cover
Contact Name
yaipul Ramdhan
Contact Email
syaipulramdhan@stmikglobal.ac.id
Phone
+6287774181374
Journal Mail Official
syaipulramdhan@stmikglobal.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No. 43A Margasari Karawaci Kota Tangerang
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR)
ISSN : -     EISSN : 27224392     DOI : http://dx.doi.org/10.38101/ajcsr.v3i1
Core Subject : Science,
he Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR) is a peer-reviewed open access journal published twice a year (January and July), a scientific journal published by STMIK Bina Sarana Global. The Ajcsr Journal (Academic Journal of Computer Science Research) aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to computer science (computer engineering, network engineering, design and multimedia, computerized accounting, business intelligence and management support systems, e-commerce). It is published in online version (e-ISSN 2722-4392).
Articles 42 Documents
Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Pariwisata di Wilayah Kota Bogor Berbasis Web Sofjan, Mohammad; Julianti, M. Ramaddan; Maulana, Rifki
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.287

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang komputer yang begitu pesat telah mendorong perkembangan sebuah informasi. Salah satunya adalah informasi geografis dunia pariwisata. Perkembangan informasi pariwisata di Kota Bogor dari tahun ke tahun meningkat, namun dalam mempromosikan pariwisata, Dinas Pariwisata masih menggunakan manual dan kurang meluas. Wisatawan yang datang ke tempat-tempat wisata atau ke Dinas Pariwisata akan diberi buklet atau buku panduan. Informasi yang dibuat oleh Dinas Pariwisata setempat sangat terbatas, oleh karena itu masyarakat umum tidak bisa mendapatkan informasi tentang pariwisata. Maka hal ini diperlukan sebuah sistem yang dapat mendukung pemilihan lokasi tujuan wisata bagi pengunjung agar memudahkan tercapainya informasi lokasi wisata. Dalam penelitian ini penulis ingin membangun sistem informasi geografis pariwisata dalam bentuk peta digital yang dapat memberikan informasi lengkap kepada wisatawan dengan menggunakan Google Maps sebagai tampilan utama peta. Sistem ini diharapkan bisa memberikan informasi yang akurat dan relevan bagi wisatawan. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi geografis di Kota Bogor yang berbasis web dimana ada juga informasi wisata, fasilitas seperti pencarian lokasi wisata, dan rute perjalanan.
Perancangan Game Petualangan Mengenal Candi-Candi di Magelang Sirumapea, Agustinus; Maesaroh, Siti; Saputro, Kanang Eka
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 1 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v2i1.261

Abstract

Candi merupakan bangunan bersejarah yang berdiri dan memiliki cerita yang berbeda-beda, namun masih banyak orang belum mengetahui secara tepat lokasi dan sejarah candi itu sendiri, yang membuat mereka hanya mengunjungi beberapa candi yang telah terkenal seperti Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah serta Candi Prambanan, Yogyakarta, dan tidak ingin mengetahui atau mengenal candi lainnya yang berada disekitar candi tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengusulkan untuk merancangkan suatu media pengenalan candi berupa game yang diharapkan dapat memberikan informasi bahwa masih banyak candi disekitar candi yang terkenal tersebut. Aplikasi yang dikembangkan peneliti ini adalah sebuah game petualangan yang memiliki konsep cerita pemuda jawa yang berkunjung ke candi-candi kecil dan berakhir pada candi besar yaitu Candi Borobudur yang bertujuan untuk mengenalkan bentuk bangunan candi, lokasi candi dan sejarah singkat candi tersebut. Metode penelitian yang dipakai adalah prototype (membuat rancangan game, kuesioner dan studi pustaka). Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan program Construct 2 yang membuat pengguna berinteraksi, dapat dijalankan pada desktop. Hasilnya adalah game yang diberi nama “Game Petualang Candi” dengan grafis 2D.
Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Torus Jaya Mandiri) Raharjo, Joko S. Dwi; Sidik, Achmad; Marbun, Nurhayati
Academic Journal of Computer Science Research Vol 3, No 1 (2021): Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR)
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v3i1.329

Abstract

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang menjalankan usaha simpan pinjam sebagai satu-satunya usaha yang dilaksanakan secara konvensional atau syariah. Koperasi simpan pinjam menyediakan pinjam uang kepada anggota sebagai peminjam berdasarkan perjanjian, yang mewajibkan peminjam untuk melunasi dalam jangka waktu tertentu dan membayar jasa. Koperasi Torus Jaya Mandiri merupakan koperasi simpan pinjam yang memberikan kredit kepada nasabah di wilayah Sangiang, Tangerang. Koperasi ini memiliki nasabah sebanyak 150 orang. Pengelolaan data simpan pinjam masih dilakukan secara manual sehingga menyebabkan kesalahan pencatatan data dan keterlambatan pembuatan laporan. Perancangan ini menggunakan metode waterfall yang digambarkan melalui UML (Unified Modelling Language), serta pengimplementasiannya menggunakan bahasa pemrograman PHP berorientasi objek dan menggunakan database  PhpMyAdmin. Sistem yang dirancang ini menghasilkan aplikasi simpan pinjam yang memudahkan pengguna dalam pengelolaan data dan pembuatan laporan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat.
Sistem Informasi Racking Number Pada Divisi Gudang Barang Jadi Rochman, Abdur; Budiman, Agus; Fauzia, Nur Rista
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.308

Abstract

Satu diantara sekian gerak dinamis manusia tercermin dalam semakin berkembangnya teknologi dan informasi yang membantu kerja manusia agar lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis melakukan penelitian mengenai sistem racking number pada divisi Gudang barang jadi yang berjalan pada PT Adyaboga Pranata Industries. Dimana sistem informasi racking number sangat dibutuhkan pada divisi Gudang barang jadi, pada sistem yang sedang berjalan saat ini sering mengalami masalah tidak adanya penomoran pada rak dan tidak dikelompokkan menurut jenis barang, sehingga menyebabkan  keterlambatan dalam pengeluaran barang karena kurangnya informasi penempatan barang yang ada di rak, pengeluaran barang yang tidak sesuai dengan sistem pengendalian FIFO (First In First Out), sering terjadinya kesalahan pengiriman barang ke pihak distributor dan ketidaksesuaian jumlah persediaan barang serta tidak terdeteksinya beberapa item produk yang hilang. Karena alasan tersebut diatas maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam fasilitas informasi pada rak. Untuk aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Dengan adanya sistem informasi racking number berbasis desktop diharapkan bisa membantu bagian Gudang barang jadi untuk memberikan informasi kepada operator gudang tentang tata letak barang dalam rak, sehingga mempermudah operator gudang dalam peletakkan barang dan pencarian barang dalam rak guna mempercepat proses distribusi ke customer.
Perancangan Aplikasi Mobile Learning Huruf Hangeul korea Sirumapea, Agustinus; Panchadria, Pramana Anwas; Rosmiati, Anggun
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.282

Abstract

Bahasa Korea beberapa tahun ini mulai banyak diminati masyarakat Indonesia karena semakin gencarnya serangan ekonomi dan Korean Wave. Namun kurangnya media pembelajaran membuat sebagian orang kesulitan untuk mempelajarinya. Aplikasi mobile learning huruf hangeul Korea ini akan memudahkan penggunanya untuk mempelajari hal dasar dalam bahasa Korea. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan research. Hasil kuesioner yang diperoleh sekitar 80% dari 30 responden. Dalam penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis android yang memiliki fitur bagaimana cara menulis dan membaca huruf hangeul, disediakan games dan soal latihan serta penambahan materi kosa-kata umum dan metode menyebutkan angka dalam bahasa Korea.
Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membandingkan Marketplace Terbaik Dengan Menggunakan Metode AHP Dan AHP Dzulhaq, Muhammad Iqbal; Sidik, Achmad; Ulhaq, Dhiva Alfianie
Academic Journal of Computer Science Research Vol 1, No 1 (2019): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v1i1.233

Abstract

Abstrak— Salah satu faktor pendukung seorang calon pembeli yang akan membeli produk secara online adalah melihat dari reputasi maketplace tersebut. Sering sekali calon pembeli mempertimbangkan secara detail terhadap beberapa marketplace yang paling sesuai. Namun saat ini belum terdapat sistem yang digunakan untuk menentukan marketplace terbaik yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Sistem pedukung keputusan untuk menentukan marketplace terbaik ini dibangun dengan menggunakan metode AHP dan AHP. Metode AHP digunakan untuk menentukan pembobotan serta membandingkan antar marketplace. Hasil dari proses pada sistem pendukung keputusan ini berupa daftar perbandingan marketplace terbaik, mulai dari peringkat teratas hingga peringkat terbawah.
Informasi Penjualan pada UKM (Usaha Kecil Menengah) Tradisional dan Herbal Skincare Berbasis E-Commerce Nurmaesah, Nunung; Tullah, Rahmat; Dhela Santya, Widhitias Aprilia
Academic Journal of Computer Science Research Vol 3, No 1 (2021): Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR)
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v3i1.331

Abstract

Era sekarang, globalisasi pasar telah mempengaruhi perilaku perdagangan yang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Begitu juga Usaha Kecil Menengah (UKM) yang juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan pasar agar dapat bertahan dan meningkatkan market share. Namun demikian tidak semua produk-produk dari UKM dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena promosi yang dilakukan oleh UKM kalah bersaing dengan industri yang lebih besar. Begitu pula UKM milik Ibu Ayu yang kurangnya promosi dikarenakan penjualan produk hanya melalui media tatap muka dan transaksi dilakukan secara langsung dengan datang ke toko, selain itu penjualan lainnya pun hanya melalui media sosial pribadi yang mayoritas customer nya merupakan rekan-rekan terdekatnya. Adapun dalam pembuatan sistem ini, penulis memakai rancangan untuk menganalisa sistem rancangan menggunakan UML, dengan menggunakan bahasa pemograman PHP. Dengan aplikasi e-commerce dan perancangan ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi.
Aplikasi Pengenalan Profesi pada Anak Usia Dini Berbasis Android Kuswiyanti, Tanti Sri; Santoso, Santoso; Indriyani, Fitri
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.288

Abstract

Pengenalan profesi sejak dini sangatlah bermanfaat bagi anak untuk menambah wawasan mengenai profesi, sehingga orangtua bisa mengarahkan anak pada cita-cita di masa depan. Pengenalan profesi bisa didapat anak dari guru atau orangtua, namun tentu profesi-profesi yang diajarkan terbatas. Media pembelajaran yang biasanya digunakan hanya buku bergambar atau dengan lisan, sehingga anak mudah bosan dalam belajar. Smartphone Android bisa dijadikan sebuah media pembelajaran. Oleh karena itu, perlunya sebuah aplikasi pengenalan profesi pada anak usia dini berbasis android untuk mengenalkan profesi secara interaktif pada anak. Aplikasi ini didukung dengan desain gambar yang menarik, backsound serta animasi untuk memberikan informasi mengenai profesi. Sistem dibangun dan dirancang menggunakan Adobe Animate CC 2019 dan Adobe Illustrator sebagai pengolah desain.
Pembuatan Pengajuan Jaminan Surety Bond Berbasis Online di PT Generasi Prima Solusi Hakim, Zainul; Kusumawardani, Ika Nuraeni; Yulianto, Heri
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 1 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v2i1.263

Abstract

PT Generasi Prima Solusi  sebagai  perusahaan yang bergerak di bidang jasa dalam penerbitan Bank Garansi, Surety Bond & General Insurance tanpa agunan terus mengembangkan dan memasarkan produknya. Proses pendaftaran untuk membuat jaminan dan pengajuan jaminan surety bond, baik  itu  analisa, membuat draft jaminan dan pengumpulan data untuk  proses pendaftaran serta pengajuan jaminan surety bond masih  dilakukan  secara  manual. Metode perancangan sistem informasi pembuatan pengajuan  jaminan surety bond yang digunakan penulis adalah UML (Unified Modeling Language) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL dan Navicat. Hasil penelitian ini yaitu sistem informasi pembuatan pengajuan  jaminan surety bond yang berguna untuk mempermudah analisa, membuat draft jaminan dan pengumpulan data untuk  proses pendaftaran dan pengajuan jaminan surety bond agar lebih cepat dan tepat sehingga mempercepat proses penerbitan jaminan surety bond yang lebih akurat, cepat, dan efisien
Media Informasi Tentang Aturan dan PerundangUndangan BPJS Ketenagakerjaan Berbasis Multimedia Isral, Isral; Tullah, Rahmat; Prianto Syahputra, Muhammad Suryawan
Academic Journal of Computer Science Research Vol 3, No 1 (2021): Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR)
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/ajcsr.v3i1.333

Abstract

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun2013 Tentang Sanksi AdministratifPekerja merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan perekonomian nasional yang berorientasi pada kesejahteraan sosial. Salah satu kesejahteraan yang harus didapat oleh tenaga kerja adalah Perlindungan Jaminan Sosial yang  diberikan pemerintah terhadap tenaga kerja mulai dari sebelum bekerja, selama bekerja dan setelah bekerja. BPJS Ketenagakerjaan adalah lembaga yang berkewajiban untuk memberikan perlindungan bagi Tenaga Kerja melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun. Setiap Pemberi Kerja dan Pekerja wajib terdaftar sebagai peserta BPJS  Ketenagakerjaan karena jika tidak maka akan diberikan sanksi admnistratif seperti terguran tertulis, denda dan tidak mendapatkan pelayanan publik.Â