cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
aenfariah1995@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Greenland Sendang Regency No. E6 Sumber Cirebon Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Action Research Literate (ARL)
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26139898     EISSN : 28086988     DOI : https://doi.org/10.46799
Core Subject : Education, Social,
Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of Syntax Corporation Indonesia. Action Research Literate provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be empirically examined. This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts sciences and media.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate" : 5 Documents clear
Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Sekolah MI Al Amin M 06 Di Desa Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Uliya Candra, Feri
Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.447 KB) | DOI: 10.46799/arl.v4i1.1

Abstract

MI Al Amin M 06 Tunggul merupakan sekolah yang berlatar belakang pesantren, sekolah ini berada di naungan yayasan pondok pesantren al amin sekolah MI Al Amin M 06  mengalami penurunan jumlah siswanya tiga tahun karena faktor persaingan. peneitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran lembaga pendidikan di MI Al Amin M 06 Sekolah di desa Tunggul Paciran. Model penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik data pengumpulannya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang srategis dilakukan oleh MI Al Amin 06 tunggul yaitu dengan mengimplementasikan  pemasaran eksternal, internal pemasaran, pemasaran interaktif. Alat yang digunakan melakukan strategi pemasaran yaitu dengan menerapkan kualitas kerja guru, promosi kegatan pemasaran dilakukan di sekolah MI Al Amin M 06 Tunggul yaitu dengan membuat, pamflet, Brosur serta dilakukan melalui media sosial.
Pemahaman Pembuatan RPP yang Kreatif dan Pengaplikasiannya dalam Pembelajaran Ayun, Laesa; Alfi Rahmawati, Alfa; Septi Purwaningsih, Anisa
Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.425 KB) | DOI: 10.46799/arl.v4i1.2

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pengaplikasian model pembelajaran K-13. Penelitian merupakan jenis kualitatif. Populasinya penelitian yaitu semua di SDN 2 Bringin kecamatan Bringin. Sampel yang diambil adalah 6 orang guru dari sdn Bringin 2. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan seminar yang dilakukan kepala sekolah SDN Bringin 2. Hasil penelitian menunjukan dari 6 guru terdapat 2 guru atau 35% guru memahami pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan model pembelajaran K-13. Sedangkan 4 guru belum memahami pembuatan RPP yang kreatif untuk pembelajaran Hal ini dapat disimpulkan guru SDN Bringin 2 Kecamatan Bringin Belum memahami pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan model pembelajaran K-13. Dari itu semua perlu adanya penyuluhan dan koordinasi kepala sekolah kepada guru untuk dapat meningkatkan kreatifitas pembuatan RPP sehingga pembelajaran yang akan terlaksana bisa kreatif sesuai tujuan pendidikan yang akan dicapai
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fan N Pick pada Pembelajaran PKN Di Sekolah Dasar Rahmat Kanigara, Riska; Anggraeni Dewi, Dinie; Puri Furnamasari, Yayang
Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.566 KB) | DOI: 10.46799/arl.v4i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menerapkan model kooperatif tipe Fan N Pick pada materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pamoyanan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung  Provinsi Jawa Barat semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 24 siswa. Hal ini untuk mengetahui pembelajaran perkembangan teknologi pada kelas IV yang masih sulit dipahami siswa. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran dengan cara siswa bekerja sama dalam kelompok yang terdiri dari dua sampai empat orang dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah guna mencapai pemahaman materi secara bersama-sama sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat mencapai kriteria yang ditentukan. Model kooperatif tipe Fan N Pick pada pembelajaran PKn menekankan siswa untuk saling bertukar informasi, menkonstruk pengertahuan dan mengajarkan sesuatu kepada orang lain, sehingga siswa diharapkan lebih banyak memahami materi. Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe Fan N Pick dapat menumbuh kembangkan rasa percaya diri pada masing-masing siswa karena dapat berinteraksi dalam internal kelompok dengan optimal sehingga tidak menimbulkan diskriminasi dari segi akademis
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar Julya Marlita Khaerunisa, Seilla; Anggraeni Dewi, Dinie; Furi Furnamasari, Yayang
Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.928 KB) | DOI: 10.46799/arl.v4i1.4

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai Pancasila yang akan diterapkan pada anak sekolah dasar. Artikel ini didasarkan pada metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ini disusun dengan jurnal-jurnal yang relevan. Hasil pembahasan teori ini menerapkan dasar-dasar Pancasila untuk anak sekolah dasar. Mulai dari sila pertama hingga sila terakhir. Sila pertama menjelaskan tentang Tuhan Yang Maha Esa, menjelaskan kepada siswa tentang keberadaan Tuhan. Sila kedua menjelaskan tentang kemanusiaan yang adil dan beradab, menerapkan keadilan kepada peserta didik yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip ketiga adalah tentang persatuan Indonesia, menerapkan persatuan seperti di kelas. Keempat, demokrasi yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, menerapkan diskusi di kelas. Kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menciptakan suasana di dalam kelas dalam menerapkan dasar-dasar Pancasila
Pengaruh Daya Tampung dan Akreditasi Terhadap Jumlah Peminat Program S1 Soshum Jalur Sbmptn Universitas Negeri Surabaya Tahun 2020 Mohammad, Wily; Ryca Maulidiyah, Nabilla
Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.1 KB) | DOI: 10.46799/arl.v4i1.5

Abstract

Pendidikan adalah hal yang sangat dibutuhkan bagi setiap warga negara demi terwujudnya cita-cita bangsa Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan tinggi menjadi penting di masa globalisasi seperti saat ini. Menurut riset lain, Perguruan Tinggi Negeri menjadi pilihan yang lebih diminati oleh para pelajar. SBMPTN menjadi salah satu jalur untuk dapat diterima di PTN. Peneliti menjadi tertarik pada daya tampung setiap program studi yang terus berubah setiap tahunnya, beragam akreditasi pada setiap program S1 SOSHUM UNESA, dan jumlah peminat yang terus berubah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik purposive sampling dan metode regresi linear berganda. Berdasarkan perhitungan pada hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada daya tampung dan akreditasi setiap program studi terhadap jumlah peminat program S1 SOSHUM UNESA tahun 2020 jalur SBMPTN. Hal ini dibuktikan dengan didapatnya R Square yaitu 0,385. Artinya, kedua variabel daya tampung dan akreditasi tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap  sebesar 38,5%. Tingkat pengaruh 38,5% dalam penelitian ini dapat dikatakan cukup baik. Sisa 61,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan secara parsial, variabel daya tampung memiliki pengaruh secara parsial terhadap Jumlah Peminat karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,861 > 2,021). Lalu, variabel Akreditasi tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap Jumlah Peminat karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (0,117 < 2,021)

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 11 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 10 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 9 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 8 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 7 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 6 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 5 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 4 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 3 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 2 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 1 (2025): Action Research Literate Vol. 8 No. 12 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 11 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 10 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 9 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 8 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 7 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 6 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 5 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 4 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 2 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 1 (2024): Action Research Literate Vol. 7 No. 12 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 11 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 10 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 9 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 2 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 1 (2023): Action Research Literate Vol. 6 No. 2 (2022): Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate Vol. 4 No. 2 (2020): Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Special Issue Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate More Issue