cover
Contact Name
Nova Indra
Contact Email
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Phone
+62811990400
Journal Mail Official
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Danau Tambingan G6E/5 Malang, Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Warta Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Budaya
ISSN : 25409344     EISSN : 27762904     DOI : https://doi.org/10.0503/wp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah WARTA PENDIDIKAN, adalah JURNAL NASIONAL yang terbit bulanan. Warta Pendidikan hadir sebagai media ilmiah yang khusus diperuntukkan bagi pemuatan/publikasi materi-materi ilmiah yang berasal dari Karya Ilmiah Guru, Dosen, Mahasiswa S1, S2,dan S3.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan" : 7 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Pengolahan Bahan Pangan Setengah Jadi Peternakan/Perikanan Melalui Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 9.G di SMP Negeri 02 Batu Sih Dwi Hartuti
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i11.127

Abstract

Kegiatan Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi siswa maupun guru sebagai pendidik ketika harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau siswa melakukan Belajar Dari Rumah (BDR). Menyikapi perubahan kegiatan pembelajaran (new normal) perlu dipertimbangkan kondisi siswa dan sarana prasarana pendukung baik siswa maupun guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, efektif, kreatif dan menyenangkan. Pada penelitian ini pendekatan pembelajaran jarak jauh yang digunakan adalah semi daring yaitu kegiatan pembelajaran modifikasi daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Penggunaan video sebagai media pembelajaran memberi solusi menghadapi permasalahan dalam meningkatkanhasil belajar siswa pada materi pengolahan bahan pangan setengah jadi peternakan/perikanan dan dapat dijadikan pegangan bagi pengajar mata pelajaran Prakarya untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa dan bernilai guna untuk masa sekarang dan akan datang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 02 Batu pada siswa kelas 9G dengan 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 1 x 40 menit. Dari data nilai hasil penelitian siklus I dan siklus II kemudian diolah secara kualitatif dan kuantitatif, menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi pengolahan bahan pangan setengah jadi peternakan/perikanan, yaitu : data nilai yang diperoleh dari siswa yang dikategorikan kurang berhasil (KB) mengalami penurunan dari 34,38% menjadi 0%, siswa yang dikategorikan berhasil (B) mengalami penurunan dari 56,25% menjadi 53, 12% dan siswa yang dikategorikan sangat berhasil (SB) mengalami peningkatan dari 9,37% menjadi 46,88%.
Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik Dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG) Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 26 Kota Malang Srijatun
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i11.128

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan kompetensi profesional pendidk dalam kegiatan pembelajaran, dan diharapkan Supervisi Akademik dapat menjadi suatu solusi untuk meningkatkan kinerja guru, sehingga berimbas pada meningkatnya hasil prestasi belajar siswa. Lebih khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan keefektifan pengajaran guru dalam rangka meningkatkan hasil pembelajarannya melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 26 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 pendidik/ guru dari sekolah SMP Negeri 26 Kota Malang. Data 33 pendidik/guru terdiri dari pendidik/guru mata pelajaran yang terbagi dalam 3 Tim Penilai dan sebagai Ketua TIM PKG adalah kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon pendidk/guru terhadap supervisi akademik sangat baik dan mampu berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi pendidik/guru, hal ini terbukti dari hasil pengelolaan pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus 1 hasil pengelolaan pembelajaran berada dalam katagori cukup baik dengan skor rata rata 18,68. Sedangkan pada siklus 11 berada dalam katagori cukup baik dengan skor rata rata 19,28. Sehingga terjadi peningkatan. Kegiatan pendidik/guru pada waktu pelaksanaan real teaching, minat siswa terhadap pembelajaran setelah dilaksanakannya Supervisi Akademik juga mengalami peningkatan. Keadaan ini terlihat pada diagram aktivitas pendidik/guru pada kegiatan pembelajaran dan diagram aktivitas peserta didk/ siswa dalam PBM.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Ambulu Pada Pembelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 Miswanto
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i11.129

Abstract

Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Ambulu semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 masih belum maksimal. Guru masih terbiasa dengan metode konvensional, dan terkesan hanya mengejar target penyelesaian penyampaian materi. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran, motivasi dan hasil belajar siswa, di samping karena faktor kemampuan siswa yang kurang pada penguasaan materi tersebut. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: a). Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Ambulu pada pembelajaran menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Islam di Indonesia melalui penerapan model Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta). b). Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Ambulu pada pembelajaran menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Islam di Indonesia melalui penerapan model Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta). c). Mendeskripsikan aktivitas guru pada pembelajaran menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Islam di Indonesia melalui penerapan model Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta). Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Ambulu pada pembelajaran menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Islam di Indonesia dapat diwujudkan melalui penerapan model Dua Tinggal Dua Tamu (Duti-Duta). Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal yang tercapai sebanyak 4 indikator dari 6 indikator secara keseluruhan. Pada siklus II indikator akivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 5 dari 6 indikator. Sedangkan, kemampuan siswa pada pembelajaran menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Islam di Indonesia mengalami peningkatan dari ketuntasan klasikal sebesar 55,6% pada prasiklus, meningkat menjadi sebesar 77,8% pada siklus I. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi sebesar 94,4%.
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Picture And Picture di Kelas V SD Negeri 24 Biaro Unizar
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i11.130

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan memakai model Pembelajaran Picture and Picture di kelas V SD Negeri 24 Biaro. Beranjak dari data perolehan prosentase nilai di atas juga dapat dilihat bahwa rata-rata perolehan skor kelompok hanya mencapai 55 %. Sedangkan standar keberhasilan minimal yang dipakai adalah 75 % untuk kelas V SD Negeri 24 Biaro Kecamatan Ampek Angkek. Dari catatan lapangan dapat kita lihat bahwa pelaksanaan Model Pembelajaran Picture and Picture yang masih baru bagi anak, maka anak terlihat masih ragu-ragu dan bingung sehingga mengakibatkan kurangnya minat dan perhatian dan antusias siswa dalam pembelajaran. Pada Siklus II, sudah terlihat secara nyata perolehan skor rata-rata perkelompok telah mencapai 77,5%. Dengan model Picture And Picture ini berarti keaktifan dan perhatian siswa sudah mulai terpusat pada pembelajaran dan timbul rasa keingintahuan serta semangat belajar sudah mulai tumbuh. Karena itu, guru dalam menggunakan model pembelajaran picture and picture harus dapat menyediakan gambar yang jelas dan sesuai dengan materi pembelajaran.
Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar PKN di Kelas V SDN 200201 Padangsidimpuan Ahsan Ziyadi
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i11.131

Abstract

Motivation is one of the several things which determine the successful of the student learning activity. Without motivation, learning process is difficult to achieve optimum success. The use of the principle of motivation is something essential in the learning and education process. This article is thrilled to investigate the influence of learning motivation to the student civic education. This correlation descriptive study was conducted as a case study on elementary school fifth grade students and the objective was to describe the level of influence of student’s motivation toward civic education. Atotal of 26 fourth grade students at SDN 200201 Padangsidimpuan City are used as a sample. Data was collected using a questionnaire as an instrument of learning motivation variables and test results as the average student achievement variable. Results of data processed with statistical calculations and the average correlation performed using SPSS 16.0. Results showed that on average, learning motivation and science learning performance of students achieve good interpretation. The Influence of student’s learning motivation showed significant high correlation and donate the influence of 48.1% on student’s civic education.
Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IVA SDN 2 Tanjung Gadang Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung TP 2015/2016 Hasnidar
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i11.132

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan SPBM dalam pembelajaran matematika di Kelas IVA SDN 2 Tanjung Gadang Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini, adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Tanjung Gadang. Subjek Penelitian yaitu Peserta Didik kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes. Data di analisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menggambarkan Pelaksanaan pembelajaran dengan SPBM dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan dapat meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan SPBM yaitu 54,63 meningkat pada siklus I menjadi 72,02. Pembelajaran belum dianggap tuntas jika hasil yang diperoleh di bawah 75% dan untuk itu penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Dan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,37.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dan Pembagian Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas III SD NEGERI 091318 Pematang Raya Henni Rosmida Purba
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 11 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i11.133

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas III SD Negeri 091318 Pematang Raya (2) Untuk memaparkan cara penerapan Pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SD Negeri 091318 Pematang Raya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 091318 Pematang Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 42,72; kemudian pada tes siklus pertama 70,45; menjadi 82,72 pada siklus kedua, (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 36,36%; dan pada tes siklus pertama 81,82%; kemudian pada siklus kedua menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SD Negeri 091318 Pematang Raya, Kec. Raya, Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2016/2017).

Page 1 of 1 | Total Record : 7