cover
Contact Name
Hera Pebrianti
Contact Email
herapebrianti@gmail.com
Phone
+6281243825356
Journal Mail Official
herapebrianti@gmail.com
Editorial Address
Kambu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93561
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27758761     DOI : 10.52423
Core Subject : Science, Social,
Journal of Library and Information Literacy Halu Oleo University is published four times a year in February, May, August, and November by the Department of Library and Information Science, Halu Oleo University, Kendari City, South East Sulawesi Province, Indonesia. The journal publishes original research articles in the field of library and information science for more details the author can check in the scope of publication provided. The numbers of processes must be followed in order to publish article in this journal, starting from article selection, article review, strict editing process by journal editors and reviewers. Hopefully this journal will give a big contribution to all scholars, professionals, practitioners, and LIS students throughout the world.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus" : 7 Documents clear
Peran Guru Dalam Membagikan Bahan Pustaka Kepada siswa pada Media Pembelajaran Online di masa Pandemic Covid 19 di SMA Negeri 11 Kendari Rindha Syaifadillah; Masrul Masrul; Asrul Jaya
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.155 KB) | DOI: 10.52423/jlpi.v1i3.21935

Abstract

SMA Negeri 11 Kendari yang ada dikota kendari juga merupakan lembaga pendidikan yang ikut menerapkan kegiatan pembelajaran online dalam mengatasi permasalahan pendidikan pada masa pandemi Covid19. sejak diterapkannya pembelajaran online di SMA Negeri 11 Kendari banyak mengalami kesulitan dalam  hal belajar mengajar selama masa pandemic. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam memberikan bahan pustaka kepada siswa melalui media pembelajaran online di SMA Negeri 11 Kota Kendari. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di SMA Negeri 11 Kota Kendari informan penelitian ialah berjumlah 6 orang yang di tetapkan secara purposive sampling antara lain terdiri 3 orang guru, 3 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa. Media Pembelajaran online yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 11 kota kendari untuk membagikan bahan pustaka kepada siswa belum sepenuhnya membantu dalam menunjang pembelajaran dirumah. 
Manajemen Pengelolaan Arsip (Studi Kasus Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Konawe Utara) Hasliani Hasliani; Sitti Harmin; Muh Rajab
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.835 KB) | DOI: 10.52423/jlpi.v1i3.21920

Abstract

 Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Konawe Utara, dari yang terlihat secara penataan seluruh kearsipan yang ada diperpustakaan daerah terlihat sangat baik, namun yang menjadi permasalahan dalam hal ini adalah terkait dengan manajemen pengelolaan arsip yang baik dan benar sesuai dengan syarat standar pengelolaan kearsiapan, seperti yang terlihat penataan yang dilakukan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Konawe Utara hanya menata sesuai dengan judul dan lamanya bahan bacaan serta pemisahan jenis dokumen.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan arsip pada perpustakaan daerah kabuaten konawe utara. Informan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder, jenis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian adalah pendekatan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan arsip yang dilakukan oleh perpustakaan kabupaten konawe utara yang dilakukan secara efektif terdiri dari pengelolaan arsip aktif seperti klasifikasi arsip dengan cara mengklasifikasikan berdasarkan surat masuk dari instansi dilingkup pemerintahan, uraian informasi arsip dengan cara menyediakan folder/map dan diberikan kode pada map sesuai dengan kandungan informasi pada dokumen, waktu pengarsipan dengan cara memberikan kode yang menunjukkan waktu pada dokumen yang hendak diarsipkan. Pengelolaan arsip vital dilakukan dengan menyimpan pada ruang dan folder khusus karena arsip ini merupakan arsip penting bagi instansi seperti Surat Keputusan (SK) instansi maupun pegawai, akte pendirian perusahaan, file-file penelitian, anggaran organisasi, asuransi, daftar gaji, personal file, laporan keuangan, surat perjanjian. Sedangkan pengelolaan arsip inaktif tidak efektif dilakukan karena tidak adanya sumberdaya manusia yang kompeten dalam menangani pengelolaan arsip inaktif.
Pemanfaatan Media Sosial pada Kemampuan Literasi Media Siswa SMAN 4 Kendari Nurmaulita Hasriana; Sumadi Dilla; Harnina Ridwan
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.283 KB) | DOI: 10.52423/jlpi.v1i3.22007

Abstract

SMAN 4 Kendari telah menanamkan gerakan literasi dan pernah mengikuti Festival Literasi Sekolah tingkat SMA. Sekolah ini juga telah mengembangkan pembelajaran secara digital. Seperti saat ini dalam kondisi pandemi yang mengharuskan pembelajaran secara online atau daring. Pembelajaran yang dilakukan lebih banyak menggunakan internet terutama media sosial, kecuali dalam pengumpulan tugas atau ulangan semester yang memperbolehkan siswa ke sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara pemanfaatan media sosial youtube pada kemampuan literasi media siswa di SMAN 4 Kendari. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMAN 4 Kendari.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial youtube pada kemampuan literasi media siswa SMAN 4 Kendari belum memenuhi tiga indikator penilaian secara optimal.
Penggunaan Aplikasi i-Pusnas dalam Pemenuhan Referensi Perkuliahan pada Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2017 FISIP UHO Kurniati Kurniati; Asrul Jaya; La Ode Herman
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.742 KB) | DOI: 10.52423/jlpi.v1i3.21923

Abstract

Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2017 FISIP UHO memilih untuk menggunakan Aplikasi iPusnas, sebagai sarana dan media untuk memenuhi kebutuhan referensi perkuliahan mereka. Penggunaan Aplikasi iPusnas inilah yang menjadi daya tarik untuk diteliti bagaimana iPusnas mampu memenuhi Referensi Perkuliahan Mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Aplikasi iPusnas pada Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2017 FISIP UHO dalam memenuhi kebutuhan referensi perkuliahannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini informan dipilih melalui Teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Aplikasi iPusnas  telah mampu  memenuhi  referensi perkuliahan Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasii Angkatan 2017 FISIP UHO dan Aplikasi iPusnas  telah selaras dengan Teori Uses and Gratificatiopn dalam memenuhi kebutuhan referensi perkuliahan dan juga Aplikasi iPusnas telah mampu memenuhi  aspek kemudahan akses koleksi pada teori Technology Acceptance Model (TAM) dimana Aplikasi iPusnas dapat digunakan kapan saja dan dimana saja hanya melalui Android dan Smartphone dari pengguna. 
Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Pemanfaatan Pustaka di Perpustakaan IAIN Kendari Rufiana Rufiana; Muh Zein Abdullah; Muh Rajab
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.954 KB) | DOI: 10.52423/jlpi.v1i3.22008

Abstract

Pemanfaatan bahan pustaka harus dilakukan dengan baik oleh seseorang yang ahli dalam bidang perpustakaan karena keberhasilan sebuah perpustakaan di lihat juga dari kelengkapan bahan koleksi, pembaruan informasi yang di miliki dan bahan pustaka yang ada di perpustakaan tersebut perlu di sesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga kualitas jasa yang di berikan dapat memberi kepuasan kepada pemustaka. Perpustakaan IAIN Kendari merupakan perpustakaan institut yang telah divitasi oleh asesor Lembaga Sertifikasi Perpustakaan Nasional yang berhasil memperoleh sertifikat akreditasi Perpustakaan IAIN Kendari sedang melengkapi sarana dan prasarana dalam mempersiapkan perpustakaan digital yang modern dan berkualitas, salah satunya dengan cara meningkatkan pemanfaatan bahan pustaka yang ada di perpustakaan tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi perpustakaan dalam meningkatkan pemanfaatan pustaka yang ada di perpustakaan IAIN Kendari. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Sumber data terdiri dari data primer dan data skunder, jenis data terdiri dari data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan analisis secara kualitatif.Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa memunculkan foto sampul buku pada bagian display OPAC mampu membantu pemustaka dalam hal pencarian bahan pustaka, sebab fitur yang ada pada OPAC sudah mencantukan biodata buku dan status buku tersebut, sehingga pemustaka bisa dengan mudah menemukan bahan koleksi yang mereka cari di perpustakaan IAIN Kendari.
Penerapan Shelving dalam Proses Temu Balik Informasi Pemustaka di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo Nurhaliza Nurhaliza; Asrul Jaya; Saidin Saidin
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.751 KB) | DOI: 10.52423/jlpi.v1i3.21925

Abstract

Fenomena penataan koleksi bahan pustaka terlihat di Perpustakaan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo yang  merupakan perpustakaan fakultas yang menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Namun sarana dan prasarana berupa koleksi-koleksi bahan pustaka maupun penataan koleksi ke rak buku di Perpustakaan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo belum memadai, penataan atau shelving yang tidak benar dalam penyimpanan buku di rak, dan tidak efektif sehingga koleksi mudah berantakan. Dimana perpustakaan tersebut memiliki koleksi yang cukup banyak serta rak-rak yang ada diatur secara  rapi, pustakawannya juga bekerja secara aktif saat mengolah bahan pustaka dan melayani pemustaka saat berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Shelving Dalam Proses Temu Balik Informasi Pemustaka di Perpustakaan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling atau penentuan secara sengaja di tentukanlangsung oleh peneliti untuk dijadikan informan, pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan shelving dalam proses penemuan temu balik informasi di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo belum berjalan dengan baik.
Kemampuan Pustakawan dalam Menghadapi Kemajuan Teknologi Informasi di Era Globalisasi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Maginti Salmina Salmina; Muh Zein Abdullah; Marsia Sumule
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 1, No 3 (2021): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.784 KB) | DOI: 10.52423/jlpi.v1i3.21934

Abstract

Dengan kemajuan teknologi informasi di era globalisasi saat ini perpustakaan SMA Negeri 1 Maginti harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai seperti komputer, penggunaan Opac, automasi perpustkaan, serta jaringan wifi untuk meningkatkan kualitas layanan dari perpustakaan itu sendiri. Untuk mengembangkan perpustakaan dalam rangka meningkatkan kualitas belajar siswa, perpustakaan sebagai wahana dalam mencari informasi serta rekreasi yang tidak hanya mencerdaskan namun juga memberdayakan siswa sehingga memberikan manfaat dan berdampak langsung pada peningkatan kualitas dan taraf belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas layanan, perpustakaan dapat melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, seperti  membangun dukungan dan komitmen untuk pengembangan perpustakaan berbasis Teknologi Informasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pustakawan dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi di era globalisasi di perpustakaan SMA Negeri 1 Maginti. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan pustakawan dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi di era globalisasi di perpustakaan SMA Negeri 1 Maginti saat ini belum adanya automasi perpustakaan, namun masih dalam proses mempelajari aplikasi automasi untuk mempermudah staf perpustakaan dalam menjalankan tugasnya. Hal ini ditunjukaan pada empat aspek indikator yang digunakan oleh penulis yaitu indikator pertama kemampuan dalam menggunakan komputer khususnya automasi perpustakaan, memiliki etika, kemampuan memanajeman informasi, serta kemampuan mengemas kembali informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7