cover
Contact Name
Fitriani
Contact Email
fitrianifitri240@gmail.com
Phone
+6285242096399
Journal Mail Official
jurnaltmiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jl Sultan Hasanuddin, Balangnipa, Sinjai Utara, Sulawesi Selatan
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Tadris Matematika (JTMT)
ISSN : 2745956X     EISSN : 27459551     DOI : https://doi.org/10.47435/jtm.v1i2
Core Subject : Science, Education,
Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan matematika termasuk pengajaran dan pembelajaran, pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, eksperimental penelitian, penelitian tindakan kelas, dll.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021" : 6 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Putri Maisyarah Ammy
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i2.714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan pemberian pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model Reciprocal Teaching, nilai rata-ratanya sebesar 83,2. Sedangkan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model konvensional hanya mendapat nilai rata-ratanya sebesar 77,2. Oleh karena itu, pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model Reciprocal Teaching berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.
Metafora Kemampuan Berpikir Metafora Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Nurjasia Nurjasia; Nurfadilah Mahmud; Aprisal Aprisal
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i2.718

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir metafora siswa pada materi aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 8 Enrekang sebanyak 29 orang siswa. Adapun subjek penelitian sebanyak 6 orang dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dipilih untuk mewakili kemampuan berfikir metafora pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berfikir metafora untuk memperoleh data kemampuan berfikir metafora dan pedoman wawancara untuk melengkapi dan memperkuat informasi yang berasal dari pemberian tes pada materi aljabar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berfikir metafora siswa pada materi aljabar berada pada kategori sedang. Siswa dengan kemampuan berfikir metafora tinggi yaitu siswa sudah memenuhi ketiga indikator kemampuan berfikir metafora dengan tepat, siswa dengan kemampuan berfikir metafora sedang hanya bisa memenuhi satu atau dua indikator dari kemampuan berfikir metafora, sementara itu, siswa dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi satu atau tidak sama sekali indikator dari kemampuan berfikir metafora.
Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Kelas VIII dengan Strategi Gallery Walk dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Tepus Dwi Hastuti Listiyani
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i2.722

Abstract

This research aims to improve VIII grade students’ Creativity, Critical Thinking, Collaboration and Communication skills (4C skills) in SMP N 3 Tepus using gallery walk in mathematics learning. This is a classroom action research. The subject of this research is 21 students of eight grade inSMP N 3 Tepus. The skills measured in this study include: 1) creativity, 2) critical thinking, 3) collaboration, and 4) communication. The data of this study were obtained through observation and students cycle test. The results showed that: (1)implementation of learning with gallery walk strategy contained: (a) choosing text, (b) organize text in the classroom, (c)instruct students how to perform along the gallery, can improve 4C skills of students. (2) The improvement of 4C students skills based on observation and students cycle test in cycle 1 was 58,45 and increased to 75,43 in the end of cycle 2
Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Program Studi Tadris Matematika IAIM Sinjai Nurul Hidayah; Danial Danial; Takdir Takdir
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i2.728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus II materi integral tak tentu dan tentu. (2) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus II materi integral tak tentu dan tentu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Tadris Matematika semester II yang sedang mempelajari mata kuliah Kalkulus II. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus II materi integral tak tentu dan tentu terdapat 2 kesulitan belajar, yaitu kesulitan pemahaman konsep, seperti tidak dapat memahami dan mencermati maksud soal serta tidak tahu penerapan rumus dan kesulitan penyelesaian soal, seperti kurangnya ketelitian dalam menulis soal, kesulitan dalam memahami langkah penyelesaian soal, kesulitan dalam berhitung dan tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan. (2) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata kuliah kalkulus II materi integral tak tentu dan tentu adalah, menumbuhkan minat dalam belajar dengan memperbanyak latihan soal, mencari materi yang kurang dipahami dan motivasi belajar yang perlu diberikan.
Perangkat Pembelajaran Metode Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Evvy Lusyana; Tri Rahmah Silviani; Uke Ralmugiz; Fitriani Fitriani
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i2.730

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran metematika berbasis inquiry based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) studi pendahuluan mencakup analisis kebutuhan dan situasi; (2) tahap perancangan dan pengembangan prototype; (3) tahap penilaian mencakup validasi ahli dan uji coba produk. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) lembar validasi RPP dan LKS; (2) lembar penilaian kepraktisan dari guru dan siswa; (3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (4) angket minat; dan (5) prestasi belajar. Subjek uji coba yaitu guru dan siswa MTsN 1 Kota Bima dan SMP N 1 Mantingan. Analisis rata-rata dilakukan dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru Hartini Hartini; Danial Danial; Munawaroh Munawaroh
JTMT: Journal Tadris Matematika Vol 2 No 2 (2021): Volume 02 Nomor 2 December 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jtmt.v2i2.749

Abstract

This study aims to determine, 1) The effect of learning facilities on the learning independence of class VII students of SMP Negeri 2 Kotabaru; 2) The influence of learning motivation on the learning independence of seventh grade students of SMP Negeri 2 Kotabaru; 3) The effect of learning facilities and learning motivation together on the learning independence of class VII students of SMP Negeri 2 Kotabaru. This type of research is an ex post facto research using a descriptive quantitative approach. Using simple random sampling technique, class VII C and VII E were obtained as samples in this study. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires. The data analysis technique used in this research is normality test and multicollinearity test. Meanwhile, to test the hypothesis using simple and multiple regression analysis or using t test and F test. The results of this study indicate that 1) there is an influence between learning facilities on learning independence. This is evidenced by the value of tcount greater than ttable (2.135 > 2.0322) and a significance value of 0.040, which means less than the predetermined significance level of 0 0.05 (0.040 < 0.05); 2) there is no influence of learning motivation on learning independence, because the tcount value is less than the ttable value (0.136 < 2.0322) and the significance value is 0.754, which means it is greater than the predetermined significance level of 0.05 (0.754 > 0, 05); 3) The results of multiple regression after the F test were obtained that the Fcount value was less than Ftable (2.595 < 3.27) and the significance value was obtained at 0.089 which means it is greater than the predetermined significance level of 0.05 (0.089 > 0.05). Based on these results, there is no influence between learning facilities and learning motivation on independent learning together in class VII students of SMP Negeri 2 Kotabaru. The magnitude of the coefficient of determination (R square) is 0.132 or 13.2%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6