cover
Contact Name
suwarno
Contact Email
fauzansuwarno@gmail.com
Phone
+6281375800505
Journal Mail Official
asosiasiassalam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ganensa Baru, Kelurahan Kemili, Kecamatan Bebesen, Takengon, Aceh Tengah, Aceh.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam
ISSN : ISSN2528     EISSN : ISSN2549     DOI : https://doi.org/10.37249/jas
Core Subject : Education, Social,
merupakan jurnal publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam di Provinsi Aceh, terbit secara paper-based pada tahun 2016 dan terbit secara online sejak tahun 2017. Jurnal As-Salam terbit 2 (dua) kali dalam setahun, periode pertama pada bulan Juni dan periode kedua pada bulan Desember. Jurnal As-Salam Bersifat open acsess dan Peer-Reviewed. Tujuan utama Jurnal As-Salam adalah untuk menyediakan platform bagi para cendekiawan, akademisi dan peneliti nasional maupun internasional untuk berbagi pemikiran dalam bidang Integrasi Sains–Islam (interdisciplinary) dan Pendidikan.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam" : 13 Documents clear
PILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU PAI DI BENGKULU TENGAH Carona Elianur
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.142

Abstract

Abstract: This research was conducted to find out the learning media used by islamic education teachers in implementing online learning. This online learning is carried out throughout schools in Indonesia, to prevent the spread of coronavirus (covid-19). The formulation of the problems in this study are: (a) What is the media used by islamic education teachers in Bengkulu in teaching online ?; and (b) What is the response of islamic education teachers in Bengkulu Tengah to online learning ?. This type of research is a descriptive study with a quantitative approach. The research subjects taken were islamic education teachers in Bengkulu Tengah district. Data collection techniques using online questionnaires. The conclusions obtained in this study are: (a). The media used by islamic education teachers in Bengkulu in teaching online is the Whatsapp application and zoom cloud; and (b) islamic education teacher responses in Bengkulu Tengah to online learning the majority of teachers said that online learning was not effective. Keywords: Online Learning Media, PAI Teachers Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring ini dilakukan diseluruh sekolah di Indonesia, untuk menghambat penyebaran coronavirus (covid-19). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (a) Apa media yang digunakan oleh guru PAI di Bengkulu tengah dalam mengajar secara online?; dan (b) Bagaimana tanggapan guru PAI di Bengkulu Tengah terhadap pembelajaran secara daring?. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah guru PAI di kabupaten Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara online. Kesimpula yang didapat dalam penelitian ini yaitu: (a). Media yang digunakan oleh guru PAI di Bengkulu tengah dalam mengajar secara online adalah aplikasi Whatsapp dan zoom cloud; dan (b) Tanggapan guru PAI di Bengkulu Tengah terhadap pembelajaran secara daring mayoritas guru mengatakan bahwa pembelajaran secara daring tidak efektif. Kata Kunci: Media Pembelajaran Daring, Guru PAI
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI IAIN TAKENGON Rosliana Harahap
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.144

Abstract

Abstract: Mathematical literacy is the capacity of individuals to formulate, use and interpret mathematics in various contexts. Mathematical literacy skills consist of 6 levels, level I, II, and III are low level thinking abilities while level IV, V and VI are high level thinking abilities. These levels can be measured using PISA questions, PISA questions are arranged with content, context and process. Mathematical literacy ability can develop human mindset so that it can find solutions to every problem. This research was conducted to determine the level of literacy ability of students in the first semester of TMA IAIN Takengon TA. 2019 / 2020. This study uses a quantitative description approach. population and sample of 11 students in semester I of TMA IAIN Takengon. The students will be given a math literacy ability test which will be calculated on average. The results of the 11 students' mathematical literacy ability test at level I have an average score of 68.18 so that the mathematics literacy ability of students is in the moderate category, at level II the average score of the student is 69.09 in the medium category, level III average score students are 67.72 in the medium category, the average level IV score of students is 51.81 in the low category, at level V the average score of students is 45 in the low category and at level VI the average score of students is 28.63 in the category low. And the score of 11 students' mathematical literacy ability is 55,076 in the low category. Because the overall mathematical literacy ability of students in the category is low so it must be done innovation and development of appropriate learning models so that students' mathematical literacy skills are even better. Keywords: Literacy ability, Mathematics, PISA Abstrak: Kemampuan literasi matematika adalah kapasitas individu untuk memformulasikan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Kemampuan literasi matematika dapat mengembangkan pola pikir manusia sehingga dapat menemukan solusi dari setiap masalah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi mahasiswa semester I TMA IAIN Takengon TA. 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Dengan populasi dan sampel seluruh mahasiswa semester I TMA IAIN Takengon yang berjumlah 11 orang. Mahasiswa akan diberikan tes kemampuan literasi matematika yang selanjutnya nilainya akan dihitung rata-ratanya. Hasil tes kemampuan literasi matematika 11 mahasiswa tersebut pada level I memilki rata-rata nilai 68,18 sehingga kemampuan literasi matematika mahasiswa dalam kategori sedang, pada level II rata-rata hasil tes kemampuan literasi matematika mahasiswa adalah 69,09 dalam katerogi sedang, pada level III nilai rata-rata hasil tes kemampuan literasi matematika mahasiswa adalah 67,72 dalam kategori sedang, pada level IV rata-rata nilai hasil tes kemampuan literasi matematika mahasiswa adalah 51,81 dalam kategori rendah, pada level V nilai rata-rata kemampuan literasi matematika mahasiswa adalah 45 dalam kategori rendah dan pada level VI rata-rata nilai kemampuan literasi matematika mahasiswa adalah 28,63 dalam kategori rendah. Dan nilai rata-rata kemampuan literasi matematis 11 mahasiswa tersebut adalah 55,076 dalam kategori rendah. Karena kemampuan literasi mahasiswa matematika dalam kategori rendah maka perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika mereka. Kata Kunci : Kemampuan literasi, Matematika, PISA
PERSEPSI TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH Barkat Amiruddin
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.146

Abstract

Abstract: Learning from Home Program have started since the covid19 pandemic entered Indonesia. Educators and education staff have implemented this program in schools. The purpose of this study was to determine the perceptions of teaching staff and education staff towards Learning from Home Program, the positive and negative impacts of the Learning from Home Program, and the obstacles in implementing the Learning from Home Program. The research method used is descriptive research with a qualitative approach. This research was conducted in 4 schools in the Central Bengkulu area, with 72 respondents. The results of the study found that most of the teaching staff and education staff did not like the Learning from Home Program, which was 61.1% or as many as 44 people. Positive impacts of the Home Learning Program, namely: (a) Learning becomes more time-efficient; (b) Train students to be more independent and responsible; (c) Making teachers more creative in making learning media and quizzes and multimedia supporting the learning process; and others. The negative impacts of the Home Learning Program, namely: (a) Reduced communication between teacher and students; (b) Learning becomes more difficult to control; (c) Difficulties in evaluating children; and others. Constraints in the implementation of the Learning from Home Program, namely: (a) Not all students have the tools to support the learning process; (b) Poor internet network in remote areas; (c) Lack of interaction and communication between students and teachers; and (d) There are still students who underestimate online learning. Keywords: Perception, Educators, Educators, Learning from Home Program Abstrak: Program belajar dari rumah sudah mulai dilakukan sejak pandemi covid19 masuk ke Indonesia. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan telah menerapkan program ini disekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan terhadap program belajar dari rumah, dampak positif dan negatif Program Belajar dari Rumah, serta kendala dalam penerapan Program Belajar dari Rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di 4 sekolah di daerah Bengkulu Tengah, dengan jumlah responden sebanyak 72 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tidak menyukai Program belajar dari Rumah, yaitu sebanyak 61,1% atau sebanyak 44 orang. Dampak positif Program Belajar dari Rumah, yaitu: (a) Pembelajaran menjadi lebih hemat waktu; (b) Melatih siswa lebih mandiri dan bertanggung jawab; (c) Membuat guru lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran dan kuis serta multimedia pendukung proses pembelajaran; dan lain-lain. Dampak negatif Program Belajar dari Rumah, yaitu: (a) Komunikasi yang berkurang antara guru dan siswa; (b) Pembelajaran jadi lebih susah untuk di control; (c) Kesulitan dalam evaluasi terhadap anak; dan lain-lain. Kendala dalam penerapan Program Belajar dari Rumah, yaitu: (a) Tidak semua siswa mempunyai alat pendukung proses pembelajaran; (b) Buruknya jaringan internet di daerah pedalaman; (c) Kurangnya interaksi dan komunikasi antara siswa dan guru; dan (d) Masih ada siswa yang menganggap remeh terhadap pembelajaran daring. Kata Kunci: Persepsi, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Program Belajar dari Rumah
PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI Badrus Zaman
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.148

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to describe the application of the active learning approach in inviting students to be able to think critically, be more creative, able to take roles, and be able to apply them. The research model is library research, research data from primary sources and secondary data. Then the data is processed by concept analysis. The conclusion of this study in the learning of PAI needs to be built an atmosphere such as encouraging learning is very important to attract students' interest in absorbing and interpreting the lessons that have been delivered by educators. Contextualizing the PAI material with other materials will make the students' understanding more comprehensive and integrate it with other subjects that can be easily understood. When a student understands the material received, the educator can ensure that the student is able to contextualize the material. Creativity and foresight of educators on social and cultural conditions must be able to illustrate the PAI material so that the material does not seem outdated and can be applied in appropriate conditions and conditions. This is also to facilitate students in understanding the material and its implementation in real life. Keywords: Implementation of Active Learning, PAI Learning Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan penerapan pendekatan active learning dalam mengajak peserta didik untuk mampu berpikir kritis, lebih kreatif, mampu mengambil peran, dan mampu menerapkannya. Model penelitian ini adalah library-research, data penelitian dari sumber primer dan data sekunder. Kemudaian data-data ini diolah degan analisa konsep. Kesimpulan peneletian ini dalam pembelajaran PAI perlu dibangun suasana seperti pembelajaran yang menggembirakan sangat penting untuk menarik minat peserta didik dalam menyerap dan menginterpretasikan pelajaran yang telah disampaikan oleh pendidik. Dengan mengkontekstualkan materi PAI dengan materi yang lain, akan membuat pemahaman peserta didik menjadi lebih menyeluruh dan mengintegrasikannya dengan mata pelajaran lain yang dapat dengan mudah untuk dipahami. Ketika seorang peserta didik memahami materi yang diterima, maka pendidik bisa memastikan bahwa peserta didik tersebut mampu mengkontekstualkan materi tersebut. Kreativitas dan kejelian pendidik terhadap kondisi sosial dan budaya, harus mampu mengilustrasikan materi PAI agar materi tidak terkesan ketinggalan zaman dan mampu diterapkan dalam keadaan dan kondisi yang sesuai. Hal ini juga untuk memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi serta implementasinya dalam kehidupan nyata. Kata Kunci: Penerapan Active Learning, Pembelajaran PAI
TRACER STUDY ALUMNI PRODI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON Abdul Hafiz
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.150

Abstract

Abstract: This research is the result of tracer study alumni of Islamic Education programs for Early Childhood students at STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh. The need for tracer study data for alumni of study programs is needed to map the alumni existence and as an input for evaluating the internal quality of the study programs that have been implemented and taught to alumni. By using the census method, researchers took the entire PIAUD study program alumni, while the key informants in this study were 428 PIAUD Early Study alumni and graduate users. However, after conducting this research a total of 144 graduates were recorded. While supporting informants came from the head of the PIAUD study program, academic staff of STAIN GPA and other information. From this study it was revealed that graduates of the PIAUD study program had worked in various early childhood education institutions, such as being a TPA teacher, family planning teacher, kindergarten/RA teacher, civil servant, school principal, and school supervisor. And the average waiting period for them to get a job is less than one year. Keywords: Tracer Study, Alumni, Islamic Education programs for Early Chilhood Students Abstrak: Penelitian ini merupakan hasil tracer study alumni program studi Pendidikan Islam Anak usia Dini pada Sekolah Tinggi Agama Islam Takengon, Aceh Tengah, Aceh. Kebutuhan akan data tracer study Alumni Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAIN GPA sangat dibutuhkan untuk memetakan keberadaan alumni serta sebagai bahan masukan evaluasi terhadap mutu internal pelaksanaan program studi yang telah dijalankan dan diajarkan kepada alumni. Dengan menggunakan metode sensus, peneliti mengambil keseluruhan alumni prodi PIAUD, adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah 428 alumni Prodi Pendidikan Islam Anak usia Dini dan pengguna lulusan. Namun setelah melakukan penelitian ini total lulusan yang terdata berjumlah 144 lulusan. Sementara informan pendukung berasal dari ketua prodi PIAUD, staf bagian akademik STAIN GPA dan informasi lainnya. Dari Penelitian ini terungkap bahwa lulusan prodi PIAUD telah bekerja di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini. Mulai dari guru TPA, guru KB, guru TK/RA, PNS, kepala sekolah, maupun pengawas sekolah. Dan rata-rata masa tunggu mereka dalam mendapatkan pekerjaan kurang dari satu tahun. Kata Kunci: Tracer Study, Alumni, Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini
MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DI MTS NEGERI 2 OGAN ILIR Rini Yusmarti; Yasir Arafat; Dessy Wardiah
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.160

Abstract

Abstract: The focus of this research is on the supervisory management of academic supervisors at MTs Negeri 2 Ogan Ilir. The research objective is to look at how to manage academic supervision in MTs Negeri 2 Ogan Ilir, such as planning, implementing, evaluating, and following up on academic supervision. This research uses a qualitative approach. The results obtained from the perspective of academic supervision planning at MTs Negeri 2 Ogan Ilir can be said to work well with the supervision planning program. Academic oversight by supervisors at MTs Negeri 2 Ogan Illir has been carried out but not yet optimal because the frequency of visits is still lacking. An evaluation of academic oversight at MTs Negeri 2 Ogan Ilir has been carried out but not yet effective. The follow-up of the academic supervision conducted by the supervisor in MTs Negeri 2 Ogan Ilir is quite adequate. Keywords: Management, Academic Supervision, and Supervisor. Abstrak: Fokus penelitian ini pada manajemen pengawas akademik pengawas di MTs Negeri 2 Ogan Ilir. Tujuan penelitian adalah untuk melihat bagaimana mengelola pengawasan akademik di MTs Negeri 2 Ogan Ilir, seperti perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan menindaklanjuti pengawasan akademik. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari sisi perencanaan pengawasan akademik di MTs Negeri 2 Ogan Ilir dapat dikatakan berhasil dengan baik dengan program perencanaan pengawasan. Pengawasan akademik oleh pengawas di MTs Negeri 2 Ogan Illir telah dilakukan tetapi belum optimal karena frekuensi kunjungan masih kurang. Evaluasi pengawasan akademik di MTs Negeri 2 Ogan Ilir telah dilakukan tetapi belum efektif. Tindak lanjut dari pengawasan akademik yang dilakukan oleh pengawas di MTs Negeri 2 Ogan Ilir cukup memadai. Kata Kunci: Manajemen, Pengawasan Akademik, Pengawas.
STRATEGI DAN PENGENDALIAN KEPEMIMPINAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 1 YOGYAKARTA Rohman
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.161

Abstract

Abstract: This study aims to show the application of the strategy and Madrasah leadership management towards quality improvement of education. The location of the study was conducted at Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta). This type of research is a qualitative descriptive and data collection method is done by non-participant observation, in-depth interviews, and documentation. The result shown that the head of madrasah had applied strategic steps towards quality improvement of education. The priority in teachers’ training to improve their skill and learning process among students in three domains; academic, tahfidz and research. In optimizing these steps madrasah collaborates with education stakeholders, universities, training centers, academics and the community to provide guidance and assistance in improving the learning process in the internal madrasah. Besides the head of the madrasah manage activities by distributing responsibilities to each field in the madrasah organization. In addition, the relationship between the headmaster and its member are built through an intensive dialogical approach and open communication with the aim that works can be carried out together in order to improve the quality of education. Keywords: Strategy, Management, Quality of Education, Madrasah Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan penerapan strategi dan pengendalian kepemimpinan Madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah strategis yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan berupa prioritas pada kegiatan pelatihan terhadap guru untuk meningkatkan skil mereka, dan prioritas peningkatan proses pembelajaran di kalangan siswa dalam tiga ranah yaitu akademis, tahfidz, dan riset. Dalam optimalisasi langkah-langkah tersebut pihak madrasah melakukan kerja sama dengan para stakeholders pendidikan, yakni perguruan tinggi, balai pelatihan, akademisi dan masyarakat guna memberi bimbingan dan pendampingan dalam meningkatkan proses pembelajaran di internal madrasah. Sementara pengendalian yang dilakukan kepala madrasah terhadap aktivitas kerja dengan cara mendistribusikan tanggung jawab terhadap masing-masing bidang dalam organisasi madrasah. Di samping itu hubungan kepala madrasah dengan bawahan dibangun dengan pendekatan dialogis dan keterbukaan komunikasi yang intensif dengan tujuan agar aktivitas kerja dapat dilakukan secara bersama-sama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Kata Kunci: Strategi, Pengendalian, Kepemimpinan, Mutu Pendidikan, Madrasah.
TRANSFORMASI KEAGAMAAN MASYARAKAT MUALAF DUSUN KALA DESA WIH ILANG KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH Nurul Qomariyah Ahmad; Suminah; Ruri Amanda
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.166

Abstract

Abstract: The mualaf community of Kala Hamlet, Wih Ilang Village , Central Aceh Regency, Aceh Province, embraced Islam simultaneously and massively. They are Karo Catholics who previously lived in the Karo District of North Sumatra Province. One of the reasons for the transfer of the Karo community to the Kala hamlet was to make a living. The transfer process has been going on since the 1990. It takes process and effort to become a good Muslim. The purpose of this research is to know the religious transformation in the field of worship. This research uses descriptive qualitative with in-depth interview techniques, FGD, documentation and observation. The validity of the data uses triangulation techniques with Milles and Hubberman analysis . Based on the results of the study, it was found that the converts of the people of Kala underwent a process of transforming religious life in the field of worship by committing to perform worship according to Islamic teachings properly and correctly , despite the limited conditions and constraints when embracing Islam had been 30 years old . thus causing them to experience delays in understanding the Koran reading and prayer reading in worship rituals. In addition there are still many practices of compassion that they have not yet understood and will result in suboptimal levels of worship. Keywords: Transformation, Religious, Mualaf Abstrak: Masyarakat mualaf Dusun Kala Desa Wih Ilang Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh memeluk agama Islam secara serempak dan masif. Mereka merupakan keturunan suku Karo beragama Katholik yang sebelumnya berdomisili di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Salah satu alasan perpindahan masyarakat Karo tersebut ke Dusun Kala untuk mencari penghidupan. Proses perpindahan sudah berlangsung sejak tahun 1990-an. Dibutuhkan proses dan usaha agar menjadi seorang Muslim yang baik. Tujuan dari penelitian ini mengetahui transformasi keagamaan pada bidang ibadah. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, FGD, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan analisis Milles and Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa masyarakat mualaf Dusun Kala menjalani proses transformasi kegamaan pada bidang ibadah dengan berkomitmen menjalankan ibadah sesuai ajaran Islam secara baik dan benar, walaupun kondisi yang terbatas serta mengalami kendala ketika memeluk agama Islam sudah berusia 30 tahun. sehingga menyebabkan mereka mengalami keterlambatan dalam memahami bacaan Alquran maupun bacaan doa dalam ritual ibadah. Selain itu masih banyak praktik ibadah yang belum mereka pahami dan akan berakibat tidak optimalnya tataran ibadah. Kata Kunci: Transformasi, Keagamaan, Mualaf
SCIENCE OF SALAT MOVEMENT IN COVID-19 ERA AND TURBULENCE ECONOMIC R Mochamad A
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.168

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the salat movements associated with Covid-19 and economic turbulence. The secret in the salat movement gives health to the human body. By continuing to carry out the obligation of salat as a Muslim, and the current economic condition shaken by Covid-19, could become one of the strongholds of economic turbulence. Data is taken from content in the form of stages of ablution and salat movement, secondary data obtained from the Central Bureau of Statistics (BPS), World Health Organization (WHO), International Monetary Fund (IMF), and Worldbank. This study uses a content analysis methodology, with a Hahslm theory approach that integrates Covid-19, Islamic economics and religiosity and the Koran. The results show that health, patience and religiosity can strengthen the resilience of Covid-19 as well as by offering salat to face the economic crisis. Keywords: Islam, Health, Salat Movement, Covid-19, Economy Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gerakan sholat yang berkaitan dengan Covid-19 serta turbulensi ekonomi. Rahasia dalam gerakan shalat memberikan kesehatan bagi tubuh manusia. Dengan tetap menjalankan kewajiban salat sebagai seorang umat Islam, dan keaadan ekonomi saat ini yang tergunvang oleh Covid-19 bisa menjadi salah satu benteng pertahanan terhadap turbelensi ekonomi. Data diambil dari konten berupa tahapan wudu dan gerakan salat, data sekunder diperoleh dari Biro Pusat Statistik (BPS), World Health Organization (WHO), International Monetary Fund (IMF), dan Worldbank. Studi ini menggunakan metodologi analisis konten, dengan pendekatan teori Hahslm yang mengintegrasikan Covid-19, ekonomi dan religiusitas Islam dan Al-Quran. Hasil menunjukkan bahwa kesehatan, kesabaran, dan religiusitas dapat memperkuat ketahanan diri dari Covid-19 serta dengan salat untuk menghadapi krisis ekonomi. Kata-kata kunci: Islam, Kesehatan, Gerakan Shalat, Covid-19, Ekonomi
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM ARTIKEL ILMIAH DOSEN STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON Putri Wulan Dhari
Jurnal As-Salam Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37249/as-salam.v4i1.169

Abstract

Abstract: This study aims to described an language error in scientific article made by lecturer in STAIN Gajah Putih Takengon. The data of this research were taken from four scientific article made by lecturer in STAIN Gajah Putih Takengon. Research data in the form of errors in Indonesian language in spelling, diction, sentences, and paragraphs contained in a scientific article. Data collection techniques in the form of documentary study technique . The research results show that; 1) 753 data errors were found in the total; 2) the most common language errors is in spelling, which is 463 data, 3) errors in diction which is 215 data; 4) errors in the use of sentences of 67 data; and 5) errors in the paragraph aspects were found in 8 data.Keywords: language errors, scientific article Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam artikel ilmiah dosen STAIN Gajah Putih Takengon. Sumber data penelitian ini adalah empat artikel ilmiah dosen STAIN Gajah Putih Takengon. Data penelitian berupa kesalahan berbahasa Indonesia dalam ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf yang terdapat dalam artikel ilmiah. Teknik pengumpulan data berupa teknik studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) ditemukan kesalahan berbahasa sebanyak 753 data secara keseluruhan; 2) kesalahan berbahasa yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan pada ejaan, yaitu sebanyak 463 data; 3) kesalahan dalam pemilihan kata (diksi), yaitu sebanyak 215 data; 4) kesalahan dalam pemakaian kalimat sebanyak 67 data; dan 5) kesalahan pada aspek pemaragrafan ditemukan sebanyak 8 data.Kata kunci: kesalahan berbahasa, artikel ilmiah

Page 1 of 2 | Total Record : 13