilah; Silalahi , Felisia Deswita
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.92

Abstract

Peningkatan stabilitas daya dan frekuensi dari peralatan GaP CWTHz SG beresolusi tinggi rentang frekuensi lebar. Stabilitas daya jangka panjang menjadi di bawah 0,3% dengan menggunakan kontrol umpan balik daya pada amplifier serat. Resolusi frekuensi ditingkatkan menjadi 15 MHz dengan kontrol umpan balik frekuensi menggunakan pengukur panjang gelombang dua saluran. Nilai ini lebih dari 30 kali lebih baik daripada yang diperoleh oleh GaP THz SGs yang dipompa dengan nanose. Pada penelitian ini dirancang sebuah generator sinyal Terahertz gelombang kontinu GaP (CW-THz) berdasarkan pembangkitan frekuensi berbeda yang dapat menyetel secara otomatis dari 0,15 hingga 6,2 THz tanpa mode-hopping. Kontrol umpan balik frekuensi independen untuk seed laser dan kontrol umpan balik daya untuk penguat daya optik menghasilkan akurasi dan stabilitas yang lebih tinggi dari gelombang THz keluaran pada saat yang sama. Setelah membangun spektrometer THz dengan generator sinyal GaP CW-THz sebagai sumber cahaya, kami telah memastikan resolusi frekuensi menjadi 15 MHz dengan pengukuran lebar Doppler dari penyerapan uap air di ruang vakum, dan reproduktifitas frekuensi berada dalam 5 MHz kemudian dibandingkan dengan data frekuensi penyerapan.
Alat Kontrol Kualitas Produksi Air Minum Berbasis PLC Outseal Surdianto, Surdianto; Riyanto, Didik; Habiby, Jawwad Sulthon
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.106

Abstract

Air minum isi ulang merupakan air minum alternatif bagi banyak masyarakat saat ini. Di Kabupaten Ponorogo banyak berdiri tempat pengisian air minum isi ulang. Untuk mengetahui kualitas air yang dihasilkan sebagian besar tempat pengisian air minum isi ulang mengandalkan pengecekan dari instansi terkait. Sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui kualitas air yang dihasilkan. Menurut Permenkes No 492 Tahun 2010 kandungan Total Dissolved Solids maksimal 500mg/l dan kadar pH diantara 6,5-8,5. Rumusan masalah adalah bagaimana cara membuat alat pengontrol kualitas produksi air minum dengan menggunakan sistem kontrol PLC Outseal. Tujuan dari perancangan alat ini adalah membuat alat pengontrol kualitas produksi air minum dengan menggunakan sistem kontrol PLC Outseal. Metode yang digunakan adalah mendeteksi kandungan TDS dan pH pada air minum isi ulang kemudian diproses PLC Outseal. Selanjutnya data pembacaan sensor ditampilkan pada HMI (Human Machine Interface). Apabila kualitas air minum tidak sesuai dengan ketentuan maka buzzer akan memberikan peringatan dan sistem menghentikan proses produksi air minum isi ulang. Dari hasi pengujian, alat ini dapat menampilkan nilai TDS dan pH secara real time dan dapat memberi peringatan saat kualitass air tidak sesuai dengan ketentuan. Manfaat dari perancangan alat kontrol kualitas produksi air minum ini adalah untuk mempermudah pengontrolan dan pengawasan produksi air minum isi ulang sehingga kualitas air minum yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penelitian sebelumnya yang dilakukan Fauzi Amani dkk hanya mendeteksi kualitas air dan dapat dimonitor nilainya. Sedangkan alat ini dapat diterapkan untuk mengontrol produksi air minum isi ulang.
Simulasi Pengendalian Motor DC Pada Komunikasi Serial Delphi 7 Menggunakan ATmega16 Miftachul; Muhammad Rifqi Rizqillah Mustofa; Aji, Kunto
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.78

Abstract

Motor DC sering banyak digunakan sebagai penggerak pada industri. Hal ini karena kecepatan pada motor DC dapat dikendalikan secara konsisten sesuai dengan kebutuhan. Kecepatan motor DC dapat dikendalikan dengan cara mengontrol tegangan. Namun, motor DC memiliki kekurangan dimana ketika diberikan kendala akan mengakibatkan kecepatan motor DC akan terganggu. Sehingga dibuatlah sistem kendali untuk mengatasi kekurangan tersebut. Atas pertanyaan tersebut maka dibuatlah penelitian simulasi pengendalian kecepatan motor DC. Dalam simulasi motor DC ini akan dikontrol menggunakan mikrokontroler ATMega16. Pada aplikasi proteus menggunakan ATMega16 sebagai mikrokontroler dan dibantu dengan kombinasi pemrograman CodeVisionAVR serta permrograman delphi 7 agar dapat mengendalikan kecepatan motor DC. Untuk pemrograman delphi 7 dihubungkan melalui VSPE. Kendali dilakukan melalui akan mengendalikan kecepatan motor DC agar dapat berputar pada kecepatan 3 gear. PWM ini akan diinjeksikan ke program yang bertugas sebagai pengendali kecepatandan memonitori motor DC. Pada penelitian dilakukan simulasi pada program Proteus. Hasil penelitian ini didapatkan kecepatan yang berbeda setiap gear. Pada hasil penelitian didapatkan pengujian motor DC dengan kecepatan transmisi setiap gear berbeda dan di monitor apakah sesuai dengan program yang dipakai pada aplikasi yang telah diinputkan.
Prototype Sistem Pendeteksi Pencurian Muatan Truk Logistik Berdasarkan Berat Muatan Dan Pelaku Dengan SMS Gateway Abror, Gezaq; Riyan, Mochammad; Dewantoro, Totok
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.79

Abstract

Dalam era revolusi industri 4.0 industri perdagangan sudah mengalami kemajuan pesat dengan menggunakan teknologi daring dan didukung oleh pengiriman barang/produk dengan menggunakan jasa truk logistik. Pada saat truk logistik mengantarkan barang/produk ke tempat tujuan seringkali menjadi sasaran tindak pencurian. Penelitian ini mengusulkan prototype sistem pendeteksi pencurian muatan pada truk logistik dengan pengambilan keputusan berdasarkan pengurangan berat muatan dan identifikasi awal pelaku pencurian. Pengambilan keputusan mengacu kepada empat kondisi studi kasus yang sudah dibuat. Sistem ini ditunjang dengan penggunaan SMS Gateway dalam mengirimkan status muatan kepada user secara berkala. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mengurangi dampak aksi pencurian muatan truk logistik. Dari pengujian keseluruhan sistem diperoleh hasil persentase keberhasilan sistem yaitu 93,75%, yang menandakan bahwa sistem yang dibuat sudah bekerja dengan baik.
Kendali Proses Pengisian Tangki Air Dan Botol Minuman Otomatis Menggunakan PLC Imnadir; Lestari , Meidi Wani
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.82

Abstract

Ada dua hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini, yaitu berkaitan dengan membimbing mahasiswa dalam perancangan tugas akhir serta menyiapkan mahasiswa agar mampu memiliki pengetahuan yang secara langsung berkaitan dengan kendali proses diindustri berbasis PLC.  Di Industri peralatan pengisian cairan kedalam botol secara otomatis telah lama beroperasi. Permaslahannya adalah bagaimana menyiapkan mahasiswa agar bisa menciptakan industri rumah tangga sebagai objek pekerjaan setelah tamat perkuliahan  yaitu  bagaimana pengendalian level air dalam tangki menggunakan satu sensor water level serta merancang  program pengisian cairan kedalam botol ukuran 300ml secara otomatis berbasis PLC OMRON CP1E. Merancang alat pengisian botol otomatis berbasis PLC sebagai pengendali sistem dilengkapi dengan konveyor berfungsi membawa botol untuk pengisian air, pompa air untuk memompa keluar air dari tangki kedalam botol, modul relay sebagai switching mengaktifkan output yang bertegangan AC atau DC, menggunakan sensor proximity sebagai pendeteksi adanya botol dengan jenis volume 300 mL berfungsi untuk mengaktifkan pompa. Alat ini melakukan pengisian otomatis berdasarkan ladder program yang dibuat pada PLC, dengan menjalankan ladder program pada PLC sistem akan menghidupkan conveyor, kemudian botol dibawa sampai ketempat sensor proximity, sensor akan mendeteksi adanya botol dan sistem akan mematikan konveyor dan pompa mulai mengisi botol dengan air berdasarkan dengan waktu yang sudah dibuat. Dari hasil pengujian dan analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa waktu yang digunakan pada saat pengisian yaitu 5,5 detik dan volume air yang terisi sebanyak 297 mL.
Prototype Pembatasan Pembelian Bahan Bakar Minyak Berbasis Mikrokontroler Di SPBU Kota Tarakan Harto, Dedy; Muhammad Rachman, Abdul
J-Eltrik Vol 4 No 1 (2022): Juli
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30649/je.v4i1.84

Abstract

Tingginya tingkat konsumsi BBM di Tarakan dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang melakukan pembelian dalam jumlah besar, untuk kemudian dijual kembali dengan selisih harga yang lebih tinggi. Sistem pembatasan pembelian BBM ini dilakukan untuk satu kali proses transaksi untuk jenis kendaraan yang berbeda. Untuk menginputkan jenis kendaraan dan nilai rupiah yang akan diisikan menggunakan keypad yang kemudian akan diproses oleh mikrokontroler dan selanjutnya memberikan perintah kepada relay untuk mengaktifkan pompa DC serta solenoid valve sehingga cairan minyak dapat mengalir. Jumlah cairan yang mengalir akan dibaca oleh sensor flowmeter dan saat cairan yang dialirkan telah sesuai, maka pompa dan solenoid akan mati. Proses transaksi tidak dapat dilakukan saat nilai rupiah yang diinputkan melebihi dari ambang batas ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dari hasil penelitian ini masih didapati nilai error hasil pembacaan LCD sistem dan gelas ukur untuk masing-masing sampel pengujian. Pada pengujian dengan sampel Rp.5.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,68%, pada sampel Rp.10.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,31%, pada sampel Rp.15.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,30%, pada sampel Rp.20.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,39%, pada sampel Rp.25.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 0,49%, pada sampel Rp.30.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 2,80%, pada sampel Rp.35.000 diperoleh nilai error rata-rata sebesar 1,12%.

Page 1 of 2 | Total Record : 12