cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2013)" : 7 Documents clear
Pengaruh Kompensasi, Produktivitas Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan : Studi Kasus Pada Divisi Marketing Agus Sriyanto; Zulvia Khalid
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.848 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i2.301

Abstract

Karyawan merupakan unsur penting dalam menunjang aktivitas perusahaan, tanpa karyawan maka perusahaan tidak dapat beraktivitas walaupun perusahaan memilki teknologi modern sekalipun. Untuk itu perusahaan harus memperhatikan karyawannya sehingga karyawan tesebut dapat meningkatkan produktivitas dan loyalitas kerja karyawan meningkat sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Para manajer perusahaan dituntut untuk ikut berperan aktif memajukan usahanya baik dibidang jasa maupun manufaktur terutama sumberdaya manusianya.Maka manajer dituntut Upaya untuk melakukan hal tersebut diantaranya dengan cara meningkatkan produktivitas dan loyalitas kerja karyawan. Tujuan penelitian yang ingin diungkapkan dan yang ingin dicapai adalah untuk memperoleh bukti empirik tentang pengaruh antara kompensasai,produktivitas dan loyalitas terhadap kinerja karyawan.Jumlah populasi sebanyak 398 dan setelah dihitung menggunakan kaidah sampel yang digunakan sebagai sumber adalah dengan rumus Slovin menjadi 80 sampel.Berdasarkan hasil perhitungan dijelaskan bahwa hipotesis pertama (H1) tidak ditolak, yaitu terdapat pengaruh antara variabel independen Kompensasai (X1) dengan variabel dependen produktivitas (X2). Hipotesis kedua (H2) juga tidak ditolak, yaitu terbukti terdapat pengaruh antara variabel Produktivitas (X2) dengan dependen Loyalitas (X3). Hipotesis ketiga (H3) penelitian ini juga tidak ditolak, yaitu terdapat pengaruh antara loyalitas (X3) dengan kinerja karyawan (Y). Dan Hipotesis ke empat (H4) penelitian ini juga tidak ditolak, hipotesis ke empat menggunakan uji regresi dengan uji f bahwa variabel independen Kompensasi (X1)Produktivitas (X2), Loyalitas (X3) secara simultan mempunyai kemampuan menjelaskan secara signifikan variabel dependen yaitu kinerja karyawan (Y).
Pengaruh Struktur Aktiva, Tingkat Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitasterhadap Struktur Modal Pada Industri Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012 Sugeng Priyanto
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.939 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i2.302

Abstract

Analisis struktur modal sangat penting untuk mengetahui stabilitas keuangan dan jaminan akan kelangsungan hidup perusahaan serta memberikan gambaran kekuatan dan kelemahan struktur modal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi struktur modal. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan pengujian statistik, yaitu dengan analisis regresi linier berganda. Dengan menggunakan program computer SPSS versi 17.0, dijelaskan bahwa fluktuasi Struktur Modal dipengaruhi oleh varibel Struktur Aktiva, Tingkat Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Return on Invesment sebesar 16.4% sedangkan sisanya 83.6 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keempat variabel yang diteliti ternyata hanya variabel tingkat penjualan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap struktur modal.
Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Semangat Kerja Karyawan Yuni Kasmawati
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.747 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i2.297

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian insentif terhadap semangat kerja karyawan, dengan studi kasus pada Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti. Hipotesis yang diuji adalah diduga insentif berpengaruh terhadap semangat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris bahwa insentif berpengaruh terhadap semangat kerja. Metode penelitian menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden sebagai cara untuk mengumpulkan informasi mengenai pendapat karyawan tentang persepsi insentif terhadap semangat kerja. Metode analisa statistik yang dilakukan menggunakan bantuan aplikasi komputer SPSS versi 16.0 terutama untuk menentukan validitas dan reliabilitas data serta untuk uji regresi linier sederhana guna mengetahui tingkat signifikansi dan menguji hipotesis yang diperlukan. Dari hasil uji validitas diperoleh bahwa pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner untuk semua variabel adalah valid. Sedang pengujian reliabilitas terhadap variabel dengan metode Cronbach Alpha, hasilnya adalah memenuhi syarat untuk semua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara insentif terhadap semangat kerja melalui persamaan regresi YSK = 30.260 + 0.342 I + e. Hasil uji F menunjukkan bahwa insentif memberi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Hasil uji t menunjukkan bahwa insentif berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja. Besarnya pengaruh variabel insenteif terhadap variabel semangat kerja sebesar 5.9% sedang sisanya sebesar 94.1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara insentif dengan semangat kerja.
Analysis Of Effect Of Quality Product And Quality Service To Customer Satisfaction In Converse The Jakarta City Store Senayan Urip Priyanto; Sudiyatno Yudi Nugroho
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.92 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i2.303

Abstract

Penelitian ini menguji apakah Kualitas Produk dan Kualitas Layanan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Konsumen di Converse Store Senayan City Jakarta, variabel yang diteliti adalah: (1) Variabel Independen: Kualitas Produk dan Kualitas Layanan, (2) Variabel Dependen; Kepuasan Konsumen. Responden penelitian terdiri dari individu pada konsumen Converse Store Senayan City di Jakarta Selatan. Data untuk penelitian dikumpulkan selama 3 bulan dari bulan September sampai dengan bulan November. Responden dalam penelitian ini sebanyak 92 responden, dari 1170 populasi. Pengolahan data menggunakan pengujian validitas, pengujian reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji korelasi melalui program Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 20.0. Hal ini sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan bahwa Kualitas Produk dan Kualitas Layanan bila diuji secara bersama-sama atau simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen yaitu sebesar 0,076. Namun penelitian secara parsial Kualitas Layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Konsumen yaitu sebesar 0,000.
Analisis Sektor Ekonomi Potensial dan Interaksi Wilayah Kota Cilegon Tahun 2007-2011 Aris Wahyu Kuncoro; Budi raharjo
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.706 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i2.298

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sektor-sektor ekonomi mana yang paling strategis untuk dikembangkan dan menganalisis keterkaitanketerkaitan kota Cilegon dengan daerah di sekitarnya sehingga saling menunjang pertumbuhan ekonominya. Penelitian ini diharapakan dapat memberi tambahan informasi dan bahan kajian tentang perkembangan perekonomian.Populasi dalam penelitian ini adalah PDRB sektoral Kota Cilegon dan Provinsi Banten yang dihitung berdasar harga konstan 2000. Adapun sampel penelitian ini adalah PDRB atas harga konstan 2000 dari tahun 2007-2011 dan metode analisis data penelitian dengan menggunakan Analisis Location Quatient (LQ) dan Analisis Gravitasi. Berdasarkan hasil analisis Location Quotient (LQ) sektor-sektor potensial yang dapat diandalkan selama tahun 2007-2011 adalah Sektor indsutri Pengolahan, Sektor Listrik, Gas dan Air Bersih. Berdasarkan hasil analisis keterkaitan wilayah (Gravitasi) selama tahun analisis 2007- 2011 menunjukkan bahwa paling kuat interaksinya dengan kota cilegon adalah kabupaten Serang dengan nilai interaksi rata-rata sebesar 1.393.601.20. Sedangkan yang paling sedikit interaksinya adalah kabupaten Lebak dengan nilai-nilai interaksi rata-rata sebesar 118.128.957.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Hasimah Motor Graha Raya Bintaro No.51 Pondok Kacang Barat, Pondok Aren Tangerang Selatan Widi Wahyudi; Pambuko Naryoto
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.47 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i2.299

Abstract

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya di bidang otomotif sehingga banyak seseorang tertarik menjalankan usaha dibidang jasa pelayanan yaitu usaha di bidang bengkel  motor. Dengan semakin banyaknya perkembangan bengkel motor yang semakin pesat, hampir semua bengkel motor menawarkan kualitas layanan yang baik agar dapat mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh  kualitas Produk (X1) dan kualitas Layanan (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan  (Y)  dampaknya  terhadap  Loyalitas  Pelanggan  (Z) pada Bengkel Hasimah Motor.   Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa teknik random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang pelanggan. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini berbentuk kuesioner.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk menganalisis hasil jawaban responden atas kuesioner yang diberikan. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan software SPPS 17. Hasil dari penelitian pada bengkel hasimah motor menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan dari kualitas produk dan kualitas  layanan terhadap kepuasan pelanggan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada bengkel hasimah motor lebih meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan karena memberikan dampak positif terhadap loyalitas pelanggan.
Unit Root, Cointegration, Correction Model Pada Cadangan Devisa Dan Nilai Tukar Di Indonesia Teguh Sugiarto
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.037 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i2.300

Abstract

Sebuah studi terbaru  dan penelitian,  didominasi  oleh  Granger,  G.E.P  Jenkin,  David Hendry dan Enders dkk, telah muncul yang menekankan pentingnya istilah konstan diperkirakan dalam peramalan  atau model  koreksi  menggunakan  data time series  stasioner  dan nonstasioner. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis cadangan domestik dan kurs mata uang asing  di  Indonesia  dengan menggunakan  uji  unit  root,  kausalitas,  kointegrasi,  error correction model (ECM) dan vector error correction model vektor (VECM). Data penelitian yang digunakan cadangan domestik dan valuta asing pada periode Desember 1984 hingga Desember 2012.  Hasil  uji parsial  menunjukkan  cadangan  domestik dan  nilai  tukar  asing  pengaruh, kointegrasi  jangka panjang  satu  sama  lain  dengan  signifikan  positif. Hasil  uji  jangka  panjang menunjukkan semua variabel independen berpengaruh dan berkointegrasi di Indonesia

Page 1 of 1 | Total Record : 7