cover
Contact Name
NUR WIDYAWATI
Contact Email
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Phone
+6282244844143
Journal Mail Official
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Editorial Address
jalan perak barat nomor 173 surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL BARUNA HORIZON
ISSN : 26218399     EISSN : 27213129     DOI : https://doi.org/10.52310/jbhorizon
Baruna Horizon : Journal of business administration with a concentration in ports.Jurnal baruna horizon merupakan jurnal ilmiah yang berbasis administrasi bisnis dengan konsentrasi kepelabuhan. Jurnal ini diterbitkan oleh STIA dan Manajemen Kepelabhan Barunawati” Surabaya. Jurnal ini terbit berkala setiap bulan Juni dan Desember
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON" : 7 Documents clear
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA Bambang Suryantoro; Yan Kusdyana
Jurnal Baruna Horizon Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v3i2.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Politeknik Pelayaran Surabaya. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas pelayanan publik di Politeknik Pelayaran Surabaya sudah diterapkan dimensi Tangibel, Realibility, Responsiveness, Assurance dan Empathy beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang kurang diperhatikan kebersihan dan fungsinya.
MODA TRANSPORTASI DARAT DAN KUALITAS LAYANAN JASA TERHADAP KELANCARAN ARUS CONTAINER DI DEPO Nur Widyawati; Dora Merciana; Meyti Hanna Ester Kalangi
Jurnal Baruna Horizon Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v3i2.43

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hubungan moda transportasi darat dan kualitas layanan jasa berpengaruh terhadap kelancaran arus container di Depo pada PT. Berkah Multi Cargo Logistics. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna jasa sedangkan sampel yang diambil sebanyak 50 responden. penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik analisis data dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa, variabel Moda Transportasi Darat (X1) memiliki hubungan yang signifikan terhadap Kelancaran Arus Container (Y), Artinya apabila moda transportasi darat dalam kondisi yang baik, maka akan meningkatkan Kelancaran Arus Container. Variabel Kualitas Layanan Jasa (X2) memiliki hubungan yang signifikan terhadap Kelancaran Arus Container (Y) Artinya apabila kualitas Layanan Jasa yang diberikan baik, maka Kelancaran Arus Container akan semakin meningkat. Moda Transportasi Darat dan Kualitas Layanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kelancaran Arus Container, Artinya apabila Moda Transpotasi Darat dan Kualitas Layanan Jasa yang diberikan semakin baik maka akan meningkatkan Kelancaran Arus Container.
MINAT MENGGUNAKAN JASA PENYEBERANGAN KAPAL FERI RUTE UJUNG – KAMAL DI MASA PANDEMI COVID-19 Didit Darmawan; Mila Hariani; Moch Irfan; Arif Rachman Putra
Jurnal Baruna Horizon Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v3i2.44

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak di semua industri termasuk industri jasa angkutan laut. Salah satunya adalah jasa penyeberangan kapal feri dengan rute Ujung – Kamal yang menghubungkan Surabaya dan pulau Madura. Kondisi yang memprihatinkan dari keberadaan jembatan Suramadu yang menyebabkan penurunan volume angkutan penumpang maupun kendaraan diperparah lagi dengan kebijakan menghadapi pandemi. Dengan tekanan kondisi tersebut, pihak pengelola dituntut untuk lebih peka mengamati faktor-faktor yang memengaruhi minat dari pengguna jasa penyeberangan kapal feri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap minat menggunakan jasa penyeberangan kapal feri rute Ujung – Kamal; (2) untuk mengetahui pengaruh keterlibatan terhаdаp minat menggunakan jasa penyeberangan kapal feri rute Ujung – Kamal; (3) untuk mengetahui pengaruh lokasi dan keterlibatan secara simultan terhаdаp minat menggunakan jasa penyeberangan kapal feri rute Ujung – Kamal. Di penelitian ini melibatkan 76 responden. Dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS 23 diperoleh temuan penelitian bahwa (1) lokasi terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan jasa penyeberangan kapal feri rute Ujung – Kamal; (2) keterlibatan terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan jasa penyeberangan kapal feri rute Ujung – Kamal; (3) lokasi dan keterlibatan terbukti berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat menggunakan jasa penyeberangan kapal feri rute Ujung – Kamal.
PENGARUH PELAYANAN MUATAN PETI KEMAS DAN HUMAN FACTORS TERHADAP KINERJA OPERATOR RTG DI TERMINAL PETI KEMAS NILAM Mudayat Haqi; Ali Achmad Husen
Jurnal Baruna Horizon Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v3i2.46

Abstract

Meningkatnya arus peti kemas setiap tahun di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya memicu PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) untuk meningkatkan mutu pelayanan dan menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan demi peningkatan kepuasan stakeholder. Peningkatan pelayanan ini tidak lepas dari kontribusi Terminal Peti Kemas Nilam sebagai salah satu terminal peti kemas domestik milik PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang berlokasi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Aktivitas pelayanan di lapangan penumpukan peti kemas menjadi kunci dalam peningkatan pelayanan bongkar dan muat kapal, hal ini dikarenakan pelayanan di dalam lapangan penumpukan adalah awal dari kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Operator RTG (Rubber Tyred Gantry), Operator HT (Head Truck) dan Stackman yang menjadi pemeran utama dalam pengiriman muatan peti kemas dari lapangan penumpukan ke dermaga saling memiliki keterkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan muatan peti kemas dan human factors terhadap kinerja operator RTG di Terminal Peti Kemas Nilam. Populasi dalam penelitian ini adalah operator RTG dan operator CC yang bekerja di Terminal Peti Kemas Nilam. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling yang berjumlah 33 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana sampel penelitian diperoleh dari responden yang bekerja sebagai operator di Terminal Peti Kemas Nilam. Data dikumpulkan melalui distribusi online menggunakan Google Forms. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pelayanan muatan peti kemas dan human factors secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja operator RTG. 21,4% Kinerja operator RTG dipengaruhi oleh variabel pelayanan muatan peti kemas dan human factors, sisanya 78,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak terdapat di dalam penelitian ini.
MENAKAR DETERMINAN KINERJA KARYAWAN BONGKAR MUAT SERBUK KAYU DI PT. PBM TIRTA SAPTA SAMUDERA SEMARANG Vivi Oktavianti; Aprih Santoso
Jurnal Baruna Horizon Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v3i2.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode sensus, yakni mengambil semua populasi menjadi responden penelitian. Jumlah responden adalah 100 karyawan. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F serta analisis koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja, kepemimpinan, dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan PT. PBM Tirta Sapta Samudera Semarang. Sedangkan variabel yang dominan yang mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan pada PT. PBM Tirta Sapta Samudera adalah lingkungan kerja, hal ini karena dimana lingkungan kerja yang nyaman akan membuat para karyawan akan betah dan nyaman dalam melakukan pekerjaannya dan karyawan akan merasa semangat untuk bekerja.
PENGARUH PENDIDIKAN, KOMPETENSI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Ella Anastasya Sinambela
Jurnal Baruna Horizon Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v3i2.48

Abstract

Kepuasan kerja merupakan variabel penting untuk memengaruhi kinerja organisasi. Hal ini karena kepuasan kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja masing-masing karyawan. Pendidikan, kompetensi dan pengalaman kerja merupakan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Oleh karena itu perlu peninjauan dan pengamatan terhadap variabel-variabel tersebut. Beberapa masalah yang terjadi di objek penelitian terkait dengan variabel-variabel tersebut adalah beberapa karyawan yang bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya; karyawan yang lebih banyak menuntut sehingga belum mengoptimalkan penerapan kompetensi yang dimilikinya; atau beberapa karyawan yang masa kerja terbilang baru namun sudah menduduki jabatan melebihi karyawan yang masuk terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap kepuasan kerja karyawan; (2) untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhаdаp kepuasan kerja kаryаwаn; (3) untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja terhаdаp kepuasan kerja karyawan; (4) untuk mengetahui pengaruh secаrа simultаn pendidikan, kompetensi dan pengalaman kerja terhadap kepuasan kerja. Ada 100 responden yang terlibat di penelitian ini. Alat analisisnya adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS 23. Populasi di penelitian ini adаlah kаryawan jasa pengiriman dengan merek ternama di Surabaya. Dari hasil penelitian diperoleh bukti bahwa hipotesis penelitian terbukti benar. Temuan penelitian menyebutkan bahwa (1) pendidikan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan; (2) kompetensi terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan; (3) pengalaman terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan; (4) pendidikan, kompetensi dan pengalaman kerja terbukti berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan
SPIRITUALITAS KERJA DAN KEDISIPLINAN KARYAWAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI Rahayu Mardikaningsih
Jurnal Baruna Horizon Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 No 2 (2020): JURNAL BARUNA HORIZON
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52310/jbhorizon.v3i2.49

Abstract

Spiritualitas dan kedisiplinan menjadi faktor penentu dalam pembentukan sikap dan perilaku di tempat kerja. Keduanya sepatutnya teramati dengan baik oleh pihak manajemen agar dinamikanya memberikan kontribusi bagi kebaikan organisasi di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh spiritualitas kerja terhadap komitmen organisasi; (2) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap komitmen organisasi; (3) untuk mengetahui pengaruh secara simultan spiritualitas kerja dan kedisiplinan terhadap komitmen organisasi. Populasi di penelitian ini adalah karyawan di salah satu perusahaan peti kemas ternama di Kota Surabaya. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dan alat analisisnya adalah analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan hipotesis penelitian terbukti benar. Temuan penelitian menyebutkan bahwa (1) spiritualitas kerja terbukti berpengaruh nyata terhadap komitmen organisasi; (2) kedisiplinan terbukti berpengaruh nyata terhadap komitmen organisasi; (3) spiritualitas kerja dan kedisiplinan terbukti berpengaruh nyata secara simultan terhadap komitmen organisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7