cover
Contact Name
Dana Aswadi
Contact Email
ernisusilawati@stkipbjm.ac.id
Phone
+6285349985800
Journal Mail Official
dadan899@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Sultan Adam, Komplek H. Iyus No. 18 RT 23, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, 70121 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Telp./Fax: (0511) 4315443
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : eISSN252     DOI : https://doi.org/10.33654/sti.v6i2
STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya" : 9 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKS BERITA SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021 Muhamad
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1739

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X IPA 3 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2020/2021 setelah menerapkan penulisan puisi menggunakan teks berita sebagai sumber ide. Data observasi siswa dianalisis secara kualitatif menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan guru. Hasil menulis puisi, dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penulisan puisi menggunakan teks berita dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPA 3 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin . Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil dari 77,14% pada Siklus I menjadi 94,29% di Siklus II. Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dapat terlihat, baik dalam proses belajar mengajar maupun melalui hasil karya menulis puisi oleh para siswa. Pada tahap evaluasi, hasil tes siswa yang telah dievaluasi menunjukkan adanya peningkatan dalam proses belajar menulis menggunakan teks berita.
KRITIK EKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL RUMAH DEBU KARYA SANDI FIRLY MELALUI PENDEKATAN EKOLOGIS Sendi Sentia Putri; Novia Winda
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1740

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kritik ekologi sastra dalam novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk kritik ekologi yang terdapat dalam novel Rumah Debu karya Sandi Firly. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ekologis dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data penelitian ini adalah novel yang berjudul Rumah Debu karya Sandi Firly, diterbitkan oleh Tahura Media, Banjarmasin tahun 2011 dengan tebal buku 222 halaman.Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Bentuk kritik ekologi yang terdapat dalam novel RD karya SF meliputi aspek ekopolitik yaitu: a) kebijakan hukum, yaitu pada dunia penambangan batu bara yang menggunakan hukum rimba (hukum kekuasaan) sehingga diperlukan tanggung jawab oleh peran pemerintah mengenai undang-undang yang sudah dikeluarkan serta perusahaan batu bara terkait harus diberi sanksi karena melanggar peraturan dan b) pencemaran lingkungan, yaitu pemungutan uang debu tidak memberikan dampak baik untuk polusi udara sehingga harus memiliki cara lebih efektif lagi untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah tersebut dengan reklamasi yang benar.
ANALISIS CAMPUR KODE PADA LIRIK LAGU “ANGEL” DIPOPULERKAN OLEH DENNY CAKNAN DAN CAK PERCIL Nila Saidah Zaeroni
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1758

Abstract

ABSTRAK Bahasa merupakan suatu hal yang harus dimiliki manusia, sebab manusia dan bahasa merupakan dua hal yang tidak bisa terlepas. Fungsi bahasa merupakan sebagai alat komunikasi antar-manusia. Namun, dalam kegiatan berbahasa terdapat fenomena-fenomena yang menarik untuk dikaji, salah satunya peristiwa campur kode. Campur kode tidak hanya terjadi pada ujarang lisan tetapi juga dapat terjadi pada ujaran dalam bentuk tulis, misalnya pada sebuah lirik lagu. Tujuan dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan wujud campur kode dan faktor penyebab campur kode pada lirik lagu Angel dipopulerkan oleh Denny Caknan dan Cak Percil. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa lirik lagu Angel dipopulerkan oleh Denny Caknan dan Cak Percil. Hasil peneltian ini menunjukkan adanya wujud campur kode berupan penyisipan unsur kata sebanyak 3 data, penyisipan unsur frasa sebanyak 3 data, penyisipan unsur klausa sebanyak 7 data, penyisipan unsur baster dan pengulangan kata masing-masing ditemukan 1 data. Adapun faktor penyebab terjadinya campur kode, ditemukan dua faktor, yaitu faktor penutur dan faktor bahasa. Wujud campur kode didominasi oleh penyisipan unsur klausa, sedangkan ragam bahasa dalam lagu tersebut lebih banyak menggunakan ragam bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Kata Kunci: Analisis, campur kode, lirik lagu “Angel”
INTERFERENSI KOSAKATA BAHASA BANJAR PADA DISKUSI MAHASISWA PRODI PBSI STKIP PGRI BANJARMASIN Dana Aswadi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1770

Abstract

Bahasa digunakan sebagai sarana komunikasi. Diskusi salah satu pembelajaran mahasiswa untuk berkomunikasi dengan menuangkan segala ide dan gagasan sehingga bisa melatih intelektualnya. Penelitian ini merupakan penelitian yang baru dengan menggunakan teori-teori yang digunakan untuk mengungkapkan pemakaian bahasa secara bilingualisme. Ada saling menginterferensi dalam penggunaan bahasa pemakainya apabila pemakai bahasa itu memiliki lebih dari satu bahasa, antara bahasa pertama dengan bahasa kedua. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu peneliti menggambarkan apa saja yang didapatkan dari rekaman kemudian mendeskripsikannya. Hasil dari penelitian ini ditemukan 1) perubahan sebagian dari segi huruf dan 2) perubahan seluruhnya dari segi kosakata.
GAYA BAHASA DAN DIKSI DALAM SAJAK EMAS 200 PUISI SEXY KARYA DIMAS ARIKA MIHARDJA Zulia Pertiwi; Akhmad HB; Lili Agustina
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1821

Abstract

Puisi merupakan sebuah karya sastra yang mempunyai gaya bahasa dan diksi yang menarik. Penelitian ini bertujuan mengkaji gaya bahasa dalam puisi yang terdapat dalam Kumpulan Sajak Emas 200 Puisi Sexy karya Dimas Arika Mihardja. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan stilistika yang menganalisis gaya bahasa dalam sebuah puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kumpulan puisi yang berjudul Sajak Emas 200 Puisi Sexy Karya Dimas Arika Mihardja. Hasil penelitian ini mengungkapkan gaya bahasa yang terdapat dalam Kumpulan Sajak Emas 200 Puisi Sexy, yaitu: a) gaya bahasa retoris yang terdiri atas aliterasi, asonansi, asindeton, polisindeton, pleonasme, prolepsis atau antisipasi, dan hiperbola, dan b) gaya bahasa kiasan yang terdiri atas persamaan atau simile, metafora, personifikasi, metonimia, antonomasia, dan hipalase.
MODEL CONCENTRATED LANGUAGE ENCOUNTER (CLE) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN SATUI BARAT Isna Kasmilawati
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1830

Abstract

ABSTRAK Model Pembelajaran Concentrated Language Encounter adalah model belajar yang membenamkan siswa dalam kegiatan berbahasa yang terkait dengan kegiatan baru dalam kegiatan kelompok, mulai dari yang sederhana sampai pada kegiatan yang sulit. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; Proses pembelajaran membaca dengan menerapkan model CLE dilaksanakan dengan tepat sesuai dengan prinsip model CLE, salah satunya yaitu pembelajaran yang berjenjang (scaffolding).Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami perbaikan sehingga pada siklus II pertemuan 2 skor 27 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sehingga pada siklus II Pertemuan 2 menjadi 94,74%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan secara klasikal pada siklus II pertemuan 2 menjadi 94,74%. Hasil Berdasarkan penelitian dapat disederhanakan bahwa menggunaka model pembelajaran cle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar penggunaan model pembelajaraan cle dapat dijadikan alternatif pembelajaran pada materi Indahnya kebersamaan. Kata Kunci: Model Concentrated Language Perjumpaan,Keterampilan Membaca.
KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA Noor Indah Wulandari; Rahmita Saupia Ajizah
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1840

Abstract

Penelitian ini berfokus pada novel berjudul Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata untuk menemukan unsur-unsur dan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel tersebut. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan unsur-unsur karakter yang terkandung dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata, (2) mendeskripsikan nilai-niali karakter yang terkandung dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik dan jenis penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata, yang diterbitkan pada tahun 2019 dengan tebal sebanyak 262 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi kepustakaan dan teknik observasi teks. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa: 1) unsur-unsur karakter yang terkandung dalam Novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata: adalah (a) sikap, (b) kemauan, dan (c) konsepsi diri, dan 2) nilai-nilai karakter yang terdapat dalam Novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata: adalah jujur, (b) kerja keras, (c) rasa ingin tahu, (d) gemar membaca, (e) disiplin, (f) demokratis, dan (g) cinta tanah
KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SDN ULU BENTENG 4 MARABAHAN Irni Cahyani; Rima
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1867

Abstract

Salah satu Sekolah Dasar yang menerapkan pendidikan inklusi di Kota Marabahan adalah SDN Ulu Benteng 4. Kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut untuk ABK dan anak regular di kelas inklusi masih dibuat sama oleh guru kelas. Di sekolah tersebut juga belum terdapat GPK yang mendampingi ABK di kelas inklusi dalam proses pembelajaran, sehingga perlakuan guru kelas dalam membimbing peserta didik ABK masih bersifat klasikal dan belum tertuju penuh kepada peserta didik khususnya ABK, disinilah tugas dan peran guru kelas dalam membimbing dan mengajarkan pelajaran kepada ABK, sehingga terdapat kendala saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran peserta didik anak berkebutuhan khusus (ABK) di SDN Ulu Benteng 4 Marabahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru kelas VI, dan guru PJOK di SDN Ulu Benteng 4 Marabahan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi dari segi ABKnya yaitu peserta didik ABKnya masih lambat belajar dan kurang fokus dalam menerima pelajaran, dari segi GPK, tidak adanya guru pembimbing khusus yang ada di kelas, dari segi kemampuan guru, guru belum menguasai proses pembelajaran ABK, dari sarana prasarana, tidak tersedianya sarana prasarana yang menunjang pendidikan inklusi di SDN Ulu Benteng 4 Marabahan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam proses belajar mengajar yang ada ABKnya yaitu dengan pendekatan individual, dengan memberikan motivasi dan pemahaman khusus untuk peserta didik ABK, menggunakan sarana dan prasarana yang ada, serta mengikutsertakan guru mengikuti pelatihan pembelajaran peserta didik ABK.
KONFLIK INTERNAL DALAM NOVEL LADANG API KARYA HARIE INSANI PUTRA Cahya Istiqamah; Edi Sutardi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 1 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i1.1880

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang konflik sosial yang terjadi dalam novel Ladang Api karya Harie Insani Putra. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis dan jenis penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah novel Ladang Api karya Harie Insani Putra yang diterbitkan oleh Pustaka Banua cetakan pertama tahun 2017. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi teks dan teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif interpretatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk konflik internal yang terdapat dalam novel Ladang Api karya Harie Insani Putra, yaitu: (a) dendam Patra terhadap Yudha, (b) ketakutan keluarga Patra dan Sabran terhadap perbuatan Yudha serta ketakutan warga desa terhadap Mat Yusi, (c) kesedihan keluarga Wijan, keluarga Jauhari dan Mat Yusi atas apa yang menimpa mereka, (d) kekecewaan yang di alami oleh Jauhari, Matyusi dan Patra atas keinginan atau harapan mereka tidak sesuai dengan kenyataan, (e) kebencian Mat Yusi terhadap Yudha, dan (f) kesakitan yang dialami oleh Patra, Wijan, dan Sabran akibat perbuatan Yudha dan kesakitan Matyusi akibat ulahnya sendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 9