cover
Contact Name
Agus Darmawan
Contact Email
agusdkv@nusaputra.ac.id
Phone
+62266-210594
Journal Mail Official
dasarupa@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Gedung B lantai 4 jln raya Cibatu Cisaat No 21, Kec Cisaat, Sukabumi Jawa Barat 43155
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 27148718     EISSN : 27146618     DOI : -
This Journal of Visual Communication Design and Fine Arts is published by the Visual Communication Design Study Program, University of Nusa Putra, as a journal published every four months that focuses on presenting writings on Design and Fine Arts. This journal contains research articles or concept development related to the field of Design and Fine Arts, such as: publishing original papers, review papers, conceptual frameworks, analytical and simulation models, case studies, and empirical research. DASARUPA journal aims to develop and communicate widely the development of visual and multimedia communication design both theoretically and empirically. DASARUPA seeks to represent and play an active role in the development of scientific,interdisciplinary discourse, research, and scientific publications of Visual Communication Design, Product Design and Visual Arts in general, both in academic and practical circles. Visual Photography, Videography (Film and Television), Animation, Motion Graphic, Creative Media, Advertising
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Jurnal DasaRupa Vol 4 no 1 April 2022" : 5 Documents clear
PROMOSI BRAND MUNA98CRAFT MELALUI PERANCANGAN VISUAL BRANDING (LOGO) M Ficky aulia M Ficky aulia
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 4 No 1 (2022): Jurnal DasaRupa Vol 4 no 1 April 2022
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v4i1.76

Abstract

ABSTRAK Perancangan Visual Branding Produk Kerajinan Berbahan Dasar Bambu Muna98Craft di Sukabumi ditujukan untuk memperkenalkan brand Muna98Craft. Perancangan logo dari visual branding diambil dari bentuk tanda tangan yang menyerupai produk perahu yang diunggulkan dari produk kerajinan Muna98Craft. Serta penggunan konsep dan visi misi dari perusahaan Muna98Craft. Perancangan utama adalah logo. Kemudian media pendukungnya berupa media Online di antaranya Youtube,Instagram,Facebook. Katakunci: Visual Branding; Muna98Craft; Media; ABSTRACT Visual Design of Branding Products Muna98Craft Bamboo Based Crafts in Sukabumi is intended to introduce muna98craft brand. The design of the logo of visual branding is taken from a signature form that resembles a boat product that is featured from muna98craft handicraft products. As well as the use of the concept and mission vision of the company Muna98Craft. The main design is the logo. Then the supporting media in the form of online media including Youtube, Instagram, Facebook. Keywords: Visual Branding; Muna98Craft; Media;
VIDEO IKLAN PARIWISATA SUKABUMI SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PROMOSI WISATA SUKABUMI Tulus Rega Wahyuni E; Taufik Khoirudin Taufik Khoirudin
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 4 No 1 (2022): Jurnal DasaRupa Vol 4 no 1 April 2022
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v4i1.78

Abstract

ABSTRAK Objek wisata yang ada di Indonesia merupakan kekayaan alam yang patut untuk dibanggakan. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan baik dari segi keindahannya maupun adat istiadat yang ada di daerah tersebut, sehingga menarik minat pengunjung untuk mengunjunginya. Negara Indonesia memiliki banyak objek daya tarik wisata yang sangat potensial dan tidak kalah indahnya dengan Pulau Bali.Sektor pariwisata sebagai kegiatan perekonomian telah menjadi andalan dan prioritas pengembangan bagi sejumlah Negara, terlebih bagi Negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki potensi wilayah yang luas. namun juga diperlukan untuk para generasi muda yang kelak akan mewarisi sebagai pengelola pariwisata Indonesia di masa depan. Khususnya di sukabumi yang juga memiliki begitu banyak Potensi Wisata seperti pantai, air terjun .jembatan gantung terpajang se asia dan pegunungan. Dengan visualisasi warna air yang sangat jernih dengan latar belakang pegunungan yang sangat indah. Membahas keindahan tempat wisata di sukabumi jawa barat tidak akan ada habisnya, inilah salah satu kebanggaan yang dimiliki Indonesia, keindahan alam dengan pemandangan yang tidak akan pernah habis untuk dinikmati.maka pada tugas akhir ini prose produksi video iklan wisata sukabumi.yang dimana di gunakan untuk mengembangkan potensi wisata sukabumi lebih dikenal. Katakunci: Video Iklan; Pariwisata; Sukabumi; ABSTRACT Tourism place in Indonesia is a natural wealth that should be proud of. Each region in Indonesia is unique both in terms of its beauty and customs in the area, so that it attracts visitors to visit it. The country of Indonesia has many potential tourist attraction objects and is not less beautiful than the island of Bali. The tourism sector as an economic activity has become a mainstay and development priority for a number of countries, especially for developing countries like Indonesia which have vast regional potentials. but it is also needed for young people who will inherit as managers of Indonesian tourism in the future. Especially in Sukabumi which also has so many tourism potentials such as beaches, waterfalls, suspension bridges displayed throughout Asia and the mountains. With a visualization of the color of the water it’s very clear with a very beautiful mountain background. Discussing the beauty of tourist attractions in sukabumi west Java will never end, this is one of the pride that Indonesia has, natural beauty with a view that will never run out to enjoy. Then in this final project prose the production of sukabumi tourism advertising video. develop better known sukabumi tourism potential. Keywords: Ad Video; Tourist; Sukabumi;
ILUSTRASI DESAIN DALAM MEDIA INTERAKTIF CERITA RAKYAT SUKABUMI BERBASIS APLIKASI UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DI SD ISLAM ATTARBIYAH Bachrul Bagja
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 4 No 1 (2022): Jurnal DasaRupa Vol 4 no 1 April 2022
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v4i1.79

Abstract

ABSTRAK Ketika murid Sekolah Dasar mempelajari tentang lingkungan di sekitar mereka, cerita rakyat adalah salah satu kebudayaan yang harus diajarkan karena memiliki nilai-nilai dalam masyarakat. Sudah banyak cerita rakyat dari daerah lain yang diajarkan, tetapi jarang ditemukan yang berasal dari Kota Sukabumi. Dalam wawancara bersama anggota Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, maka terpilihlah cerita-cerita rakyat Sukabumi yang akan dikenalkan kepada anak- anak. Kemudian cerita dianalisis dengan teori folklor untuk dapat diketahui kategorinya. Cerita rakyat Sukabumi ini menggunakan media Interaktif sebagai sarana pengenalannya dengan bentuk aplikasi yang dibuat dengan bantuan perangkat lunak dan dapat dijalankan di gawai. Proses perancangannya terdiri dari pra-produksi yang berhubungan dengan persiapan ide, pembuatan sketsa layout, storyboard, dan tombol yang kemudian dilanjutkan ke proses produksi seperti menempatkan narasi cerita dan ilustrasi ke dalam media interaktif, setelahnya pasca-produksi seperti pengujian untuk melihat kesesuaian aplikasi. Ilustrasi yang digunakan adalah gambar kartun yang dibuat secara digital. Di dalam media interaktif tersebut, pentingnya diterapkan ilustrasi desain yang menggunakan elemen, unsur dan prinsip dari Desain Komunikasi Visual untuk membuatnya semakin menarik. Dengan menggunakan hasil angket yang dibagikan ke murid SD Islam Attabiyah sebagai sekolah pertama yang menjadi target pengujian, diketahui bahwa perancangan media interaktif ini dapat dikatakan berhasil dengan pencapaian lebih dari 70% suara positif. Katakunci: Media Interaktif; Aplikasi; Ilustrasi Desain; Cerita Rakyat; Sukabumi;
TINJAUAN BIBLIOMETRIK ELEMEN DAN PRINSIP DESAIN TAHUN 2016-2021 yanuar yanuar
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 4 No 1 (2022): Jurnal DasaRupa Vol 4 no 1 April 2022
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v4i1.120

Abstract

Secara kualitatif penelitian mengenai elemen dan prinsip desain telah banyak dilakukan sebelumnya. Namun demikian jumlah data terkait penelitian tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya. Demikian penelitian ini dilakukan untuk meninjau penelitian mengenai elemen dan prinsip desain dari tahun 2016-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis bibliometrik berdasarkan data Scopus. Hasil dari penelitian adalah (1) Jumlah penelitian terkait dengan elemen dan prinsip desain dari tahun 2016-2021 tampak memiliki tren peningkatan di setiap tahunnya; (2) Jumlah dokumen beserta dengan publikasi terbanyak adalah Physical Chemistry Chemical Physics, dengan total jumlah dokumen penelitian terkait elemen dan prinsip desain dari tahun 2016-2021 adalah 1.028 dokumen; (3) Berdasarkan jenis sumbernya dokumen penelitian terkait dengan elemen dan prinsip desain paling dominan adalah dalam bentuk artikel jurnal; (4) Negara dengan jumlah penelitian terkait elemen dan prinsip desain dengan jumlah terbanyak adalah China yaitu 43.581 dokumen; (5) Afiliasi dengan jumlah dokumen terbanyak 4.381 adalah Ministry of Education China; (6) Hasil dokumen berdasarkan subject area penelitian terkait dengan elemen dan prinsip desain dari tahun 2016-2021 ditemukan bahwa subject area Engineering memiliki dokumen terbanyak yaitu 70.895 dokumen; (7) Buku berjudul “Computer Simulation of Liquidss: Second edition” menjadi dokumen dengan jumlah sitasi terbanyak yaitu dengan jumlah sitasi adalah 5.259; (8) Ditemukan lima klaster tema yang berkaitan dengan elemen dan prinsip desain yaitu klaster “Phase”, klaster “Energy”, klaster “Compound”, klaster “Surface”, dan klaster “Article”. Katakunci: Bibliometrik; Elemen dan Prinsip Desain; 2016-2021;
ANALISIS ILUSTRASI DAN ELEMEN PENDUKUNGNYA PADA BUKU “YUK BERHIJAB” KARYA FELIX SIAUW Diean arjuna D Diean arjuna D
JURNAL Dasarrupa: Desain dan Seni Rupa Vol 4 No 1 (2022): Jurnal DasaRupa Vol 4 no 1 April 2022
Publisher : UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/dasarupa.v4i1.124

Abstract

Banyaknya hiburan visual yang membuat turunnya minat baca buku di masyarakat perlu mendapatkan perhatian khusus. Media buku perlu memanfaatkan peran visual tersebut untuk kembali menumbuhkan minat baca dengan menghadirkan ilustrasi yang menarik didalamnya. Ilustrasi yang hadir dalam suatu buku berfungsi untuk menarik perhatian mata pembaca, menjadikan pembaca lebih nyaman untuk mengikuti alur cerita, serta pembaca juga dapat mengingat lebih cepat dari buku yang dibaca. Salah satu buku yang cukup berhasil menggunakan ilustrasi dalam bentuk cetak adalah buku “Yuk Berhijab” karya Felix Siauw. Dengan menghadirkan ilustrasi yang cukup menarik perhatian dengan menyatukan elemen pendukung lainnya, menjadikan buku tersebut dapat dengan baik mengemas buku yang memuat informasi tentang agama, yang pada umumnya memiliki materi yang berat dan mempunyai banyak halaman dan dibaca oleh kalangan tertentu saja sehingga menjadi buku bacaan yang ringan namun padat akan ilmu yang disampaikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5