cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 14 Documents clear
Penerapan Performance Assessment pada Pembelajaran Bahasa Indonesia: Perspektif Guru Chodiyah, Ayunda Nuril; Sodiq, Syamsul; Amri, Miftachul
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.23665

Abstract

Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 12 Singkawang Octavianti, Nabilla; Sunarsih, Eti; Sulistri, Emi
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.23845

Abstract

This research aims to: 1) determine the creative thinking abilities of class V studentsat SDN 12 Singkawang; 2) to determine the creative thinking abilities of class Vstudents at SDN 12 Singkawang; 3) to determine the correlation between creativethinking skills and narrative essay writing skills for fifth grade students at SDN 12Singkawang. The method utilized in this research is quantitative research with acorrelation design. The research population was 47 class V students at SDN 12Singkawang. The sampling technique in this research was saturated sampling of 47students. The data collection technique in this research is based on measurementtechniques, namely using tests of creative thinking abilities and narrative essaywriting skills. The data analysis techniques used are Product Moment Correlation(PPM) and Spearman Rank Correlation. The results of this research indicate that,1) the creative thinking skills of class V students are still in the low category at 56.2) the students' narrative essay writing skills are still in the sufficient category asevidenced by the average result of 60 being in the sufficient category. 3) there is nocorrelation between creative thinking skills and narrative essay writing skills forclass V students, amounting to 0.172. So, from the results of the research that hasbeen conducted, there is no positive and significant correlation between the abilityto think creatively and the narrative essay writing skills of class V students.Keywords: creative thinking skills, narrative essay writing skills.
Efektivitas Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 di SD N 2 Mantingan Maulida, Shera Rizqi; Wiranti, Dwiana Asih
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.26889

Abstract

Demi mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas satu di SD N 2 Mantingan melalui media kartu huruf merupakan tujuan dari penelitian ini. Desain eksperimen pretest-posttest kelompok tunggal dan teknik kuantitatif ialah penelitian yang diterapkan. Terdiri dari 31 peserta didik kelas satu yang mengikuti proses penelitian dalam populasi. Tes diberikan sebagai bagian dari dua perlakuan yaitu pretest, yang diberikan sebelum terapi (treatment) dimulai, dan posttest yang diberikan sebagai tes terakhir setelah terapi. Sementara nilai rata-rata posttest peserta didik, yang diberikan setelah terapi, adalah 88, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut telah melampaui batas minimal 75, nilai rata-rata 58 peserta didik dalam pretest menunjukkan bahwa nilai tersebut belum mencapai batas minimal 75. Dapat dipastikan apakah nilai pretest dan posttest meningkat. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan alat ujian lisan tujuh pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, uji t berpasangan menghasilkan hasil <,001 < 0,005 yang menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan diberikan kepada peserta didik kelas 1 SDN 2 Mantingan melalui media kartu huruf. Ho ditolak dan Ha diterima karena <,001 kurang dari 0,005. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf dapat membantu siswa kelas 1 SDN 2 Mantingan dalam mengembangkan keterampilan membaca.
Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Tayangan Podcast Youtube Maudy Ayunda dengan Aliyah Natasya Prasasti, Dewi Agung; Hadi, Saptono; Sa'diyah, Lailiyatus; Hermawan, Agus
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.24085

Abstract

Pemanfaatan Gemini dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA: Studi Literatur Wahyuni, Rizki Niko; Suryani, Irma; Warni, Warni
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.26571

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan semakin berkembang, termasuk aplikasi Gemini yang berbasis kecerdasan buatan. Studi literatur ini bertujuan untuk menganalisis potensi Gemini sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Kajian difokuskan pada fitur-fitur aplikasi, manfaat, tantangan, dan penerapannya dalam pembelajaran. Hasil studi menunjukkan bahwa Gemini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis, membaca, dan analisis teks dengan pendekatan mandiri dan interaktif. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, seperti analisis teks otomatis, panduan menulis kreatif, dan simulasi evaluasi berbasis AI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dengan memanfaatkan fitur-fitur inovatif tersebut, Gemini berpotensi menjadi solusi pembelajaran modern di era digital. Namun, penerapannya tidak lepas dari tantangan, seperti kebutuhan infrastruktur teknologi yang memadai, pelatihan guru dalam menggunakan aplikasi, serta adaptasi siswa terhadap metode pembelajaran baru. Studi ini juga menekankan pentingnya integrasi Gemini dengan kurikulum pembelajaran yang ada agar manfaatnya lebih optimal. Secara keseluruhan, pemanfaatan Gemini mendukung pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan tuntutan abad ke-21, khususnya dalam meningkatkan kompetensi literasi siswa.
Leksikon Kuliner Khas Madura Sebagai Wujud Pengenalan Kuliner Nusantara [Perspektif Ekolinguistik] Kamilia, Nabilatul; Khotimah, Khusnul; Ayuningtias, Diah Ikawati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.25223

Abstract

This research was conducted to describe 1) typical Madurese food or culinary delights from various districts in Madura and 2) the relationship between the lexicon (naming) of typical Madurese culinary delights when viewed from an ecolinguistic perspective. The theory used as a basic reference in this research is the ecolinguistic theory put forward by Lindo and Bundsgaard. The object of this research is the meaning of naming typical Madurese culinary delights and their relationship to the environment, culture, history, traditions or Madurese language. Meanwhile, typical Madurese culinary delights were used as a data source in this research. The data in this research was taken using reading techniques and note-taking techniques using the document review method. The data collection instrument in this research was the researcher himself (human instrument). The results of this research found 6 typical Madurese culinary data that were influenced by the biological dimension, 2 typical Madurese culinary data that were influenced by the ideological dimension, and 7 typical Madurese culinary data that were influenced by the sociological dimension. The results of the analysis in this research can provide an in-depth understanding of the lexicon (naming) of typical Madurese culinary foods based on an ecolinguistic perspective. It is hoped that this research can be used as a reference for future researchers.Keywords: ecolinguistics, lexicon, Madurese culinary
Pemanfaatan Aplikasi Snack Video untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Materi Teks Berita Siswa SMP Kelas VII Nisa, Siti Robiatun; Pairin, Udjang; Indarti, Titik
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.23460

Abstract

Pesan Moral sebagai Nilai Pedagogis dalam Sastra Setengah Lisan Sawer Penganten (Pendekatan Folklorologi) Pratiwi, Noor Komari; Megiati, Yunita Endra
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.26230

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Materi Intonasi dan Diksi Melalui Kooperatif Learning Tipe Stad Berbasis Game Tebak Kata di SDN Bluto I Fajriyah, Fitri Nur; Susanti, Ayudya; Fawaidzah, Icha Zulfiyatul
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.26716

Abstract

Pembelajaran merupakan proses kolaborasi yang melibatkan pendidik dan peserta didik untuk memperoleh suatu pengetahuan baik itu dalam rana kognitif, afektif dan psikomotorik. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD adalah suatu rangkaian pembelajaran yang membelajarkan siswa terkait dengan keterampilan dan kemampuan berbahasa dengan tujuan peserta didik bisa meningkatkan pengginaan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan. Materi diksi dan intonasi merupakan materi yang sering dierapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan desain penelitian eksperimen dan observasi mengenai penggunaan metode kooperatif tipe STAD menggunakan game tebak kata. Selain itu penulis juga mengadakan game pada proses pembelajaran untuk merangsang keterampilan berbicara dan mempresentasikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis game dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep diksi dan intonasi.
Kesantunan Berbahasa Debat Capres Cawapres Periode 2024-2029 Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Materi Debat Kelas X Dinar, Anggraeni Rus; Sugiarti, Dewi Herlina; Rosalina, Sinta
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 7, No 3 (2024): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v7i3.24720

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2024 2024