cover
Contact Name
NUR WIDYAWATI
Contact Email
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Phone
+6282244844143
Journal Mail Official
bagian.penelitianstiamak@gmail.com
Editorial Address
jalan perak barat nomor 173 surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL BARUNA HORIZON
ISSN : 26218399     EISSN : 27213129     DOI : https://doi.org/10.52310/jbhorizon
Baruna Horizon : Journal of business administration with a concentration in ports.Jurnal baruna horizon merupakan jurnal ilmiah yang berbasis administrasi bisnis dengan konsentrasi kepelabuhan. Jurnal ini diterbitkan oleh STIA dan Manajemen Kepelabhan Barunawati” Surabaya. Jurnal ini terbit berkala setiap bulan Juni dan Desember
Articles 95 Documents
CONTAINER CRANE, CONTAINER YARD DAN DERMAGA TERHADAP KECEPATAN BONGKAR MUAT PETIKEMAS PADA TERMINAL NILAM MULTIPURPOSE Juli Prastyorini; Deni Saputra
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelabuhan merupakan tempat yang terdiri dari perairan dan daratan yang menjadi tempat berlangsungnya kegiatan bongkar muat kapal, naik turun penumpang, tempat terjadinya roda perekonomian negara. Setiap daerah harus memiliki sebuah pelabuhan, karena pelabuhan sebagai pintu gerbang (gateway) perekonomian suatu daerah. Untuk menunjang aktivitas pelabuhan yang harus cepat dan tepat, maka dipandang perlu untuk diadakan fasilitas pelabuhan yang modern, karena semakin canggih suatu fasilitas yang digunakan maka akan semakin cepat kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan tersebut. Penelitian ini meneliti tentang “Container Crane, Container Yard Dan Dermaga Terhadap Kecepatan Bongkar Muat Petikemas Pada Terminal Nilam Multipurpose”, bagi Penulis penelitian ini dipandang perlu karena sebagaimana kita tahu bahwa fasilitas sangatlah berpengaruh terhadap proses loading and discharging petikemas di setiap pelabuhan, maka dari itu kualitas dari fasilitas pelabuhan harus diperhatikan agar kegiatan bongkar ataupun muat barang dapat berlangsung dengan cepat dan aman. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa fasilitas pelabuhan yang terdiri dari Container Crane, Container Yard dan Dermaga yang secara simultan berpengaruh terhadap kecepatan bongkar muat petikemas yang ada di Terminal Nilam Multipurpose, sehingga untuk memperoleh produktivitas yang lebih banyak maka dibutuhkan fasilitas yang memadai
Distribusi Dokumen dan Waktu Penyelesaian Nota terhadap One Day Billing Nur Widyawati; Rifa Syarri
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap perusahaan jasa menyatakan bahwa tujuan perusahaan adalah memuaskan pelanggan dan kini semakin disadari bahwa pelayanan dan kepuasan pelanggan merupakan aspek yang vital dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan. Kepuasan pelanggan juga merupakan kunci keberhasilan perusahaan untuk mencapai laba dalam jangka panjang. Pengukuran kepuasan pelanggan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) pada Divisi Pelayanan Kapal Cabang Tanjung Perak dapat dilihat dari pelayanan One Day Billing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh distribusi dokumen terhadap One Day Billing, (2) pengaruh waktu penyelesaian nota terhadap One Day Billing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yaitu 120 gerakan kapal. Teknik pengumpulan data melalui metode studi kepustakaan dan studi lapangan.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik biner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa distribusi dokumen tidak memiliki pengaruh terhadap One Day Billing, sedangkan waktu penyelesaian nota berpengaruh terhadap One Day Billing.
INVESTASI CONTAINER YARD TERHADAP PENDAPATAN PT.PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK Gugus Wijanarko; Gede Prima Datu
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Terminal Nilam menggunakan alat analisis keuangan Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Profitability Index (PI). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Payback Period (PP) selama 5 tahun menunjukkan Investasi Container Yard tersebut layak; (2) Net Present Value (NPV) bernilai positif sehingga diterima untuk di lakukannya Investasi; (3) Internal Rate of Return (IRR) lebih tinggi dari discount rate menunjukkan investasi ini layak; (4) Profitability Index (PI) memiliki nilai > 1 sehingga dikatakan layak dan (5) Investasi Container Yard di tinjau dari analisis keuangan tersebut layak untuk di laksanakan dan akan meningkatkan target serta pendapatan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak.
JUMLAH GANG KERJA, WAKTU, DAN CUACA TERHADAP PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT KONTAINER Sumarzen Marzuki; Ari Setiadi
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah gang kerja, waktu, dan cuaca sebagai variabel independen terhadap produktivitas bongkar muat kontainer sebagai variabel dependen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah kapal kontainer yang sandar di Terminal Mirah pada bulan Maret hingga Mei 2017 yaitu sejumlah 158 kapal, serta menggunakan jasa stevedoring PBM PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji statistik t (parsial), dan uji statistik F (simultan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel jumlah gang kerja, waktu, cuaca secara simultan berpengaruh terhadap produktivitas bongkar muat kontainer. Namun secara parsial hanya variabel jumlah gang kerja dan waktu yang memiliki pengaruh terhadap produktivitas bongkar muat kontainer, sedangkan variabel cuaca tidak memiliki pengaruh terhadap produktivitas bongkar muat kontainer di Terminal Mirah Surabaya.
ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS, DAN RASIOPROFITABILITASTERHADAP KINERJA KEUANGAN Soedarmanto Soedarmanto; Choirun Nisa
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Indofood CBP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam membayar kewajiban jangka pendek dengan menggunakan rasio likuiditas. menganalisis kinerja keuangan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam memenuhi semua kewajiban apabila perusahaan dilikuidasi dengan menggunakan rasio solvabilitas, menganalisis kinerja keuangan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dalam menghasilkan keuntungan dengan menggunakan rasio profitabilitas. Alat analisis yang digunakan adalah rasio likuditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dilihat dari rasio likuiditas, Current Ratio adanya peningkatan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan rasio ini menunjukkan kinerja perusahaan yang baik karena perusahaan mampu membayar kewajiban lancarnya. Dilihat dari rasio solvabilitas, Total Debt to Equity Ratio mengalami penurunan. Penurunan rasio ini menunjukkan kinerja perusahaan yang baik karena semakin kecil resiko keuangannya, namun dalam periode tertentu kinerja perusahaan dikatakan buruk karena berada diatas rata-rata standar industri. Dilihat dari rasio profitabilitas, profit margin. Peningkatan rasio ini menunjukkan kinerja keuangan perusahaan yang baik, karena dalam kurun waktu enam tahun kondisi keuangan selalu dalam keadaan baik dan tidak pernah melebihi dari rata-rata atau standar indutri.
SISTEM INDONESIAN PORT INTEGRATION (INAPORTNET) TERHADAP WAITING TIME FOR PILOT DAN WAITING TIME FOR BERTH Wulyo Raharjo; Farida Apriliani
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak adalah pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia. Ekonomi Indonesia dapat terpengaruh oleh kelancaran kegiatan di Pelabuhan. Pemerintah berupaya untuk memperlancar arus kapal di Indonesia sehingga pemerintah mulai mengembangkan aplikasi yang dapat berintegrasi dengan baik yang disebut Sistem Indonesian Port Integration (INAPORTNET). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari sistem Indonesian Port Integration Sistem terhadap kinerja pelayanan pandu yaitu Waiting Time for Pilot dan Waiting Time for Berth di PT.Pelabuhan Indonesia III cabang Tanjung Perak. Penelitian ini dilakukan dengan teknik analisa Regresi Logistik Biner. Berdasarkan hasil dan analisis diketahui bahwa Inaportnet berpengaruh positif terhadap Waiting Time for Pilot dan Waiting Time for Berth. Artinya semakin pengguna jasa memakai sistem Inaportnet maka probabilitas tercapainya Waiting Time for Pilot dan Waiting Time for Berth semakin tinggi.
Sistem Kerja Terusan dan Borongan Terhadap Produktivitas Kegiatan Bongkar Muat Juli Prastyorini; Seprianor Seprianor
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan penelitian ini hanya difokuskan pada Divisi Terminal Jamrud yang menangani kegiatan bongkar muat curah kering dan petikemas. Terminal Jamrudadalah salah satu terminal yang di peruntukkan kegiatan bongkar muat berbagai jenis barang di antaranya curah kering, curah cair, petikemas, dan general cargo.Pihak Manajemen dari Divisi Terminal Jamrud selalu melakukan langkah-langkah strategis menekan NOT (Not Operating Time) dan bahkan idle time menjadi Effective Timedengan mengefektifkan jam kerja TKBM serta memberlakukan sistem kerja terusan dan borongan, yaitu sebagian waktu istirahat TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) tetap digunakan untuk bekerja. Efektivitas penerapan sistem kerja terusan dan borongan ini sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas dan biaya yang di keluarkan sesuai dengan output yang di hasilkan.
Perencanaan Handlingpeti Kemas dan Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kecepatanreceivingdandelivery Indriana Kristiawati; Ardian Pahlevi
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu komponen penting dari sistem transportasi laut untuk Negara kepulauan seperti Indonesia adalah pelabuhan. Lapangan penumpukan yang digunakan untuk melayani muatan peti kemas merupakan salah satu fasilitas utama pelabuhan yang digunakan untuk menyimpan peti kemas yang berasal atau yang akan ke kapal. Lapangan penumpukan peti kemas merupakan bagian terpenting dalam memperlancar arus kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan perencanaan handling peti kemas dan kesiapan SDM terhadap kecepatan receiving dan delivery di lapangan penumpukan peti kemas Lapangan Konsolidasi CDC . 02 PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diamati adalah sistem penanganan peti kemasnya, semua pekerja yang berperan aktif dalam kegiatan receiving dan delivery, jenis dan kapasitas peralatan yang digunakan, serta luas lapangan penumpukan di lapangan penumpukan peti kemas, yang mana data yang digunakan adalah jumlah dalam kurun waktu periode januari 2017-juni 2017. Sumber data yang dipakai adalah data primer dan sekunder yang merupakan data yang diperoleh dari lapangan penumpukan peti kemas Lapangan Konsolidasi CDC . 02 PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya. Data dari penelitian ini diperoleh dengan metode pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa semua variabel yang digunakan pada penelitian ini seperti; Perencanaan Handling Peti Kemas, Kesiapan Sumber Daya Manusia, Kecepatan Receiving dan Delivery, serta Luas Lapangan Penumpukan menunjukkan perannya terhadap kecepatan kegiatan receiving dan delivery di lapangan penumpukan peti kemas Lapangan Konsolidasi CDC . 02 PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya.
Penggunaan Container Crane Terhadap Produktivitas Bongkar Muat Petikemas di Terminal Nilam Serbaguna Mudayat Haqi; Nazar Maulana
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Container Crane Terhadap Produtivitas Bongkar Muat Petikemas Di Terminal Nilam Serbaguna”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Container Crane terhadap produktivitas kegiatan bongar muat petikemas di terminal nilam serbaguna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif disertai instrumen lain seperti data sekunder, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari container crane produktivitas bongkar muat dan juga faktor penunjang yang dapat memaksimalkan dari kinerja container crane di terminal nilam serbaguna. Data yang dijadikan sebagai bahan analisa untuk menunjang penelitian adalah data kinerja dari kegiatan bongar muat pada KM PULAU NUNUKAN di tahun 2016 sampai tahun 2017 semester pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan container crane menjadi faktor yang paling utama dalam pelaksanaan kegiatan bongar muat petikemas di terminal nilam serbaguna.
Disiplin Kerja, Pemberian Penghargaan Sertifikat dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Pegawai Rizki Nurannisa Heryanti; Erwina Rosalita
Jurnal Baruna Horizon Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Sekolah TInggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja pegawai yang tinggi dapat dicapai jika seluruh elemen-elemen yang ada dalam perusahaan terintegrasi dengan baik, dan mampu menjalankan peranannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan publik dan pegawai. Oleh sebab itu diperlukan dukungan disiplin kerja guna meningkatkan kinerja pegawai tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja pegawai PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak.Penelitian ini mengambil lokasi di di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, yang beralamat di Jl. Tanjung Perak Timur No. 620, Surabaya. Penelitian sampel yang dilakukan mengambil sampel dari seluruh populasi pegawai sebanyak 450 orang dengan sampel sebesar 15 % sebanyak 70 pegawai sebagai responden penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Perhitungan program SPSS diperoleh nilai R Square = 0,392 berarti variabel disiplin kerja dan pemberian penghargaan memberikan pengaruh sebesar 39,2% terhadap kinerja pegawai, sedangkan sisanya sebesar 60,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti, misalnya seperti faktor lingkungan kerja, komunikasi, gaya kepemimpinan, pendidikan dan lain-lain.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Disiplin Kerja tidak memiliki pengaruh terhadap Kinerja Pegawai, sedangkan Pemberian Penghargaan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai.

Page 1 of 10 | Total Record : 95