cover
Contact Name
RINI PURWATININGSIH
Contact Email
progresifjurnal@gmail.com
Phone
+6281330787770
Journal Mail Official
progresifjurnal@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Bondowoso Jalan Diponegoro 247 Kotakulon - Kabupaten Bondowoso, Indonesia Tlpon. 0332-427022 e-mail : admin@unibo.ac.id
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Progresif : Media Publikasi Ilmiah
Published by Universitas Bondowoso
ISSN : 2337599X     EISSN : 27766799     DOI : -
This journal is published twice a year, in April and November. Progressive journals accept submissions of articles that have never been published in other media. Progressive journals are committed to implementing ethical standards for publication. Therefore, Progressive Journals have formulated publication ethics that publishers, editors, reviewers and authors must comply with. In order for an article to be published in this Journal, the author must pay attention to several guidelines. The scope of this progressive journal is general in nature, which contains the writings of lecturers across majors at the University of Bondowoso.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2020): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH" : 5 Documents clear
DINAMISASI METODE PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH DARUL AKHLAQ DESA TORONAN KABUPATEN PAMEKASAN Zainal Abidin
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 8 No. 2 (2020): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.646 KB)

Abstract

Madrasah Diniyah Darul Akhlaq mengalami perkembangan dalam penggunaan metode pembelajaran. Sehingga terjadi implementasi berbagai macam metode pembelajaran dalam penyampaian materi-materi pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; pertama, bagaimana dinamika metode pembelajaran di Madrasah Diniyah ini? Kedua, apasaja keunggulan dinamika metode pembelajaran di Madrasah Diniyah ini? Dan Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dinamika metode pembelajaran di Madrasah Diniyah ini?. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Diniyah Darul Akhlaq Desa Toronan Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data dilakukan selama dan setelah penelitian berlangsung. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dinamika metode pembelajaran yang digunakan adalah metode kolaboratif yaitu perpaduan antara metode tradisional, metode progresif dan metode modern. Kedua, keunggulan dinamika metode pembelajaran adalah mempermudah siswa/siswi untuk memahami materi pelajaran, mempermudah ustadz/ustadzah dalam menyampaikan materi pelajaran, penyesesuaian metode pembelajaran dengan materi pelajaran dan menghemat waktu pelajaran. Adapun faktor pendukung dinamika metode pembelajaran adalah pengalaman (keilmuan) ustadz/ustadzah dan berbagai macam metode yang digunakan di Madrasah ini. Adapun faktor penghambatnya adalah tingkat kenakalan siswa dan berbedanya tingkat kecerdasan siswa. Berdasarkan uraian di atas, Madrasah Diniyah ini sebagai lembaga pendidikan nonformal sangat layak untuk dipertahankan dan dikembangkan. Diantara aspek yang perlu dipertahankan adalah dinamika metode pembelajaran. Sedangkan diantara aspek yang perlu dikembangkan adalah sarana dan prasarana agar pelaksanaan pendidikan Islam di Madrasah Diniyah tetap berjalan.
PEMIKIRAN MURTADHA MUTHAHHARI: (Telaah Pemikirannya tentang Hijab) Imam Syarbini
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 8 No. 2 (2020): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.106 KB)

Abstract

Istilah Hijab sebenarnya sudah dikenal sebelum Islam, yaitu di Iran Yahudi, dan India. Pemberlakuan hijab pada wanitia, karena dilandasi oleh empat foktor, yaitu; faktor filsafat persemedian dan rahbaniah, yaitu teori yang mengajarkan jika manusia ingin mencapai hakikat tertinggi harus meninggalkan kelezatan dunia, salah satu faktornya adalah wanita. Kedua faktor sosial, faktor ini muncul karena ketidakadilan dan tidak aman, sehingga harta kekayaan dan istri, harus disembunyikan, supaya tidak dirampas oleh penguasa. Ketiga faktor ekonomi, ini muncul karena anggapan laki-laki, bahwa wanita itu, hanya sebuah alat yang dipergunakan untuk menjalankan urusan-urusan rumah tangga dengan baik dan mangasuh anak. Keempat faktor etis, foktor ini disebabkan ego laki-laki yang ingin memiliki wanita secara pribadi, sehingga tidak terima jika istrinya berbicara dengan laki-laki lain. Dan kelima faktor psikologis, faktor ini timbul dari perasaan rendah diri dari wanitia, karena perbedaan fisik dan kebiasaannya datang bulan, sehingga harus mengasingkan diri di dalam rumah. Menurut Muthahhari Islam tidak menganjurkan wanita mengurung diri di dalam rumah dan tidak pernah keluar. Karena dalam Islam tidak ada indikasi yang menjelaskan untuk mengurung wanita di dalam rumah. bagi Muthahhari, hijab dalam Islam adalah untuk mengangkat martabat wanita dan berwibawa, sehingga tidak diganggu oleh laki-laki yang tidak bertanggungjawab. Menurutnya, Islam menganjurkan agar wanita menutup badannya ketika berbaur dengan laki-laki, tidak memepertontonkan kecantikan atau perhiasannya, sebagaimana QS. Al-Nur, 31... “...Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya...” Dari ayat ini pula, Muthahhari menjelaskan bahwa seluruh anggota tubuh wanita adalah aurat dan harus ditutupi kecuali wajah dan telapak tangan. karena menutupinya cukup memberatkan karena hal itu sangat sulit bagi wanita. Jadi tidak ada pilihan lain dari mempergunakan kedua tangannya untuk mengambil dan memberi serta membuka wajahnya, khususnya pada saat dalam kesaksian, pemeriksaan pengadilan dan dalam perkawinan, demikian juga keterpaksaan untuk berjalan di jalan-jalan yang dibutuhkan untuk menyingkap yang di bawah betis, yakni dua telapak kaki, terutama wanita- wanita miskin.
DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGGINYA ANGKA PERCERAIAN DI KABUPATEN BONDOWOSO Muzayyanah
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 8 No. 2 (2020): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.741 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya virus Corona yang mengubah aspek kehidupan manusia, takterkecuali dalam kehidupan berkeluarga.Virus Covid 19 juga menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaannya, yang mempengaruhi hubungan keluarga dan tak jarang berujung pada perceraian. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang tingginya tingkat perceraian pada masa pandemi ini, apa saja factor penyebabnya dan apa dampak dari perceraian pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Sedangkan data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder, data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara langsung, observasi lapangan dan dokumentasi. Untuk mempermudah dalam pengecekan datanya maka dalam pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dari penelitian ini penulis mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Bondowoso, selama pandemi Covid kasus perceraian mengalami peningkatanyang sangat Signifikan. Kedua, kasus perceraian selama masa pandemi covid 19 disebabkan oleh beberapa faktor dan faktor yang mendominasi adalah faktor KDRT/faktor perselisihan/pertengkarandan factor ekonomi.
Implementasi Strategi discovery Learning (DL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siti Fatimatus Zahroh
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 8 No. 2 (2020): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi kimia unsur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas VIll MTS mu'tashim billah purnama pontianak selatan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan: dokumentasi, tes, angket, observasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan: (1) ratarata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 6,79 dan pada siklus II adalah 8,68; (2) ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 14 siswa atau 38,89% dan yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa atau 61,11%; (3) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 38,89% dan pada siklus II mencapai 100,00%, kinerja (performance) guru juga meningkat. Respon siswa adalah 82,14% artinya sangat setuju atau pada katagori tinggi.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KINEMASTER DI SDN 2 SUSUNAN BARU NEGERI BANDAR LAMPUNG eka suci indria sari; Rohani; Syarifah Norbaiti
Progresif : Media Publikasi Ilmiah Vol. 8 No. 2 (2020): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH
Publisher : Universitas Bondowoso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan media audio visual berupa video pembelajaran kinemaster. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istilah PTK dalam bahasa inggris adalah Classroom Action Research (CAR) yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Hasil Peneliti juga melakukan wawancara untuk mengetahui jawaban langsung siswa yang mereka rasakan selama mengikuti pembelajaran menggunakan media video kinemaster. Seluruh siswa mengungkapkan senang mengikuti pembelajaran menggunakan media video, mereka tertarik karena menggunakan media video dapat diulang-ulang untuk menambah kejelasan dan mengingat materi yang lupa. Pesan yang disampaikan oleh video cepat dan mudah diingat. Semua siswa dapat belajar dengan baik karena memiliki ketertarikan untuk belajar menggunakan video sehingga menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Secara khusus peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1) Motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan antusias siswa selama mengikuti pembelajaran dilihat dari kemandirian siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru dan mengerjakan LKPD, kepercayaan diri siswa dalam mengikuti diskusi bersama pasangan dan saat mempresentasikan hasil diskusi melalui rekam video. Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media video pembelajaran kinemaster dengan rata- rata presentase dari siklus I, II dan III sebesar 67,5%, 76,6%, 89,8%; (2) Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I, II dan ke III dengan presentase masing-masing 56%, 77%, 91%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5