cover
Contact Name
Widia
Contact Email
widia.fiska09@gmail.com
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
muhammadsalahuddin@habi.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan STKIP Harapan Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27751856     EISSN : 27751864     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 02 (2021): Oktober 2021" : 4 Documents clear
PELEVELAN PENALARAN SISWA KELAS 11 SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET Putra, Firnanda Pradana; Irawan, Edy Bambang; Salahuddin, Muhammad
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 2, No 02 (2021): Oktober 2021
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.711 KB) | DOI: 10.56842/dikmat.v2i02.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melevelkan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO yang terdiri dari level prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract sesuai kondisi sebenarnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yakni siswa I dalam memecahkan masalah barisan dan deret untuk butir soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut dapat dikategorikan pada level unistruktural, unistruktural, dan prastruktural. Siswa II dalam memecahkan masalah barisan dan deret untuk butir soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut dapat dikategorikan pada level prastruktural, unistruktural, dan unistruktural, serta siswa III dalam memecahkan masalah barisan dan deret untuk butir soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut dapat dikategorikan pada level unistruktural, prastruktural, dan prastruktural.
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IX-8 MTSN 2 KOTA BIMA Nuraini, Siti
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 2, No 02 (2021): Oktober 2021
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.819 KB) | DOI: 10.56842/dikmat.v2i02.86

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: rencana tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi atau evaluasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX-8  sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar dari 18,75% atau 6 siswa pada studi awal, menjadi 14 siswa atau 43,75% pada siklus pertama, dan 96,88% pada siklus kedua atau 31 siswa tuntas dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa. Selain itu, keaktifan belajar siswa terus meningkat dari 18,75% atau 6 siswa  pada studi awal menjadi, 43,75% atau 14 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 96,88% atau semua siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian penerapan model metode think pair share  dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas kelas IX-8  MTsN 2  Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA KITAB HUKUM ADAT DAYAK MAYAN Kristiani, Jeli; Fadilllah, Syarifah; Hodiyanto, Hodiyanto
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 2, No 02 (2021): Oktober 2021
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.015 KB) | DOI: 10.56842/dikmat.v2i02.80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis etnomatematika pada kitab hukum adat Dayak Mayan dalam materi aljabar pada siswa kelas VII SMPN 02 Suhaid yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model rancangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 02 Suhaid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpulan data lembar validasi ahli media, ahli materi, angket respon siswa, respon guru dan tes. Ahli validasi terdiri dari 2 dosen program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak dan 1 orang guru mata pelajaran matematika SMPN 02 Suhaid. Berdasarkan hasil valiasi para ahli diperoleh aspek materi yang dinyatakan sangat  valid dengan persentase sebesar 82,71%, sedangkan aspek media dinyatakan sangat valid dengan hasil persentase sebesar 83,61%. Hasil angket respon guru memperoleh hasil sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan angket respon siswa diperoleh 78% dengan kriteria praktis. Hasil uji coba diperoleh 80% dengan kriteria efektif dimana terdapat 12 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dari standar kriteria ketuntansan minimal yang ditentukan oleh sekolah adalah 75 untuk mata pelajaran matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Etnomatematika layak digunakan.
PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX-4 MTs NEGERI 02 KOTA BIMA Zakiyah, Z
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 2, No 02 (2021): Oktober 2021
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v2i02.81

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Problem Based Learning dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada siswa kelas IX-4 MTs Negeri 02 Kota Bima sejumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2018 sampai dengan 15 Maret 2018. Instrumen pada penelitian ini adalah RPP, lembar observasi siswa dan guru, angket dan soal-soal. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Data hasil penelitian yang dianalisis meliputi rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Dari hasil analisis dan pembahasan pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM= 70 ada 21 siswa atau 65,6% siswa yang tuntas secara klasikal, hal ini tidak memenuhi indikator, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II siswa yang mendapat di atas KKM= 70 ada 28 siswa atau 87,5% dari 32 siswa yang tuntas secara klasikal. Dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 21,9%. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan Metode Problems Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IX-4 MTs Negeri 02 Kota Bima.

Page 1 of 1 | Total Record : 4