Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Data and Information Management Conceptual Data Model Data and Database Administration Database Management Systems Database Systems File Organizations Techniques Information Management Concepts Logical Data Model Physical Data Model Security Database Physical Data Storage Concepts Query Languages Database Programming Reporting Tools Relational Databases Transaction Processing Decision Support System Internal Controls System Information Architecture Data Warehouse Data Mining Business Intellegence Presenting Data and Opportunities Data Science Strategic Information System IS Strategy, Management and Acquisition Enterprise Architecture Business Process Management Social Informatics Information System Security Analytical Information System IS Project Management Project Management Project Management Lifecycle Managing Project Teams Managing Project Communication Project Initiation and Planning Managing Project Scope Managing Project Scheduling Managing Project Resources Managing Project Quality Managing Project Risk Managing Project Procurement Project Execution, Control & Closure Systems Analysis and Design System Development Life Cycle Business Process Management Analysis of Business Requirements Structuring of It-Based Opportunities Into Projects Fundamentals of Is Project Management In The Global Context Analysis and Specification of System Requirements Approaches to Implementing Information Systems to Support Business Requirements Methods for Comparing Systems Implementation Approaches Organizational Implementation of a New Information System Application Development Program design Program development lifecycle Requirements determinants and analysis Techniques for modeling program structures Programming concepts Data structures Application integration Programming Paradigm (Functional Programming, Object-Oriented Programming and Event-Driven Programming) Business Intellegence Business Intellegence Data Warehouse Data & Text Mining Business Analytics Data Visualization Advance in Data & Information Management Social and Professional Issue IS/IT Ethics, crime and Responsibility Security Policies, Laws and Computer Crimes Research Methodology Tata Tulis Karya Ilmiah Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Iman dan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa History of Computer Technology Social Context Economies of Computing Professional Ethics Intellectual Property Privacy and Civil LibertiesProfessional Communication
Articles
14 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021"
:
14 Documents
clear
Sistem Informasi Pengolah Data Kelembagaan Madrasah (Studi Kasus: Kementerian Agama Pesawaran)
Devi Dwita;
Fatmawati Isnaini
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1357
AbstrakProses pengolahan dan manajemen data yang baik mampu memberikan informasi yang lengkap dan detail terhadap kebutuhan pengguna, seperti pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pesawaranyang beralamat Waylayap, Kec. Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung dan dibawah nya terdapat Satuan Kerja Madrasah memiliki jumlah instansi pendidikan terdaftar sebanyak 204.Berdasarkan hasil wawancara dihasilkan kekurangan pada bagian pengolahan data kelembagaan seperti proses pendataan harus dengan cara merekap ulang setiap ada berkas yang dikirimkan oleh pihak madrasah kepihak kemenag sehingga hal tersebut dapat berdampak terjadinya kerangkapan data. Proses permohonan yang disampaikan langsung melalui berkas formulir dapat berdampak pada kebutuhan biaya operasional dan penyampaian informasi hasil permohohan yang cukup lama hingga priode yang ditentukan pihak Kemenag. Metode yang digunakan pada pengembangan sistem berupa extreme programming dengan pemprograman berorientasi objek. Sistem yang dihasilkan melalui proses pembangunan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database mysql yang dapat diakses secara online. Sistem yang dihasilkan mampu memberikan kemudahan pihak kemenag untuk melihat data guru pada madrasah, sarana terdaftar, permohonan bantuan dan laporan penggunaan dana dengan sistem upload permohonan dan berkas syarat sesuai permintaan pihak kemenag. Membantu pihak madrasah mengetahui status permohonan bantuan yang diajukan tanpa harus datang ke kantor Kemenag.Kata kunci: Sistem Informasi, Pengolahan, Data, Kelembagaan
Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Perusahaan (Studi Kasus: PT Mutiara Ferindo Internusa)
Trisna Rahmadhani;
Fatmawati Isnaini
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1262
AbstrakPT Mutiara Ferindo Internusa, merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pengangkutan kapal penumpang. Pada pengolahan data pendapatan telah dikelola secara terkomputerisasi menggunakan aplikasi Microsoft excel tetapi masih terdapat kendala yaitu belum adanya informasi jika terjadi redudansi data dikarnakan pengolahan dilakukan setiap hari, tidak ada tingkat keamanan data dalam mengelola pendapatan dan laporan pendapatan kendalanya yaitu seperti hak akses (login) sehingga data dapat diketahui oleh pihak lain, Metode pengembangan sistem menggunakan metode Web Engginering dan perancangan sistem menggunakan UML. Implementasi sistem ini menggunakan Dreamwever dan MySQL sebagai database, serta pengujian sistem menggunakan Black Box. Hasil yang dicapai adalah sebuah sistem informasi pendapatan untuk mendata dan mengelolah data pendapatan menggunakan aplikasi Dreamwever. Sehingga karyawan dapat mengelola data dengan cepat, tepat, dan aman serta menghasilkan informasi dan laporan yang dibutuhkan oleh PT Mutiara Ferindo Internusa. Berdasarkan hasil pengujian black-box yang telah dilakukan dengan melibatkan 5 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan secara keseluruhan mempunyai skala “Sangat Baik”.Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Web Engginering, UML, Black Box
Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berita Hasil Liputan Wartawan Berbasis Web (Stusi Kasus: PWI Lampung)
Anggi Wulandari;
Jafar Fakhrurozi
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1383
AbstrakPenyampaian informasi mengenai data berita dan wartawan dilakukan pada salah satu perusahaan sebagai pelayanan kepada masyarakat maupun anggotanya yaitu Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia khususnya diwilayah Provinsi Lampung dan telah memiliki jumlah anggota sebanyak 742 Anggota. Organisasi tersebut berfungsi untuk menjaga kebebasan pers, meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan wartawan. Permasalahan seperti pengolahan data anggota wartawan masih dilakukan secara manual dengan pencatatan pada buku yang disediakan perusahaan, kemudian direkap pada aplikasi spreatsheet. Proses tersebut berdampak pada kegiatan seperti perpanjangan masa berlaku keanggotaan wartawan dalam priode 6 bulan sampai 1 tahun dan dilakukan perpanjangan dengan pengajuan berkas secara berulang sehingga mengakibatkan kinerja yang dilakukan kurang efektif dan efesien dalam segi waktu. Proses pengolahan data yang dilakukan juga belum terintegrasi dengan baik antar bagian, sehingga mengakibatkan proses validasi atau persetujuan menjadi lambat. Dampak keterlambatan dalam penyajian laporan yaitu informasi yang diperoleh oleh masyarakat kurang cepat dan mudah. Metode yang digunakan yaitu extreme programming dengan pembentukan sistem berorientasi objek serta media penyimpanan menggunakan Mysql. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk melakukan manajemen wartawan sehingga menghasilkan sistem yang dapat melakukan pendaftaran anggota baru, perpanjangan keangggotaan dan mengelola berita.Kata kunci: Sistem, Informasi, Manajemen, Berita, Hasil, Liputan, Wartawan.
Implementasi Web Crawling Untuk Mengumpulkan Informasi Artikel Ilmiah (Studi Kasus : LPPM Universitas XYZ)
Lusiana Indawa;
Dedi Darwis;
Sanriomi Sintaro
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1059
Banyaknya informasi artikel ilmiah yang terdapat disitus web internet salah satunya google scholar, membuat pengguna internet kesulitan untuk mengumpulkan informasi artikel ilmiah. Hal ini dikarenakan artikel ilmiah yang dipublikasikan terus mengalami peningkatan.Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak LPPM Universitas XYZ dalam memperoleh informasi artikel ilmiah dengan mudah sesuai dengan periode yang dibutuhkan dengan menerapkan teknik web crawling. Perancangan aplikasi menggunakan dua bahasa pemrograman yaitu python untuk crawling data dan menggunakan PHP untuk menampilkan data hasil crawling.Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan metode pengembangan sistem extreme programming, dengan mempertimbangkan tiga aspek pengujian sistem yaitu usability, performance efficiency dan functionality pada ISO 25010 terhadap 5 responden. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi web crawling untuk mengumpulkan informasi artikel ilmiah berhasil diimplementasikan dengan hasil pengujian pada aspek Functionality 94,54 %, Usability 93,67% dan Performance Efficiency 95%.Kata Kunci : Crawling, Extreme Programming, Google Scholar, ISO 25010, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Perumahan Siap Huni Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: PT Aliquet And Bes)
Dewi Sri Wahyuni;
Neneng Neneng;
Dyah Ayu Megawaty
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1342
AbstrakPT Aliquest and Besmerupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan perumahan. PT Aliquest and Bes dari tahun ke tahun selalu melakukan penjualan perumahan dan mengalami peningkatan konsumen sehingga PT Aliquest and Bes harus memilki sebuah sistem pendukung keputusan dalam pemilihan perumahaan untuk para konsumen. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada PT Aliquest and Bes sulit untuk melakukan pemilihan konsumen berdasarkan ketentuan yang ditetapkan. Terkadang terdapat konsumen yang menunggak dikarenakan tidak sesuai kemampuan yang dimiliki konsumen, akibatnya banyak konsumen yang mengalami penunggakan perumahan (kredit macet) dan penyitaan perumahan oleh perusahaan dikaranakan tidak mampunya masyarakat dalam melakukan pembayaran angsuran. Metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype dan perancangan sistem menggunakan UML.Implementasi sistem ini menggunakan Dreamwever dan MySQL sebagai database, serta pengujian sistem menggunakan blackbox testing. Tujuan penelitian ini adalah membantu pengambilan keputusan PT Aliquest and Bes dalam pemilihan perumahan bagi setiap konsumen. Sistem pendukung keputusan untuk pemilihan perumahan siap huni akan dibangun berbasis web untuk dapat dilakukan secara luas yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Serta untuk membantu dalam menentukan perumahan mana yang cocok dan sesuai dengan kriteria dan kebutuhan konsumen sehingga tidak terjadi kredit macet. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga, model dan tipe, lokasi, pendapatan, dan pekerjaan.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, PKH, Prototype, UML
Teks Dan Analisis Sentimen Pada Chat Grup Whatsapp Menggunakan Long Short Term Memory (LSTM)
Deby Sintia Amelia;
Ahmad Ari Aldino;
Auliya Rahman Isnain
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1248
AbstrakSemakin berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat, pada era sekarang teknologi berkirim pesan sudah tidak menggunakan pulsa lagi tetapi, sekarang sudah menggunakan aplikasi yang bernama WhatsApp dimana untuk menggunakan WhatsApp tersebut pengguna membutuhkan kuota internet dan sinyal yang bagus agar dapat berkomunikasi menggunakan WhatsApp dengan lancar. Selain digunakan untuk berkirim pesan WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirimkan video, pesan suara, gambar, dan dapat melakukan panggilan video atau yang disebut dengan video call. Didalam WhatsApp juga kita dapat membuat grup chat yang bisa terdiri dari beberapa anggota grup. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis sentimen terhadap salah satu grup WhatsApp yaitu grup chat yang bernama Shinubi6 untuk dilakukan pemrosesan terhadap isi chat dari grup tersebut dengan menggunakan metode Long Short Term Memory. Metode LSTM digunakan untuk mengetahui tingkat akurasi terhadap data yang digunakan dan penelitian ini juga menggunakan fitur word2vec. Hasil yang didapat pada penelitian analisis sentimen ini yaitu, mendapatkan tingkat akurasi sebesar 99%, precision 99%, dan recall sebesar 1%. Metode LSTM ini memiliki akurasi yang baik pada pemrosesan analisis sentimen chat grup WhatsApp ini.Kata Kunci: Analisis Sentimen, WhatsApp, LSTM, dan Word2vec.
Analisis Data Hasil Diagnoga Untuk Klasifikasi Gangguan Kepribadian Menggunakan Algoritma C4.5
Siska Febriani;
Heni Sulistiani
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1373
AbstrakGangguan psikologis juga bermacam-macam, menurut American Psychiantric Association DMS-IV-TR (2000), yaitu: gangguan kecemasan yang terdiri dari gangguan fobia, gangguan panik, dan gangguan kecemasan umum (GAD). Gangguan mood termasuk depresi berat dan gangguan bipolar. Gangguan somatoform terdiri dari gangguan nyeri, gangguan dismorfik tubuh, gangguan hipokodiasis, gangguan konversi dan gangguan somatisasi. Dari ketiga gangguan tersebut, penulis hanya memfokuskan pada pemeriksaan gangguan kecemasan (GAD), gangguan mood (gangguan depresi mayor) dan gangguan somatoform (gangguan konversi). Karena gangguan tersebut paling sering dialami oleh masyarakat pada umumnya. Namun bukan itu saja, masih ada berbagai gangguan psikologis lainnya yang perlu diwaspadai karena terlihat biasa pada seseorang namun tanpa disadari bisa berdampak buruk jika kondisinya sudah parah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi data C4.5 dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari angket masyarakat untuk proses klasifikasi. Penetapan tersebut diklasifikasikan sebagai proses klasifikasi menggunakan Rapid Miner untuk klasifikasi dan menggunakan validasi silang sebagai validasi keakuratan data. Hasil dari penelitian ini adalah prediksi gangguan kepribadian untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.Kata kunci: Data Mining, Algoritma C4.5, dan Cross Validation.
Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL)
hendri eka pratama;
Heni Sulistiani
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1291
AbstrakKepuasan pelanggan merupakan suatu ukuran keberhasilan untuk semua pengembangan dan implementasi sistem informasi pada suatu perusahaan. Perusahan yang menerapkan sistem kepuasan pelanggan dapat menjadi kunci dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Parfume Corner merupakan toko parfume yang ada diwilayah Bandar Lampung terkait dengan jumlah pelanggan yang melakukan transakasi pemesanan parfume mengalami penurunan dikarenakan banyak toko parfume baru dan dipengaruhi dengan masa pandemic Covid-19. Parfume Corner juga memperoleh dampak berupa menurunnya jumlah pelanggan atau laba Parfume Corner sekitar 20%. Untuk mengetahui masalah layanan dan bagaimana upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diperlukan analisis kepuasan pelanggan. Namun Parfume Corner belum memiliki sumber daya yang mampu menganalisis kepuasan pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan sehingga Parfume Corner kesulitan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode prototype dan akan diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Sistem ini akan diuji menggunakan ISO 25010. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem untuk penilaian kepuasan pelanggan pada Parfume Corner dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan mengunakan customer satisfaction index (CSI). hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 7 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 92.61%.Kata Kunci: Customer Satisfaction Index (CSI), Prototype, ISO 25010
E-Tourism Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat
Desi Ratna Sari;
Saniati Saniati;
Parjito Parjito
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1322
AbstrakPariwisata merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang memiliki daya tarik tersediri bagi pengujung seperti pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat. Wilayah tersebut memiliki destinasi wisata baik dari segi alam, pantai budaya maupun kuliner. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat diperoleh permasalahan maupun kekurangan pada proses pemasaran atau pengenalan destinasi wisaya yang dilakukan saat ini menggunakan media sosial baik instragram @pesisirbarat dan @wisatapesisirbarat hingga media sosial lainnya. Informasi yang disampaikan seperti halnya kelengkapan dalam tempat pariwisata meliputi fasilitas dan protokol kesehatan, sehingga secara menyeluruh belum menampung informasi secara lengkap mengenai wisata yang ada dipesisir barat. Berdasarkan penelitian tersebut digunakan metode berupa (Extreme programming) dan teknologin maps. Sistem yang dihasilkan dapat digunakan oleh masyarakat luas yang dapat meningkatkan data pengujung pada setiap pariwisata. Ada nya informasi mengenai fasilitas dapat memberikan kemudahan dalam mencari informasi terkait penginapan, kuliner, biro jasa dan pengurus pariwisata. Lokasi peta dapat mempermudah mencari lokasi menggunakan map terintegrasi dengen layanan direction. Metode yang digunakan User Acceptance Test Usabilty dan User Acceptance Test Funcitionality. Hasil pengujian yaitu diperoleh melalui 5 responden d pihak Dinas Pariwisata dan Masyarakat, berdasarkan pengujian menggunakan User Acceptance Test Usability terdapat hasil perhitungan maka diperoleh persentase sebesar 82,23% dapat disimpulkan bahwa menurut responden “ sangat baik”, berdasarkan pengujian menggunakan User Acceptance Funcitionality hasil perhitungan sebesar 96,36% dapat disimpulkan maka sitem sesuai fungsinya.Kata kunci : E-Tourism Kebudayaan, Pariwisata, Kabupaten Pesisir Barat
E-Marketing Jasa Laundry dengan Metode Sostac
Prabowo Prabowo;
Damayanti Damayanti
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2021): Volume 2 No. 4 Desember 2021
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33365/jtsi.v2i4.1432
Laundry merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang penyedia layanan jasa, pekerjaan laundry meliputi pencucian sebuah pakaian, dan lain sebagainya. Dalam melakukan pemasaran masih mempromosikan melalui situs-situs sosial seperti facebook, dan whastapp. Metode promosi tersebut cukup efektif dalam lingkup sosial produsen, namun cepat dilupakan, karena pengguna facebook hanya menggunakan situs-situs tersebut untuk berinteraksi dengan kerabat atau memberikan opini mengenai isu terkini dalam lingkup sosial mereka, bukan untuk mencari dan membeli kerajinan. Tidak adanya informasi mengenai paket laundry yang ditawarkan. Shaka Laundy ini juga menghadapi masalah dalam hal pemesanan yaitu pemesanan produk jasa hanya menggunakan telepon atau datang langsung ke Shaka Laundy. Selain itu sistem yang berjalan juga masih sebatas lingkungan rekan kerja atau kerabat, sehingga diperlukan tempat yang lebih luas untuk dapat mempromosikan jasa Shaka Laundy.Penelitian ini menggunakan metode prototype dan akan diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Sistem ini akan diuji menggunakan black box testing dan ISO 25010. Dengan dibangunnya sistem ini dapat memberikan keuntungan kepada Shaka Laundy untuk memasarkan jasa laundry sehingga menarik pelanggan untuk melakukan jasa laundry yang ada pada Shaka Laundy, serta menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh Shaka Laundy secara cepat. Hasil pengujian yang telah dilakukan dengan melibatkan 4 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 94.18%.