cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
adminjmm@unmuhpnk.ac.id
Phone
+6281374513738
Journal Mail Official
tarbiyahkhatulistiwa@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No. 111 Pontianak - Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 2442756X     EISSN : 25284487     DOI : 10.29406/tbw
Core Subject : Religion, Education,
Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2442-756X , e-ISSN: 2528-4487) adalah terbitan berkala ilmiah yang fokus pada promosi hasil penelitian di bidang Ilmu Keguruan dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak dan diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Kami mengundang para peneliti, dosen, pakar dan praktisi untuk mengirimkan artikel terbaiknya di jurnal yang kami kelola serta berkontribusi dalam diseminasi publikasi karya ilmiah pendidikan Agama Islam.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa" : 6 Documents clear
Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak terhadap Pluralisme Agama Dalam Film ? (Tanda Tanya) Heriansyah .
Tarbawi Khatulistiwa Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v1i1.287

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini didasarkan konsep pluralisme agama yang selalu menjadi perdebatan di dalam masyarakat. Banyak media yang mengangkat tentang nilai-nilai toleransi dan pluralisme agama sebagai tema acara baik melalui tayangan televisi dalam acara musik, iklan maupun film yang mengangkat tentang nilai-nilai toleransi dan pluralisme agama. Film “?”(Tanda Tanya) adalah salah satu film yang mengangkat nilai plualisme dan toleransi antar umat beragama. Film ini lebih cenderung mengandung unsur pluralisme yang menjadi permasalahan di dalam masyarakat. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak dalam memahami nilai dan pesan pluralisme agama dalam film “?” (Tanda Tanya). Peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pluralism agama dalam film ? (tanda tanya) adalah positif. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menerima makna dan bentuk perilaku social pluralisme agama yang ditampakkkan atau diceritakan dalam film tersebut.Kata Kunci: Perspesi, Film ?, Pluralisme Agama
Kontrol Sosial Tokoh Masyarakat (Ustadz) Dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Remaja di Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kubu Raya muhammad alias
Tarbawi Khatulistiwa Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v1i1.233

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tokoh masyarakat khususnya ustadz dalam memberikan kontrol terhadap penyimpangan perilaku yang dilakukan para remaja, untuk mengenal jenis-jenis penyimpangan remaja dan untuk mengetahui factor-faktor dari kejahatan remaja di Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya pada tahun 2012. Hasil penelitian ditemukan bahwa kebanyakan kenakalan remaja di sana adalah merokok, judi, billiar, dan pergaulan bebas. Dan faktor-faktor dari penyebab kenakalan mereka sendiri adalah keluarganya yang kurang harmonis, kurang komunikatif, kurang teladanan dari kedua orang tua atau keluarga lainnya. Tidak ada filter pada setiap penyimpangan remaja dalam mengakses media.Dalam mengendalikan penyimpangan yang dilakukan remaja, Ustadz menggunakan pendekatan preventif dengan memberikan penyuluhan, nasihat agama para remaja, baik secara langsung maupun tidak langsung dan penyuluhan tersebut diadakan sekali seminggu atau setiap ada kesempatan lainnya. Pendekatan represif dilakukan dengan cara memberi teguran, sanksi terhadap pelaku tidak dilaksanakan. Begitu juga dalam pendekatan kuratif tidak pernah dilakukan oleh ustadz.Kata kunci : kanakalan remaja, kontrol sosial.
Motivasi Belajar Mahasiswadi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak Tahun Akademik 2013/2014 Wahdah Wahdah
Tarbawi Khatulistiwa Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v1i1.256

Abstract

ABSTRAKMotivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar seseorang. Karena dengan memiliki motivasi, seseorang akan memiliki dorongan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Motivasi Belajar Mahasiswa FAI UMP di Semester Empat Tahun Akademik 2013/2014 sehingga dengan memperoleh informasi secara jelas tentang hal tersebut dapat menambah wawasan peneliti dan dosen lain tentang motivasi belajar mahasiswa dan menjadi bahan rujukan dalam rangka mencari solusi pemecahan masalah guna meningkatkan motivasi belajar mahasiswa yang selama ini semakin menurun.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa motivasi mahasiswa pada saat perkuliahan berdasarkan dari persentase sembilan aspek motivasi mahasiswa mencapai rata-rata 80. Ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mereka dikategorikan tinggi. Faktor yang mempengaruhi munculnya motivasi belajar mahasiswa semester IV PAI FAI UM Pontianak yaitu: faktor internal yang meliputi: keingian untuk berhasil dan sukses, keinginan untuk belajar dan merasa butuh untuk belajar, dan karena cita-cita masa depan. Sedangkan faktor eksternal meliputi: dosen, sarana dan prasarana, orang tua dan teman.Kata kunci: Motivasi Belajar
Pembinaan dan Pelatihan Seni baca Al-Qur’an pada Remaja Masjid Ma’ashobirin Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kubu Raya Eli M.Pd.I
Tarbawi Khatulistiwa Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v1i1.234

Abstract

ABSTRAKTujuan dari kegiatan pembinaan dan pelatihan seni baca al-Quran ini adalah supaya remaja masjid Ma’ashobirin bisa baca dan terbiasa atau bahkan menguasai seni dalam membaca al-Quran sesuai nada telah ditentukan. Ketika peserta pembinaan telah menguasai seni membaca al- Quran, mereka dapat diikutsertakan dalam lomba (Musabaqah Tilawatil Quran) baik antar desa maupun antar kecamatan dan seterusnya. Metode yang digunaka dalam pelaksanaan pembinaan dan pelatihan ini adalah dengan cara meminta kepada seluruh remaja masjid untuk mengikuti kegiatan ini sampai batas waktu yang telah direncanakan. Selanjutnya mereka diberikan materi sebagai berikut:1) Latihan pernafasan, 2) Latihan vokal, 3) Latihan nagham al-Quran, 4) Tanya jawab tentang ilmu tajwid dan penerapannya dalam membaca al-QuranHasil dari kegiatan ini, menunjukkan bahwa ada beberapa orang yang benar-benar dapat menguasai materi yang telah diberikan tentang nagham al- Quran dari mulai lagu bayyati hingga lagu nihawan. Tetapi sebagian besar dari para peserta merasa kesulitan dalam meniru nagham tersebut, dikarenakan faktor alami yaitu suara yang tidak bisa mengikutinya. Walaupun demikian apa yang diharapkan dari kegiatan ini dapat terlaksana. Kata kunci : Seni membaca al-Quran.
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Clay Tepung Kepada Mahasiswa Semester Empat Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Muhammadiyah Pontianak Dr. Muntaha & Sudarti, M.Pd Dr. Muntaha & Sudarti, M.Pd
Tarbawi Khatulistiwa Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v1i1.285

Abstract

ABSTRAKPelatihan pembuatan media pembelajaran dengan clay tepung bagicalon pendidik Anak Usia Dini bertujuan: a) memberikan dasar pengetahuanbagaimana mengembangkan media pembelajaran kepada mahasiswaPGPAUD, b) memberikan pengetahuan dasar mengenai pembuatan mediapembelajaran dengan clay tepung, c) mengembangkan kreativitas mahasiswadengan clay tepung sehingga dapat diterapkan pada anak usia dini. Metodeyang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, demontrasi, tanyajawab dan praktek langsung pembuatan media pembelajaran dengan claytepung.Dalam pelatihan ini, penilaian yang dilakukan meliputi indikatorkesungguhan, kesiapan bahan dan alat, ketepatan dalam memanfaatkan waktu,kerapian, kebersihan, keindahan, komposisi, warna, ketepatan dalam memilihtema, serta praktik melakukan penilaian proses dan display hasil pembuatanclay tepung.Input dari pelatihan ini adalah peserta dapat membuat mediapembelajaran dengan clay tepung. Khusus bagi mahasiswa calon pendidikAnak Usia Dini (AUD), media ini dapat diterapkan di tempat kerjanya danbahkan dapat pula dijadikan wirausaha pembuatan seni kerajinan denganbahan dasar clay tepung.Kata Kunci: media pembalajaran, clay tepung.
Peningkatan Pemahaman Keagamaan Bagi Remaja Di RT 02 / RW 07 Kelurahan Pal V Kecamatan Pontianak Barat Nilwani M.Pd
Tarbawi Khatulistiwa Vol 1, No 1 (2015): Tarbawi Khatulistiwa
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/.v1i1.286

Abstract

ABSTRAKTujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan pembinaan keagamaan pada remaja di RT 02/RW 07 Kelurahana Pal V dengan harapan untuk meluruskan, mengingatkan dan menambah wawasan, membimbing dan membina para remaja muslim di bidang keagamaan khususnya dalam akhlak pergaulan antar remaja. Sehingga dengan pengetahuan tersebut para remaja dapat menerapkan bagaimana pergaulan sesuai dengan tuntunan syari’at Islam. Metode yang digunakan adalah diawali dengan survei lapangan, sosialisasi dan perizinan, selanjutnya adalah pelaksanaan pembinaan keagamaan melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab terakhir adalah evaluasi dan pelaporanHasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa 87, 89 % dari seluruh remaja yang hadir menjawab sangat setuju, 87,98% menjawab setuju dan 3,16% menjawab kurang setuju. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sebesar 87,89% remaja yang hadir pada saat pengabdian berlangsung merasa bahwa materi yang disampaikan penting untuk diketahui, materi yang disampaikan sesuai harapan, materi yang disampaikan sangat bermanfaat, materi yang disampaikan sangat menarik, materi yang disampaikan sesuai kebutuhan, cara penyampaian materi mudah dipahami, metode penyampaian sangat menarik, Cara pemateri menjawab pertanyaan sangat memuaskan dan cara pemateri menjawab pertanyaan sangat memuaskan.Kata kunci: pembinaan keagamaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6