cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
editor@caraka.web.id
Phone
+62811133471
Journal Mail Official
editor@caraka.web.id
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung http://idscience.id/
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Caraka : Indonesia Journal of Communication
ISSN : -     EISSN : 27456595     DOI : https://doi.org/10.25008/caraka
Core Subject : Education,
CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of the paperwork. The journal consists of online and print versions, published biannually at the end of June and December of the current year. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. The area of research of JISKI are, but not limited to: Communication and National Resilience Communication and Policies Communication, War, and Conflicts Health Communication Globalization and Social Impact Media, Democracy and Integration Media Literacy and Media Education Media and Tourism Media and Development Media, Popular Culture, and Society Media and Religion Media and Identity Politics, Hegemony, and the Media Gender and Sexuality in the Media The Social Media and Subcultures Youth and Media Globalization Information Communication Technology (ICT) and Power Audience Analysis
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication" : 3 Documents clear
Efektivitas Komunikasi Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Skema Kerja Work from Home Indra, Dolly; Toni, Ahmad
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 3 No. 1 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i1.43

Abstract

Ketua program studi adalah seseorang yang dipercaya bertanggung jawab untuk melaksanakan program kerja Program Studi melalui metode kepemimpinan yang spesifik agar visi, tujuan, dan sasaran program kerja Universitas dapat berjalan sesuai dengan target yang diinginkan bersama. Dalam situasi pandemi ketua program studi dituntut memimpin secara efektif untuk dapat menyelesaikann masalah yang terjadi selama pandemi. Penelitian ini melihat efektifitas kepemimpinan ketua program studi Teknik Informatika dalam masa kerja work from home sesuai dengan teori lima ciri kepemimpinan yang efektif menurut peter duncker dengan metode kualitatif terhapad subject dan juga object topic. Hasil dari penelitian ini ketua program studi cukup efektif dengan model kepimpinan yang dilakukan. Dengan memenuhi kelima kriteria ciri kepempinan yang efektif.
Pengaruh Gaya Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Fadhilah, Alifia Nurul; Iqbal, Fajar
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 3 No. 1 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i1.51

Abstract

Penelitian ini mengkaji besaran pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Di masa pandemi covid-19 merupakan sebuah tantangan bagi para guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yang rendah pada pembelajaran daring. Guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar menjadi seseorang yang memegang peranan penting dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berprestasi. Gaya komunikasi guru diduga kuat sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini motivasi belajar siswa akan diukur menggunakan referensi teori kemungkinan elaborasi yang dikembangkan oleh Richard Petty dan John Cacioppo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa menggunakan IBM Statictic versi 25. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 siswa kelas delapan di MTs Negeri 4 Bantul yang belajar secara online. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Pertambahan motivasi belajar siswa ditentukan oleh gaya komunikasi guru saat melaksanakan kegiatan belajar secara daring saat pandemi covid-19.
Corporate Branding dalam Membentuk Citra Syariah Hotel Berbintang Empat di Yogyakarta Mubarok, Husni; Sanityastuti, Marfuah Sri
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 3 No. 1 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i1.57

Abstract

Studi ini untuk mendiskripsikan corporate branding yang dilakukan humas Hotel Dafam Rohan Yogyakarta dalam membangun citra syariah hotel berbintang empat itu di Kota Yogyakarta. Peneliti menggunakan Teori David A. Akaer dalam studinya yang berjudul Leveranging the Corporate Brand sebagai teori utama dalam membahas analisis persoalan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, corporate branding Hotel Grand Dafam Rohan yang dilakukan humasnya dalam membangun citra hotel syariah berbintang empat sudah berjalan dengan baik sesuai dengan teori David sehingga berhasil membangun citra syariah seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap ekonomi syariah dan gaya hidup syariah.

Page 1 of 1 | Total Record : 3