cover
Contact Name
tedy ardiansyah
Contact Email
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Phone
+6287728003460
Journal Mail Official
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Nangka no.58 C (TB Simatupang), kelurahan tanjung barat kecamatan jagakarsa jakarta selatan 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal USAHA
ISSN : -     EISSN : 27462471     DOI : 10.30998
Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy entrepreneurship
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2023): Desember" : 10 Documents clear
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MARKETPLACE UNTUK SURVIVE DI MASA PANDEMI BAGI BROTHER’S PIZZA Romianna Br Sitepu
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.1494

Abstract

Marketplace adalah sebuah platform atau tempat dimana berbagai jenis penjual dengan produk yang berbeda bisa berkumpul untuk menjual produknya ke pelanggan. Banyak jenis-jenis dari marketplace, diantaranya online marketplace seperti e-commerce yang paling sering digunakan. Brother’s pizza merupakan sebuah usaha UMKM yang menggunakan marketplace selama masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketplace selama pandemi terhadap minat beli konsumen pada Brother’s Pizza. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu studi pustaka dan observasi. Selain itu, menggunakan metode survey dan wawancara secara langsung dengan pemilik Brother’s Pizza. Oleh karena itu, pengumpulan datanya diperoleh dari data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu diambil dari data wirausaha saat ini yang mengetahui penjualan, pembuatan, pengeluaran hingga pemasukan Brother’s Pizza. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah marketplace mempunyai pengaruh yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan Brother’s Pizza selama pandemi, dengan adanya marketplace ini dapat memudahkan konsumen dan pembeli tanpa harus bertemu langsung, apalagi saat pandemi berlangsung, yang mana sebagian orang memilih untuk tidak keluar rumah.
Pengaruh Influencer, Media Sosial (TikTok dan Instagram) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Putro Solo Tania Nurul Salsabilah; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2379

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dampak dari influencer (X1), sosial media (TikTok dan Instagram) (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di Bakso Putro Solo. Studi ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif, dengan menghimpun informasi melalui metode kuesioner skala likert terhadap 97 responden. Teknik analisis data lainnya mencakup uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis, uji asumsi klasik, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil pengujian hipotesis uji T juga menunjukkan bahwa kedua faktor independent memiliki dampak signifikan pada variabel dependen. Uji F mengungkapkan pengaruh bersama-sama variabel influencer dan variabel (Tiktok dan Instagram) sebagai media promosi terhadap keputusan pembelian. Dengan nilai R square sebesar 0,555, maka dua variabel independent yang dimasukkan dalam persamaan regresi menjelaskan 55,5% variasi dalam keputusan pembelian. Sementara itu, faktor-faktor di luar lingkup penelitian ini mempengaruhi 44,5% sisanya.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PROPERTI KHUSUSNYA BAGI PEGAWAI MILENIAL Mohamad Burman Ardiansyah; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2520

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dimaksudkan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian properti, khususnya di kalangan pegawai milenial. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak variabel budaya, sosial, dan psikologi pada keputusan pembelian properti. Data primer dikumpulkan dari 35 responden melalui penyebaran kuesioner. Analisis deskriptif dilakukan untuk memahami karakteristik empat variabel utama: budaya, sosial, psikologi, dan keputusan pembelian. Hasilnya menunjukkan variasi yang signifikan dalam variabel-varibel tersebut. Uji t dilakukan untuk menilai dampak setiap variabel pada keputusan pembelian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa budaya, sosial, dan psikologi memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.  ABSTRACTThis research is intended to investigate the factors influencing consumer behavior in property purchases, especially among millennial employees. The main objective of this research is to evaluate the impact of cultural, social, and psychological variables on property purchasing decisions. Primary data was collected from 35 respondents through questionnaire distribution. Descriptive analysis was conducted to understand the characteristics of four main variables: culture, social, psychological, and purchasing decisions. The results indicate significant variations in these variables. A t-test was conducted to assess the impact of each variable on purchasing decisions. The findings of this research show that culture, social, and psychology have a significant partial impact on purchasing decisions.
PENGARUH KINERJA DITINJAU DARI IKLIM ORGANISASI DAN KOMPETENSI PEGAWAI DISDIKBUD KABUPATEN PATI Ajeng Kusuma Wardani; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2383

Abstract

ABSTRAK Ada berbagai macam faktor yang dapat memberikan dampak terhadap kinerja pegawai, dan faktor tersebut dikenal dengan faktor iklim organisasi. Pada dasarnya, iklim organisasi mengacu pada keseluruhan sikap, nilai, norma, dan emosi karyawan dalam suatu organisasi. Apabila iklim organisasi tidak mendukung dan memudahkan pekerjaan pegawai, maka dapat menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika melihat peningkatan kinerja adalah tingkat kompetensi. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi di antara karyawan sangatlah minim, dan mereka memerlukan keterampilan teknis, konseptual, dan fungsional yang komprehensif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan proporsional kinerja berdasarkan iklim organisasi dan kompetensi pada pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempunyai pengaruh proporsional terbesar terhadap kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan survei eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Temuan dan pembahasan penelitian mengungkapkan bahwa lingkungan kerja, kompetensi, dan iklim organisasi semuanya berperan penting dalam mempengaruhi kinerja karyawan. ABSTRACT There are various factors that can have an impact on employee performance, and these factors are known as organizational climate factors. Basically, organizational climate refers to the overall attitudes, values, norms and emotions of employees in an organization. If the organizational climate does not support and facilitate employee work, it can cause problems in the future. Another important aspect to consider when looking at improving performance is the level of competency. Research shows that the level of competency among employees is minimal, and they require comprehensive technical, conceptual and functional skills. The aim of this research is to determine the proportional differences in performance based on organizational climate and competency among employees of the Pati Regency Education and Culture Office. In addition, this research aims to identify factors that have the greatest proportional influence on the performance of the Pati Regency Education and Culture Office. To achieve this goal, an explanatory survey with a quantitative approach was used. The research findings and discussion reveal that the work environment, competence, and organizational climate all play an important role in influencing employee performance.. 
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA RESTORAN BO SHIN MYEONG GA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN Linda Wati; Vella Anggresta
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2082

Abstract

AbstrakTujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui strategi pemasaran pada Restoran Bo Shin Myeong Ga untuk meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah 9 orang karyawan dan 1 owner di Restoran Bo Shin Myeong Ga. Insturmen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah peneliti menganalisis mengenai strategi pemasaran dan penjualan pada Restoran Bo Shin Myeong Ga. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran pada Restoran Bo Shin Myeong Ga masih belum maksimal. Hal itu dibuktikan dari target pasar yang kenaikannya cenderung naik turun sehingga penjualan yang didapatkan belum mencapai target yang diharapkan oleh perusahaan
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, TEAM WORK DAN SIKAP KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI TOKO COSMETIC FAMILY usie utari; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2387

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kinerja karyawan yangdipengaruhi oleh 3 variabel yaitu lingkungan kerja, kerjasama tim, dan sikap kerja diToko Cosmetic Family. Tools yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSSdengan analisis Regresi Linier Berganda. Dari 3 variabel tersebut diperoleh koefiensideterminasi sebesar 36,4%. Uji F diperoleh sebesar 10,744 dengan nilai signifikasi0,000 < 0,05 maka H0 pun ditolak yang berarti bahwa indikator lingkungan kerja,kerjasama tim, dan sikap kerja berpengaruh secara simultan terhadap Tingkat KinerjaKaryawan. Kemudian uji T yang dilakukan pada variabel Lingkungan Kerjamenghasilkan nilai sebesar 0,529 dengan jumlah signifikasi 0,599 > 0,05 yang berartiH0 pun diterima dan disimpulkan bahwa variabel tersebut tidak memiliki pengaruhterhadap Kinerja Karyawan. Selanjutnya untuk Team Work disimpulkan tidak memilikipengaruh yang tinggi pada Kinerja Karyawan dimana nilai t yang di hitung adalahsebesar -0,759 dengan besaran signifikasi adalah 0,452 > 0,05 yang berarti H0 punditerima. Dan yang terakhir adalah Sikap Kerja yang memiliki nilai t senilai 4,905 dannilai signifikasi 0,000 < 0,05 H0 pun diterima yang berarti bahwa variabel Sikap Kerjaadalah variabel yang paling dominan dan memiliki pengaruh yang besar terhadapKinerja Karyawan di Toko Cosmetic Family
Peningkatan Daya Saing Melalui Inovasi Produk dan Branding Pada UMKM Risol dan Gado-gado Iis Aisyah; Dewi Purnamasari; Wulan Sahfira; Redita Diah Ayu; Alifiia Dewi Kurnianingsih; Rita Ningsih
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2331

Abstract

Artikel jurnal ini akan membahas bagaimana UMKM Risol dan Gado-gado dapat menjadi lebih kompetitif dengan melakukan inovasi produk dan branding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer dari observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung. Untuk meningkatkan daya saing mereka, UMKM Risol dan Gado-gado berfokus pada inovasi produk dan branding. Ini karena mereka menghadapi sejumlah masalah, termasuk kekurangan dana untuk inovasi produk dan merek, kurangnya akses ke pasar yang lebih besar, dan meningkatnya persaingan dari pesaing yang lebih mapan.
Analisis Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Kesuksesan Wirausaha di Indonesia Selti Sephia; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui pengaruh kreativitasdan inovasi terhadap kesuksesan wirausaha di Indonesia agar dapat membantumengembangkan ide atau inovasi baru wirausahawan di Indonesia. Metode dalamPenelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer yangdiperoleh dari survei dengan menyebarkan kuisioner ke media sosial. Hasil dariPenelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden melakukan pertunjukanpositif terhadap peran kreativitas dan inovasi dalam kesuksesan wirausaha.Kreativitas dianggap sangat penting, tingkat kreativitas responden dalamberwirausaha cukup tinggi, dan penerapan inovasi sering dilakukan. Kontribusiinovasi terhadap kesuksesan wirausaha juga dianggap tinggi. Sebagian besarresponden menganggap diri mereka cukup sukses dalam berwirausaha.Responden dalam penelitian ini adalah wirausahawan yang ada di Indonesiadengan jumlah responden 34 orang. Penyedia wirausaha di Indonesia mampumembangun kreativitas dan inovasi yang lebih lagi, sehingga wirausahawan diIndonesia dapat mengembangkan usahanya untuk mencapai kesuksesan.
KUNJUNGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH SPAREPART MOTOR Gitaayu Lestari; Burhanudin Burhanudin
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.1474

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar Mahasiswa dapat memperoleh gambaran dan wawasan terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sparepart motor. Kunjungan usaha ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa pada mata kuliah Kewirausahaan. Dilihat dari zaman yang semakin canggih ini, tersedia banyak marketplace yang dapat memudahkan semua orang berbelanja secara online. Dengan ketersediaannya berbagai marketplace, diharapkan Mahasiswa dapat memanfaatkan peluang usaha ini untuk membangun dan mengembangkan entrepreneurship dan berani memulai suatu bisnis yang menguntungkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan melalui wawancara dengan narasumber, dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa usaha sparepart motor ini adalah usaha yang cukup menguntungkan, meskipun dalam menjalankan usaha sparepart motor secara online masih beresiko terjadinya barang rusak dalam proses pengiriman dan pemberian ulasan negatif, namun itu menjadi tantangan tersendiri untuk terus mengevaluasi dari segi pengemasan dan kualitas barang, hingga kualitas dan pelayanan yang diberikan untuk konsumen lebih maksimal dan memperoleh lebih banyak ulasan positif. Keberanian, ketekunan, kesabaran, serta kemampuan untuk terus mengevaluasi hasil menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha untuk terus meningkatkan kualitas penjualan yang lebih baik dan meraih kesuksesan secara optimal. Kata Kunci : Mahasiswa, UMKM, Kewirausahaan, Sparepart Motor, Kunjungan Usaha
ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM Wirah Oktaviani; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 2 (2023): Desember
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i2.2362

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui analisis SWOT pada UMKM “Seblak Rumahan”,yang mana bergerak di bidang kuliner, khususnya kerupuk dan berbagai toping sebagai pelengkapnya .Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan matrik IFAS, EFAS, SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang dilakukan terhadap peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan Bisnis Seblak Rumahan, disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Bisnis Seblak Rumahan mempunyai peluang yang besar karena banyaknya permintaan terhadap produk yang terus meningkat.   

Page 1 of 1 | Total Record : 10