cover
Contact Name
Dodi Isran
Contact Email
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Phone
+6285369179919
Journal Mail Official
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) NU Bengkulu Alamat : Jl. Pancormas, Sukarami, Selebar, Kota Bengkulu 38212 Bengkulu, Sumatera Indonesia Telp : 0736 5741906
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Aghniya
ISSN : -     EISSN : 26218348     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Accounting, Islamic Accounting, Management, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, Sharia Financial Banking, Islamic Education.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Islamic Economics and Banking Education" : 4 Documents clear
MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN PADA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus : Rw 02 Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu). Orisa Capriyanti; Ismi Azis; Arista khairunnisa; Agnes yolanda; Beta lorena
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 3 No 1 (2020): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine community interest and factors that influence community interest in Rw 02 Nusa Indah, Ratu Agung District, Bengkulu City, this study uses a descriptive qualitative method with data collection techniques collected in the form of words, pictures and not numbers by conducting interviews with several  entrepreneurs and communities around Nusa Indah, researchers took 8 respondents, 4 of whom were entrepreneurs in Nusa Indah and 4 were local communities by random sampling.  interested in using financing in Sharia Banking because in Syari'ah Banking it uses the principles of Islamic law, the public in using Islamic banking finance avoids usury and the public already knows information about Islamic banking.  Factors affecting the community In RW 02 Nusa Indah, Ratu Agung District, Bengkulu City, the community has knowledge of Islamic banking, the community has experience in borrowing from Islamic banks, the community has a social structure capable of using Islamic banking financing, and  people get socialization and information about sharia banking. Sharia banking is the right choice for people who want to avoid the sin of usury, for the sake of safety for the afterlife, not a few people who understand religion prefer to do sharia banking transactions.
Praktek Berwudhu Menerapkan Strategi Pembelajaran Jigsaw/Kelompok Pada Peserta  Didik Kelas Vii Mts Banpres Kabupaten Musi Rawas Semester Ganjil Tahun 2021/2022 EkaAgusWellyAndi
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 3 No 1 (2020): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran JIGSAW/kelompok pada peserta didik kelas VII Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu hasil pemahaman dan praktek siswa yang telah dipelajari yaitu Praktek Berwudhu Menerapkan Strategi Pembelajaran Jigsaw/Kelompok Pada Peserta  Didik Kelas VII Mts Banpres Desa Banpres Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model JIGSAW kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, yaitu pada bulan  Juli 2021. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Banpres yang terdiri dari 10 peserta didik. Objek penelitian adalah Hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan ada atau tidaknya pemahaman hasil belajar siswa kelas VII dalam hal ini praktek Berwudhu, yaitu pada siklus I, kemudian pada siklus II. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran  Jigsaw dalam mata pelajaran FIKIH apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Banpres
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Materi Shalat Idain Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Based Learning Epo Persila
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 3 No 1 (2020): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan model Video Based Learning, (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model Video Based Learning, dan (3) untuk menggambarkan hasil pembelajaran fiqih dengan model Video Based Learning. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi tersebut di atas maka rumusan masalahnya adalah “Apakah metode Video Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Fiqih Materi Ketentuan dan hikmah shalat ‘Idain serta membiasakan sikap saling memaafkan sebagai pengamalan nilai-nilai shalat ‘Idain di Kelas IV MIN 1 Pagar Alam tahun pelajaran 2022/2023?” Bagaimana peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa Subtema Ketentuan dan hikmah shalat ‘Idain serta membiasakan sikap saling memaafkan sebagai pengamalan nilai-nilai shalat ‘Idain melalui penerapan model Video Based Learning dengan menggunakan pendekatan scientific di Kelas IV MIN 1 Pagar Alam tahun pelajaran 2022/2023? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dari keterampilan pemecahan masalah melalui Video Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Video Based Learning mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan.
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP KHIYAR JUAL BELI DALAM FIKIH PADA SISWA KELAS VI DI MIN 1 OKU SELATAN habibi
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 3 No 1 (2020): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep jual beli dalam mata pelajaran Fikih pada siswa kelas 6 MIN 1 OKU SELATAN Kecamatan Kecamatan Sindang danau . Kab. OKU Selatan Prov Sumatera Selatan . Pendekatan kontekstual dipilih sebagai metode pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 18 siswa sebagai partisipan. Minat belajar yang tinggi dan pemahaman yang baik terhadap konsep khiyar jual beli dalam Fikih memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama dan etika dalam bertransaksi. Pada setiap siklusnya, dilakukan penerapan pendekatan kontekstual melalui penggunaan metode pembelajaran yang berfokus pada konteks dan aplikasi nyata konsep khiyar jual beli dalam kehidupan sehari-hari. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes pemahaman, dan kuesioner untuk mengumpulkan informasi tentang minat belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep jual beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Fikih. Selain itu, pemahaman siswa terhadap konsep khiyar dalam jual beli juga mengalami peningkatan yang positif. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dan rasa antusiasme terhadap materi fikih meningkat secara signifikan selama pelaksanaan peneliti Untuk pelaporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) saat ini akan terfokus Pada laporan siklus pertama, yang dilakukan penerapan pendekatan kontekstual dengan menyajikan materi pembelajaran tentang konsep khiyar jual beli dalam Fikih dengan mengaitkannya dengan situasi  dan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Hasil siklus pertama menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa sebesar 25% dan peningkatan pemahaman konsep jual beli sebesar 27.27%

Page 1 of 1 | Total Record : 4