Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications from academics and business practitioners. The following are suggested areas of interest: Marketing Management Information System Human resources Entrepreneurship Operation Management Consumer Behavior Financial Strategic Management Taxation Corporate Governance Auditing Business Ethics Knowledge Management
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis"
:
10 Documents
clear
Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa dalam Peningkatan Perkonomian Masyarakat di Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser
Istiqlaliah, Nurul Istiqlaliah
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10498
BUM Desa Amanah sebagai wadah yang menggali potensi desa dan kekayaan alam dari hasil pertanian dan perkebunan, yang diharapkan dapat menemukan kelebihan dan ciri khas desanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi pengembangan BUM Desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan BUM Desa. Penelitian ini menggunakan metode Analisis SWOT menggunakan perhitungan IFAS, EFAS Diagram Analisis SWOT serta Matriks SWOT untuk menentukan alternatif strategi baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara secara tidak terstruktur kepada Key Informan dan Informan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi SO yaitu memanfaatkan kekuatan dan merebut peluang, alternatif strategi yang dapat diterapkan pada BUM Desa Amanah yaitu 1) Mempertahankan mutu dan kualitas bahan baku yang diperoleh dari sumber yang berkualitas, 2) Meningkatkan pengelolaan manajemen dan loyalitas pengurus untuk meningkatkan persepsi masyarakat terhadap BUM Desa, 3) Memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan dukungan pemerintah, 4) Meningkatkan kerjasama dengan pihak lainnya sebagai Salah satu BUM Desa di Kecamatan Kuaro yang mengelola mata air secara profesional. Faktor pendukung BUM Desa yaitu mendapatkan respon positif dari masyarakat dengan menjadi satu satunya pengelola mata air bersih di Desa Padang Jaya, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sumber daya manusia yang berkompeten, serta perlunya peremajaan kembali sarana dan prasarana BUM Desa Amanah.Kata Kunci: SWOT, BUM Desa, Strategi Pengembangan
Analisis Strategi Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Layanan Informasi Kepariwisataan Daerah Melalui Tourism Information Centre (TIC) Kota Samarinda
Mar'ah, Mir'ah
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.11060
Tourism Information Centre berfungsi sebagai penyedia informasi terkait dengan destinasi wisata di suatu daerah. Sejak pembangunan selesai pada tahun 2018 lalu diresmikan pada tahun 2020, Tourism Information Centre Kota Samarinda tidak memiliki banyak pengunjung dikarenakan pandemi covid-19. Namun kembali beroperasi secara normal pada pertengahan tahun 2021 hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Dinas Pariwisata dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta menganilisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan Tourism Information Centre (TIC) kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel sumber datanya. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui empat alur kegiatan, yaitu pengumpilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dinas pariwisata dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi kepariwisataan daerah melalui Tourism Information Centre sudah terpenuhi dari segi fasilitas yang tersedia dan pelayanan informasi namun belum maksimal dari segi pengelolaannya. Hal tersebut dapat dilihat dari sumber daya manusia yang kurang memadai. Dukungan dari pemerintah kota dalam penganggaran, penyediaan sarana dan prasarana serta kemitraan dengan pelaku bisnis pariwisata menjadi faktor pendukung dalam pengelolaan Tourism Information Centre, sedangkan faktor penghambatnya adalah sumber daya manusia dan pandemic covid-19
Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Maxim Transportasi Online Di Kota Samarinda
Octaviani, Violita
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10291
Penelitan ini ingin melihat hubungan antara word of mouth (WOM) dampaknya terhadap purchase intention melalui brand image pada Maxim Transportasi Online. Menggunakan Maxim Transportasi Online sebagai studi kasus adalah keputusan yang tepat dan menarik karena pertumbuhan perusahaan ini begitu sangat cepat, dan telah terjadi dalam waktu yang singkat, perusahaan ini merupakan sebuah industri jasa, yang berarti produk yang mereka jual tidak berwujud. Tinjau dan rekomendasi dari orang lain merupakan satu dimensi dari WOM. Hal ini sangat penting dan menjadi tak ternilai dalam mengarah pada niat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan tiga variabel: kata dari word of mouth (WOM), brand image, dan purchase intention. Untuk data tujuan pengumpulan, peneliti bergantung pada studi literatur dan kuesioner yang diberikan kepada 120 responden di Samarinda. Model persamaan struktural dari software SPSS AMOS adalah digunakan sebagai metode untuk mengolah data yang terkumpul. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan positif antara word of mouth dengan purchase intention, dan antara brand image dengan purchase intention serta pengaruh langsung antara brand image dengan purchase intention. Brand image sebagai variabel intervening memberikan pengaruh lebih besar terhadap purchase intention daripada dari mulut ke mulut terhadap purchase intention.
Pengaruh biaya operasional dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sub sektor farmasi periode 2017-2021
Handayani, Tri
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10859
Profitabilitas merupakan salah satu dasar guna menilai kinerja perusahaan melalui kemampuan menghasilkan profit. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi profitabilitas, yaitu biaya operasional dan pertumbuhan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya operasional dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada pada perusahaan manufaktur sub sektor farmasi periode 2017-2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 11 perusahaan manufaktur subsektor farmasi periode 2017-2021 dengan total data pengamatan sebanyak 55 data. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu software SPSS 25. Hasil analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,075 + 0137 X1 – 0,062 X2 +e. Berdasarkan uji simultan (uji F) penelitian ini menunjukkan bahwa biaya operasional dan pertumbuhan penjualan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa biaya operasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,239 atau 23,9% dan nilai Koefisien Determinan sebesar 0,036% atau 3,6%.Kata Kunci: Profitabilitas; Biaya Operasional ; Pertumbuhan Penjualan;
Persepsi Halal, Harga, Serta Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Jajanan Korea Pada UMKM Dokkebi_Koreanhotdog
Aisyah, Nur
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10876
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi halal dan harga serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen UMKM Dokkebi_koreanhotdog Cabang Jl. Kadrie Oening dengan menggunakan sampel non-probability sampling dengan teknik sampling insidental dan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisi data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda, serta menggunakan alat analisis statistik dengan bantuan program computer SPSS ver 25.0 untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa variabel persepsi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. UMKM Dokkebi_koreanhotdog perlu memperhatikan harga serta menjaga kualitas produk dengan melihat indikator-indikator yang dapat meningkatkan keputusan pembelian dan keuntungan UMKM serta meningkatkan kepuasan konsumen agar dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Kata Kunci : Persepsi Halal; Harga; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian
Analisis Daya Tarik Museum Mulawarman Sebagai Wisata Edukasi Sejarah.
Haidir, Muhammad
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10860
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana daya tarik, Museum Mularwarman sehingga dapat di katakan sebagai wisata edukasi sejarah. Dasar yang dipakai pada penelitian berlandaskan mengenai rencana peningkatan ketertarikan wisata yaitu: Something to See apa yang dapat dilihat dan dinikamti di objek wisata sebagai ketertarikan wisata, Something to do apa yangdapat membuat pengunjung betah di objek wisata Museum Mulawarman. Something to buy apa yang dapat di beli pada objek wisata Museum Mulawarman. Prosedur penelitian yang dipakai yaitu kualitatif yang dimana jenis penelitian melalui interviu dan observasi langsung dengan key informan serta informan, dan tehnik analisa data yang digunakan peniliti yaitu Miles dan Humberman. Hasil penelitian ini menyimpulakan rencana peningkatan daya tarik Museum Mulawarman melalui promosi yaitu sekolah masuk museum, museum goes to mall untuk kedepannya di harapkan Museum dapat meningkatkan lagi daya tarik agar pengunjung menjadi betah di objek wisata Museum Mulawarman. Kata Kunci: Analasis daya tarik; Museum Mulawarman; edukasi sejarah;
Faktor Penentu Keputusan Pembelian Printer Epson Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman
Karunia, Muhammad Adee
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10478
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian printer Epson pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mulawarman, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan alat pengukur data menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada metode kuantitatif adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Alat uji data menggunakan SPSS versi 22. Kualitas produk (2.002>1.660, sig 0,048), harga (2.224>1660, sig 0,028) dan citra merek (3.294>1.660, sig 0,001) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dan berpengaruh secara simultan (28.574>2.70) terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: Kualitas produk; Harga; Citra merek; Keputusan pembelian
Pengaruh Kurs, Inflasi, dan Dow Jones Industrial Averagen Terhadap Indeks Harga Saham Perusahaan Manufaktur Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020
Lindawati, Nurhidayah Putri
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.11095
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, baik secara parsial maupun simultan, pengaruh variabel nilai tukar, inflasi dan Dow Jones Industrial Average terhadap indeks harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2020.Periode pengamatan adalah 5 tahun atau tahun 2016 hingga 2020 yang dipublikasikan oleh Bank Indonesia dan Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan regresi linier berganda untuk analisis data.Hasil perhitungan uji F secara simultan menunjukkan bahwa faktor nilai tukar, inflasi, dan DJIA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil uji T secara parsial, variabel nilai tukar memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap indeks harga saham manufaktur sedangkan variabel inflasi dan DJIA secara parsial memiliki pengaruh positif yang signifikan. Kata Kunci: Kurs; Inflasi; DJIA; Indeks Harga Saham
Analisis Kualitas Website terhadap Kepuasan Pengguna Alodokter dengan Metode Webqual 4.0
Putri, Fahrisa Rahma
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10465
Berkembangnya dunia digital memberikan kepuasan pengguna internet yang sekarang berperan pula dalam membantu permasalahan kehidupan masyarakat seharihari dalam berbagai bidang termasuk pada bidang kesehatan yang sering disebut Health-Tech. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website pada Health-Tech mampu mempengaruhi kepuasan penggunanya pada website Alodokter. Alodokter merupakan website Health-Tech kesehatan pertama yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang kualitas website dengan menggunakan metode Webqual 4.0 pada sistem informasi. penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey penelitian pada pengguna website Alodokter dengan kriteria tertentu dan kemudian hasil penelitian diolah menggunakan SPSS ver 25. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa variabel pada webqual 4.0 yaitu kualitas penggunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan berpengaruh sebesar 55% terhadap kepusaan pengguna dengan nilai R square 0,555. pada uji F dihasilkan nilai F hitung 54,466, kemudian pada uji t variabel kualitas penggunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan masing-masing memiliki nilai t hitung 0,858< 1,97824, 6,838>1,97824 dan 3,665>1,97824.
Pengaruh Reward dan Punishment serta Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Back Office pada Hotel Harris Samarinda
Dani, Meilia Burnia
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 3 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54144/jadbis.v11i3.10967
AbstrakTujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Reward (X1) dan Punishment (X2) serta Motivasi Kerja (X3) Terhadap Kinerja Karyawan (Y) Back Office pada Hotel Harris Samarinda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh antara tiga variabel. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh karyawan Back Office Hotel Harris Samarinda sebanyak 30 Responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan Software Statistik SPSS versi 22. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara Reward (X1) dan Punishment (X2) serta Motivasi Kerja (X3) Terhadap Kinerja Karyawan (Y). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel Reward (X1) dan Punishment (X2) serta Motivasi Kerja (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel Reward (X1) secara parsial Tidak berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Karyawan (Y) dan Punishment (X2) secara parsial Tidak berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Karyawan (Y) serta Motivasi Kerja (X3) secara parsial Tidak berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Karyawan (Y).Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi Kerja, Kinerja.