cover
Contact Name
Diah Eka Sari
Contact Email
diaheka@unimed.ac.id
Phone
+6285261529917
Journal Mail Official
ekasarium@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Kode : Jurnal Bahasa
ISSN : 23015411     EISSN : 25797957     DOI : https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19972
Core Subject : Education,
Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2017): KODE" : 6 Documents clear
Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Ringkasan Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Yessi Natali Manullang; Malan Lubis
Kode : Jurnal Bahasa Vol 6, No 4 (2017): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.493 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v6i4.10836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan KemampuanMembaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Ringkasan Oleh SiswaKelas VIII SMP Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Untukmenjaring data dalam penelitian ini digunakan tes bentuk penugasan pilihanberganda tes kepada siswa tentang membaca pemahaman dan tes essay untukkemampuan menulis ringkasan. dalam penelitian rumus yang digunakanuntuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dengankemampuan menulis ringkasan adalah rumus korelasi product moment.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis,kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Medanberkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel x sebesar 74,07dan standart deviasi sebesar 13,86. Kemampuan menulis ringkasan siswakelas VIII SMP Negeri 1 Medan berkategori baik. Hal ini dapat dilihatdengan mean variabel Y 74,60 dan standart deviasi sebesar 6,92. Koefisienkorelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuanmenulis ringkasan adalah sebesar 0,371. Kemampuan siswa dalam menulisringkasan akan lebih baik jika dibarengi dengan kemampuan membacapemahaman yang baik pula. Pembelajaran membaca pemahaman bertujuanagar siswa mampu mengambil manfaat pesan yang disampaikan penulismelalui tulisan.Kata kunci : Membaca Pemahaman, menulis, ringkasan
PENGARUH BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWAKELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PEMBELAJARAN2016/2017 Hery V Lumban Gaol; Mutsyuhito Solin
Kode : Jurnal Bahasa Vol 6, No 4 (2017): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.972 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v6i4.10837

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajarbahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasisiswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti tahun pembelajaran2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalahsampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang adayaitu sebanyak 104 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimendengan model one group pre-test and post-test design.Daripengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis karagannarasi sebelum menggunakan surat kabar sebagai bahan ajarbahasa Indonesia dengan rata-rata 67,31, sedangkan hasilkemampuan menulis karagan narasi serelah menggunakan suratkabar sebagai bahan ajar bahasa Indonesia diperoleh rata-rata79,34. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian iniberasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas danhomogenitas, didapatlah sebesar 7,38 ; setelah diketahui,kemudian dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5%= 2,00, karena yang diperoleh lebih besar dari yaitu7,38>2,00, hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan analisisdata di atas dapat disimpulkan bahan ajar bahasa Indonesiamenggunakan surat kabar berpengaruh positif terhadapkemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMK Negeri 1Laguboti tahun pembelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Bahan Ajar Bahasa Indonesia , Menulis Karangan Narasi.
ANALISIS PENGGUNAAN KOHESI LEKSIKAL PADA TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMKN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Megawati Sinurat; Syahnan Daulay
Kode : Jurnal Bahasa Vol 6, No 4 (2017): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.383 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v6i4.10833

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kohesi leksikalpada teks eksposisi siswa kelas X SMKN 2 Medan tahun pembelajaran2016/2017. Sumber data penelitian ini berjumlah 32 teks eksposisi siswa kelasX SMKN 2 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, Metode deskriptifkualitatif ini sering disebut non eksperimen dan Instrumen yang digunakanadalah peneliti sendiri karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukankontrol manipulasi variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkanditemukan penggunaan kohesi leksikal pada teks eksposisi siswa kelas XSMKN 2 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 berjumlah 130 yang terdiridari repetisi, sinonim, antonim, hiponim, kolokasi dan ekuivalensi.Penggunaan kohesi leksikal terdiri dari ketepatan penggunaan repetisi 88,41%atau 154 dari 130 jumlah keseluruhan kohesi leksikal dan ketidaktepatankohesi leksikal terdiri dari repetisi, hiponim, kolokasi dan ekuivalensi denganjumlah 11,59% atau 19 dari 130 jumlah keseluruhan penggunaan kohesileksikal. Penggunaan kohesi leksikal dalam teks eksposisi siswa kelas XSMKN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 terdiri dari repetisiberjumlah 38,46% atau 50 dari 130, sinonim berjumlah 11,54% atau 15 dari130, antonim berjumlah 10,77% atau 14 dari 130, hiponim berjumlah 2,31%atau 3 dari 130, kolokasi berjumlah 20,77% atau 27 dari 130, dan ekuivalensiberjumlah 16,15% atau 21 dari 130 jumlah keseluruhan penggunaan kohesileksikal. Penggunaan kohesi leksikal dalam teks eksposisi siswa kelas XSMKN 2 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang paling dominan adalahrepetisi (pengulangan) dengan jumlah persentase 38,46% atau 50 dari 130 danpenggunaan kohesi leksikal pada teks eksposisi siswa kelas X SMKN 2Medan yang paling sedikit digunakan adalah hiponim dengan jumlahpersentase 2,31% atau 3 dari 130 penggunaan kohesi leksikal. Dari datakualitatif tersebut, ketepatan penggunaan kohesi leksikal pada teks eksposisisiswa kelas X SMKN 2 Medan termasuk dalam kategori Sangat Baik.Kata kunci: Penggunaan Kohesi Leksikal, Ketepatan, Ketidaktepatan, TeksEksposisi
IMPLIKATUR PERCAKAPAN DI LAPAS WANITA KELAS II A MEDAN Meta Ika Gulo; Mara Untung Ritonga
Kode : Jurnal Bahasa Vol 6, No 4 (2017): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.163 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v6i4.10838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis- jenis implikaturdan makna implikatur pada percakapan narapidana di Lapas WanitaKelas II A Medan. Jenis penelitian yang dipakai adalah metodepenelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah teknik simak, wawancara, dan catat. Teknik inidigunakan agar memperoleh data secara detail dan menyeluruh. Darihasil penelitian ditemukan 50 ujaran mengandung implikaturpercakapan yang paling dominan muncul adalah implikaturpercakapan khusus sebanyak 18 tuturan (36%), selanjutnyaimplikatur konvensional sebanyak15 tuturan(30%) kemudianimplikatur percakapan umum sebanyak 11 tuturan (22%) danterakhir implikatur berskala sebanyak 6 tuturan(12%). Hasilpenelitian implikatur percakapan di Lapas Wanita Kelas II A Medanmenunjukan bahwa implikatur yang paling dominan ialah implikaturpercakapan khusus hal ini berdasarkan sudut penggunaan bahasanarapidana cenderung menggunakan kata-kata khusus dan topikkhusus yang hanya kalangan sesama napi yang mengerti akan maknaatau maksud tuturan tersebut, sedangkan orang lain yang akan sulituntuk memahami apa yang diujarkan oleh para napi di Lapas WanitaKelas II A Medan.Kata Kunci :Implikatur, Makna, Lapas
EFEKTIVITAS TEKNIK MEMBACA INTENSIF DALAM PENCAPAIAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Sabrina Silaban; Rumasi Simaremare
Kode : Jurnal Bahasa Vol 6, No 4 (2017): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.602 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v6i4.10834

Abstract

Penelitian yang telahdilakukanini membahas mengenaikeefektifansuatuteknikmembacayakni, Teknik MembacaIntensif dalam Pencapaian Kecepatan Efektif Membaca (KEM)teks Berita Siswa yang ditelitipadasiswa Kelas XI SMAParulian 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Adapun sampel dalampenelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil denganmenggunakan teknik pengambilan sampel kluster randomsampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring dataadalah tes pilihan berganda. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesisdilakukan dengan menggunakan uji “t”.Setelahmelakukan pengolahan data, makadiperoleh nilai ratarata pre-test = 40, standar deviasi = 13,23. Dalampengkategorian nilai pre-test, kategori sangat baik tidak adaatau 0 %, kategori baik sebanyak 2,5 %, kategori cukupsebanyak 10%, kategori kurang sebanyak 52,5% dan kategorisangat kurang sebanyak 35%. Sedangkan nila rata-rata post-testsudah mencapai nilai 80. Dalam pengkategorian nilai post-test,kategori sangat baik sebanyak 50%, kategori baik sebanyak42,5%, kategori cukup sebanyak 5%, kategori kurang sebanyak2,5% dan kategori sangat kurang 0%. Berdasarkan ujinormalitas, hasil Pre-test dan Post-test berdistribusi normal.Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwasampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah ujihomogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui sebesar 13,84 selanjutnya tersebut dikonsultasikan dengantabel t dengan taraf signifikansi α = 5% dengan satu pihakdimana dk = (N-1) maka = 2,021 sehingga jikadibandingkan dengan maka > (13,84>2,021)maka hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif ()diterima.Kata kunci: Efektivitas, Teknik Membaca Intensif dan KEM
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Susi Susanti Simamora; Tangson Rudolf Pangaribuan
Kode : Jurnal Bahasa Vol 6, No 4 (2017): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.602 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v6i4.10835

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiriterhadap kemampuan menulistekscerita pendek. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015yang berjumlah 134 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelasVII-A yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah metodeeksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan datamenunjukkan bahwa kemampuan menulistekseksposisi siswa kelas VII SMPNegeri 1 Sibabangun Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakanmodel pembelajaran Inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukupdengan nilai rata-rata = 65,9, standar deviasi = 13,56 sedangkan kemampuanmenulistekscerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 1Sibabangun TahunPembelajaran 2014/2015 setelah menggunakan model pembelajaran Inkuirimasukke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 76,25, standar deviasi = 10,43. Dariuji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapatbahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah ujinormalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 2,64. Selanjutnya to diketahui,kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=20-1=19 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,09, karena to yang diperoleh lebihbesar dari tabel yaitu 2,64 > 2,09, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan modelpembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendekoleh siswakelas VII SMP Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah TahunPembelajaran 2014/2015.Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Teks Cerita Pendek.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 3 (2025): Kode: Edisi September 2025 Vol. 14 No. 2 (2025): Kode: Edisi Juni 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Kode: Edisi Maret 2025 Vol. 13 No. 4 (2024): Kode: Edisi Desember 2024 Vol 13, No 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol. 13 No. 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol 13, No 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol 13, No 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol 12, No 4 (2023): Kode: Edisi Desember 2023 Vol 12, No 3 (2023): Kode: Edisi September 2023 Vol 12, No 2 (2023): Kode: Edisi Juni 2023 Vol 12, No 1 (2023): Kode: Edisi Maret 2023 Vol 11, No 4 (2022): Kode: Edisi Desember 2022 Vol 11, No 3 (2022): Kode: Edisi September 2022 Vol 11, No 2 (2022): Kode: Edisi Juni 2022 Vol 11, No 1 (2022): Kode: Edisi Maret 2022 Vol 10, No 4 (2021): Kode: Edisi Desember 2021 Vol 10, No 3 (2021): Kode: Edisi September 2021 Vol 10, No 2 (2021): Kode: Edisi Juni 2021 Vol 10, No 1 (2021): Kode: Edisi Maret 2021 Vol 9, No 4 (2020): KODE Vol 9, No 3 (2020): KODE Vol 9, No 2 (2020): KODE Vol 9, No 1 (2020): Edisi Januari Vol 8, No 4 (2019): KODE Vol 8, No 3 (2019): KODE Vol 8, No 2 (2019): KODE Vol 8, No 1 (2019): KODE Vol 7, No 4 (2018): KODE Vol 7, No 3 (2018): KODE Vol 7, No 2 (2018): KODE Vol 7, No 1 (2018): KODE Vol 6, No 3 (2017): KODE Vol 6, No 1 (2017): KODE Vol 5, No 3 (2016): KODE Vol 6, No 4 (2017): KODE Vol 6, No 2 (2017): KODE Vol 5, No 2 (2016): KODE Vol 5, No 1 (2016): KODE Vol 4, No 4 (2015): KODE Vol 4, No 3 (2015): KODE Vol 4, No 2 (2015): KODE Vol 4, No 1 (2015): kode Vol 3, No 4 (2014): KODE Vol 3, No 3 (2014): KODE Vol 3, No 2 (2014): KODE Vol 3, No 1 (2014): KODE Vol 2, No 4 (2013): KODE Vol 2, No 3 (2013): KODE Vol 2, No 2 (2013): KODE Vol 2, No 1 (2013): KODE Vol 1, No 3 (2012): KODE Vol 1, No 2 (2012): KODE Vol 1, No 1 (2012): KODE More Issue