cover
Contact Name
Dina Indriyani
Contact Email
dinaindriyani08@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpphk@unsur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur. Dr. Muwardi, By Pass Cianjur
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
ISSN : 20875185     EISSN : 26228718     DOI : -
This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives. this journal seeks for any manuscript related to civics and civics education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan" : 7 Documents clear
Peranan Pendidikan Politik Terhadap Pembentukan Kader Parpol Pada Partai Gerindra Di Kabupaten Cianjur siti rohmah; Dina Indriyani
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui peranan pendidikan politik terhadap pembentukan kader parpol di partai Gerindra. Pendidikan politik kepada kader partai merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh semua partai politik. Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik mengamatkan kepada semua partai politik untuk melaksanakan pendidikan politik dalam rangka mempersiapkan kader-kader berkualitas yang memiliki integritas, tanggung jawab dan loyalitas yang diharapkan mampu berfungsi dengan baik di tengah perjuangan politik. Pendidikan politik yang dilakukan partai Gerindra dalam membentuk kader partainya yakni melalui pelatihan dan pemantapan pemahaman dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Peran pendidikan politik dalam membentuk kader partai pada partai Gerindra di DPC Kabupaten Cianjur sangat berperan secara signifikan keberhasilan dari pendidikan politik tersebut dilihat dari tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap partai Gerindra yang telah dibuktikan dengan jumlah kursi di DPRD yang diperoleh oleh kader partai Gerindra.
HUBUNGAN ANTARA PROSES PEMBELAJARAN SISWA DENGAN HASIL PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 CIANJUR Siti Nurhalimah; Sumarna Sumarna
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran terdapat proses yang harus dilalui oleh siswa untuk mencapai hasil yang baik, apa lagi dalam pembelajaran siswa senantiasa mengikuti proses pembelajaran maka timbulah kekawatiran dalam proses pembelajaran siswa, maka berdasarkan hal itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “ Hubungan Antara Proses Pembelajaran Siswa Dengan Hasil Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 3 Cianjur” metode yang di gunakan adalah metode deskripsif kuantitatif, serta teknik penelitian yang di pakai dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi, Populasi penelitain sebanyak 288 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cianjur, sedangkan sampel yang di ambil adalah 22% atau 63 orang dari populasi yang berjumlah 288 orang siswa secara rondom, dari hasil penelitian dari berdasarkan pengumpulan data bahwa hubungan antaran proses pembelajaran siswa dengan hasil pembelajaran PPKn sangat erat hubungannya terutama dalam kegiatan pembelajaran PPKn, dapat menumbukan siswa yang berkarater baik berupa disiplin, jujur, bertanggung jawab, mentaati tata tertib, belajar dengan baik, mengumpulkan tugas, dapat berinteraksis dan responsif di sekolah.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PPKn DALAM PEMBINAAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA PLUS AL-ITTIHAD CIANJUR Sri Yanyan Mulyani; Yahya Mulyadi
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dan guru dalam merubah tingkah laku siswa. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki peran dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sosial siswa. Berdasarkan tuntutan kurikulum PPKn Tahun 2013 pembelajaran harus efektif. Kenyataan lapangan berdasarkan studi pendahuluan ternyata belum sepenuhnya efektif. Hal tersebut karena: 1) Siswa belum sepenuhnya memahami dan bisa menerapkan yang sudah dipelajari. 2) Siswa belum bersikap disiplin dan bersikap toleransi. Oleh sebab itu, peneliti dalam rangka penulisan Skripsi ini menelitinya. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif, dengan teknik pengumpulan data mengunakan angket, wawancara dan observasi. Lokasi penelitian di SMA Plus Al-Ittihad Cianjur. Populasi terdiri atas 624 siswa kelas X dan kelas XI serta satu orang guru mata pelajaran PPKn. Sampel siswa ditarik secara acak, yakni sebanyak 93 siswa (15% dari populasi) dan sampel guru ditarik secara utuh (total sampel). Berdasarkan deskripsi data, penafsiran dan pembahasan, penulis menarik kesimpulan yaitu: 1) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembinaan sikap sosial siswa terlihat pada kegiatan siswa sehari-hari di lingkungan sekolah maupun di dalam kelas. 2) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mampu meningkatkan sikap sosial siswa, di mana peningkatan itu terkait dengan keberhasilan meningkatkan pengetahuan sosial mereka. Disamping itu, ternyata sikap sosial dasar bagi kemunculan perbuatan sosial. 
PENGARUH PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) TERHADAP PENINGKATAN MORAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PACET Euis Rojabiaturrohmah
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Moral bukanlah sebuah topik baru dalam pendidikan. Moral merupakan suatu sikap yang timbul dari perasaan yang berdasarkan norma dan aturan-aturan yang berlaku dalam masyarakat, selanjutnya moral menjadi suatu aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan. Namun belakangan ini masalah moral kembali mencuat terlebih di kalangan remaja, dimana masalah tersebut merupakan persoalan bagi dunia pendidikan, masalah moral yang menjadi perhatian sekolah yaitu masalah kenakalan remaja, masalah moral inilah yang kemudian menempatkan pentingnya penyelenggaraan penguatan pendidikan karakter di sekolah.Penguatan pendidikan karakter merupakan suatu gerakan gerakan revolusi mental, dimana gerakan ini bertujuan untuk membangun dan membekali peserta didik dengan menerapkan nilai-nilai religius, jujur, dan tanggung jawab di sekolah. Penguatatan pendidikan karakter (PPK) berpengaruh positif terhadap peningkatan moral siswa, pengaruh positif tersebut dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan tentang moral, meningkatnya perasaan/sikap moral siswa dan meningkatnya tindakan/perbuatan moral siswa.
PERANAN PENDIDIKAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI MA NEGERI 1 CIANJUR Winda Marliani; Yahya Mulyadi; Ilham Fajar Suhendar
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan jalan menuju perubahan tingkah laku manusia ke arah yang lebih baik, dan dalam prosesnya ditempuh melalui kegiatan belajar dan atau mengajar, sehingga dengan adanya proses itu antara lain diharapkan dapat membentuk karakter generasi bangsa yang unggul. Dewasa ini, kita merasa seperti mulai kehilangan karakter bangsa yang baik, yang seharusnya menjadi ciri khas bagi bangsa ini. Oleh karena itu, di tengah berbagai permasalahan dan hiruk pikuk kehidupan bangsa, yang diwarnai oleh berbagai penyimpangan dari hakikat kehidupan yang sebenarnya, pendidikan karakter dipandang sebagai upaya jalan keluar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Peranan Pendidikan Ekstrakurikuler Paskibra dalam Pembinaan Karakter Siswa di Man 1 Cianjur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, serta teknik penelitian yang dipakai yaitu angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 38 siswa dari kelas X dan kelas XI yang mengikuti ekstrakurikuler Paskibra dan 1 orang guru pembina. Sampel siswa dan guru pembina diambil sebanyak populasinya, sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian populasi utuh. Dari hasil penelitian berdasarkan pengumpulan data, penafsiran data, serta pengolahan data, maka kesimpulan penulis yaitu pendidikan ekstrakurikuler Paskibra merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan karakter siswa yang lebih baik, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
PERANAN OSIS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DI SMA PLUS PGRI CIRANJANG Laras Sari Putri Pujianti; Ilham Fajar Suhendar
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menyoroti tentang peranan OSIS dalam mengembangkan nilai-nilai kewarganegaraan di SMA PLUS PGRI Ciranjang. Peranan OSIS sangat berpengaruh kepada peserta didik, hal ini dapat dilihat peranan OSIS dibagi menjadi tiga bagian yaitu memotivasi, membina dan memecahkan masalah yang berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini menyoroti tentang nilai-nilai kewarganegaraan yang diterapkan di sekolah yaitu nilai toleransi, nilai kemandirian dan nilai kedisiplinan. Adapun rumusan masalah yang penulis teliti yaitu bagaimana peranan OSIS dalam mengembangkan nilai-nilai kewarganegaraan di SMA PLUS PGRI Ciranjang. Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui seberapa jauh Peranan OSIS mengembangkan nilai-nilai kewarganegaraan di SMA PLUS PGRI CIRANJANG. Sedangkan, hipotesis yang diajukan yaitu jika nilai-nilai kewarganegaaran dilaksanakan dengan baik, maka sikap dan perilaku peserta didik akan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Penarikan sampel secara keseluruhan yaitu anggota OSIS SMA PLUS PGRI Ciranjang sebanyak 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian yaitu peranan OSIS dalam mengembangkan nilai-nilai kewarganegaraan di SMA PLUS PGRI Ciranjang. Dengan kesimpulan yang diperoleh sebagai berikut: Pertama, Peranan OSIS dalam mengembangkan nilai-nilai kewarganegaraan sangat berpengaruh bagi peserta didik agar peserta didik mampu berperilaku baik seperti yang dicontohkan oleh anggota OSIS. Kedua, OSIS mampu memotivasi peserta didik yang lain untuk dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya dan terbukti mereka tidak malas belajar karena mendapatkan dorongan dari teman sebaya ataupun dari guru. Ketiga, OSIS mampu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekolah walaupun hanya sebagian kecil saja yang dapat diselesaikan. Keempat, OSIS mampu membina atau mengawasi siswa lainnya melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ada di lingkungan sekolah. Kelima, OSIS memiliki tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi terbukti mereka selalu mengikuti kegiatan upacara bendera hari senin. Keenam, OSIS memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi terbukti bahwa setiap siswa selalu antusias mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS sekalipun kagiatannya bernuansa agama. Ketujuh, OSIS dapat hidup mandiri terbukti mereka selalu mengadakan rapat bulanan secara mandiri.
PENGARUH KEARIFAN LOKAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI KELAS XI IPS 1,2, DAN 3 SMA PLUS AL-ITTIHAD CIANJUR Nurunnisa Fauziah; Endang Danial
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kearifan lokal merupakan sesuatu yang wajib untuk dipertahankan, terutama kearifan lokal yang baik. Ketika kearifan lokal dan pembentukan karakter dipadukan maka sudah pasti menjadi sesuatu yang sangat berkolerasi, karakter merupakan ciri khas dari seorang individu yang juga dipadukan dengan kearifan lokal akan menjadi suatu bentuk yang menjadi identitas dari suatu bangsa. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan keanekaragaman, disitulah peran berbagai kearifan lokal dan karakter bangsan yang sesungguhnya dapat menjadi sebuah karikatur yang menjadi cerminan bagi negara lain, terutama berbagai kebiasaan, sikap, sikap, yang ada pada diri orang Indonesia, perihal masalah religius, kemandirian, juga ciri khas gotong royong yang hanya dimiliki oleh orang Indonesia yang sangat wajib untuk dipertahankan dan dilestarikan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “PENGARUH KEARIFAN LOKAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SAM PLUS AL-ITTIHAD CIANJUR”. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, kemudian teknik penelitian yang dipakai yaitu angket, wawancara, dan observasi. Populasi siswa kelas XI IPS secara keseluruhan adalah 115 orang siswa, oleh karena itu penulis mengambil sampel setengahnya atau 50 orang siswa XI IPS secara random. Sampel guru di ambil dari salah satu guru mata pelajaran yaitu guru mata pelajaran PPKn kelas XI IPS. Dari hasil penelitian berdasarkan pengumpulan data, penafsiran data, serta pengolahan data, maka kesimpulan dari penulis yaitu ada pengaruh dari kearifan lokal terhadap pembentukan karakter siswa yang berwujud kebiasaan, sikap, perilaku yang membentuk sikap religius, mandiri dan gotong royong yang tertanam didalam diri siswa ketika proses pembelajaran maupun ketika di lingkungan sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7