cover
Contact Name
Mohamad Zaenal Arifin
Contact Email
mzaenalarifin@stai-binamadani.ac.id
Phone
+6282249559482
Journal Mail Official
jurnaltarbawi@stai-binamadani.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Hasyim Ashari kav dpr 236 gg. ambon. Kec. Pinang Kota Tangerang Post Code: 15145
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
ISSN : 20885733     EISSN : 27154777     DOI : https://doi.org/10.51476/tarbawi
Core Subject : Religion, Education,
jurnal tarbawi adalah jurnal yang dipublikasikan oleh prodi pendidikan agama islam yang membahas mengenai pemikiran dan pendidikan islam. Adapun scope dan focus jurnal ini adalah strategi pembelajaran islam, manajemen pendidikan islam, kurikulum pendidikan islam, konsep pemikiran, perencanaan dan evaluasi pembelajaran islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam" : 6 Documents clear
KONSEPSI KEILMUAN DAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN Fuad Masykur
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.006 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i1.243

Abstract

Ada banyak para tokoh filsuf yang meyumbangkan pemikirannya terhadap dunia pendidikan, diantaranya adalah Ibn Khaldun. Ia orang yang berani mengeluarkan pemikiran-pemikiran barunya. Khusus yang menyangkut bidang keilmuan dan kependidikan ia berhasil memetakan dan mendudukan keilmuan Islam dan umum secara baik sehingga memudahkan bagi siapa saja untuk mengkajinya dan melakukan kajian lanjutan. Tidak sampai disitu, ia adalah penemu dan pencipta beberapa istilah-istilah baru dalam dunia keilmuan, dan beberapa metodologi ilmu-ilmu keislaman maupun ilmu-ilmu umum. Diantaranya ia mampu memetakan, berikut derivasinya, ‘Ulum alNaqliyyah (ilmu yang bersumber langsung dari syariah) dan ‘Ulum alAqliyyah (ilmu-ilmu yang merupakan hasil dari olah pikir dan pengalaman manusia). Dari beberapa karyanya ada tiga kitab yang dianggap sebagai sumbangan besar dalam peradaban umat manusia, terutama Kitab alMukaddimah. Kitab al-‘Ibar dan Kitab Al-Ta'rif bi Ibn Khaldun, Rihlatuh Gharban wa Syarqan. Dalam pemikirannya seputar pendidikan, ia mampu melahirkan teori-teori baru yang orisinil yang sebelumnya belum terkonstruksikan, misalnya tentang metode dan teori dalam mencari pengetahuan, pemikiran-pemikirannya tentang tujuan pendidikan, seorang pendidik, peserta didik, dan kurikulum (materi), serta metode pengajaran. Penemuannya itu dirasa masih cukup relevan hinga saat ini.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM DAKWAH POLITIK NABI SULAIMAN AS (KAJIAN SURAT AN-NAML AYAT 23-44) Abdul Ghofur
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.34 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i1.244

Abstract

Tulisan ini bertujuan menggali nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam aktifitas dakwah politik Nabi Sulaiman as terhadap Balqis. Dalam konteks politik (kekuasaan) aktifitas dakwah yang dilakukan Nabi Sulaiman as memiliki karakteristik, obyek dakwahnya adalah kelompok masyarakat yang terhimpun dalam sebuah kerajaan yang besar dan kuat, serta memiliki peradaban yang sangat maju (Saba'). Berdakwah dalam konteks semacam ini tentunya akan berhadapan dengan banyak rintangan dan hambatan. Meski demikian, Nabi Sulaiman as terhitung sukses dalam dakwah politiknya yakni dengan menghantarkan Balqis dan penduduknya kepada keimanan. Penelitian ini adalah library research (riset kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Secara khusus, bidang kajian diarahkan pada penafsiran surat an-Naml ayat 23-44 guna memberikan gambaran dakwah politik Nabi Sulaiman as dan menggali nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam dakwah politik Nabi Sulaiman as berupa; bersikap responsif atas masalah mad'u, berdakwah secara tepat dan teliti, mengedepankan musyawarah dan mufakat, memiliki integritas dan komitmen atas dakwah, dan menjauhi sifat sombong dan takabur.
IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH Imam Turmidzi
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.365 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i1.245

Abstract

Tulisan ini membahas tentang implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Supervisi adalah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu guru dan pegawai sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Dalam konteks pendidikan, pengertian mutu mencakup input, proses, dan out put pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam peran supervisi pendidikan tidak boleh diabaikan. Sebab supervisi merupakan hal yang signifikan dalam mewujudkan mutu tersebut. Supervisor (pengawas, kepala sekolah/madrasah) harus mempunyai kepiawaian dan keseriusan dalam mensupervisi lembaga pendidikan Islam dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam. Kata Kunci: Supervisi; Mutu Pendidikan; Madrasah
LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM ISLAM Achmad Saeful
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.513 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i1.246

Abstract

Tulisan ini membahas tentang konsep lingkungan pendidikan dalam Islam. Selama ini lingkungan pendidikan sering dianggap tidak penting oleh sebagian pihak. Padahal lingkungan pendidikan yang baik, termasuk dalam pendidikan Islam, dapat menjadi aset untuk menciptakan atau membangun karakter peserta didik menjadi baik. Lingkungan pendidikan dalam Islam tidak sekedar sekolah saja, tetapi juga keluarga dan masyarakat. Ketiganya merupakan kesatuan yang dibutuhkan dalam pendidikan. Tulisan ini membuktikan lingkungan pendidikan yang baik, dalam keluarga, sekolah dan masyarakat dapat menjadi perisai bagi anak/peserta didik untuk tidak terjebak dalam perilaku yang tidak baik.
ENGLISH FOR ISLAMIC PURPOSES: PENGEMBANGAN SILABUS PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Zakaria Zakaria
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.605 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i1.247

Abstract

Pengembangan silabus bahasa Inggris untuk mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting diterapkan, sebab selama ini masih jarang ditemukan silabus bahasa Inggris yang materinya atau objek kajiannya terkait dengan isu-isu keislaman atau yang lebih dikenal English for Islamic Purposes. Selama ini para dosen hanya diberikan silabus bahasa Inggris yang bersifat umum yang harus diajarkan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam pada setiap semester. Oleh karena itu program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) membutuhkan sebuah silabus dengan tujuan khusus agar para mahasiswa memahami teks-teks tulis dan berbicara bahasa Inggris terkait dengan bidang studi mereka. Penelitian ini berupaya merancang sebuah silabus pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang materi atau isinya terkait tentang Islam.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DI SMA NEGERI 1 BUNGURSARI Hetti Nurbaety
Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Tarbawi : Jurnal Pemikiran dan pendidikan Islam
Publisher : STAI BINAMADANI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.637 KB) | DOI: 10.51476/tarbawi.v4i1.248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif (Tipe STAD dan CIRC) dan gaya belajar (field independen (FID) dan field dependen (FD)) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa di SMA Negeri 1 Bungursari, Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2 x 2. Pengukuran variabel kemampuan menulis karya ilmiah menggunakan tes tulis dan gaya belajar menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji tuckey untuk melihat interaksi kelompok. Sebebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas varians menggunakan uji kesamaan dua varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa. Hal ini berdasarkan perhitungan analisis varians dua jalur antar kolom Fhitung = 139,52 > Ftabel 3,22 pada taraf nyata α = 0,05 dan 5,39 pada taraf nyata α = 0,01.

Page 1 of 1 | Total Record : 6