cover
Contact Name
Nova Indra
Contact Email
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Phone
+62811990400
Journal Mail Official
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Danau Tambingan G6E/5 Malang, Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Warta Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Budaya
ISSN : 25409344     EISSN : 27762904     DOI : https://doi.org/10.0503/wp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah WARTA PENDIDIKAN, adalah JURNAL NASIONAL yang terbit bulanan. Warta Pendidikan hadir sebagai media ilmiah yang khusus diperuntukkan bagi pemuatan/publikasi materi-materi ilmiah yang berasal dari Karya Ilmiah Guru, Dosen, Mahasiswa S1, S2,dan S3.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 8 (2021): Warta Pendidikan" : 6 Documents clear
Analisis Good Governance Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) di Universitas Negeri Malang (UM) Andriyan Nurman Effendi; Endang Suswati; Umi Muawanah
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 8 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i8.103

Abstract

Permendikbud No 58 Tahun 2012 tentang BOPTN, didasari pada alinea 4 Pembukaan UUD 1945, mencerdaskan kehidupan bangsa. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Implementasi manajemen Manajemen Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) di Universitas Negeri Malang (UM). Tujuan yang dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pertanggungjawaban pelaksanaan program (BOPTN) di Universitas Negeri Malang (UM). Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan langsung oleh pihak peneliti melalui wawancara mendalam (In-Depth-Interview), observasi, dan studi dokumentasi. Dalam penyelenggaraan program BOPTN terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pertanggungjawaban. Dalam Implementasi Manajemen Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) di Universitas Negeri Malang (UM) ditemukan kendala seperti: 1) Kurang lancarnya komunikasi antara unit dan pengelola keuangan ; 2) Persepsi yang berbeda dalam penggunaan dana BOPTN; 3) Proses pencaiaran dana BOPTN cair pertengahan tahun. Solusi dari kendala Implementasi Manajemen Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) diarahkan untuk lebih meningkatkan frekuwensi tatap muka, dan membangun kepercayaan dengan kesediaan untuk terbuka dalam pengelolaan dana. Pendelegasian wewenang merupakan solusi yang ditawarkan oleh Rektor dalam Implementasi manajemen BOPTN yang merupakan salah satu dari implementasi MBS yakni berupa meningkatkan peran serta masyarakat untuk turut serta bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar implementasi manajemen BOPTN yang ada di Universitas Negeri Malang harus lebih ditingkatkan dengan cara mensosialisaikan program BOPTN secara komprehensif kepada civitas akademika dan serta masyarakat. Demikian pula sebaliknya, peran unit kerja dan kegiatan kemahasiswaan juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar orang-orang yang terlibat di dalam Implementasi program BOPTN tidak saling melempar tanggung jawab. Diharapkan Universitas dapat lebih meningkatkan mutu pelayanan pendidikan menjadi lebih baik lagi. Dan kendala-kendala yang dihadapi perlu segera dievaluasi dengan meningkatkan frekuensi evaluasi antara lain per triwulan/per semester sehingga Universitas Negeri Malang terbebas dari masalah-masalah yang ada. Selain itu juga pihak universitas perlu diselenggarakannya pertemuan per bulan antara unit kerja yaitu fakultas dan lembaga bersama Satuan Pengawas Internal (SPI) dan civitas akademika di Universitas Negeri Malang.
Peningkatan Kinerja Guru SDK Wolomeli dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif secara Periodik Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 Agnes Bule
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 8 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i8.104

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran SDK Wolomeli Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada setelah dilakukan tindakan supervisi. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SDK Wolomeli. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Penelitian dilakukan pada semester I, tepatnya pada bulan Oktober – Nopember 2019. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SDK Wolomeli dengan jumlah 6 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 71,98 % sedangkan siklus II 92,44 %. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 75,49 % sedangkan siklus II mencapai 93,81 %. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 81,3 % sedangkan siklus II 90,56 %. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 54 % sedangkan siklus II 59,76 %. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolah melaksanakan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik.
Kepuasan Kerja Memediasi Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai: Studi Pada Pegawai Non PNS Tenaga Kependidikan Bagian Pelayanan Administrasi Subbag Rumah Tangga di Universitas Negeri Malang Rara Aditi Inandriciya; Endang Suswati; Jose Rizal Joesoef
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 8 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i8.105

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of compensation and motivation on employee performance through job satisfaction. The type of research used is explanatory research. The population of this study was 45 Non Civil Servants' Educational Personnel Administration Household Subdivision Services with a sampling technique used saturated sampling. The results showed compensation had a positive and significant effect on job satisfaction; compensation has a positive and significant effect on employee performance; motivation has a positive and significant effect on job satisfaction; motivation has a positive and significant effect on employee performance; job satisfaction has a positive and significant effect on employee performance; compensation has a significant effect on employee performance through job satisfaction; and motivation has a significant effect on employee performance through job satisfaction.
Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Uang Kuliah Tunggal Terhadap Pendapatan Blu di Universitas Negeri Malang Hardi Sona Kurniawan; Sri Hadiati; Jose Rizal Joesoef
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 8 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i8.106

Abstract

This study discusses the problem of effectiveness and contribution of single tuition fees at the State University of Malang to Blu's income. As a college that accepts student attendance every year, State University of Malang does so with a high degree of effectiveness in admitting a single tuition fee. From the results of this study, data obtained that, 1) The level of effectiveness of the realization of UKT acceptance in the work unit at the State University of Malang as a whole for three years was in a very effective condition Overall, the work unit was able to realize UKT revenues exceeding the existing budget target, with an average achievement level in 2016 of 180.89%, the average achievement level in 2017 was 194.93%, the average achievement level in 2018 was 209.49%, and the average level of achievement from 2016 to 2018 is 195.11%. 2) The contribution rate of UKT acceptance for all work units for three years, the largest contribution from the Faculty of Economics (FE) which was able to contribute 12.06% of UKT admissions, followed by the Faculty of Engineering (FT). This work unit was able to contribute more than 10% of UKT revenue. The next UKT acceptance contribution under 10% was given by the Faculty of Letters (FS), the Faculty of Education (FIP), the Faculty of Mathematics and Natural Sciences (FMIPA), the Faculty of Social Sciences (FIS), the Faculty of Sport Sciences (FIK) and the Faculty of Psychology Education ( FPPsi).
Aspek Positif Supervisi Pendidikan Terhadap Aplikasi Pembelajaran Model Gabungan di SD Negeri Percobaan 1 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013 Anita Rosmearia
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 8 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i8.107

Abstract

Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan kinerja guru yang hanyalah kegiatan belajar aktif. Agar belajar manjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka haru menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud). Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada permasalahan yang mengacu pada latar belakang masalah di atas, yang timbul dalam penelitian ini yakni sebagai berikut: (1) Bagaimanakah tingkat penguasaan materi pelajaran matematika siswa di SD Negeri Percobaan 1 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?, (2)Bagaimanakah tingkat kompetensi guru materi pelajaran matematika yang dalam menghadapi ujian kenaikan kelas di SD Negeri Percobaan 1 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?, (3) Bagaimana pengaruh metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok matematika yang diarahkan oleh peneliti kepada guru SD Negeri Percobaan 1 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013? Jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997: 6), yaitu berbentuk spiral dari sklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,71%), siklus II (77,14%), siklus III (88,57%).
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Pakem dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 Erna Djuwita
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 8 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i8.108

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan cara mengintegrasikan pembangunan karakter bangsa dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini penulis mencoba mengajukan usulan tindakan agar guru-guru menerapkan pendekatan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar sebagai upaya menanamkan nilai-nilai pembangunan karakter bangsa. Tujuan khusus dari kegiatan PTS ini adalah untuk: a) Meningkatkan pemahaman Guru di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang dalam mengembangkan PAKEM; b) Meningkatkan keterampilan Guru di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang dalam mengembangkan PAKEM; dan, 3) Meningkatkan keterlaksanaan nilai pembangunan karakter bangsa dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan tujuan umum dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui model integrasi penerapan Pendidikan Karakter Bangsa dalam dalam kegiatan belajar mengajar di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PTS ini adalah 1) Kegiatan bimbingan penerapan PAKEM bagi guru di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang yang dilaksanakan Kepala Sekolah di SDN Sukoharjo 1 Kec. Klojen Kota Malang telah terlaksana dengan baik dan memberi kontribusi terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan pendekatan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar. 2) Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar berimplikasi pada peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa serta terhadap keterlaksanaan nilai-nilai pembangunan karakter bangsa, seperti nilai kerja keras, kerjasama, saling menghargai dan sebagainya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6