cover
Contact Name
Rano A
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+6285860798718
Journal Mail Official
ranoagustino@thamrin.ac.id
Editorial Address
Universitas Mohammad Husni Thamrin Kampus A Lantai 2, Jl. Raya Pondok Gede No.23-25 Jakarta Timur 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 27163911     EISSN : 27210472     DOI : 10.37012
Core Subject : Economy,
Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary perspective.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi" : 8 Documents clear
Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Fuji Dharma Electric Jakarta Ahmad Rojikun
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.889 KB) | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.571

Abstract

Komunikasi didalam organisasi adalah hal yang mengikat pada kesatuan organisasi. Salah satu tantangan terbesar dalam komunikasi organisasi adalah bagaimana menyampaikan informasi ke seluruh bagian organisasi dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam bagaimana Peran  Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan  Kinerja Karyawan di PT. Fuji Dharma Electric Jakarta.Bilamana Informasi yang tersampaikan sesuai dengan kebutuhan, maka komunikasi yang dijalankan efektif akan secara otomatis menghasilkan suatu kinerja karyawan yang baik didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif fenomenologi adalah jenis penelitian yang berorientasi pada hasil filsafat. Filsafat yang dimaksud adalah upaya peneliti menggali informasi dengan cara mencari arti, makna secara esensinya, dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik wawancara   merupakan pembicaraan yang mempunyai tujuan dan didahului beberapa pertanyaan informal. Wawancara pada penelitian kualitatif merupakan pembicaraan yang mempunyai tujuan dan didahului beberapa pertanyaan informal.Sedangkan informan dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang diperoleh menggunakan model Miles dan Huberman, dan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi data/sumber. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di PT.Fuji Dharma Electric telah efektif dilihat dalam indikator fungsi komunikasi organisasi sehingga berdampak pada kinerja karyawan yang baik/optimal.Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan.
Perbandingan Risiko Portofolio Saham dari Perusahaan-Perusaahaan Layak Investasi non Jasa Keuangan selama Tahun 2020 Aulia Ikhsan
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.078 KB) | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.570

Abstract

Portofolio investasi saham dibuat dengan tujuan untuk meminimukan risiko yang mungkin timbul saat berinvestasi saham. Dalam proses manajemen portofolio saham, terdapat 3 (tiga) tahapan utama yang harus dilakukan. Pertama adalah pemilihan saham yang membentuk protofolio, kedua adalah penentuan bobot alokasi dana bagi setiap saham di dalam portofolio, dan ketiga adalah evaluasi kinerja portofolio melalui pengukuran risiko. Pada penelitian ini akan dibandingkan estimasi risiko dari portofolio saham yang dibentuk berdasarkan industri dari konstituen yang berada di perhitungan Indeks PEFINDO i-Grade untuk tahun 2020 atau selama pandemi COVID-19. Setelah portofolio terbentuk, ditentukan bobot alokasi dana bagi setiap saham di dalam portofolio menggunakan Metode Mean-Variance Efficient Portfolio (MVEP) dan selanjutnya diukur kinerja portofolio saham yang telah dibentuk berdasarkan pengukuran risiko dengan menggunakan metode Value at Risk (VaR). Berdasarkan hasil yang diperoleh, portofolio industri yang memiliki risiko yang besar adalah industri konstruksi. Selain itu, berdasarkan hasil simulasi perhitungan nilai VaR, pemberian bobot alokasi dana yang besar pada saham-saham dengan volatilitas tinggi, dapat mendorong kenaikan nilai VaR. Kata Kunci: Indeks i-Grade, Mean-Variance Efficient Portfolio, Value at Risk
Sistem Informasi Keuangan Investasi Reksadana Berbasis Aplikasi Web Dedi Setiadi
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1030.131 KB) | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.557

Abstract

Sistem investasi dan literasi keuangan dalam hal pasar modal di Indonesia masih rendah. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia belum begitu mengenal industri investasi, baik pasar modal dan lainnya dengan baik. Kecenderungan bahwa investasi harus mengeluarkan nominal yang besar berakibat pada terhambatnya literasi keuangan untuk investasi tersebut. Dengan Perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat secara exponensial di era revolusi industri 4.0, maka dibutuhkan sebuah layanan yang mencakup kemudahan akses, bersifat inklusi, dan otomatisasi untuk menjawab permasalahan tersebut. Atas dasar hal tersebut, saya memutuskan untuk melakukan penelitian yang dapat membantu melakukan literasi keuangan kepada masyarakat dengan cara merancang aplikasi perencanaan keuangan dengan instrumen investasi reksadana berbasis progressive web apps menggunakan metode exponential moving average sebagai cara untuk mendapatkan rekomendasi produk reksadana pada saat melakukan transaksi. Aplikasi yang telah dirancang mampu tampil sebagai aplikasi yang user friendly serta dapat memberikan informasi dan pemahaman yang baik tentang industri investasi, sejalan dengan tujuan awal yaitu membantu melakukan literasi keuangan kepada masyarakat.Kata Kunci: PWA, ASP, Scrum Modul, Exponential Moving Average
Pengaruh Strategi Marketing Mix dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Alfamart di Gandaria Jakarta Selatan Fery Herna Ningsih
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.868 KB) | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.594

Abstract

Strategi Marketing Mix merupakan kunci keberhasilan penyampaian produk kepada konsumen atau calon konsumennya. Citra Merek memberikan keyakinan kepada konsumen terhadap produk yang dibelinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan konsumen akan suatu produk akan menimbulkan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Merek terhadap loyalitas pelanggan , baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey teknik  korelasional. Analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil uji hipotesis menyimpulkan: (a) terdapat hubungan positif antara X1 dengan Y sebesar () = 0,5223; persamaan regresi Ŷ = 38,72 + 0,63X1; kontribusi X1 terhadap Y sebesar 27,28%, (b) terdapat hubungan positif antara X2 dengan Y sebesar () = 0,4471; persamaan regresi Ŷ = 53,84 + 0,47X2; kontribusi X2 terhadap Y sebesar 19,99%, (c) terdapat hubungan positif antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,5730; persamaan regresi Ŷ= 25,85 + 0,481X1 + 0,275X2; kontribusi X1, dan X2 terhadap Y sebesar 32,83%, artinya bahwa 32,83% variabel bauran pemasaran dan citra merek memberi sumbangan (kontribusi) terhadap loyalitas pelanggan, sedang sisanya 67,17 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian ini dasarankan (1) Peningkatan Strategi Marketing Mix yaitu digital marketing. Dengan digital marketing pesan yang disampaikan cepat sehingga menimbulkan pembelian berulang dan menambah konsumen baru. (2) Memiliki identitas pembeda dan karakter yang unik untuk menunjukkan kosistensi perusahaan. (3) Meneruskan konsistensi perusahaan dengan cara mempertahankan kualitas produk, mempertahankan karakter brand, mempertahankan hubungan baik dengan konsumen dan berbagai aspek lainnya.Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Brand Image dan Loyalitas Pelanggan
Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang Yurika Suryaningrat; Sutrisno Sutrisno; Susiana Dewi Ratih
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.44 KB) | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.734

Abstract

Air minum secara langsung berkaitan dengan tubuh manusia, yang harus selalu terjaga kualitasnya agar tidak membahayakan tubuh manusia. Salah satu pemenuhan kebutuhan air minum yang menjadi alternatif saat ini yaitu dengan menggunakan air minum isi ulang, yang dilayani  oleh usaha depo isi ulang. Sebagai sebuah unit usaha, depo isi ulang juga harus mempunyai keunggulan bersaing dari sisi  kualitas produk, penetapan harga serta pemasaran yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk,  dan penetapan harga mempengaruhi kepuasan konsumen pada pengguna depot air minum isi ulang Top Water.Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan skala likert. Sampel sebanyak 95 responden., Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil uji diperoleh variabel kualitas produk dan penetapan harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan. Secara bersama sama kedua variabel berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji koefisien determinasi (R2) 0,643, berarti 64% kepuasan konsumen pada produk depot air minum isi ulang top water benar benar di pengaruhi oleh variabel independen yaitu ( kualitas produk dan penetapan harga ) sedangkan sisanya sebesar 36% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Diharapkan dengan tetap mempertahankan kualitas produk dan harga yang sesuai dengan harapan konsumen, maka kepuasan konsumen akan tetap terjaga. Penelitian lebih lanjut disarankan  menggunakan variabel lain seperti promosi, penentuan lokasi dan distribusi.Kata Kunci : Kualitas Produk, Penetapan Harga, Kepuasan Konsumen, Air Isi Ulang 
Pengawasan dan Pengelolaan Data Tamu Dengan Aplikasi E_Visitor di dalam Kementerian Pertahanan RI Gatot Hery Djatmika; Aminah Endang Haryanti
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1554.417 KB) | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah proses monitoring dan pengelolaan data tamu kunjungan Kemhan di Jalan Merdeka Barat 13-14 dan Jalan Tanah Abang Timur 7-8 Jakarta. E_Visitor adalah sistem pendataan tamu secara elektronik untuk mendukung fungsi keamanan sarana dan prasarana serta personel. Metode pengumpulan data adalah survei mengenai kondisi objek penelitian untuk mendapatkan data yang relevan. Metode perancangan aplikasi adalah SDLC (System Development Live Cycle). Sedangkan perancangan aplikasi menggunakan UML (Unified Modeling Language).Sistem e_Visitor memberikan pelayanan input data tamu, pencarian data tamu, dan pelaporan berkala kepada Penanggung Jawab/Kepala Bagian/Kepala Biro mengenai jumlah tamu yang berkunjung dan tujuan kunjungan tamu dengan gedung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses sistem e_visitor sangat mendukung pengambilan keputusan dan mudah dikendalikan serta dapat berjalan lebih efektif dan efisien dalam bidang keamanan khususnya keamanan personel dan material.Kata Kunci: E_Visitor, Aplikasi, Kementerian Pertahanan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada BMT Al Fath IKMI Hasan Basri; Dhea Juwita Andriani; Lily Nabilah
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada BMT Al-Fath IKMI. Adapun jumlah responden yaitu 90 orang dari penduduk Wilayah Kecamatan Pamulang. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS (Statistical Packages For The Social Sciences) 23.0 for Windows. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik serta uji F untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan simultan. Uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini dilihat berdasarkan hasil (uji t) dengan nilai t hitung t tabel sebesar 3.353 1.66159 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (.001 0.05). Kemudian ada pengaruh signifikan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini dilihat berdasarkan hasil (uji t) dengan nilai t hitung tabel yaitu sebesar 2.033 1.66159 dan tingkat signifikansi sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05 (0,045 0,05). Dan, secara besama-sama terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil (uji F) dengan nilai F hitung F tabel yaitu sebesar 32.330 3.10 dengan tingkat signifikansi 0,05 yaitu 0,000 0,05.
Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, dan Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham Perusahaan Properti dan Real Estate di BEI Evi Noviaty
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v2i2.1071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham perusahaan property dan real estate. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak lima belas perusahaan yang terdaftar di BEI dengan kurun waktu 2017-2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan regresi data panel, menunjukan bahwa Current Ratio, Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara bersama berpengaruh terhadap harga saham. Kemudian secara parsial, Current Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) masing-masing berpengaruh terhadap harga saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 8