cover
Contact Name
Dodi Isran
Contact Email
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Phone
+6285369179919
Journal Mail Official
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) NU Bengkulu Alamat : Jl. Pancormas, Sukarami, Selebar, Kota Bengkulu 38212 Bengkulu, Sumatera Indonesia Telp : 0736 5741906
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Aghniya
ISSN : -     EISSN : 26218348     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Accounting, Islamic Accounting, Management, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, Sharia Financial Banking, Islamic Education.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2018): Islamic Economics and Banking Education" : 4 Documents clear
MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MATERI SHALATSUNAH RAWATIB MELALUI METODE DEMONSTRASI PADASISWA KELAS III MIS MA CITEUREUP ela, ela hayati
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 1 No 1 (2018): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas III Fikih Tentang Shalat Sunah Rawatib Melalui Metode Demonstrasi di MIS MA CITEUREUP Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah mata pelajaran Fikih, tentang shalat sunah rawatib dengan menerapkan metode demonstrasi, pada siswa kelas III MIS Ma CITEUREUP, dengan jumlah 22 siswa. Tempat penelitian perbaikan pembelajaran adalah di MIS MA CITEUREUP. Waktu penelitian ini dilakukan ini melalui dua siklus, siklus I tanggal 5 juni – 10 Juni 2023, siklus II tanggal 14 juli – 20 juli 2023. Hasil penelitian setelah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: pembelajaran dengan metode demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih tentang Shalat Sunnah Rawatib pada Siswa Kelas III MIS MA CITEUREUP. Hal ini dapat dilihat pada Siklus I, dari 22 siswayang tuntas sebanyak 15 siswa (68,18%) dan yang belum tuntas sebanyak 7 siswa (31,82%). pada Siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (86,36%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (13,64%). Sedangkan pada Siklus III dari 22 anak yang telah tuntas sebanyak 21 siswa dan 1siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 90,78% dengan demikian dibandingkan dengan siklus I dan II pada siklus ke III bisa dikatakan berhasil Jadi, setelah diadakan Siklus III hasil belajar siswa meningkat sebesar (4.42 %)
PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRAKTIKKAN ADZAN DAN IQOMAH  SISWA KELAS II MI CIBOLANGKALER Elis, Elis Nuraeni
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 1 No 1 (2018): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah perkembangan zaman saat ini yang harus senantiasa membiasakan anak-anak sejak dini agar melaksanakan adzan di masjid sebagai pengingat dan penyeru untuk melaksanakan sholat. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membiasakan diri untuk mempraktikkan adzan dan iqomah siswa kelas II MI . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian yang dilakukan adalah metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mempraktikkan adzan dan iqomah siswa Kelas II pada Materi Fikih. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih 56,4 dengan ketuntasan klasikal 24%, pada siklus I meningkat dengan diperoleh nilai 7,00 dan pada siklus II semakin meningkat karena diperoleh nilai 82,38 dengan rata-rata 76,19 sehingga dapat dikategorikan baik. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap kelas II MI  pada materi adzan dan iqomah dinyatakan baik sekali dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mempraktikan adzan dan iqomah.
Meningkatkan Hasil Pembelajaran Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pelajaran Fiqih Mengenai Thaharah ipit fitriah
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 1 No 1 (2018): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran Fikih terutama Standar Kompetensi THAHARAH perlu mendapat perhatian yang intensif, baik dari segi metode, sumber-sumber belajar, maupun suasana pembelajaran yang kondusif, mengingat penguasaan kompentensi tersebut sangat diperlukan bagi siswa, Agar siswa lebih memahami materi THAHARAH sehingga pada akhirnya siswa dapat memahami dan menerapkan THAHARAH, dalam hal ini penulis mencoba menggunakan model pembelajaran (Problem Based Learning). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik /alat yang digunakan untuk pemantauan dan evaluasi adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa setelah adanya tindakan, sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan guru dalam melakukan tindakan dan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Penggunaan model pembelajaran PBL dalam proses pembelajaran Materi THAHARAH membawa dampak pada peningkatan pemahamansiswa. 2) Penggunaan model pembelajaran PBL dalam proses pembelajaran materi THAHARAH dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan data sebagai berikut : Kondisi awal persentase kemampuan berpikir kreatif 33,4%, skor rata-rata 58,6. Persentase hasil belajar 70,%, rata- rata 71,5 nilai tertinggi 85 dan terendah 67. Kondisi sekarang persentase kemampuan berpikir kreatif 51,8%, skor rata-rata 79,51. Persentase hasil belajar 76,65%, rata- rata 78,8 nilai tertinggi 88 dan terendah 70..
IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH nuriyah
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 1 No 1 (2018): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam melakukan gerakan shalat melalui metode demonstrasi kelas VII MTs Negeri 2 Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Mukomuko. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, obervasi, dan interview. Validitas data dengan menggunakan teknik tringulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I sebanyak 46,67% yang sudah tuntas. Sedangkan pada pembelajaran siklus II sebanyak 93,33% peserta didik telah tuntas dalam memahami materi sholat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta didik tentang materi sholat melalui metode demonstrasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 4