cover
Contact Name
Rano A
Contact Email
ojslppmumht@gmail.com
Phone
+6285860798718
Journal Mail Official
ranoagustino@thamrin.ac.id
Editorial Address
Universitas Mohammad Husni Thamrin Kampus A Lantai 2, Jl. Raya Pondok Gede No.23-25 Jakarta Timur 13550
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 27163911     EISSN : 27210472     DOI : 10.37012
Core Subject : Economy,
Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary perspective.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi" : 8 Documents clear
Akuntansi Pertanggungjawaban Pusat Pendapatan dan Biaya Operasional-Non Operasional dalam Mencapai Penyerapan Dana pada LSM Solidaritas Perempuan Ependi Ependi
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan dan penerapan akuntansi pusat pendapatan dan biaya operasional non operasional dalam mencapai penyerapan dana di LSM Solidaritas Perempuan. Kajian ini sangat penting untuk mendukung tujuan organisasi dalam mencapai penyerapan dana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data primer. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah total pendapatan dan total biaya non operasional, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian ini adalah laporan pertanggungjawaban biaya selama dua tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, kategorisasi data, inferensi sementara, triangulasi dan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pendapatan dan biaya dengan penyerapan dana. Oleh karena itu, pendapatan sering dianggap sebagai tolak ukur pengelolaan biaya yang akan dikeluarkan agar penyerapan dana yang dihasilkan sesuai dengan yang direncanakan yaitu sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendapatan dan biaya berpengaruh positif dan kuat terhadap penyerapan dana yang terjadi.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Aplikasi Belanja Online (E-Commerce) Lazada pada Mahasiswa di Jakarta Ratih Ayu Sekarini; Hilma Farhani; Wiwin Wiwin
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.983

Abstract

Harapan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, adapun faktor-faktor yang di maksud adalah kualitas pelayanan, harga dan brand ambassador terhadap kepurusan pembelian di aplikasi belanja omline (e-commers) lazada pada mahasiswa di jakarta, metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah metode survei dengan koesioner yang di sebarkan melalui google form, sedangkan alat analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis SEM AMOS dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang d libatkan dalam penelitian ini dalah pengguna Lazada yang pernah melakukan pembelian melalui Lazada di wilayah Jakarta. Sampel yang berhasil di raih sebanyak 100 respoden. Hasil penelitian ini berpengaruh positive secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variabel kualitas pelayanan harga dan keputusan pembelian juga berpengaruh posotif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Transportasi Online GRAB, Jakarta) Muhammad Faisal Yunas
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.990

Abstract

This study aims to determine: 1) the effect of service quality on customer satisfaction. 2) the effect of price on customer satisfaction. 3) the effect of service quality and price simultaneously on customer satisfaction. The type of research used in this research is quantitative research using survey methods. The sampling technique is the Nonprobability sampling method, namely the accidental sampling technique. The number of respondents is 100 people. The instrument testing technique in this research is Validity and Reliability Test, while the data analysis technique uses Multiple Linear Regression analysis, Classical Assumption Test, and Descriptive Analysis. The results showed that: 1) Service quality had a partial effect on customer satisfaction. 2) Price has a partial effect on Customer Satisfaction. 3) Service Quality and Price have a simultaneous effect on Customer Satisfaction.
Kebijakan Perencanaan dan Pengendalian Piutang terhadap Efektivitas Arus Kas Pada Politeknik LP3I Jakarta Gatot Hery Djatmika; Putu Tirta Sari Ningsih; Budi Harsono; Inda Pratini
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.979

Abstract

Tingginya jumlah piutang tak tertagih pada Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cilodong Raya disebabkan karena keterlambatan pembayaran yang tidak sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah di sepakati oleh pihak perusahaan dan mahasiswa. Kejadian ini menyebabkan terjadinya piutang tak tertagih yang mempengaruhi efektivitas arus kas perusahaan. Penelitian ini membahas pengaruh perencanaan piutang perusahaan, dan pengaruh pengendalian piutang perusahaan terhadap efektivitas arus kas perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan dua variabel bebas. Uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas dilakukan untuk mendapatkan kelayakan model regresi. Sementara itu untuk menjawab tujuan penelitian dilakukuan uji f dan uji t terhadap hipotesis penelitian. Teori yang digunakan adalah teori laporan keuangan, teori piutang dan teori arus kas. Berdasarkan analisa yang dilakukan dengan uji statistik, hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh perencanaan piutang yang berdampak terhadap efektivitas arus kas perusahaan. Dibuktikan dengan uji statistik t. (2) Terdapat pengaruh pengendalian piutang terhadap efektivitas arus kas perusahaan. Dibuktikan dengan uji statistik t (3) Terdapat pengaruh yang sama antara perencanaan dan pengendalian piutang terhadap efektivitas arus kas Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cilodong Raya. Dibuktikan dengan uji statistik f.
Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Sewa Rumah Kontrakan (Studi Kasus Rumah Kontrakan Bp. H. Suherman Bulak Klender) Fery Hernaningsih
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.848

Abstract

AbstrakLokasi rumah kontrakan dengan kemudahan akses dan jarak dari tempat kerja ke rumah kontrakan yang tidak jauh menjadi  pilihan lokasi  yang  tepat  untuk penyewa memilih rumah kontrakan. Di masa pandemi persaingan harga rumah masih cukup tinggi, sementara banyak perusahaan yang melakukan pemutusan kerja terhadap karyawannya, sehingga banyak orang terutama yang sudah berkeluarga memilih menunda untuk membeli rumah. Mengontrak rumah adalah salah satu pilihan yang paling sering dipilih untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan sewa Rumah Kontrakan, baik secara parsial maupun simultan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling atau sampling jenuh. Teknik sampling jenuh adalah untuk menentukan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Survei dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung pada calon penyewa rumah kontrakan dengan jumlah sampel 35 orang.. Hasil dari penelitian ini adalah lokasi berpengaruh menunjukan nilai yang positif dimana t hitung t tabel (4,455 2,03693) dan signifikan 0,05 (0,000 0,05), Harga berpengaruh terhadap keputusan sewa dimana t hitung t tabel (2,226 2,03693) dan signifikan 0,05 (0,033 0,05), Berdasarkan F hitung F tabel (38,124 3,29) dan signifikan 0,05 (0,000 0,05), bahwa lokasi dan harga secara bersama sama berpengaruh terhadap keputusan sewa. Rekomendasi untuk penelitian ini yaitu memberikan informasi yang jelas dan update tentang lokasi dan kemudahan akses, menganalisis kebutuhan calon penyewa rumah kontrakan untuk memperkuat daya saing harga dan menjalin komunikasi yang baik sehingga tercipta kenyamanan tempat tinggal.  Kata Kunci: Lokasi, Harga dan Keputusan Sewa 
Pengaruh Digital Marketing dan Harapan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian McDonald’s Cipayung Jakarta Timur Tahun 2022 Evi Noviaty; Anisa Aslamiah; Citra Citra
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.890

Abstract

Semakin meningkatnya pengguna internet dan media sosial menciptakan peluang besar bagi perusahaan umtuk mengembangan strategi pemasaran. Salah satu cara adalah dengan berperan aktif meningkatkan keputusan pembelian melalui sejumlah variabel-variabel yang mempengaruhi termasuk digital marketing dan harapan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Digital marketing dan Harapan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mc Dinald’s Cipayung Jakarta Timur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripstif.  Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan metode random sampling dengan sample sebanyak 99 konsumen MC Donald sebagai responden.  Data penelitian diolah dengan analisa statistik dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, Uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Alat analisis menggunakan spss versi 25.0. Hasil penelitian adalah bahwa digital marketing dan harapan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Mcdonald’s Cipayung Jakarta Timur.
Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Putu Tirta Sari Ningsih; Reni Febrianti; Muhammad Gusvarizon; Yohanes Bowo Widodo; Nadia Lutfiana Sari
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.883

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai Standar Akuntansi, Laporan Keuangan, Analisis Rasio, Pengauditan dan Opini Audit Going Concern. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar signifikansi dan pengaruh: 1) Likuiditas terhadap Opini Audit Going Concern, 2) Profitabilitas terhadap Opini Audit Going Concern, 3) Solvabilitas terhadap Opini Audit Going Concern, dan 4) Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Opini Audit Going Concern. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kausalitas, menggunakan perusahaan manufaktur sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai objek penelitian. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 9 perusahaan logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Likuiditas berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi X1 sebesar 0,491 dan nilai signifikansi 0,078 yang lebih besar dari 0,05. 2) Profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi X2 sebesar -45,987 dan nilai signifikansi 0,006 yang lebih kecil dari 0,05. 3) Solvabilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi X3 sebesar -0,676 dan nilai signifikansi 0,828 yang lebih besar dari 0,05 4) Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas berpengaruh secara simultan terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.
Analisis Produk Pembiayaan Korporasi antara PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk Neneng Suryani
Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Universitas Mohammad Husni Thamrin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37012/ileka.v3i1.1102

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan pembiayaan korporasi antara PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menjabarkan produk pembiayaan antara kedua bank tersebut. Penelitian dilakukan dengan studi literatur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pembiayaan korporasi dari PT Bank Syariah Indonesia lebih tersegmentasi. Sedangkan produk pembiayaan PT. Bank Mandiri lebih bersifat umum. PT Bank Syariah Indonesia Tbk mempunyai potensi untuk tumbuh besar karena secara demografi masyarakat Indonesia mayoritas Muslim. PT Bank Syariah Indonesia dapat memberikan produk pembiayaan yang lebih beragam dan lebih spesifik segmentasi pasarnya. Penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh PT Bank Mandiri Tbk secara besaran jauh berbeda dibandingkan PT Bank Syariah Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 8