cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013" : 7 Documents clear
MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS ANAK MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DI TK AN-NAMIROH SAIL PEKANBARU Ade Susanti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman anak tentang sains anak usia dini di TK An Namiroh Sail Pekanbaru, sehingga penulis tertarik untuk mencoba menggunakan metode eksperimen sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan sains anak. Yang menjadi rumusan pada permasalahan ini adalah Bagaimanakah penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan pengetahuan sains anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan pengetahuan sains anak usia 5 – 6 tahun. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus, pada masing-masing siklus terdiri atas tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Lembar observasi anak diambil dari teori pengetahuan sains anak menurut Dirjen PAUD (2010). Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 21 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Data diambil dari hasil evaluasi pada setiap akhir siklus. Penelitian ini melibatkan satu orang teman sejawat atau guru lain sebagai pengamat. Berdasarkan data dan hasil persentase diperoleh peningkatan pada siklus I yaitu 22% dan peningkatan persentase pda siklus II adalah 90%. Maka dengan demikianm dapat disimpulkan metode eksperimen dapat meningkatkan pengetahuan sains anak usia 5 – 6 tahun di TK An Namiroh Sail Pekanbaru.
PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 3 – 4 TAHUN Wahyu Nur Atikah; Atik Nawensih
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan emosional anak usia 3 – 4 tahun dengan Metode Sosiodrama di Play Group Aisyiyah Cabang Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 27 orang yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian yang dilakukan, bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan perkembangan emosional anak usia 3 – 4 tahun di Play Group Aisyiyah Cabang Pekanbaru. Perkembangan emosional Anak usia 3 – 4 tahun Pada data awal diperoleh skor 257 dengan persentase 39.7%, dengan kriteria belum berkembang pada siklus I pertemuan pertama diperoleh skor 306 atau sebesar 47.2% dengan kriteria belum berkembang. pada siklus I pertemuan 2 diperoleh skor 416 atau sebesar 46.2% dengan kriteria mulai berkembang dan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh skor 485 atau sebesar 74.8% dengan kriteria mulai berkembang kemudian pada siklus II pertemuan 2 diperoleh skor 533 atau sebesar 82.3% dengan kriteria berkembang sesuai harapan.
SUATU STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PAUD HARAPAN BUNDA KABUPATEN KAMPAR Wahyu Nur Atikah; Dewi Haspika
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena antara lain: Sebagian besar anak cenderung berperilaku baik, seperti anak suka berbagi sesama teman yang tidak mampu, suka bersedekah ketika anak melihat orang lain kesusahan, seperti pemulung atau pengemis yang lewat di halaman sekolah secara spontan mereka merelakan uang jajan mereka untuk memberikannnya. Sebagian besar anak sangat peduli dan bertangung jawab terhadap lingkungan. Hal ini terlihat ketika jam istirahat tiba mereka keluar sambil menenteng kantong kresek hitam yang telah disediakan oleh sekolah untuk memungut sampah-sampah yang berserakan di halaman dan ada sebagian anak yang menyirami bunga. Sebagian anak cenderung berperilaku tertib, hal ini terlihat ketika anak-anak berbaris sebelum memasuki kelas, Tujuan penelitian ini adalah tujuan penelitian ini yaitu, ”Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di PAUD Harapan Bunda Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. Objek penelitian ini adalah PAUD Harapan Bunda Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir dengan jumlah informan sebanyak 5 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di Paud Harapan Bunda Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar telah dilaksanakan dengan baik sehingga menghasilkan anak-anak yang berperilaku positif. Baiknya pelaksanaan pendidikan karakter di PAUD Harapan Bunda dapat lihat dari aspek; Tujuan Pendidikan Karakter di PAUD, Materi yang disampaikan pada anak berkaitan dengan pembelajaran karakter, Model atau metode yang digunakan dalam pembelajaran karakter di TK, Media dan sumber belajar dalam pembelajaran karakter serta evaluasi dalam pembelajaran karakter.
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK MAWAR KAMPAR Wahyu Nur Atikah; Dewi Parmawati
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun TK Mawar Desa Cinta Damai Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun TK Mawar Desa Cinta Damai Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar ?”. Jenis penelitian yang digunakan ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis statistik korelasi Product-Moment. Penelitian ini dilakukan di TK Mawar Desa Cinta Damai Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dengan menggunakan sampel penuh yang berjumlah 40 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun memiliki besar koefisien korelasi 0,729, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun.
PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI GUGUS II FLAMBOYAN Wahyu Nur Atikah; Elvi Rahmi
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di gugus II flamboyan kec. Rumbai pesisir Kota pekanbaru. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpul data observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut; Pembelajaran sains mampu mengakomodir apa yang anak inginkan dan menjelajah segala apa yang mereka harapkanHasil penelitian data yang diperoleh adalah Persepsi guru TentangPembelajaran sainsdi Gugus II Flamboyan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study tanaman atau tumbuhan cukup baik dan mampu menerapkan. Persepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus II Flamboyan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek study hubungan hewan dan tanaman cukup baik dan mudah menjelaskannya kepada anakPersepsi guru Terhadap Pembelajaran sains di Gugus II Flamboyan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru ditinjau dari aspek hubungan aspek kehidupan masih dirasa sulit dijelaskan dan menyamngkut sesuatu yang sangat kompleks.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5 – 6 PEKANBARU Ihsan Widiantono; Evi Wandari
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pengembangan emosional anak tidak terlepas dari keterlibatan orangtua dan guru serta kerjasama yang kuat antara keduanya. Apabila kurang perhatian dari orangtua dan guru, maka akan membawa dampak yang tidak baik bagi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Ar Rahim Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2013/2014 yaitu pada bulan April-Juni 2013 dengan jumlah responden sebanyak 35 orang yang merupakan orang tua dari anak didik di TK Ar Rahim Pekanbaru. Analisa data pada uji t terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua (X) terhadap perkembangan emosional anak di TK Ar Rahim Pekanbaru didapatkan bahwa pola asuh otoriter, otoritatif, permisif dan demokratis berpengaruh signifikan terhadap perkembangan emosional anak di TK Ar Rahim Pekanbaru. Hal ini terlihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 2,059; 3,219: 2,693; 2,218 > 1,692. Dapat disimpulkan bahwa dari keempat pola asuh ini yang paling berpengaruh terhadap perkembangan emosional anak adalah pola asuh otoritatif, karena mempunyai nilai thitung yang terbesar (3,219). Pada uji F didapatkan nilai Fhitung (15,497) lebih besar dari Ftabel (2,69). Dapat disimpulkan secara bersama-sama otoriter, otoritatif, permisif dan demokratis memberikan pengaruh terhadap perkembangan emosional anak di TK Ar Rahim Pekanbaru.
PERBANDINGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DITINJAU DARI IBU YANG BEKERJA DENGAN IBU YANG TIDAK BEKERJA Ihsan Widiantono; Fitri Handayani
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 1 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 1 JUNI 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan yang signifikan antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Darel Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Mengingatnya luasnya cakupan masalah, penulis perlu memberikan batasan masalah yang akan diteliti yakni pada Perbandingan Perkembangan Emosional Anak Usia 5 - 6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja Dengan Ibu Yang Tidak Bekerja Di Tk Darel Hikmah Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbandingan yang signifikan antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Darel Hikmah Pekanbaru ?”. Berdasarkan hasil penelitian terdapat Perbandingan Perkembangan Emosional Anak Usia 5 - 6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja Dengan Ibu Yang Tidak Bekerja Di Tk Darel Hikmah Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan emosional pada anak ibu bekerja berada pada kategori berkembang sangat baik yaitu sebanyak 294. Sedangkan perkembangan emosional anak pada anak yang ibunya tidak bekerja lebih banyak pada kategori mulai berkembang yaitu sebanyak 178

Page 1 of 1 | Total Record : 7